Tempat Wisata Watu Goyang Jogja Wisata Baru Kekinian Di Yogyakarta

Yogyakarta tidak ada henti-henti nya menyuguhkan tempat wisata dan kuliner yang selalu terbaru. Kini datang lagi dari Watu Goyang Yogyakarta. Tempat wisata yogyakarta yang berada doi Desa Mangunan ini menjadi salah satu destinasi terfavorit selama awal tahun 2017 ini. Berlokasi di Pedukuhan Cempluk, Mangunan, Bantul, Yogyakarta. Tempat wisata ini memang sudah terkenal di kalangan para wisatawan, karena memiliki banyak gardu pandang yang sangat menawan. Dan sayang sekali jika sampai terlewatkan. Tempat yang tentu nya akan sangat cocok sekali untuk kamu jadikan spot paling favorit untuk menikmati matahari terbenam maupun tenggelam. Ini benar-benar menyajikan panorama alam yang sangat menawan sekali.

Watu Goyang Yogyakarta Memiliki Gardu Pandang Yang Unik

Watu Goyang Mangunan Yogyakarta

Desa Mangunan sendiri sudah sangat terkenal dengan berbagai macam wisata gardu pandangnya. Yaitu untuk melihat hijaunya alam Bantul dan menikmati matahari terbit. Maupun tenggelam seperti di kebun buah Mangunan, Panguk Kediwung, Jurang Tembelan dan lain-lain. Puncak Watu Goyang adalah obyek wisata perbukitan baru di desa Mangunan tepatnya berada di pedukuhan Cempluk, Mangunan, Bantul. Watu Goyang Yogyakarta ini di berdayakan langsung oleh para masyarakat setempat. Sekitar pada tahun 2016 yang lalu. Destinasi tempat wisata yang satu ini tentu nya memiliki fasilitas yang sangat memadai. Karena fasilitas langsung di bantu oleh pemerintah daerah setempat.

Asal Muasal Nama Watu Goyang Jogja

Bukan tanpa alasan, penamaan watu goyang ini ternyata memiliki latar belakang tersendiri. Alasan nya adalah sangat lah sederhana, lantaran antaran dahulunya ada batu yang berada di puncak. Nah batu besar tersebut yang bisa bergoyang jika disentuh ataupun didorong. Dan batu tersebut sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu di situ. Tapi tidak perlu di ingat, jangan coba-coba untuk naik ke tas batu hanya untuk mendapatkan foto yang bagus. Karena sangat lah tidak di anjurkan bisa membahayakan nyawa. Di sana juga ada tulisan ” Jangan Naik Bahaya “. Tak perlu naik ke atas di sekeliling nya saja juga sudah menyuguhkan panorama yang begitu istimewa.

Pengelola juga berkata bahwa batu tersebut sudah ada sejak ia kecil, sejak tempat tersebut masih hutan. Dan di anggap angker oleh masyarakat sekitar. Di puncak terdapat tulisan Watu Goyang yang dapat para pengunjung gunakan untuk properti swafoto. Nah untuk keunggulan adalah di puncak Watu Goyang Yogyakarta ini para pengunjung dapat menikmati pemandangan di sekitar Imogiri. Puncak makam raja-raja Imogiri dapat di lihat dari ketinggian, yang paling menarik tentu nya saja adalah view matahari terbenam. Karena puncak bukit Watu Goyyang Yogyakarta ini menghadap ke arah barat.

Fasilitas Spot Foto Alam Watu Goyang Jogja

Wisata Watu Goyang yang berada di perbukitan Mangunan ini telah memiliki fasilitas umum yang lengkap. Mulai dari toilet, tempat parkir, mushola hingga warung makan. Di sekitar lokasi juga banyak tanaman bunga yang cantik yang dapat wisatawan bawa pulang. Jadi para wisatawan tidak perlu khawatir akan kebutuhan berwisata bersama keluarga. Sedangkan fasilitas utama dari tempat wisata ini adalah spot – spot foto nya yang begitu cantik dan juga apik. Yang pasti nya akan berbeda dengan tempat wisata lain nya. Spot foto tersebut di antara nya adalah spot foto helikopter, watu goyang sendiri, gardu pandang. Serta hewan-hewan dari kayu dan masih banyak lagi yang lain nya.

Lokasi Wisata Watu Goyang Yogyakarta

Lokasi nya berada di kawasan Mangunan yaitu sebelum Kebun Buah Mangunan. Watu Goyang Yogyakarta dapat di tempuh dengan kendaraan pribadi kurang lebih 1 jam perjalanan daro pusat Kota Yogyakarta. Tepat nya berada d alamat Cempluk, Jalan Watu Goyang No 1, Griloyo, Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Untuk jam buka nya yaitu buka selama 24 jam. Baca juga tempat wisata taman pelangi yogyakarta dan tempat wisata alam kalibiru yogyakarta

Harga Tiket Masuk Ke Watu Goyang Yogyakarta

Watu Goyang Yogyakarta ini buka pada setiap hari. untuk tiket masuk nya adalah gratis. Akan tetapi para pengunjung akan di kenakan biaya parkir motot Rp. 3.000 lalu untuk mobil di kenakan biaya Rp. 7.000. Bagi para pengunjung yang membawa minibus maka akan di kenakan biaya sebesar Rp. 15.000 dan bus Sebesar Rp. 20.000 per unit nya. Lalu selanjut nya bagi para pengunjung yang ingin membeli bunga, ukuran besar Rp. 20.000 per 1 tanaman dan yang berukuran kecil Rp. 10.000. Satu hal lagi yang membuat para pengunjung betah berlama-lama di Watu Goyang Yogyakarta ini. Meskipun tiket masuknya gratis fasilitas di sana sudah cukup memadai. Ada toilet umum, mushola, warung, dan juga area parkir yang cukup luas.

Rute Menuju Watu Goyang Yogyakarta

Dekat dengan jalan raya wisata puncak Watu Goyang Yogyakarta sangat mudah ditemukan. Rutenya adalah jika dari jalan Imogiri timur langsung arah kan kendaraan menuju desa Mangunan. Yang satu arah dengan makam raja-raja kesultanan Yogyakarta. Saat menanjak naik perhatikan kiri jalan nanti akan ada papan nama restoran Bumi Langit. Jika telah menemukan papan nama tersebut maka lokasi wisata puncak Watu Goyang sudah dekat. Menuju lokasi Watu Goyang Yogyakarta ini jalan nya sedikit berbatu namun masih dalam tingkat kewajaran. Untuk lokasi parkir masih berupa tanah luas yang diratakan dengan sengaja yang tentunya licin jika hujan.
Parkirkan kendaraan dan langsung saja menuju anak tangga yang dibuat untuk naik ke puncak Watu Goyang. Tidak ada biaya retribusi untuk naik. Pengelola hanya menarik biaya parkir kendaraan yang digunakan. Dari parkiran hingga puncak membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit. Bukit nya tidak terlalu tinggi dan tangga yang di buat sudah sangat nyaman untuk pejalan kaki. Sebelum mencapai puncak nanti para pengunjung akan menemui persimpangan yang memisahkan dua lokasi berbeda. Jika ke kiri langsung menuju puncak Watu Goyang Yogyakarta. Dan kalau ke kanan menuju Watu Lincip yang akses nya sedikit mblusuk. Sedikit ke timur dari Watu Lincip sudah di bangun gazebo besar. Yang gunanya untuk menampung pengunjung yang ingin makrab atau melakukan camping di sana.

Spot Menarik Yang Bisa Di Temui Di Wisata Alam Watu Goyang Yogyakarta

Untuk menarik minta para wisatawan memang lah harus ada spot yang menarik dan juga berbeda dengan tempat wisata lain nya. Ada beberapa spot kekinian yang bisa di temui di tempat wisata Watu Goyang Yogyakarta ini. Di antara nya yaitu spot foto bersama bunga-bunga di jalan tangga naik untuk menuju bukit. Bunga ini tidak boleh di petik atau pun di cabut oleh para pengunjung nya. Dan di sana juga ada peringatan nya agar para pengunjung tidak merusak keindahan alam. Yang ada di sekitar kawasan tempat wisata Watu Goyang Yogyakarta ini.

Jika ingin membeli pohon yang bunga-bunga ini untuk di tnam di rumah, di bawah ada yang menjual tanaman nya. Yang ukuran besar memiliki harga Rp. 20.000 per-tanaman dan yang ukuran kecik seharga Rp. 10.000. Lanjut lagi naik ke atas lagi di sisi kanan. Di sana terdapat warung makan yang tentu nya bisa di coba jika merasa lapar. Pemandangan pun semakin naik semakin indah. Ada petunjuk di tengah batuan,ke kanan ada warung kopi dan gubuk renungan yang bisa untuk di singgahi.