Menjelajahi 40 Tempat Wisata Yogyakarta Jawa Tengah Yang Terbaru

Yogyakarta atau Kota Jogja adalah daerah istimewa yang tidak hanya karena budaya dan masyarakat saja. Namun juga karena pariwisatanya. Daerah Istimewa yang memiliki luas 3.185,80 km2 ini. Terdiri atas satu kotamadya, dan empat kabupaten, yang terbagi lagi menjadi 78 kecamatan, dan 438 desa/kelurahan. Menurut sensus penduduk 2010 memiliki populasi 3.452.390 jiwa dengan proporsi. Berbagai destinasi wisata bisa ditemui. Mulai dari wisata berbasis budaya, edukasi, alam, kuliner. Serta yang trendy sekalipun. Untuk anda yang ingin berlibur ke Yogyakarta. Berikut kami suguhkan beberapa pilihan Tempat Wisata Yogyakarta, yang pasti nya kan menarik sekali untuk di kunjungi pada saat liburan.

Tempat Wisata Di Yogyakarta

Tempat Wisata Di Yogyakarta

Baiklah tidak usah lama-lama lagi, berikut adalah destinasi tempat wisata Yogyakarta

The World Landmarks Merapi Park Yogyakarta

The World landmarks Merapi park Jogja

The World Landmarks Merapi Park adalah salah satu tempat wisata di Jogja terbaru yang wajib Anda kunjungi. Tempat wisata baru yang resmi dibuka tanggal 25 Juni 2017 ini menampilkan miniatur bangunan landmarks dunia. Dan dipadati pengunjung dari berbagai daerah setiap harinya. Merapi park mengemas konsep mirip “The Small World” atau taman miniatur dunia . Yang ada di Banyumas Jawa Tengah yang memang disajikan bagi para pecinta fotografi dan selfie.

Transmart Carrefour Maguwo Yogyakarta

Transmart Carrefour Maguwo Yogyakarta

Transmart Carrefour Maguwo beralamat di Jl. Raya Solo Km 8 No. 234, Maguwoharjo, Depok Sleman Yogyakarta. Menempati area dengan luas 9.646 m2 yang sebelumnya merupakan Carrefour magowoharjo. Inilah tempat wisata belanja yang menghadirkan berbagai jenis hiburan dalam satu kawasan. Tidak hanya untuk tempat shopping dan makan-makan, di sini juga ada Trans Studio Mini dan bioskop CGV.

Pantai Nglambor Yogyakarta

Pantai Nglamor Yogyakarta

Pantai Nglambor ternyata berbatasan dengan Samudera Hindia oleh karena itu ombak di pantai ini cukup keras. Namun tersedia area agar Anda bisa melakukan wisata snorkeling dan menyelam. Letak pantai ini sangat strategis, diapit oleh dua pantai yang juga terkenal di Yogyakarta yaitu Pantai Jogan serta Siung. Dahulu tidak banyak yang mengunjungi pantai Nglambor namun setelah berkembangnya teknologi dan sosial media, pengunjung pun bertambah banyak.

Jogja Bay Waterpark Yogyakarta

Jogja Bay Waterpark Yogyakarta

Selain wisata malam Jogja juga memiliki tempat wisata baru yaitu Jogja Bay Waterpark. Tempat wisata air terbesar se-Indonesia yang memiliki 19 wahana permainan seru. Berkunjung di Yogyakarta biasanya wisatawan akan datang ke monumen Jogja Kembali, Tugu.

Panti Indrayanti Yogyakarta

Panti Indrayanti Yogyakarta

Pantai Indrayanti merupakan salah satu tempat wisata pantai di Yogyakarta yang sekarang cukup populer. Dengan bentangan pasir yang putih bersih khas pantai selatan, dengan pemandangan yang indah dan juga fasilitas yang cukup lengkap. Lokasi nya juga tidak jauh dari pantai-pantai lain yang juga populer.

Taman Pelangi Yogyakarta

Taman Pelangi Yogyakarta

Masih di utara Yogyakarta bisa menikmati suasana malam bersama ratusan lampion di sini. Taman pelangi masih berada di dalam satu kawasan dengan Museum Monumen Yogyakarta. Kembali di Jalan Ring Road Utara, Sariharjo, Kabupeten Yogyakarta. Nah di situ lah para pengunjung bisa mengunjunginya saat malam. Jadi tidak hanya cuma ke Alun-alun Kidul atau Malioboro yang sudah ramai pengunjung. Jangan lupa baca juga tempat wisata museum kailasa Wonosobo

Wisata Kalibiru Yogyakarta

Wisata Kalibiru Yogyakarta

Tempat wisata Kalibiru Yogyakarta adalah salah satu tempat wisata yang seru dan juga menantang. Di wisata Kalibiru ini para pengunjung bisa berfoto di atas ketinggian dari sebuah panggung pohon. Dengan latarbelakang jurang, tapi tenang saja karena di tempat wisata ini sudah di bekali oleh alat pengaman. Ketika naik panggung tinggi itu, jadi tetap nyaman dan juga aman pada saat berfoto.

Bukit Mojo Gumelem Yogyakarta

Bukit Mojo Gumelem Yogyakarta

Tempat wisata bukit mojo gumelem ini terletak di Dusun Gumelem, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Tempat wisata ini menyajikan pemandangan alam yang sangat luar biasa. Salah satu spot unik yang instragamable adalah bentuk gardu pandang nya yang menyerupai sarang burung dan spot foto bunga matahari. Dan yang lebih menarik nya lagi, yaitu dalam jangka waktu empat bulan akan ada pengganti ikon spot selfie. Sehingga para pengunjung tidak akan merasa bosan.

Watu Goyang Mangunan Yogyakarta

Watu Goyang Mangunan Yogyakarta

Berbeda dengan spot unik yang bervariasi di Bukit Mojo Gumelem. Spot foto di Watu Goyang Mangunan berbentuk helikopter lucu denga warna hijau army ala militer. Tempat wisata ini baru di buka pada awal bulam Maret 2017 dan sukses menyedot perhatian para wisatawan. Karena memiliki keunikan dan juga keindahan alam nya yang masih sangat asri. Bahkan ada juga spot menarik lain nya yaitu sebuah batu besar. Yang berada di tepi jurang yang di gunakan untuk menikmati panorama alam. Batu besar ini lah yang di sebut dengan Watu Goyang.

Seribu Batu Songgo Langit Yogyakarta

Seribu Batu Songgo Langit Yogyakarta

Salah satu tempat wisata yang unik ini menyajikan suasana yang berbeda dengan bentuk rumah kecil ala rumah hobbit. Lokasi nya berada di Dusun Sukarame, Desa Mangunan, Kecamatan Dlongo, Bantul, Yogyakarta. Untuk mencapai ke lokasi ini para pengunjung akan di suguhkan dengan suasana alam di hutan pinus yang sangat menenangkan. Selain rumah Hobbit ada banyak spot foto lainnya yang bisa dijadikan latar belakang saat berfoto.  Mulai dari jembatan kayu yang menghubungkan pepohonan hingga gardu pandang. Di lokasi wisata ini juga terdapat arena flying fox yang cukup memicu adrenalin.

Kebun Teh Nglinggo Yogyakarta

Kebun Teh Nglinggo Yogyakarta

Kebun teh nglingo ini berlokasi di daerah Samigaluh, tepat nya berada di dusun Ngilingo, Desa Pagerhejo, Kulon Progo. Kata nya dulu pernah menjadi salah satu markas Pangeran Diponegoro. Akan tetapi saat ini sudah berubah fungsi menjadi perkebunan dan tempat wisata yang sangat unik Yogyakarta. Perkebunan Nglinggo menawarkan hawa yang sejuk, hamparan hijau pohon teh yang bikin mata adem. Serta pemandangan puncak 8 gunung sekaligus. Aksesibilitas ke daerah ini juga sudah cukup bagus dan ada pula homestay yang bisa dimanfaatkan untuk bermalam.

