Tempat Wisata Waduk Cipancuh Indramayu, Spot Foto Keren

Jawa Barat memiliki sangat banyak lokasi wisata dengan segudang asal usul dan sejarah. Hal ini memang mengikat kota-kota di Jawa Barat yang selalu memiliki banyak tempat wisata dengan berjuta keindahan. Diantara banyak nya kota wisata di Jawa Barat, terdapat sebuah kota yang saat ini sedang muncul sebagai kota wisata. Dengan pengunjung yang banyak Kota tersebut adalah Kota Indramayu disini, ada banyak lokasi wisata dengan beragam macam jenis. Dan keindahan nya jika di lihat, ada sebuah tempat wisata yang sekarang ini cukup hits di daerah Indramayu. Tempat Wisata ini yaitu Waduk Cipancuh Indramayu. Bisa di bilang, tempat wisata indramayu ini sangatlah menarik untuk di kunjungi baik dari jarak dekat. Atau pun jarak jauh seorang wisatawan akan bisa merasakan keindahan dan kenyamanan dari Waduk Cipancuh Indramayu ini.

Waduk Cipancuh Indramayu, Destinasi Spot Foto Keren

Waduk Cipancuh Indramayu

Waduk Cipancuh (juga dinamai Situ Cipancuh atau Bendungan Cipancuh) adalah sebuah waduk/bendungan. Yang terletak di Desa Situraja, Kecamatan Gantar, Indramayu Waduk. Yang memiliki luas area sekitar 700 hektare ini dibangun pada tahun 1972 oleh pemerintah Belanda. Dan pernah mengalami rekontruksi tanggul pada tahun 1972. Wadukan adalah sebutan yang lebih sering di gunakan oleh masyarakat setempat untuk menyebut lokasi ini. Sebenarnya, Waduk Cipancuh Indramayu ini sudah di buat sejak lama yaitu pada jaman penjajahan Belanda.

Selain berguna untuk tempat wisata, fungsi utama tempat ini sebagai waduk pun masih tetap berjalan. Waduk Cipancuh Indramayu ini, merupakan lokasi penampungan hujan utama di daerah Indramayu. Dengan ada nya Waduk Cipancuh ini, ribuan hektar sawah yang berada di sekitar Haurgeulis berhasil di aliri air. Jika di lihat dari volume nya, bendungan irigasi ini memiliki volume air dalam jumlah yang sangat besar. Tercatat, ada lebih dari 8 juta meter kubik, air yang di alirkan pada tempat ini. Selain itu juga, Waduk Cipancuh Indramayu ini. Memiliki spot yang bagus untuk para instagramble.

Daya Tarik Waduk Cipancuh Indramayu

Objek wisata Waduk Cipancuh Indramayu, Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus di kunjungi. Karena pesona keindahan nya tidak ada dua nya. Penduduk lokal daerah Indramayu juga sangat ramah, terhadap para wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Indramayu juga terkanal dengan keindahan Objek Wisata nya. Salah satu nya adalah Objek Wisata Waduk Cipancuh di Gantar Indramayu Jawa Barat ini. Objek wisata Waduk Cipancuh Indramayu merupakan objek wisata yang sangat di gemari oleh masyarakat Indramayu dan juga sekitar nya.
Pada saat kondisi air Waduk Cipancuh mengering, beberapa warga awalnya tertarik melihat sekumpulan ikan yang sedang menggeliat-geliat berpindah tempat. Mencari kehidupan pada sisa air genangan melihat hal itu beberapa warga langsung menyerbu. Hingga mendapatkan puluhan kilogram ikan. Objek wisata Waduk Cipancuh Indramayu ini, sangat ramai di kunjungi. Menjelang hari minggu atau pun hari libur.

Dan sangat cocok pergi ke objek wisata Waduk Cipancuh Indramayu, Jawa Barat ini dengan sanak saudara juga teman kerja. Selain memiliki fungsi untuk mengairi beberapa kecamatan di Indramayu, Waduk Cipancuh ini tentu saja menjadi spot favorit masyarakat. Yang tentu nya menginginkan wisata hemat. Rasa nya sensasi nyaman dan damai, saat duduk di tepi waduk sambil menikmati tenangnya air Waduk Cipancuh Indramayu. Di tambah lagi dengan hembusan semilir angin sejuk. Lalu di tambah dengan pemandangan gagah nya Gunung Tampomas dan Pengunungan tangkuban Perahu – Burangrang. Yang jadi latar belakang Waduk Cipancuh Indramayu ini saat senja tiba, maka akan di manjakan dengan suasana syahdu. Dan indah nya matahari terbenam yang akan membuat siapapun tidak henti-henti nya mengucap syukur.

Harga Tiket Masuk Ke Waduk Cipancuh Indramayu

Untuk memasuki Waduk Cipancuh Indramayu, seorang wisatawan tidak akan di kenakan tarif tiket masuk alias gratis. Walaupun begitu, sejumlah uang yang tetapi perlu di bayarkan oleh wisatawan. Uang tersebut bukan untuk tiket masuk melainkan sebagai biaya parkir tidak ada ketentuan pasti, biaya parkir di tempat ini. Memang berubah-ubah di hari biasa, seorang wisatawan akan di kenakan tarif 5 ribu rupiah untuk motor. Sedangkan untuk mobil adalah 10 ribu rupiah bisa di bilang sangat murah dan akan sangat menunjang kenyamanan ketika berwisata.

Rute Menuju Waduk Cipancuh Indramayu

Jika ingin sampai ke alun-alun Indramayu, rute termudah bisa di lalui dengan melewati jalur Lohbener cirebon. Dari sana, teruslah ikuti jalan tersebut yang menuju ke arah kali Cimanuk. Di sepanjang jalan, anda pun akan melewati jembatan bangkir. Jembatan bangkir lah jalan satu-satu nya untuk menyebrangi kali Cimanuk. Teruslah lurus dan pada pertigaan setelah sman 1 Lohbener, ambillah ke arah kanan dari sana, teruslah menyusuri jalan utama. Dengan melewati taman Uks Celeng Lohbener, Rumah Makan Suka, SPBU Kiajaran Kulon, Masjid Pangkalan, hingga menemui pertigaan setelah kali pedomasan. Luruslah pada pertigaan tersebut, dan ikuti jalan pantura itu disana, akan melewati SMAN 1 Losarang, Hotel Bunga indah. Dan Masjid At Taubah Cilet selanjutnya, akan melihat pertigaan di dekat polsek kadanghaur Belok lah kiri, di pertigaan tersebut.

Dan susuri lah alan raya gabus sehingga memasuki jalan kali pandan selanjut nya akan terliat sebuah pertigaan. Di dekat kali Gandanggoang ambilah jalur kanan dan ikuti terus jalan gembreng kamprong. Tersulah hingga masuk ke jalan Gembreng Sidamulya dan pada perempatan pertama, ambilah jalur kiri. Teruslah lurus hingga terdapat sebuah pertigaan di ujung jalan ambilah jalur kanan menuju jalan raya cipedang. Hingga memasuki jalan irigasi wanguk diperempatan pertama, belom lah kiri menuju. Jalan raya haurgeulis teruslah ikuti jalur tersebut hingga terdapat sebuah pertigaan. Di dekat alun-alun Haurgeulis bloklah kiri, hingga menemui sebuah perempatan dari sana, ambilah kanan dari sana akan terdapat. Pertigaan terakhir pilihlah jalan ke kiri di pertigaan tersebut dan dengan itu pun akan sampai di Waduk Cipancuh Jawa Barat.