Menikmati 30 Keindahan Di Tempat Wisata Wonosobo Jawa Tengah

Wonosobo ini  adalah sebuah Kabupaten di Provonsi Jawa Tengah, Kabupaten yang berbatasan dengan Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Magelang di Timur. Kabupaten purworejo di selatan, Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Banjarnegara di Barat. Serta Kabupaten Batang dan Kabupaten Kendal di Utara. Wonosobo ini sangat di kenal dengan tempat wisatanya yang sangat indah dan menjadi salah atau tempat wisata Wonosobo. Dieng Plateu ini terbukti bukan hanya menjadi satu – satunya destinasi wisata di wonosobo yang layak untuk anda kunjungi.

Tempat Wisata Wonosobo

Hanya berjarak dua setengah jam dari kota Yogyakarta, wonosobo ini bisa. Menjadi destinasi wisata alternatif yang akan memberikan pengalaman wisata yang baru. Selain itu, pemandangan alam yang di sajikan di Wonosobo ini termasuk kategori bagus. Wonosobo Jawa Tengah ini merupakan destinasi dunia yang di akui telah memiliki keindahan alam dan budayanya yang sangat unik. Keindahan pantai di Wonosobo Jawa Tengah ini menjadi pantai terindah di Indonesia. Biasanya para wisatawan berkunjung itu ingin melihat keindahan objek wisata pantai dan ingin mengabadikan keindahan sunrise dan sunset.

30 Tempat Wisata Wonosobo

Telaga Warna Wonosobo

Telaga Warna Wonosobo

Telaga warna ini memiliki warna yang hijau, kuning dan bahkan pelangi yang begitu cantik. Karena hal ini kekuatan kandungan dari telaga tersebut yang terdapat sulfur yang cukup didalamnya. Sehingga pada saat terkena matahari maka warna pun akan berubah – ubah. Karena letak dari Telaga warna dieng yang terletak di ketinggian 2000 mdpl. Maka anda tidak hanya menimati keindahan di danau ini saja. Akan tetapi juga anda bisa merasakan kesejukan udara di sini. Nah jadi untuk anda yang ingin menadapatkan keindahan yang lebih dari telaga warna ini. Ada silahkan mendaki ke salah satu bukit yang ada di sekitar telaga. Dan yang paling terkenal adalah bukit ratapan angin, dan dari bukit ini anda bisa menikmati eksotisnya dari telaga warga ini. Lokasi: Jl. Raya Dieng KM.24, Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo.

Gunung Perahu Dieng Wonosobo

Gunung Perahu Dieng Wonosobo

Gunung Perahu Dieng Wonosobo ini merupakan tempat wisata Wonosobo yang harus anda kunjungi. Objek wisata Gunung Perahu Deng Wonosobo Jawa Barat yang memiliki perbukitan berjejeran di puncak Prau. Langit malam dipuncakprau yang dipenuhi gemerlap bintang, belum lagi silver Sunrise denganlatar belakang gunung-gunung disekitarnya menciptakan suasana melankolisdan damai. Perpaduan romantis antara Cahaya dan Hijau Alam Pegunungan. Gunung Prau berada pada ketinggian 2565 mdpl. Sedang secara AstronomisGunung ini terletak pada koordinat 7° 11′ 13″ LS, 109° 55′ 22″ BT.

Bukit Sikunir Dieng Wonosobo

Wisata Bukit Sikunir Dieng Wonosobo yang mungkin cuman bukit kecil, akan tetapi banyak kesan. Yang bisa di dapat disini  terutama kearena keindahanGolden Sunrisenya. Di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, KabupatenWonosobo, Jawa Tengah, menjadi kawasan wisata. Yang paling banyak disinggahi wisatawan domestikmaupun mancanegara pada malam pergantian tahun baru.

Bukit Sikunir Dieng Wonosobo

Di Puncak Bukit Sikunir yang berketinggian 2 232 mdpl ini, Golden Sunrise yang konon merupakan Penampakan Matahari terbit terbaik. Selain keindahan Sunrisenya, di Sikunir anda juga bisa menyaksikan pemandangan gunung-gunung berjejer dari tempat ini. Mulai dari GunungSindoro, Gunung Slamet, Gunung Pakuwaja dan lainnya.

Telaga Pengilon Wonosobo

Telaga Pengilon Wonosobo

Telaga panglion Dieng Wonosobo ini yang terletak berada di samping telaga warna, tepatnya di sebelah selatan. Sesuai dengan namanya Telaga Pengilon memiliki warnaair yang sangat jernih / bening. Mengenai ukuranya telaga pengilon lebihkecil dari pada telaga warna. Objek Wisata Telaga Pengilon di Dieng Wonosobo Jawa Tengah ini (diambil dari bahasa jawa = ngilo. Dalam bahasa Indonesia = bercermin). Karena kejernihan air di Telaga Pengilon, disangkutkan dengan sebuah mitos.

Telaga Merdada Wonosobo

Objek Wisata Telaga Merdada di Wonosobo Jawa Tengah memiliki luas area kurang lebih 15 hektar. Para wisatawan dapat menjangkau Telaga Merdada melalui Jalan Jaya Diengselama kurang lebih 13 menit menggunakan kendaraan tanpa terhalangmacet. Parawisatawan ingin segera berkunjung berjelajah menyesap keindahan panoramaalam Telaga Merdada.

Telaga Merdada Wonosobo

Telaga Merdada terbentuk akibat letusan gunung berapi tidak lain halnya ialah akibat aktivitas vulkanik Gunung Diengribuan tahun silam. Dasyatnya letusan di masa lalu sehingga menyisakan pundan dan kawah besar yang membentuk cekungan yang luas menyerupai mangkuk raksasa. Telaga yang di kelilingi oleh tebing dan bukit yang kakinya menjalur sampai ke tepian air.

Kawah Sikidang Wonosobo

Kawah Sikidang Wonosobo

Tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi yaitu Kawah Dieng atau di sebut juga dengan Kawah Sikidang. Dimana tempat ini juga termasuk ke dalam tempat wisata Wonosobo. Wisata ini terlatak memang di gunung merapi yang tempatnya memang terdapat aktivitas vulkanik. Sehingga jika dna datang ke sini anda juga harus berhati – hari. Selain itu kawah sikidang ini memiliki luas 200 m2 dan letaknya memang berada di dataran cukup sendah. Sehingga pada saat anda datang ke sini anda bisa melihat kawah tersebut dengan cukup jelas. Lokasi:  Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara/ Wonosobo, Jawa Tengah

Batu Pandang Ratapan Angin WonosoboBatu Pandang Ratapan Angin wonosobo

Menikmati dieng dari ketinggian bisa langsung anda menuju Ratapan angin. Dari ketinggian, kamu bisa menikmati lanskap Dieng sekaligus Telaga Warna. Tempat wisata Wonosobo ini berupa dua buah batu yang bertumpuk di atas sebuah bukit di area Telaga Warna Dieng. Posisi batu yang tinggi dan dikelilingi oleh pepohonan dan semak belukar menghasilkan bunyi yang unik. Angin yang berputas dan menghembus daun – daun pepohonan yang menghasilkan bunyi gemerisik seperti siulandan ratapan. Konon bunyi inilah yang membuat obyek wisata Batu PandangTelaga Warna ini dinamai Batu Ratapan Angin. Anda juga bisa melihat keindahan Telaga Warna dan TelagaPengilon dari Batu Ratapan tersebut. Dari atas batu Anda juga bisa melihat eksotisnyatebing-tebing batu di bukit-bukit terdekat. Lokasi: Jl. Dieng Theater KM.2, Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo

Goa Jaran Wonosobo

Goa Jaran Wonosobo

Goa jaran ini menajdi salah satu Tempat wisata Wonosobo yang bisa anda kunjungi. Goa jran atau dalam bahasa Indonesianya adalah goa kuda ini yang berada di kawasan dataran tertinggi dieng. Yang memiliki keunikan karena bentuk mulut goa ini seperti kuda. Goa ini di percaya memiliki aura yang mistis yang sangat kuat. Hal ini terlihat dari banyaknya pengunjung yang ke sana untuk mencari wangsit dan bertapa.

Wisata Alam Bukit Seroja Wonosobo

Pemanda alam yang di tawarkan oleh Bukit Seroja Wonosobo ini sangatlah indah dan udara di sini juga sangat sejuk. Kawasan Dieng Wonosobo memiliki pesona berupa telaga dengan panorama alam yang luar biasa cantik. Salah satu yang kurang populer namun ternyata tak kalah indah dari Telaga Warna adalah Telaga Menjer. Telaga ini berada lebih dekat dari kota. Area tercantik untuk menikmati keindahan telaga ini adalah dari Bukit Seroja Wonosobo.

Wisata Alam Bukit Seroja Wonosobo

Sedikit menanjak dan naik dari pintu masuk Telaga Menjer Wonosobo, wisatawan akan menemukan satu lagi destinasi baru. Bukit Seroja Wonosobo, begitu masyarakat setempat memberinya nama. Bukit yang berada tepat di sisi Telaga Menjer ini menjadi spot terbaik menikmati keindahan telaga dari atas. Dikelilingi perbukitan dan panorama Gunung Sindoro membuat area ini sangat berpotensi untuk dijadikan tempat wisata Wonosobo alam. Lokasi:  Jl. Raya Dieng No.21, Jengkol, Garung, Kabupaten Wonosobo

Lubang Sewu Wonosobo

Lubang Sewu Wonosobo

Tempat wisata Wonosobo ini yang terletak di Desa Erorejo ini yang masih terbilang baru di resmikan pada tahun 2015. Sehingga belum seterkenal Tempat wisata Wonosobo lainnya. Susunan bebatuan yang menarik menjadikan Lubang Sewu di wilayah Erojero, Wadaslintang. Menjadi salah satu destinasi wisata di Wonosobo yang cukup ngehits belakangan ini. Lokasi Jurutengah, Erorejo, Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56365.

Curug Sikarim Wonosobo

Curug / air terjun ini merupakan salah satu destinasi kekinian yang merupakan kegiatan yang sedang di minati anak muda. Bagi pemburu curug dengan view yang keren, curug Sikarim dapat menjadi salah satunya. Jika ingin mencapai curug yang terletak di desa Mlandi, Garung, Wonosobo ini. Anda membutuhkan tenaga tambahan karena letaknya yang cukup sulit dijangkau. Anda harus berjalan kaki menyusuri hutan untuk dapat menjangkaunya. Namun kelelahan Anda akan segera terbayar setelah melihat curug yang sangat indah ini. Karena letaknya yang sulit dijangkau, ke asrian curug ini pun masih sangat terjaga.

Curug Sikarim Wonosobo

Air terjun ini mengalir deras menyusuri dinding batu dari atas ketinggiandengan dua jalur aliran air. Tidak jauh lokasi ini terdapat juga Air Terjun Sipendok yang terletak di sebelah atas kiri bukit. Ketinggianair terjun ini cukup tinggi sekitar 70 m. Sayangnya untuk menuju air terjun tersebut cukup sulit karena harus melewati semak belukar dan jurang yang cukup dalam. Berjarak sekitar 9 km dari ibu kota kecamatan atau 20 km sebelah utara kota Wonosobo. Kondisi jalan menuju kesana beraspal akantetapi banyak yang rusak bahkan dibeberapa. Tempat memiliki kontur jalan yang cukup curam berliku dengan tikungan tajam dan langsung menanjak sekitar 45 derajat.

Kebun Teh Tambi Wonosobo

Tempat agrowisata ini ada di kecamatan garung, tepatnya di jalan arah menuju dieng. Bukan sekedar menyuguhkan panorama perkebunan teh, disana anda dapat juga berwisata industri. Dengan berkunjung ke pabrik teh tambi serta dapat lihat sistem pemrosesan pembuatan teh tambi. Untuk wisata alam, Wonosobo mempunyai Agro Wisata Tambi yang terhampar luas di lereng Gunung Sindoro, dengan ketinggian 1. 200 – 2. 000 mtr. Diatas permukaan laut. Suhu hawa rata-rata minimum 15 derajat C, serta suhu optimal 24 derajat C. Berjalan dengan kendaraan bermotor sekitar 4 atau 5 kilo dam anda akan menemukan kawasan kebun teh tambi Wonosobo yang sejuk. Lokasi:  Sedayu, Sapuran, Kabupaten Wonosobo

Candi Dieng Wonosobo

Candi Dieng Wonosobo

Tempat wisata Wonosobo yang merupakan bekas peninggalan sejarah ini yang terdiri dari beberapa candi yang membentuk satu kompleks. Menempati lahan seluas 800 meter dan yang berada di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut. Karena candi ini terbagi menjadi tiga blok yang berisi beberapa bangunan candi megah. Diantaranya Kelompok Arjuna, Kelompok Gatutkaca, Kelompok Dwarawati, dan Candi Bima. Masing-masing candi punya keunikannya masing-masing. Lokasi:  Dieng Kulon, Batur, Wonosobo

Bukit Scooter Dieng Wonosobo

Bukit Scooter Dieng Wonosobo

Bukit scooter Dieng adalah spot yang tepat untuk terburu panorama- panorama unik dieng. Yang berbeda dari biasanya setiap waktu dan musim. Pagi, siang maupun malam Bukti Scooter selalu bisa menyuguhkan pemandangan indah dan mempesona. Dari bukit ini Anda bisa menyaksikan lanskap Dataran Tinggi Dieng yang dikelilingi gunung dan bukit dalam lapis selimut kabut. Yang menghampar di atas pemukiman penduduk yang menciptakan nuansa tersendiri khas alam pegunungan. Bukit Scooter juga dilengkapi dengan Gazebo yang bisa digunakan para pengunjung untuk beristirahat dan bersantai. Lokasi:  Dieng, Batur, Wonosobo, Jawa Tengah.

Waduk Wadaslintang Wonosobo

Waduk Wadaslintang Wonosobo

Waduk ini di manfaatkan sebagai tempat wisata Wonosobo yang menarik untuk anda kunjungi. Waduk yang memilih banyak fungsi diataranya sebagai pembangkit listrik, irigasi dan transpotasi air. Dan budidaya ikan nila, menjadi objek wisata yang sangat menarik.

Arung Jeram Serayu Wonosobo

Arum Jeram Serayu Banjarnegara

Arum jeram ini sangat populer dan diminati oleh anak muda yang ingin menguji adrenalinya untuk melakukan keganasan sungai serayu. Sungai ini sendiri yang berada di Kabupatem Wonosobo, Jawa Tengah. Kira – kira 2,5 ja, dari perjalnan dari jogja dengan melewati lereng gunung Sindoro – Sumbing. Yang menyajikan kesejukan dan panoram alam pegunungan. Sungai ini berada di ketinggian 500 meter (dpl) sangat mudah di jangkau. Karena terletak di pinggir jalan raya yang menghubungkan Wonosobo dan Banjarnegara.

 Pemandian Air Panas Kalianget Wonosobo

 Pemandian Air Panas Kalianget Wonosobo

Tempat wisata Wonosobo ini adalah pemandaian air panas lokasi pemandian kalianget ini berada di Jalan Dieng Km. 3, Kalianget, Wonosobo. Taman rekreasi dan raga yang berada di dalam satu komplek. Dengan fasilitas yang ada disini ialah kolam rennag, lapangan tenis, lapangan bola, taman bermain, hutan kota dan pemandian air panas.

Curug Winong Wonosobo

Curug Winong Wonosobo

Lokasinya yang ada di desa Winongsari, Kecamatan Kaliwiro, Kurang lebih 50 menit perjalanan dari pusat kota wonosobo. Menuju ke arah selatan melewati jalur wonosobo, Selomerto, Balaikambang, Winongsari dan Curug Winong.

Curug Silawe Wonosobo

Curug Silawe Wonosobo

Wonosobo ini memiliki curug sawer yang berada di Dukuh Biting, Desa Kepakisan, dengan ketinggian air 70 meter. Yang di alirkan ke sungai Rawe, di capai dengan melewati jalan setapak nyusuri hutan.

Bukit Sikidang Petak 9 Dieng Wonosobo

Bukit Sikidang Petak 9 Dieng Wonosobo

Bukit sikidang petak 9 yang merupakan spot terbaik untuk menyaksikan keindahan telaga warna dan telaga panglion secara utuh. Gradasi warna dari air telaga dapat terlihar dengan jelas di lokasi ini. Perbukitan yang hijau dan di perintahkan dengan hamparan telaga warna dan telaga pengilon yang menjadikan pemandangan dari sidengkeng semakain sempurna.

Gunung Sindoro Wonosobo

Gunung Sindoro Wonosobo

Gunung Sindoro, atau yang juga kerap disebut Gunung Sundoro, memiliki ketinggian 3.153 mdpl di atas permukaan laut. Gunung ini terletak di sekitar Kabupaten Temanggung dan Wonosobo, Jawa Tengah. Gunung Sindoro merupakan gunung berapi aktif berkarakter gunung kerucut tipe Strato, dan terakhir sekali meletus tahun 1971 silam. Bersama Gunung Sumbing yang berhadapan dengannya, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing kerap dianggap. Sebagai ‘Gunung Kembar’ dalam artian harafiah karena mirip bentuknya dan lokasinya pun berhadapan sangat dekat.

Gunung Sumbing Wonosobo

Gunung Sumbing Wonosobo

Gunung sumbing ini berada di Desa Garung Kecamatan Kertek. Desa ini berlokasi di jalan Wonosobo ytemanggung, tepatnya berada di perbatasan. Gunung sumbing sendiri terbagi menjadi 3 wilayang kabupaten yaitu kabupaten wonosobo, magelang dan juga temanggung.

Kolam Renang Mangli Wonosobo

Kolam Renang Mangli Wonosobo

Wonosobo juga memiliki kolam renang dengan air asli pegunungan yang segar. Yaitu kolam renang mangli yang berlokasi di desa kejiwan. Kecamatan wonosobo letaknya pun tidak jauh dari alun alun kota wonosobo, hanya berjarak sekitar 3 kilometer. Sumber air mangli juga ternyata menjadi pemasok utama kebutuhan air minum produk air kemasan yang sudah terkenal di indonesia.

Kolam Renang Tirta Ria Tembelang Wonosobo

Kolam Renang Tirta Ria Tembelang Wonosobo

Tempat wisata wonosobo ini berada di Desa Tembelang Kecamatan wonosobo, yang lokasinya tidak jauh dari pusat kota.

Alun – Alun Kota Wonosobo

Alun - Alun Kota Wonosobo

Anda dapat menghabisakan waktu senggang di alun – alun ini yang menjadi tempat wisata Wonosobo untuk bersantai. Banyak hal yang dapat di jumpai dari mulai kuliner tradisional seperti batagor, mie ongklok, siomay, dan sebagainya. Lokasi Jalan Pemuda No. 2, Wonosobo Timur, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56311

Dieng Plateau Theater Wonosobo

Dieng Plateau Theater Wonosobo

Dengan kapasitas sebanyak 400 orang, pengunjung akan diajak menyelami lebih dalam semua hal tentang Dataran Tinggi Dieng. Mulai dari sejarahnya, kondisi geografisnya, budayanya, dan masih banyak lagi. Semua ini dibungkus secara ciamik dalam sebuah film. Lokasi Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354.

Bukit Mbeser Wonosobo

Bukit Mbeser Wonosobo

Memaksimalkan potensi dan pemandangan alam yang indah, bukit mbeser pun menjadi salah satu destinasi Tempat wisata wonosobo yang cukup bagus. Di spot wista ini anda tidak hanya bisa menikmati pemandangan alam yang mengensankan khas Wonosobo. Akan tetapi juga mendapatkan momen sunrise dan sunset di waktu yang tepat.

Gunung Lanang Mergolangu Wonosobo

Gunung Lanang Mergolangu Wonosobo

Mencari spot asyik menikmati pemandangan indah Wonosobo, Gunung Lanang Mergolangu Wonosobo. Kondisi pegunungan yang masih asri yang menyimpan keindahan alam yang sangat luar biasa. Yang menjadi daya tarik dari spot wisata ini, tempat wisata Wonosobo ini sangat cocok untuk pencinta alam yang memburu sunrise.

Telaga Cebong Dieng Wonosobo

Telaga Cebong Dieng Wonosobo

Di sini anda bisa nikmati keindahan alam berbentuk telaga alam yang di sekelilingnya. Ada bebrapa tempat pertanian punyai masyarakat hingga memberi keindahan Telaga Cebong ini. Dengan letaknya yang di atas 2300 m dpl, jadi banyak. Yang menyampaikan kalau Telaga Cebong ini adalah telaga di atas awan.

Gardu Pandang Wonosobo

Gardu Pandang Wonosobo

Gardu Pandang merupakan tempat favorit mencari sunrise selain bukit Sikunir. Karena lokasinya yang sangat tinggi, Anda bisa merasa memandang matahari dari atas awan. Sangat indah dan merupakan pengalaman yang tidak akan terlupakan. Anda hanya perlu menempuh 17 km dari kota Wonosobo untuk dapat menjangkau gardu pandan terkenal ini.

Pencarian Terbaru: