Tempat Wisata Keluarga Wahana Dufan Jakarta Utara

Dunia fantasi atau lebih di kenal dengan wahana dufan Jakarta memang. Menjadi salah satu objek wisata maupun tempat wisata di jakarta tepat nya di ancol. Salah satu yang menjadi daya tarik yaitu wahana dufan Jakarta. Dufan memiliki maskot yang menjadi ciri khasnya maskot tersebut merupakan bekantan. Bekantan merupakan hewan jenis monyet yang berhidung panjang dan rambutnya berwarna coklat kemerahan. Taman hiburan ini terletak di dalam kompleks Taman Impian Jaya Ancol dengan luas mencapai 9,5 hektar. Di dalamnya terbagi beberapa kawasan yang bertujuan untuk menggugah imajinasi para pengunjung.

Jenis Wahana Dufan Jakarta

wahana dufan jakarta

Untuk wahana Dufan Jakarta diklasifikasikan berdasarkan tingkatannya, yaitu Children Rides, Family Ride, Water Ride, dan Thrill Ride. Berikut adalah jenis-jenis Wahana Dufan Jakarta berdasarkan pembagian klasifikasinya.

Children Rides

1. Ubanga Banga

Wahana ini berada di Kawasan Kalila. tepatnya ada di sisi barat Dufan. Ubanga Banga didesain khusus untuk anak-anak berusia 5 sampai dengan 12 tahun. Untuk para orang tua tidak perlu khawatir jika si kecil ingin menaiki nya. Wahana ini sudah dilengkapi dengan pengamanan, sehingga aman untuk anak-anak. Mereka pun akan tetap bersenang-senang meskipun mobilnya saling bertabrakan dengan mobil lainnya. Bagi anak-anak yang suka dengan mobil-mobil lan, tentu saja wahana ini sangat cocok untuk dicoba. Untuk naik wahana ini ada syaratnya, yaitu khusus anak-anak yang minimal memiliki tinggi 125 cm.

Family Ride

1. Turangga Rangga

Permainan ini familiar dikenal dengan sebutan komidi putar. Sangat cocok untuk anak-anak atau orang dewasa yang ingin bersantai.

2. Alap Alap

Alap Alap sedikit mirip dengan halilintar dalam bentuk yang lebih kecil. Tentu saja tidak seseram wahana halilintar. Jika halilintar hanya berputar satu kali tapi lintasan relnya panjang dan berliku-liku. Alap-alap akan mengajak pengunjung untuk berputar hingga tiga kali. Tapi tentu saja rintangannya tidak seseram Halilintar.

3. Burung Tempur

Burung Tempur merupakan salah satu wahana Dufan Jakarta yang mampu berputar 360° dan bisa dinaik turunkan secara manual oleh pengunjung. Permainan ini menjadi salah satu yang paling difavoritkan oleh anak-anak karena dapat melayang dan berputar hingga ketinggian 15 meter. Untuk kapasitasnya sendiri maksimal dinaiki oleh 28 orang.

4. Gajah Beledug

Gajah Beledug merupakan wahana yang hampir mirip dengan Rajawali, sama-sama bisa membawa pengunjung terbang di ketinggian, tapi tidak setinggi Rajawali. Saat menaikinya, pengunjung ajan diajak untuk berputar-putar saja. Sesuai dengan namanya, wahana ini memiliki bentuk gajah yang pastinya sangat disukai anak-anak.

5. Baku Toki

Baku Toki merupakan salah satu permainan yang menjadi primadona pada era di mana namanya. Lebih dikenal dengan sebutan bom bom car yang sangat diminati oleh para remaja. Baku Toki memiliki nama lain, yaitu mobil senggol atau bumper car. Terdapat delapan kendaraan yang siap untuk ditabrak pengendara lain dan inilah yang menjadi inti permainan. Para pengendara akan mendapatkan keseruan dengan bersenang-senang tanpa adanya perasaan dendam atau bersalah setelah saling menabrakkan mobil masing-masing.

6. Rajawali

Rajawali merupakan sebuah permainan yang akan membawa pengunjung berputar-putar di ketinggian yang bisa mencapai 25 meter. Wahana ini menerapkan ilmu fisika berupa gerak melingkar dan sistem katrol. Dari wahana ini, pengunjung bisa sembari melihat pemandangan dari ketinggian dan menikmati semilir angin yang sepoi-sepoi.

7. Ontang Anting

Saat menaiki wahana Ontang Anting, pengunjung akan duduk di sebuah kursi dan dibawa terbang di udara. Pengunjung akan merasakan keseruan dengan menaikinya. Meskipun dibawa berputar-putar di ketinggian, wahana ini tidak termasuk wahana ekstrim. Jadi, Ontang Anting ini aman untuk dinaiki baik orang dewasa maupun anak-anak.

8. Kalila Adventure

Wahana ini mengusung kolaborasi lima unsur teknologi canggih, yaitu musical showbiz, animatronic theatre, film, sound and special effect, dan science. Kalila Adventure sendiri berkapasitas 800 orang. Pengunjung bisa menikmati pertunjukkan yang penuh dengan kecanggihan teknologi yang dipadukan dengan cerita menarik yang cocok ditonton bersama keluarga.

9.  Perang Bintang

Perang Bintang merupakan sebuah wahana yang mengusung konsep berlatarkan planet Mars pada tahun 2200. Para pengunjung diajak untuk berperang melawan alien dengan mengendarai sebuah kapsul khusus lengkap dengan sejata berupa laser. Selama permainan berlangsung, pengunjung diharuskan untuk menembak beberapa alien jahat yang akan menyerang secara tiba-tiba. Di kapsul yang dikendarai pengunjung terdapat papan score yang dapat menjadi acuan nilai hasil tembakan.

10. Poci Poci

Ketika menaiki wahana ini, pengunjung akan merasakan seperti sedang masuk. Ke dalam gelas besar yang mampu menampung beberapa orang dan diajak berputar-putar. Di tengahnya akan ada sebuah poci atau teko besar yang dikelilingi oleh gelas-gelas besar yang dinaiki pengunjung.

11. Fantasy Light Magic of Dufan

Fantasy Light Magic merupakan area wahana taman yang mengusung konsep digital lights. Wahana ini dibuka setiap hari pada pukul 18.00 – 20.00 WIB. Di dalamnya, pengunjung akan dimanjakan dengan aneka pepohonan dan aneka binatang yang bisa memancarkan cahaya. Selain itu, pengunjung juga akan diajak menikmati Multimedia Show yang digelar di wahana Fantastique.

12. Rumah Miring

Wahana ini tidak mengandalkan mesin seperti wahana Dufan Jakarta lainnya. Rumah Miring lebih mengusung konsep rekayasa rancang bangun yang mampu memanipulasi indera manusia. Ketika mencobanya, pengunjung akan melihat setiap benda yang dipajang hampir semuanya terlihat miring dan tidak jarang para. Pengunjung akan berjalan sambil berpegangan karena seakan-akan benda-benda tersebut akan jatuh menimpanya.

13. Bianglala

Tidak lengkap rasanya bila wahana Dufan Jakarta yang satu ini tidak dicoba oleh pengunjung. Bianglala selalu menjadi wahana favorit yang wajib dinikmati. Bianglala adalah sebuah kincir berukuran besar yang akan mengajak. Pengunjung melihat pemandangan sampai di ketinggian mencapai ± 30 meter di atas permukaan laut. Wahana ini berkapasitas 180 orang, tentunya menjadi salah satu wahana yang tepat untuk dikunjungi baik bersama keluarga, teman, maupun kerabat.

14. Treasure Land Temple of Fire

Wahana yang berlokasi di Panggung Maxima Dufan ini merupakan sebuah pagelaran teater atraksi Live Action Stuntman Show. Sesuai namanya, tentu saja wahana ini menyuguh kan atraksi menarik dan menegangkan. Atraksi-atraksi tersebut dilakukan oleh para stuntman yang didatangkan langsung dari beberapa negara, yaitu Amerika, Jerman, Brasil, dan Tiongkok. Sepanjang pertunjuk kan, para penonton akan diajak menikmati berbagai efek menegangkan dan mengejutkan. Seperti efek ledakan, pasir hisap, kapal perang, batu besar runtuh, dan tembak-tembakan, serta beberapa efek api lainnya.

15. Istana Boneka

Meskipun bukan wahana baru Dufan, Istana Boneka selalu menjadi favorit anak-anak. Istana Boneka sendiri terletak di Kawasan Eropa. Baik anak-anak maupun orang dewasa bisa menaikinya. Pengunjung akan dibawa menaiki perahu melewati terowongan yang di dalamnya. Dipenuhi boneka yang berpakaian adat Indonesia dan pakaian yang mencerminkan budaya dari negala lain. Ini merupakan salah satu bentuk untuk menjelajahi dan mengapreasi budaya etnik seluruh nusantara hingga budaya di seluruh dunia.

16. Hello Kitty Adventure

Karakter Hello Kitty sangatlah mendunia, siapa sih yang tidak kenal dengan karakter yang selalu memakai pita merah ini? Saat ini, Hello Kitty hadir menyapa para penggemarnya di Indonesia. Kamu bisa mendatanginya ketika sedang berkunjung ke Dunia Fantasi, tepatnya di wahana Hello Kitty Adventure. Wahana keluarga ini dibangun untuk memuaskan para penggemar karakter lucu dari Jepang tersebut. Pengunjung akan diajak melihat-lihat dan juga berfoto dengan patung Hello Kitty. Ruangannya sendiri tentunya didominasi dengan warna pink. Pembangunannya merupakan hasil kerja sama dengan Sanrio Jepang. Tidak hanya Hello Kitty, hadir juga karakter My Melody, Kero Keroppi. Bad Batdz Maru, dan disandingkan dengan konten-konten lokal asli Indonesia.

Thrill Ride

1. Kora Kora

Wahana yang satu ini juga sering kita temukan di tempat rekreasi lain selain Dunia Fantasi. Kora Kora merupakan sebuah perahu besar yang akan mengayunkan ke arah depan dan belakang dengan sangat kencang. Pada awalnya ayunannya akan terasa sangat pelan dan lembut. Namun, lama kelamaan ayunannya akan sangat kencang bahkan bisa maju mundur dengan kemiringan hingga 90°.

2. Pontang Pontang

Saat menaiki wahana dufan Jakarta, pengunjung harus siap-siap diajak berutar-putar dan tubuh pun akan terhempas ke kanan dan ke kiri. Kita akan merasakan sensasi seolah-olah akan saling bertabrakan satu sama lain karena terhempas saking kencangnya.

3. Halilintar

Halilintar merupakan salah satu wahana ekstrim yang tidak sembarang orang bisa mencobanya. Halilintar ini sering juga disebut wahana roller coaster. Lintasannya sendiri dibuat sedemikian rupa, sehingga ketika roller coaster tersebut melintasinya, pengunjung akan merasakan berputar-putar dan terbalik dengan kecepatan tinggi.

4. Tornado

Yang satu ini tidak kalah ekstrim dari Halilintar. Tornado akan membawa penumpang untuk duduk di kursi berjajar dan saling membelakangi. Setelah mesin dihidupkan, pengunjung akan diajak jungkir balik dan berputar-putar di atas udara. Tentu saja harus siap mental dan fisik sebelum mencobanya.

5. Ombang Ombang

Wahana sejenis Ombang Ombang ini banyak ditemukan di beberapa taman hiburan. Wahana ini juga sering dikenal dengan nama Ombang Ambing. Sesuai dengan namanya, saat menaikinya seolah kita diombang ambingkan oleh ombak. Kita diajak naik turun secara ekstrim dengan goncangan yang dahsyat.

6. Hysteria

Menambah deretan wahana ekstrim yang ada di Dufan, Hysteria akan mengajak pengunjung untuk berteriak ketakutan. Bagaimana tidak? Pengunjung akan dilemparkan ke atas dalam waktu singkat. Setelah itu akan dilemparkan ke bawah dengan sangat cepat. Hal ini akan dilakukan secara berulang-ulang. Kalau kamu tidak berani, mending jangan sekali-kali mencobanya!

Water Ride

1. Niagara Gara

Niagara Gara adalah wahana perahu luncur yang berbentuk balok kayu yang mengajak kita. Untuk merasakan keseruan meluncul kencang mengikuti arus air. Di mana klimaksnya adalah kita dibawa naik setinggi 20 meter dan terjun seolah-olah hanyut. Mengikuti arus air terjun seperti yang terdapat di sungai-sungai Amerika Serikat.

2. Arung Jeram

Kalau yang satu ini merupakan wahana yang akan membuat pengunjungnya nyaris basah kuyup. Pengunjung akan dibawa mengitari sungai sepanjang 325 meter dengan arus yang sangat deras. Saat menaikinya, seolah pengunjung merasakan sensasi menaiki arung jeram sungguhan. Wahana ini tentu saja akan membawa keseruan dan cocok dicoba bersama teman-teman.

3. Ice Age Arctic Adventure

Ice Age Arctic Adventure merupakan wahana bertemakan es yang pertama kali hadir di Asia. Bagi para pecinta film animasi Ice Age, maka wahana ini wajib dicoba ketika sedang berkunjung ke Dufan. Pengunjung bisa merasakan proses pencairan es di Kutub Utara yang sama persis seperti yang diceritakan di film animasi Ice Age. Tidak hanya itu, karena masih ada petualangan seru yang dikemas dalam konsep dark ride. Di mana petualangan tersebut akan dibarengi dengan serunya berbagai efek spesial dan teknologi canggih yang penuh kejutan.

Jam Operasional & Harga Tiket Masuk Dufan

Kalau ingin berkunjung ke Dunia Fantasi, kamu harus perhatikan jam bukanya, karena tempat rekreasi ini tidak buka 24 jam. Untuk hari Senin – Jumat tempat ini beroperasi mulai pukul 10.00 sampai dengan 18.00 WIB. Dan untuk hari Sabtu – Minggu mulai dari jam 10.00 – 20.00 WIB. Pembelian tiket akan dilayani sampai dengan satu jam sebelum jam operasional berakhir. Maka dari itu, lebih baik datangnya jangan terlalu sore, supaya bisa puas menikmati semua wahana Dufan Jakarta. Harga tiket masuk Dufan juga dibedakan menurut harinya. Terhitung mulai bulan September 2017, untuk hari Senin – Jumat dikenakan tarif Rp200.000/orang dan untuk hari Sabtu – Minggu sebesar Rp295.000/orang. Untuk anak-anak dengan tinggi di bawah 100 cm dan lansia yang berusia lebih dari 65 tahun. Tidak dikenakan biaya tiket masuk.