Tempat Wisata Teras Cikapundung Bandung Cocok Untuk Tongkrongan

Anda mungkin sedang mencari tempat wisata di bandung yang terkenal dan bersejarah merupakan sebuah kawasan Green Area taman kota Bandung?. Nah ini lah taman Teras Cikapundung Bandung. Jika anda liburan ke bandung tidak hanya menikmati wisata kuliner, shopping maupun wisata alamnya. Jadi ini ada wisata baru seperti taman kota anung kini menjadi salah satu tempat yang menarik untuk anda kunjungi. Teras Cikapundung berlokasi di kawasan hutan kota Babakan Siliwangi. Atau warga kota bandung menyebutnya Baksil, di jalan Siliwangi kota Bandung Jawa Barat.

Ruang Publik ini dibangun oleh pemerintah kota bandung di bawah sang pengagas walikota Ridwan Kamil. Dengan mengambil konsep Urban dan juga Ekologi tepat di sekitar aliran sungai Cikapundung. Tujuan dibangunnya adalah menyediakan ruang umum terbuka untuk warga kota bandung dan sekitarnya. Sebagat tempat bersosialisasi, berkumpul di kawasan hijau kota yang nyaman untuk ditinggali. Teras Cikapundung Bandung ini telah dibuka dan dikenalkan kepada masyarakat umum oleh di bulan desember 2015. Dan peresmiannya dilakukan oleh Menteri PU bersama pemkot bandung di pertengahan tahun 2016.

Wisata Teras Cikapundung Bandung

Teras Cikapundung Bandung

Tempat Wisata Baru di kota Bandung ini memang sejak awal diperkenalkan dan dibuka untuk umum. Telah menjadi objek wisata yang fenomenal dan populer. Memang tidak salah kiranya jika Teras Cikapundung Bandung ini ke depan akan menjadi magnet wisata baru. Yang tidak hanya bisa dinikmati warga bandung, akan tetapi wisatawan yang sedang liburan di kota bandung. Bagi warga kota bandung, tempat ini bisa dijadikan elternatif tempat wisata murah di kota bandung. Yang menyenangkan untuk bersantai sepulang beraktifitas kerja, atau menghabiskan libur akhir pekan.

Sementara bagi pengunjung dari luar kota bandung, tempat ini bisa dijadikan tempat untuk lebih mengenal kebiasaan masyarakat kota bandung. Selain itu, dengan sejumlah fasilitas yang melengkapinya seperti dibangunmya ampitheater. Taman, monumen, jembatan, kolam, gazebo dan yang lainnya membuat wisatawan yang berkunjung betah berlama-lama tinggal di sini.

Sejarah Teras Cikapundung Bandung

Mungkin tidak semua orang tahu tentang sejarah taman Teras Cikapundung Bandung ini. Cikapundung sendiri adalah merupakan aliran sungai yang membelah kota bandung. Yang membentang mulai dari kawasan Bandung Utaradan bermuara di sungai citarum di wilayah Bandung Selatan. Hulu sungai Cikapundung ini adalah berlokasi di sekitar kawasan Tempat Wisata di Lembang, tepatnya di Curug Omas. Dan airnya mengalir melewati Babakan Siliwangi, kemudian masuk kota bandung dengan melintasi Jalan Braga serta Alun-Alun kota Bandung. Teras Cikapundung dari dulu memang sudah dikenal sebagai basecamp atau tempat berkumpulnya oarng-orang kreatif di kota bandung. Termasuk diantaranya adalah pusat berkumpulnya para Seniman Bandung. Di tempat ini pernah berdiri saat itu sejumlah sanggar seni hingga salah satu. Lokasi Tempat Wisata Kuliner di kota Bandung berupa warung-warung makan, sebelum akhirnya terlantar dan tidak terurus.

Hingga keadaanya saat itu bagi masyarakat sekitar dikenal sebagai salah satu tempat yang angker di kota bandung. Hingga berjuluk sebagai lokasi ” tempat jin buang anak ”. Puncaknya adalah terjadi tahun 2013 yang lalu. Sejumlah warga kota bandung dalam gerakan ” Save Babakan Siliwangi ” berunjuk rasa besar-besaran. Untuk menolak rencana pembagunan kawasan konservasi alam ini menjadi kawasan komersial dan pemukiman.

Objek Wisata Teras Cikapundung Bandung

Teras Cikapundung adalah salah satu tempat wisata baru kota bandung yang berkonsep urban. Tempat berkumpulnya masyarakat umum, komunitas hingga tempat berkumpulnya para seniman bandung. Lokasinya yang tepat berada di salah satu kawasan hijau Babakan siliwangi, dan dekat dengan Sasana Budaya Ganesha Bandung. Menjadikan konsep ekologi sangat tepat untuk lokasi ini. Untuk menjadikan kawasannya menjadi kawasan wisata baru terpadu yang bisa menarik pengunjung datang dan nyaman berkumpul di sini. Maka sepanjang daerah aliran sungai (DAS) cikapundung pun diperbaiki dan diberdayakan.

Diantaranya dengan relokasi sejumlah bangunan liar di pinggir aliaran sungai, pembersihan air sungai dari sampah, pengangkatan endapan lumpur. Dan kini telah disediakan perahu karet sebgai alat transportasi wisata seperti halnya Bus Bandros. Konsep tempat ini masih sejalan dengan rencana pemkot bandung dalam membangun lokasi-lokasi yang dulunya dianggap terbengkalai. Dan juga yang tak terawat, kumuh dan “angker” menjadi tempat yang menyenangkan bagi publik. Kita pastinya tahu dengan sejumlah tempat yang dulunya hampir serupa dengan Teras Cikapundung yaitu kotor dan menakutkan. Seperti lokasi di bawah jembatan Pasupati di mana kini berdiri Taman Pasupati atau bisa di sebut Taman Jomblo.

Fasilitas Teras Cikapundung Bandung

Kolam Teras Cikapundung Bandung

Dilokasi ini pun nantinya akan dibangun juga kolam ikan, yang nantinya akan diisi. Dengan sejumlah jenis ikan khas sungai cikapundung mulai dari ikan badar, kehkel hingga beunteur. Dan akan di bangun hutan taman kota areal pesawahan dan masih banyak yang lainnya. Yang akan menjadi partner pembangunannya adalah kerja sama dengan Komunitas Sungai Cikapundung.

Amphitheater Teras Cikapundung

Ini adalah sejumlah kegiatan acara seperti pertunjukan hiburan seperti live music, nonton bareng acara pertandingan sepakbola seperti laga Persib Bandung. Hingga kegiatan eksebisi, pameran dan yang lainnya. Pembangunan salah satu fasilitas utama wisata ini masih tetap mengedapankan tata kelola lingkungan ( Amdal ) serta memperhatikan konsep ekologi. Dengan dibangunnya beberapa sumur resapan sebanyak 15 buah. Tidak hanya itu saja, kawasan ini pun dipercantik menjadi salah satu Taman di kota bandung yang asri dan hijau.

Seperti taman balai kota bahkan tak kalah dengan Peta Park di jalan Peta. Pembangunan amphitheater ini sendiri merupakan proyek nasional. Dalam program restotasi sungai cikapundung yang seharusnya sudah beres di tahun 2013 yang lalu. Namun barhenti di tahun 2014 dan berlanjut di tahun 2015 di bawah kontraktor PT ARJUNA. Dimana Teras Cikapundung ini mempunyai kembarannya di jalan Cikapundung Timur yang populer dengan nama Cikapundung Riverspot. Menurut kang emil, walikota bandung, tempat ini akan dipersiapkan menjadi sebuah Tempat Wisata di dalam kota Bandung.

Jembatan Merah Cikapundung Bandung

Sebuah jembatan dengan warna yang terlihat cantik berwarna merah yang menghubungkan bantaran sungai cikapundung. Di sekitar lokasi tersebut juga dibangun tempat duduk berundak alias. Terasering yang bisa dipergunakan temat bersantai pengunjung dan tempat nonton ke arah amphitheater.

Air Mancur Teras Cikapundung Bandung

Berupa air mancur yang memancar dari beberapa lubang yang ada di lokasi air mancur tersebut. Pas waktu malam, tempat ini paling ramai oleh pengunjung yang ingin mengabadikan keindahan air yang memancur. Dengan terpaan warna lampu yang berwarna-warni yang indah. Tempat ini menjadi lokasi favorit pengunjung untuk berselfie dan nongkrong bareng keluarga, teman atau hingga pasangannya sambil mencicipi aneka makanan.

Peta Lokasi  Dan Alamat Teras Cikapundung Bandung

Silahkan anda bisa membukanya di sin.

Alamat tempat wisata Teras Cikapundung sendiri adalah berada di Jalan Siliwangi, Cipaganti, Coblong, Hegarmanah, Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat 40131.

Tiket Masuk Dan Jam Operasional Teras Cikapundung Bandung

Harga Tiket untuk orang dewasa sebesar Rp. 10.000, Dan untuk anak -anak sebesar Rp. 5.000. Waktu operasional objek wisata taman di kota bandung ini adalah setiap hari, senin hingga minggu, dari jam 07.00 – 22.00 WIB.