Umbul Ponggok Yogyakarta

Umbul Ponggok Yogyakarta

Kolam natural dengan air biru jernih di Klaten ini menawarkan wisata underwater kekinian. Serta di lengkapi dengan aneka properti untuk foto keren di dasar. Tanpa berfoto pun keindahan alam bawah air Umbul Ponggok tetap layak untuk di nikmati. Kapan lagi bisa berenang di air biru nan jernih dengan puluhan ikan tanpa perlu pergi laut.

Tebing Breksi Yogyakarta

Tebing Breksi Yogyakarta

Tempat wisata tebing breksi Yogyakarta ini menjadi slaah satu destinasi yang populer di Jogja di sepanjang tahun 2016 hingga 2017. Sesuai dengan nama nya, di daerah Tebing Breksi Yogyakarta ini para pengunjung bisa melihat. Serta menikmati keindahan tebing berukir yang sangat fotogenetik. Relief-relief yang menghias tebing memnag baru di buat. Akan tetapi tebing batuan breksi nya sendiri terbentuk sejak jutaan tahun yang lalu.

Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta

Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta

Wisata Jogja yang satu ini berupa kawasan mangrove atau bakau di desa pasir mendit Temon. Menyadari besarnya potensi wisata mangrove, warga setempat sepakat untuk mengelola tempat ini dengan menambahkan banyak spot keren untuk foto. Mangrove Kulon Progo berada di muara Sungai Bogowonto dan bisa ditempuh dari Yogyakarta dengan perjalanan selama 2 jam.

Pantai Pok Tunggal Yogyakarta

Pantai Pok Tunggal Yogyakarta

Pantai Pok Tunggal merupakan salah satu wisata Yogyakarta andalan Gunung Kidul. Pantai cantik yang di kelilingi batu karang ini merupakan tempat yang cocok untuk menikmati keindahan sunset nya. Selain itu Pok Tunggal juga masih tergolong sepi. Jadi Anda bisa menikmati kesyahduan panoramanya tanpa gangguan.

Goa Kalisuci Yogyakarta

Goa Kalisuci Yogyakarta

Tempat wisata Yogyakarta yang berlokasi di Wonosari, Gunung Kidul, Goa Kalisuci merupakan tempat wisata yang menjelajahi sungai dan goa. Di goa kalisuci para pengunjung yang datang dalam satu grup bisa menikmati asyik nya rafting. Dan cave tubing seperti di Goa pindul.

Kebun Buah Mangunan Yogyakarta

Kebun Buah Mangunan Yogyakarta

Kebun buah Mangunan ini menawarkan eksotisme alam berupa pegunungan, hutan, dan sungai yang mengular dengan cantiknya. Untuk mencapai bukit, Anda harus menempuh perjalanan kurang lebih 15 menit, kemudian turun lagi.

Jurang Tembelan Yogyakarta

Jurang Tembelan Yogyakarta

Di tempat wisata Yogyakarta ada jurang Tembelan yang banyak di cari pecinta fotografi. Gardu pandang nya yang berbentuk kapal dengan latar belakang hamparan pegunungan dan ngarai sungai yang bernuansa magis.

Candi Prambanan Yogyakarta

Candi Prambanan Yogyakarta

Candi Prambanan terletak di Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang di bangun pada abad ke-9 Masehi. Dan menjadi salah satu ikon wisata di Yogyakarta yang sangat tersohor hingga ke mancanegara. Situs Warisan Dunia yang dilindungi oleh UNESCO ini bisa menjadi alternatif pilihan wisata yang menarik untuk dikunjungi saat liburan. Jangan lupa baca juga candi deng Wonosobo

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

Museum benteng Vredeburg ini merupakan bangunan peninggalan Belnda yang di fungsikan sebagai benteng untuk melindungi Keraton. Meskipun begitu, tujuan sebenar nya adalah untuk memudahkan pihak Belnada dalam mengawasi dan juga mengontrol aktivitas di Keraton Yogyakarta. Mengunjungi museum ini bisa menjadi media untuk mempelajari sejarah bangsa. Sekaligus menumbuhkan semangat nasionalisme di era yang serba instan saat ini.

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta

Sebagai simbol utama kota Yogyakarta, berwisata ke kota Gudeg ini tentu tidak akan sempurna tanpa singgah ke Keraton Yogyakarta. Simbol-simbol tradisi dan budaya Jawa sangat kental menyambut kedatangan para wisatawan. Dengan bangunan Joglo dan juga pendopo yang sangat khas. Di kawasan wisata Keraton ini kamu bisa mengenal lebih jauh tentang budaya Jawa. Melalui berbagai peninggalan bersejarah yang ada di museumnya. Mulai dari kereta kencana, gamelan hingga beberapa pusaka dan foto-foto para sultan yang pernah memimpin Yogyakarta.

Taman Sari Yogyakarta

Taman Sari Yogyakarta

Tempat wisata Yogyakarta yang terletak di Jalan Taman, Keraton, Yogyakarta.  Objek wisata sejarah dan budaya ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-14.00 WIB. Ada tiga kolam pemandian di Taman Sari, yaitu Umbul Panguras yang diperuntukkan bagi Raja. Umbul Pamuncar bagi para selir dan juga Umbul Kawitan bagi putra-puti Raja. Pemandangan di Taman Sari ini begitu sangat mempesona dengan bangunan khas yang penuh ornamen menarik. Di lokasi ini juga terdapat Gerbang Agung yang masih kokoh berdiri dengan ornamen bunga dan sayap yang dominan.

Alun-Alun Kidul Yogyakarta

Alun-Alun Kidul Yogyakarta

Alun-alun kidul ini menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan. Karena memiliki keunikan dan juga daya tarik nya yang khas. Keberadaan alun-alun Kidul di selatan keraton memiliki makna filosofi agar keraton tidak terlihat membelakangi laut selatan.

Candi Ratu Boko Yogyakarta

Candi Ratu Boko Yogyakarta

Situs bersejarah candi ratu boko berada di kawasan seluas 25 hektare yang memiliki ciri khas unik. Karena memadukan gaya arsitektur Budha dan Hindu. Letak nya hanya sekitar 3 Km arah selatan dari komplels candi Parambanan. Berbeda dengan konsep candi lainnya. Yaitu dari bentuk bangunan di area Candi Ratu Boko lebih menyerupai sebuah istana meksipun letaknya di atas bukit.

Goa Cerme Yogyakarta

Goa cerme ini terletak di Dusun Srunggo, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Selain keindahan goa yang eksotis dengan stalaktit dan stalakmit nya. Goa ini juga memiliki nilai sejarah karena konon menjadi tempat bertemu nya para wali. Untuk membahas rencana pendirian Masjid Agung Demak. Dengan panjang yang mencapai 1,5 Km, para pengunjung bisa menyusuri goa yang cukup menantang ini dengan kondisi goa yang lembab. Keberadaan sungai bawah tanah yang jernih juga menjadi daya tarik tersendiri yang bisa di nikmati oleh para pengunjung.

Sindu Kusuma Edupark Yogyakarta

Sindu Kusuma Edupark Yogyakarta

Tempat wisata Yogyakarta sindu kusuma edupark ini berada di jalan Magelang km 2 atau jalan Jambon, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Tempat wisata Yogyakarta ini menawarkan penagalaman rekreasi yang seru dan juga sangat menyenangkan. Ada banyak wahana permainan yang bisa dicoba. Seperti Cakra Manggilingan, Sepur Cilik, Roda Mabur, Roti Puter, Cleret Gandul. Dan berbagai permaianan seru lainnya dengan istilah unik khas Jawa yang cukup menggelitik.

Gunung Api Purba Nglanggeran Yogyakarta

Gunung Api Purba Nglanggeran Yogyakarta

Gunung yang berada di Pathuk, Wonosari ini adalah tempat terbaik untuk menyaksikan sunrise di antara bukit-bukit indah yang diselimuti kabut. Di sini wisatawan juga bisa berkemah. Disarankan berkunjung saat cuaca cerah, karena tanah merah di kawasan gunung akan terasa licin jika hujan mengguyur.

Bukit Bintang Patuk Yogyakarta

Bukit Bintang Patuk Yogyakarta

Wisata Jogja yang satu ini menyuguhkan pemandangan kota di malam hari yang bertabur ‘bintang’. Karena ketinggiannya, tempat ini disebut Jogja lantai 2. Nongkrong bersama pasangan di Bukit Bintang akan terasa semakin nikmat dengan jajanan hangat yang tersedia di sana.

Kebun Tebu Gendu Yogyakarta

Kebun Tebu Gendu Yogyakarta

Mungkin banyak orang bertanya, kok bisa ya ladang tebu jadi tempat yang Instagramable. Nah jika nanti mengunjungi Kebun Tebu Gendu di daerah Girimulyo, Kulonprogo dijamin bisa menemukan jawabannya. Pemandangan alam di tempat wisata Yogyakarta  ini begitu memukau. Didominasi barisan pepohonan dan bunga tebu yang indah. Semilir angin sejuk dan segar akan membuat kamu semakin betah berlama-lama berfoto di tempat ini.

Rumah Indian Dlingo Yogyakarta

Rumah Indian Dlingo Yogyakarta

Rumah Indian Dlingo yang berlokasi di dalam Hutan Pinus Pengger ini menawarkan kecantikan Kota Jogja dari ketinggian. Panoramanya makin memukau jika kamu berkunjung pada malam hari. Di sini, terdapat pula rumah-rumah yang mirip dengan rumah Suku Indian yang langsung mengarah ke hamparan luas lanskap Kota Jogja. Pasti, kamu ingin menghabiskan malam lebih lama di sini bersama teman, terlebih dengan pasangan.

Rumah Paris Yogyakarta

Rumah Paris Yogyakarta

Masih ingat kah video musik nya Sheila On 7 untuk lapang dada? Nah inilah tempat wisata Yogyakarta, yaitu Rumah Paris. Karena dekorasi nya mirip rumah-rumah di Eropa. Fungsinya sih sebagai penginapan tapi sudut-sudut area bangunan bisa dimanfaatkan untuk foto pre-wedding atau berfoto ala-ala kekinian gitu. Selain penginapan, pengelola Rumah Paris juga menyediakan fasilitas breakfast untuk pengunjung yang menginap. Lokasi Rumah Paris di Jalan Parangtritis Km. 8,4 Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul. Rute dari pusat Kota Jogja seperti Malioboro, ke arah Jalan Parangtritis, lantas menuju Tembi

Pantai Parangtritis Yogyakarta

Pantai Parangtritis Yogyakarta

Pantai parangtritis adalah wisata Jogja yang sangat terkenal. Banyak pelancong yang sengaja berwisata di sini, Parangtritis adalah pantai terluas di Yogyakarta. Selain indah, pantai ini dikenal dengan mitos Nyi Roro Kidul yang sangat kental. Menyuguhkan suasa yang alami apalagi kamu bisa menikmati indahnya pantai ketika sunset.

Pantai Sundak Yogyakarta

Pantai Sundak Yogyakarta

Gunungkidul memiliki banyak pantai yang indah salah satunya Pantai Sundak. Pantai sundak memiliki pasir putih dan menjadi salah satu tujuan utama wisatawan. Selain pasirnya yang putih, air di Pantai Sundak ini sangat jernih banyak para wisatawan berenang di sini. Di sepanjang pantai yang terletak di Tepus ini, kamu bisa mendirikan tenda untuk berkemah dan bercengkrama dengan rekanmu.

Pantai Goa Cemara Yogyakarta

Pantai Goa Cemara Yogyakarta

Tempat wisata Yogyakarta ini menjadi salah satu tempat wisata yang cocok untuk di kunjungi bersama keluarga ketika berlibur. Pantai ini terdapat banyak pohon cemara di sepanjang jalan. Selain itu juga terdapat pohon cemara yang berbentuk seperti goa. Di tengah jalan seperti lubang goa menjadi jalan untuk menuju ke pantai. Selain di penuhi oleh pohon cemara yang membuat suasana sejuk, terdapat pula mercusuar.

Pantai Timang Yogyakarta

Pantai Timang Yogyakarta

Pantai ini dikenal dengan ciri khas pesona yang indah dan keren. Tepatnya di Tepus, Gunungkidul ini mempunyai gondolanya yang sangat menantang adrenalin. Pantai ini terkenal hingga ke Negara Korea Selatan. Bahkan salah satu variety show SBS sengaja datang ke pantai ini untuk menikmati tantangan adrenalin dari gondola pantai Timang. Selain gondola kamu akan disuguhkan dengan suasana yang seru, pemandangan yang indah. Pasti kamu bisa puas bermain dan berlibur di sini.

Pantai Wediombo Yogyakarta

Pantai Wediombo Yogyakarta

Pantai Gunungkidul Wedi ombo menyuguhkan tempat dimana kamu bisa berenang sekaligus mandi dengan air alam alami. Tersedia kolam dengan batasan karang yang besar. Selain untuk berenang, kamu bisa mejadikan kolam ini sebagai spot foto keren dan Instagramable. Tersedia spot camping dengan panorama indah apalagi sambil melihat sunset.

Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta

Taman pintar terletak di tengah keramaian kota Jogja. jalan Panembahan Senopati. Dekat denagn pasar Beringharjo dan juga titik 0 Km. Seperti nama nya, wisata ini memberikan kita berbagai edukasi yang keren dan juga unik. Taman pintar menyuguhkan 9 spot yang bisa kita masuki. Untuk yang belum pernah bertemu langsung dengan dinosaurus, di gedung Oval Taman Pintar terdapat Tyrannosaurus Rex.

Air Terjun Kedung Pedut Yogyakarta

Air Terjun Kedung Pedut Yogyakarta

Suasana nya pasti bikin betah, karena warga sekitar yang ramah membuat atmosfer di wisata air terjun ini menjadi super nyaman. Di sekitar tempat wisata Yogyakarta ini ada banyak warga yang menjual hasil panen nya. Seperti durian yang manis hasil perkebunan lokal. Meski di desa, tapi fasilitas di sini lengkap, seperti tempat ibadah, toilet umum, hingga gazebo untuk beristirahat. Kamu juga boleh main air sepuasnya, tapi tetap hati-hati ya! Kalau penasaran bisa langsung menuju desa Jatimulyo, Kulon Progo.

Goa Jomblang Yogyakarta

Goa Jomblang Yogyakarta

Masih di Gunung Kidul, kita bisa merasakan sensasi susur gua yang menakjubkan di Pacarejo, Semanu. Gua Jomblang ini sudah jadi destinasi atau tempat wisata kelas dunia. Banyak wisatawan mancanegara yang sengaja berkunjung ke sini. Salah satu alasannya adalah spot “cahaya surga” yang amat indah dan cuma bisa kita dapatkan di mulut gua. Oh iya karena wisata ini sangat istimewa, tiket wisata susur gua ini juga lumayan “menantang”. Dengan harga Rp450 ribu sekali masuk, tapi pastinya kamu gak bakal kecewa.