Objek Wisata Waduk Cirata Tempat Berliburan Keluarga

Mungkin setiap danau, situ maupun waduk ataupun bisa di bilang bendungan. Bisa kita jadikan objek wisata jika tempat nya sangat bagus bahkan indah dan sejuk. Begitu juga dengan waduk cirata purwakarta ini. Waduk cirata juga banyak di jadikan destinasi liburan atau objek wisata. Lokasinya yang cukup strategi dan sangat mudah di jangkau. Selain itu, panorama alamnya sangat bagus dan sekitar waduk cirata juga memang sangat indah, tertama pas saat muncul sunset.

Sekilas Informasi Tentang Waduk Cirata Purwakarta

Waduk Cirata

Penamaan tempat wisata Purwakarta ini kadang cukup membingungkan pengunjung maupun masyarakat sekitar. Ada yang menyebut waduk purwakarta ini sebagai waduk cirata cianjur. Dan ada juga yang menyebutnya sebagai waduk cirata bandung. Sebenarnya sama saja tempat nya itu-itu juga. Ada pemanggilan nama yang berbeda karena memang area waduk Cirata berada di dalam wilayah ketiga. Kabupaten di atas (Bandung Barat, Cianjur, dan Purwakarta). Luasnya yang sekitar 43 ribu hektar berada didalam wilayah tiga kabupaten tersebut. Tapi, sebagian besar wilayahnya lebih masuk ke wilayah kabupaten Cianjur.

Lokasi Waduk Cirata

Karena begitu luasnya, tentunya kita bisa menuju ke banyak suduk waduk ini. Tapi biasanya pengunjung datang ke lokasi utama yang ada di Kawasan Kuliner Buangan, Kecamatan Cipeundeuy, Purwakarta.

Jalan Menuju Waduk Cirata

Lokasi Cirata berada di perlintasan utama Bandung -Jakarta. Jika menggunakan tol Cipularang dari arah Bandung, bisa keluar di pintu tol Cikalong wetan dan lanjut menuju arah Cirata. Dari Arah Jakarta, bisa keluar di pintu tol Jatiluhur lalu menuju ke arah plered. Jika dari Cianjur, bisa langsung menggunakan rute yang menyusuri waduk cirata via Cikalong kulon.

Wisata Dan Kuliner Khas

Waduk Cirata berada di tengah suasana alam yang hening, dengan sesekali terdengar suara kendaraan bermotor yang melintas di jalanan. Di latar belakang terdapat empat menara kontrol di tepi jalur jalan ke Cianjur. Air waduk terbelah ketika dilewati perahu berpenumpang tunggal di latar depan. Serta perahu lainnya yang lebih besar di ujung kanan sana. Di tempat ini lah, kita bisa menikmati suasana danau bautan yang alami, dengan pemandangan yang unik. Luasnya permukaan danau dihiasi dengan banyaknya tempat budidaya ikan jaring terapung.

Banyak orang yang mengejar suasana sunset disini yang indah. Suasana yang tenang dengan background pemandangan perbukitan yang hijau, jadi incaran utama pengunjung ke daerah sini. Anda juga bisa menyewa perahu nelayan untuk mengitari area waduk. Lumayan asyik lho. Di sekitar bendungan juga terdapat banyak tempat makan dan istirahat. Kuliner khas yang disajikan antara lain berupa sate maranggi, sate khas dari Purwakarta. Selain itu juga terdapat banyak sajian ikan hasil budidaya di danau Cirata itu sendiri.

Mancing Di Waduk Cirata

Selain berwisata, mancing di waduk Cirata juga menjadi daya tarik tersendiri. Banyak orang yang hobby memancing datang ke spot-spot memancing di Cirata yang sudah cukup terkenal.

Beberapa spot memancing yang sering didatangi antara lain;

  • Calingcing
  • Palalangon dan Babakan Garut
  • Pasir Ucing
  • Pasir Geulis/Cipicung
  • Palumbon
  • Jangari

PLTA Cirata

Bendungan PLTA Cirata Purwakarta memiliki sebuah instalasi Power House 4 lantai. Yang di dalam terowongan bawah tanahnya terdapat delapan buah turbin. Turbin-turbin itu pengoperasiannya dikendalikan dari ruang kontrol Switchyard. Yang berada dalam jarak sekitar 2 km dari mesin-mesin pembangkit listrik di dalam Power House itu. Fungsi utama dari waduk atau bendungan Cirata adalah. Sebagai pembangkit listrik tenaga air, sekaligus juga menjadi regulator distribusi air ke wilayah sekitarnya. Waduk ini membendung aliran sungai Citarum, dan membentuk danau buatan seluas 43.777 hektar lebih. Sungai Citarum memang dimanfaatkan menjadi sumber air beberapa bendungan di wilayah Jawa Barat. Ngomong-ngomong apakah, rekan-rekan tahu dimana kilometer 0 sungai Citarum ini? Situ Cisanti. Hulu sungai Citarum ini juga jadi tempat wisata lho, dan tempatnya lumayan bagus juga.

Pencarian Terbaru: