Menikmati Tempat Wisata Keluarga Di Waduk Mrica Banjarnegara

Wisata Waduk Mrica Banjarnegara Jawa tengah yang salah satu tempat wisata yang berada di sebelah Barat Kota Banjarnegara. Yang tepatnya berada di dua Kecamatan yaitu Kecamatan Wanadadi dan Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah. Wisata Waduk Mrica Banjarnegara Jawa Tengah adalah tempat wisata yang ramai untuk anda kunjungi pada hari biasa maupun hari liburan. Waduk Mrica atau dikenal juga sebagai Bendungan Panglima Besar Jendral Soedirman, terletak sekitar 9 km barat kota Banjarnegara, Jawa Tengah.

Waduk Mrica Banjarnegara

Waduk Mrica Banjarnegara

Waduk mrica Banjarnegara yang di fungsikan sebagai sarana pembangkit listrik tenaga air yang melayani area Jawa dan Bali. Listrik yang dihasilkan dari waduk ini mencapai 184,5 MW. Waduk Mrica Banjarnegara merupakan waduk buatan dengan membendung sungai Serayu yang melintasi wilayah Banjarnegara. Bendungan Waduk Mrica mempunyai panjang 6,5 Km dan luas 1.250 Ha, menjadikannya sebagai bendungan terpanjang di Asia Tenggara. Bendungan sebesar ini dihasilkan dengan menenggelamkan 32 desa di 7 kecamatan yang ada disekitar aliran sungai Serayu Banjarnegara. Waduk Mrica Banjarnegara yang penggunaannya diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1989 ini, tidak hanya berfungsi sebagai PLTA. Tetapi lebih luas lagi untuk kemanfaatan para petani sebagai sarana menstabilkan aliran air irigasi. Menuju sawah-sawah yang terbentang di wilayah Banjarnegara.

Diarea Waduk Mrica Banjarnegara juga di kembangkan sebagai lahan rekreasi yang di kemas dengan beragam fasilitas. Mulai dari wisata air (perahu motor, dayung dan memancing), area bermain anak. Panggung petunjukan yang terbuka, juga terdapat padang Golf dengan 8 hotel. Bahkan di aliran sungai bagian hulu tempat wisata Banjarnegara. Yang bisa memicu adrenalin yaitu Arung Jeram. Lintasan arung Jeram diawali dari Desa Tunggoro menuju Desa Singomerto, Kecamatan Sigaluh dengan panjang rute sekitar 12 Km. 

Keindahan Waduk Mrica Banjarnegara

Suasana di lokasi wisata waduk mrica ini cukup sejuk karena banyak di tumbuhi pohon – pohon yang sangat rindang. Pemandnagan waduk juga sangat mempesona, seolah – olah sedang di pinggir pantai. Dihari bisa tidak terlalu ramai, nyaris sepi maka dari itu banyak sekali menjadi pilihan bagi kaum muda. Kuliner khas Banjarnegara juga bisa dinikmati di area wisata ini, Es Dawet Ayu. Dan bakso biasanya menjadi pilihan pengunjung, untuk camilannya tempe mendoan hangat sangat nikmat. Ada juga serabi, makanan ini sangat khas karena bahan dan pembuatan masih sangat tradisional, sehingga menyuguhkan rasa original. Waduk Mrica Banjarnegara yang terletak di Banjarnegara ini selain untuk PLTA juga bisa untuk memancing. Pengunjung juga bisa menikmati pemandangan dari bukit yang ada di dalam area waduk. Untuk suasana di lingkungan waduk ini masih sangat segar dan asri. Jangan lupa baca juga tempat wisata taman rekreasi margasatwa serulingmas banjarnegara dan tempat wisata gunung lanang Banjarnegara

Akses Menuju Temapt Waduk Mrica Banjarnegara

Untuk menuju lokasi ini sangat mudah sekali di jangkau karena pintu masuk yang berada. Di jalur utama raya di Kabupaten Banjarnegara, dari pusat kota Banjarnegara sekitar 9 Km kearah Barat. Dan menuju kota Purwokerto/Bayumas. Untuk Tiket masuknya juga relatif sangat murah yaitu hanya Rp. 2000/orang.

Tentu saja sarana untuk alat transportasi apa yang anda pakai untuk berwisata ke Waduk Mrica Banjarnegara Jawa Tengah ini. Dengan memakai kendaraan pribadi seperti : Mobil atau motor pribadi Anda bisa meminta panduan arah ke wisata ini. Akan tetapi jika anda memakai kendaraan umum seperti : bis umum atau angkutan lainnya. Ini juga bukan masalah besar, pasalnya anda bisa berhenti di terminal bus kota Banjarnegara. Setelah itu anda harus melanjutkan dengan menggunakan ojek atau pun kendaraan pribadi anda menuju lokasi Wisata Waduk Mrica Banjarnegara tersebut.