Tempat Wisata di Kalimantan Pesona Waduk Riam Kanan

Di Kalimantan Selatan terdapat satu bendungan yang terkenal dan dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga air  yakni Waduk Riam Kanan. Berperan penting sebagai pengatur tata air, mencegah erosi dan banjur dan sebagai objek tempat wisata di Kalimantan. Waduk ini memiliki bentang alam yang menarik dengan panorama danau.

Mengenal Waduk Riam Kanan

Waduk Riam Kanan

Waduk Riam Kanan adalah bagian dari Taman Hutan Raya Sultan Adam yang berlokasi di desa Aranio, Kecamatan Karang Intan. Merupakan tempat wisata di Kalimantan. Waduk seluas sekitar 9.730 Ha dengan fungsi utama sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air satu-satunya di Kalimantan Selatan. Baca juga tempat wisata di Kalimantan Air Terjun Gunung Rian.

Waduk Riam Kanan atau dengan nama resminya adalah Waduk Ir Pangeran Muhammad Noor. Beliau adalah orang asli Banjar dan juga sebagai pencetus pembuatan waduk. Waduk ini masih berdiri kokoh menahan gempuran air sungai yang telah ditampung didalamnya. Pegunungan Meratus yang indah dan hijau mengelilingi Waduk tersebut

Sejarah Waduk Riam Kanan

Waduk yang diresmikan oleh Presiden kedua Soeharto pada tahun 1973 ini adalah Waduk yang dibangun selama 10 tahun. Waduk ini membendung 8 sungai yang bersumber dari Pegunungan Meratus. Ada 9 desa yang ditenggelamkan untuk pembuatan waduk ini. Sehingga waduk ini memiliki luas sekitar 9.730 hektar. Waduk ini dikenal warga sekitar sebagai sumber Pembangkit Listrik tenaga Air di wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Namun sekarang sudah tidak asing lagi bagi pecinta alam.

Tidak sedikit tenaga kerja yang diperlukan dalam pembuatan Waduk ini. Bisa dibilang harus benar-benar selektif dalam pencarian tenaga kerjanya. Sudja`i Sarmo adalah saksi hidup sejarah pembuatan waduk tersebut. Pria asal Surabaya ini merupakan salah satu tenaga kerja yang pernah bekerja dalam pembuatan Waduk tersebut. Dalam proses pembuatan bendungan tersebut melibatkan 2000 hingga 3000 orang pekerja dari seluruh Indonesia. Bahkan termasuk dari jepang. Tenaga ahli dari teknik sipil, teknik mesin dan teknik listrik juga dilibatkan didalamnya. Baca juga tempat wisata di Kalimantan Jantur Inar.

Fasilitas Waduk

Fasilitas yang terdapat di Waduk Riam Kanan dan sekitarnya terbilang sudah cukup lengkap. Anda dapat memilih menginap di kota terdekat seperti Martapura atau Banjarbaru. Terdapat 39 hotel terdekat. Rumah makan berupa warung yang menjual makanan dan minuman ringan maupun makanan utama tersedia banyak di lokasi Riam Kanan. Ada kurang lebih 30 rumah makan maupun restoran.

Meskipun sedikit curam dan jalan berkelok untuk tiba ke tepi danau. Namun tempat parkir yang tersedia disini cukup luas dengan penjagaan yang memadai. Di kawasan Waduk Riam Kanan tersedia kamar mandi dan toilet umum. Terletak disekitar tempat parkir mobil dan motor sebelum Anda naik ke perahu motor untuk menyusuri danau. Tersedia juga tempat ibadah berupa Masjid dan Musholla. Dan waduk ini terletak dekat dengan pemukiman sehingga fasilitas pusat kesehatan masyarakat tersedia.

Untuk menuju waduk tergolong mudah, karena jalan yang tersedia sudah dilengkapi petunjuk jalan yang mudah diikuti. Dimulai dari pusat kota hingga tiba di tepi waduk. Ketika ditepian waduk tanpa bertanya pun akan banyak yang menawarkan perahu yang siap mengantar ke berbagai rute yang bisa dipilih. Dan harganya yang tergolong murah untuk sekali perjalanan.

Objek Wisata Waduk Riam Kanan

Selain berfungsi sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air, Waduk Riam Kanan juga memiliki eksotisme alam yang sangat beraga. Ada banyak tempat wisata yang ada di Waduk ini. Diantaranya Pulau Pinus, Bukit Batas, Bukit Matang Keladan, Air terjun Bagugur dan masih banyak lagi.

  • Pulau Pinus

Pulau Pinus berada di tengah Waduk Riam Kanan dan sebagai saah satu tempat yang nyaman untuk rekreasi keluarga. Tidak begitu luas namun pulau ini banyak dikunjungi oleh warga Kalimantan Selatan maupun luar daerah.

  • Bukit Batas

Bukit Batas disebut juga Raja Ampat nya Kalimantan Selatan. Karena jika berada diatas Bukit Batas ini, kita dapat melihat pulau-pulau keci yang berada dibawah seperti halnya di Raja Ampat.

  • Bukit Matang Kaladan

Bukit Matang Kaladan ini memberikan pemandangan yang sama dengan Bukit Batas. Namun dari sudut yang berbeda. Bukit ini juga dikenal dengan nama Bukit Tiwingan.