Tempat Wisata Alam Waduk Darma Kuningan Dan Misterinya

Waduk Darma Kuningan adalah sebuah waduk yang terletak di sebelah barat daya dari kota Kuningan. Tepatnya di desa Jagara, Kecamatan Darma dan pada lintasan jalan raya Cirebon-Kuningan-Ciamis. Lokasi waduk ini sangat lah stategis sebagian tempat persinggahan yang menyenangkan yang berada di Kuningan. Waduk darma Kuningan selain di fungdikan sebagai tempat penampungan air dan bududaya perikanana. Dan juga di manfaatkan sebagai objek wisata oleh masyarakat kuningan dan sekitarnya. Keindahaan akam nya berupa perbukitan dan lembah di sekelilingnya. Namun membuat lokasi tempat wisata kuningan ini menjadi tempat wisata yang nyaman untuk melepas penat.

Asal – Usul Pembangunan Waduk Derma Kuningan

Waduk Darma Kuningan

Jauh sebelum bendungan atau situ di buat lebih tepatnya di renovasi oleh Belanda pada tahun 1922. Bendungan ini sebenarnya sudah menjadi danau kecil, dan saat itu sebagian lahannya di jadikan tempat tinggal penduduk dan area persawahaan. Dulu sebagian areal seluas lebih dari 425 hektar. Yang kini menjdi kawasan danau derma Kuningan dulunya merupakan areal permukimam warga yang tenggelam. Jadi anda jangan heran apabila di saat air waduknya surut. Anda akan m elihat bekas – bekasi pondasi bangunan rumah, bahkan lintasan jalan yang masih bagus.

Selain itu masyarakat sekitar waduk darma Kuningan juga mempercayai bahwa waduk darma kuningan. Dulu nya di buat oleh para wali semasa hidupnya. Secara spefisik menurut masyarakat setempat walinya bernama Mbah Satori (mbah dalem cangeur) yang merupakan pembangunan bendungan ini. Dan dikelilingi oleh bukit dan lembah serta pemandangan yang indah dengan udara yang sejuk. Kapasitas genangan air maksimal lebih dari 39.000.000 m3. Jarak obyek wisata ini adalah lebih dari 12 km dari. Kota Kuningan dan dari lebih dari 37 km dari kota Cirebon.

Mitos Waduk Derma Kuningan

Katanya, apabila ada pasangan calon pengantin mendatangi tempat ini sebleum akan. Maka besar kemungkinan pernikhan mereka akan gagal. Karena, calon pengantin yang belum akad, biasanya akan di larang untung mengunjungi lokasi waduk derma Kuningan ini. Namun jangan bayangkan waduk darma Kuningan ini masih sama saat pertama kali di renovasi oleh Belanda. Sebab kini waduk darma Kuningan sudah berubah total dari segi pembangunan fasilititas dan fungsi. Selain menjadi lokasi liburan, bendungan ini juga di fungdikan sebagai seumber air. Untuk mengairi ribuan hektar lahan pertanian penduduk serta memasik kebutuhan PDAM.

Daya  Tarik Waduk Darma Kuningan

Tempat ini tetaplah menjadi lokasi liburan yang asik dan sangat menarik untuk di kunjungi. Dan disini anda bisa melakukan berbagai aktivitas wisata yang mungkin tidak akan anda temukan di tempat lain. Di waduk darma, anda bisa menikmati gelombong air yang mengalir sambil menikmati panorama alam di sekeliling. Jika anda lapar anda bisa mengisi perut anda dengan berbagai kuliner khas Kuningan yang di jual di pinggir bendungan. Dilokasi wisata waduk darma Kuningan juga telah di sediakan wahana permainan untuk anak – anak. Dengan membayar sedikit biaya perawatan fasilitas wahana permainan, anak – anak bisa dengan bebas menikmati wahana permainan ini.

Anda juga bisa melakukan aktivitas lain misalnya mengelilingi permukaan waduk derma Kuningan. Dengan perahu wisata yang telah di sebabkan oleh pengelola. Biaya nya juga tidak terlalu mahal anda cukup membayar Rp. 10.000 anda bisa menikmati sensasi naik perahu mengelilingi danau sambil menikmati indahnya balam sekitar danau. Kalau anda tertarik untuk amncing, pengelola di sini juga menyediakan kolam khususkan. Untuk di peruntukan bagi pengunjung yang ingin mencoba memancing ikan di tempat ini. Dan bagi anda yang tidak puas menikmati waduk darma seharian anda juga bisa menginap di sekitar sini. Untuk penginapan bertipe room standar, anda cukup membayar seharga Rp. 220.ooo/malam. Sedangkan penginapan bertipr deluxe seharga Rp. 275.000/malam. dan untuk penginapan bertipe room Family sebear Rp. 330.000/malem.

Alamat Wisata Waduk Darma Kuningan

Waduk Darma Kuningan terletak di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Tepatnya di Desa Jagara, Kecamatan Darma, kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45562. Jika anda ingin mendapatkan petunjuk arah ke tempat wisata tersebut. Silakan klik tombol petunjuk arah di bawah untuk membuka peta navigasi, Buka Peta Petunjuk Arah.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Waduk Darma Kuningan

Umumnya, harga tiket untuk masuk tempat wisata berbeda antara hari libur, minggu atau hari biasa. Berikut daftar harga tiket masuk ke area Kab Kuningan. Harga bisa berubah sewaktu-waktu. Saat senin – Jumat, harga tiket masuk Waduk Darma Kuningan adalah Rp. 7.000. Sementara saat sabtu – minggu, harga tiket masuk Waduk Darma adalah Rp. 8.000. Dan jam bukanya adalah 24 jam

Pencarian Terbaru: