Menikmati Keindahan 47 Tempat Wisata Surabaya Yang Sedang Hitz

Surabaya yang merupakan kota terbesar nomor 2 di Indonesia sebagai Ibukota Jawa Timur. Surabaya yang memiliki julukan sebagai kota pahlawan juga kota yang menjadi. Saksi perjuangan masyarakat Indonesia untuk melawan kekejaman penjajahan Belanda pada masa itu. Selain sebagai tempat sejarah sekarang menjadi tempat wisata di Surabaya yang harus di datangi.

Tempat Wisata Surabaya

Yang kita ketahui kota Surabaya ini yang terletak 796 km sebelah timur Jakarta, atau 415 km barat laut Denpasar Bali. Surabaya yang terletak di pantau utara pulau jawa dan berhadapan dengan Selat Madura serta Laut Jawa. Dengan luas mencapai 350,54 km², dan kota Surabaya juga memiliki penduduk sekitar 2.917.688 jiwa (2018). Daerah metropolitan Surabaya yaitu Gerbang kertosusila yang berpenduduk sekitar 10 juta jiwa. Adalah kawasan metropolitan terbesar kedua di Indonesia setelah Jabodetabek.

Surabaya dilayani oleh sebuah bandar udara, yakni Bandar Udara Internasional Juanda. Serta dua pelabuhan, yakni Pelabuhan Tanjung Perak dan Pelabuhan Ujung. Banyak sekali tempat wisata di Surabaya yang terkenal, dan untuk anda yang ingin mengunjungi semua. Tempat wisata di Surabaya anda membutuhkan waktu berminggu – minggu.

Contents

Beberapa Tempat Wisata Surabaya

Hutan Bambu Keputihan Surabaya

Hutan Bambu Keputihan Surabaya

Hutan Bambu Keputih yang merupakan salah satu tempat wisata Surabaya yang harus anda kunjungi. Lokasi yang pada awalnya merupakan tempat pembuangan sampah yang sudah di tutup. Kemudian di manfaatkan untuk lahan penghijauan dan di tanami aneka jenis bambu. Di tempat wisata Surabaya ini juga ada tanaman Bunga Sakura yang sangat cantik sekali.

Lokasi : Jl. Raya Marina Asri, Keputih, Sukolilo, Surabaya

Hutan Mangrove Wonorejo Surabaya

Hutan Mangrove Wonorejo Surabaya

Tempat wisata yang tidak jauh dari pusat kota dan bisa di tempuh dengan kendaraan pribadi. Tiket masuknya juga cukup murah sekali kurang dari Rp. 5000 beserta parkir. Dan selain itu juga dapat menikmati hijaunya hutan mangrove. Di hutan mangrove anda juga dapat berjalan – jalan menyusuri jembatan bambu di atas air. Dan menembus hijau nya hutan mangrove wonerejo.

Lokasi : Jl. Raya Wonorejo No. 1, Rungkut, Kota Surabaya

Atlantis Land Kenjeran Surabaya

Dengan mengadopsi tema Negeri Atlantis seperti Universal Studio Singapura. Atlantis Land ini menjadi salah satu tempat wisata Surabaya Keluarga. Dengan lahan seluas 15 hektar, dijamin membuat anda tidak akan bosan mengelilingi area wisatanya. Ikon utama dari tempat wisata Surabaya ini adalah waterpark dengan aneka papan luncur nya yang sangat menggoda.

Atlantis Land Kenjeran Surabaya

Dan selain itu juga anda beserta keluarga anda juga dapat menikmati. Berbagai wahana permainan tanpa harus membayar tiket lagi. Jam buka: setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB. Harga tiket masuk: 125,000 IDR (tinggi badan lebih dari 85 centimeter) 85,000 IDR (tinggi badan kurang dari 85 centimeter). Tiket sudah termasuk area permainan dan Pantai Kenjeran.

Lokasi :  Jl. Pantai ria Kenjeran, Sukolilo Baru, Bulak, Kota Surabaya

Kebun Bibit Wonorejo Surabaya

Dengan panasnya cuaca Surabaya yang tentu saja membuat hutan kota menjadi tempat favorit untuk menghabiskan waktu. Bersama keluarga dengan ada satu destinasi wisata keluarga di Surabaya. Yang menyajikan kesejukan hutan kota ditambah dengan ketenangan air danau buatan.

Kebun Bibit Wonorejo Surabaya

Anak-anak bisa bermain di lokasi outbond yang tersedia dan juga beraktivitas di area playground. Di kebun bibit ini anak-anak juga bisa berinteraksi dan memberi makan beberapa ekor rusa yang dibiarkan berkeliaran. Anda bisa berkunjung ke tempat wisata Surabaya ini tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun selain untuk parkir.

Lokasi : Jalan Raya Manyar No.80A, Baratajaya, Gubeng, Surabaya

Food Junction Grand Pakuwon Surabaya

Food Junction Grand Pakuwon Surabaya

Tempat wisata kuliner ini tidak hanya menghadirkan beragam jenis kuliner saja. Anda juga dapat bermain di arena playground yang keren. Mulai dari mobil – mobilan, menaiki angsa di dalam danau atau hanya sekedar jalan – jalan saja. Jika di malam hari suasana yang berada di lokasi ini sangatlah indah sekali dengan warna – warni lampu yang menyala. Objek wisata yang terletak di Tandes Margomulyo, Surabaya Barat ini dibuka pada tanggal 22 Januari 2016 lalu. da lebih dari 100 tenant yang menjual makanan berbeda dan bisa Anda pilih sesuai selera.

Lokasi :  Jl. Grand Banjar Boulevard, Tandes, Banjar Sugihan, Surabaya

Air Mancur Menari Surabaya

Di sepanjang pesisir Pantai Kenjeran yang di bangun jembatan sepanjang 800 meter dengan 3 lajur satu arah. Yang sangat indah dan juga megah di malam hari, jembatan ini akan semakin cantik. Dengan gemerlap lampu yang sengaja di pasang untuk menarik perhatian para pengunjung.

Air Mancur Menari Surabaya

Dan bahkan di lokasi ini da spot khusus untuk selfie yang membuat. Anda bisa mengabadikan pemandangan sempurna pada jembatan Kenjeran. Di jembatan ini Anda juga bisa melihat indahnya air mancur menari dengan iringan lagu khas Surabaya seperti Jembatan Merah. Jembatan yang busur ini baru saja di resmikan oleh Ibu Risma pada tanggal 9 juli 2016. Lokasi : Kenjeran, Kota Surabaya

Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya

Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya

Perpaduan warna langit jingga keemasan dengan siluet kapal – kapal di tengah laut. Yang menjamin bisa membuat anda memperoleh hasil foto terbaik.

Lokasi : Kelurahan Perak Timur, Kecamatan Pabean Cantikan, Kota Surabaya

Surabaya North Quay Surabaya

Di lokasi ini anda dapat menikmati aneka kuliner sekaligus pemandangan laut lepas di Surabaya North Quay, tanjung perak. Meskipun tergolong sangat baru namun tempat wisata keluarga ini ramai sekali di kunjungi di sore hari. Dan jika anda beruntung menuju lokasi ini. Anda dapat menyaksikan kemegahan kapal pesiar yang mewah sedang bersandar.

Surabaya North Quay Surabaya

Surabaya North Quay ini yang terletak di Gedung Gapura Surabaya Nusantara yang memiliki Pelindo 3. Dan Surabaya North Quay menuju balkon atas anda bisa lewat pintu kiri yang ada tulisannya Surabaya North Quay. Lokasi : Perak Utara, Kota Surabaya

Taman Balai Kota Surabaya

Taman Balai Kota Surabaya

Pencinta arsitektur klasik balai ke kota Surabaya, dan anda dapat berfoto dengan latar belakang bangunan balai kota yang sangat megah. Di bagian dalam nya ada juga beberapa tempat pameran yang berjualan khas kota Surabaya. Di bagian depan juga sudah di buat tulisan Balai Kota Surabaya yang menyala. Di malam hari sangat cocok di jadikan lokasi berfoto.

Lokasi :  Jl. Walikota Mustajab Surabaya

Carnival Night Market Surabaya

Carnival Night Market Surabaya

Carnival Night Market ini yang merupakan tempat rekreasi yang baru di malam hari dan menyuguhkan berbagai wahana seru untuk pengunjung. Hampir mirip dengan konsep Batu Night Spectacular atau BNS, lokasi wisata ini. Bisa dikunjungi dengan tiket masuk yang cukup terjangkau sekitar Rp. 10.000 saja. Namun Anda masih akan dikenakan biaya untuk tiap wahana yang ingin dicoba, harganya bervariasi sekitar Rp 15.000.

Lokasi :  Jalan Ahmad Yani No. 333, Dukuh Menanggal, Gayungan, Kota Surabaya 

House Of Sampoerna Surabaya

House Of Sampoerna Surabaya

Dan berbagai hal yang menakjubkan Surabaya dengan sekali berangkat tentu menjadi daya tarik sendiri. Ada berbagai koleksi di dalamnya mulai dari koleksi alat pengolah tembakau. Foto keluarga, berbagai jenis pematik, replika kios, alat – alat musik, dan lain – lain. Selain itu anda juga membeli souvernir dan melihat proses pembuatan rokok di lantai 2 House of Sampoerna

Lokasi : Taman Sampoerna No.6, Krembangan Utara, Surabaya

Tugu Pahlawan Surabaya

Tugu Pahlawan Surabaya

Tugu ini yang di dirikan untuk memperingati pertempuran 10 November 1945 arek – arek Suroboyo. Dan melewatkan pasukan sekutu, di tugu ini anda dapat menjelajahi museum. Yang juga berisi foto – foto dokumentasi pemandangan Tugu Pahlawan. Selain piknik tentu nya anda juga dapat sekedar berkeliling di lahan. Sekitar Tugu ini dan menikmati semilir angin di antara hamparan rumput hijau. Anda dapat di manfaatkan nya untuk piknik asyik di akhir pekan. Sembari menikmati pemandangan sekitar jika cuaca sedang tidak panas tentunya.

Lokasi: Alun-alun Contong, Bubutan, Kota Surabaya

Taman Bungkul Surabaya

Taman bungkul yang ada di daerah Wonokromo, lokasi ini yang sering jadi tempat berkumpul nya. Beberapa komunitas mulai dari skateboard, BMX, dan masih banyak lagi.

Warga Surabaya banyak yang betah berlama-lama di Taman Bungkul. Kenapa tidak, karena pengelola telah menyediakan fasilitas WiFi gratis, serta panggung terbuka untuk menggelar pertunjukan. Pengunjung juga bisa memanfaatkan jogging track serta skate park tanpa biaya sama sekali.

Taman Bungkul Surabaya

Asal usul nama Taman Bungkul tidak terlepas dari seorang tokoh penyebaran agama Islam di Surabaya yang bernama Ki Ageng Supo atau yang lebih akrab disebut dengan gelar Sunan Bungkul atau Mbah Bungkul. Di belakang taman ini pun terdapat makan beliau.

Lokasi: Jl. Taman Bungkul, Darmo, Wonokromo, Darmo, Wonokromo, Kota Surabaya

Ciputra Waterpark Surabaya

Waterpark yang pertama di Surabaya ini memang sangat pas untuk di nikmati di tengah panasnya cuaca Surabaya. Wisata Keluarga jadi semakin seru dengan berbagai atraksi dan playground permainan air yang variatif.

Ciputra Waterpark Surabaya

Sebut saja Sirens River yang menghadirkan serunya sensasi menyusuri sungai. Ada pula Syracuse Beach yang membuatmu seolah sedang berada di pantai pasir putih.

Lokasi: Kawasan Waterpark Boulevard Citraland, Sambikerep, Made, Sambikerep, Made, Sambikerep, Kota Surabaya

Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria Surabaya

Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria

Gereja Katolik Santa Perawan Maria yang merupakan salah satu bangunan dengan struktur ala Eropa di Surabaya. Bentuk yang unik dan interior di dalam nya tidak kalah indah, menarik lagi gereja ini yang merupakan salah satu yang tertua di Kota Pahlawan. Menurut sejumlah sumber tempat ibadah yang di bangun inisiatif seorang pastor Belanda bernama Hendricus Waanders. Dengan bangun masih terus bertahan kokoh hingga kini berdampingan dengan SMA Katolik Frateran.

Lokasi: Jl. Kepanjen No.4-6, Krembangan Sel., Krembangan, Surabaya

Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya (KBS) yang bisa jadi alternatif tempat wisata Surabaya yang tidak kalah menarik. Kebun binatang terbesar se Asia Tenggara yang telah banyak berbenah dan menghadirkan. Banyak sekali kegiatan seru yang asik seperti memberikan makan jerapah. Melihat komodo makan dengan lahapnya, atau piknik di area taman KBS yang unik. Menurut beberapa sumber berbeda, kebun binatang ini sudah berdiri sejak masa penjajahan Belanda. Total ada tak kurang dari 315 spesies binatang hidup di tempat ini.

Lokasi:  Jl. Setail No.1, Darmo, Wonokromo, Kota Surabaya

Monumen Kapal Selam Surabaya

Monumen Kapal Selam Surabaya

Monumen kapal selam yang menarik untuk di kunjungi, monumen ini yang sangat relevan yang berhubungan dengan peristiwa KRI Pasopati 410. Yang pada dahulunya dan merupakan TNI sebagai kapal selama angakatan laut Republik Indonesia di wilayah Timur.

Lokasinya ada di Jl Pemuda no 39, Embong Kaliasin, Genteng.

Kampung Bulak Surabaya

Kampung warna warni juga bisa anda temukan di Kampung Bulak Surabaya. Lokasinya yang tidak jauh dari pantai ria kenjeran, dan di sini juga anda dapat berfoto dengan latar belakang warna warni yang menceritakan.

Kampung Bulak Surabaya

Dan para ibu juga bida berbelanja aneka ikan di Sentara Ikan Bulan yang sangat murah dan segar. Selain itu juga anak – anak juga dapat bermain di Taman Bulak yang memiliki area sungai buatan. Layaknya Kampung Warna-Warni di Malang, atap rumah penduduk di sini juga dicat dengan warna menyala seperti merah, hijau, dan biru.

Monumen Bambu Runcing Surabaya

Monumen Bambu Runcing yang merupakan simbol dari perlawanan rakyat Indonesia terhadap Belanda. Anda juga tentu tidak bisa melupakan perjuangan pahlawan kita dulu. Salah satu untuk mengenang perjungan pahlawan dahulu maka di buatlah monumen Bumbu Runcing.

Monumen Bambu Runcing Surabaya

Monumen Bambu Runcing di Jl Panglima Sudirman, Embong Kaliasin, Genteng. Bambu runcing sendiri sering disebut-sebut sebagai salah satu senjata andalan para pendahulu dalam mengusir penjajah.

Terlepas dari bentuk yang unik dan ukuran nya yang sangat relatif indah. Ada pertunjukan air mancur, kolam buatan, dan taman dengan beragam tanaman hias. Jangan sampai lewatkan momen untuk berfoto ria di sini karena gambar yang dihasilkan bakal sangat memukau.

Jembatan Merah Surabaya

Jembatan Merah Surabaya

Jembatan Merah yang merupakan saksi bisu perjuangan masyarakat Surabaya melawan kolonial Belanda. Tempat wisata Surabaya yang sebetulnya telah mencatat peristiwa yang luar biasa pada 10 November. Salah satu di Jembatan Merah yang konon merupakan salah satu saksi bisu heroiknya perjuangan para pahlawan di masa kemerdekaan.

Lokasinya ada di Jl Kembang Jepun, Nyamplungan.

Museum Kesehatan Dr. Adhyatma, MPH Surabaya

Museum Kesehatan Dr. Adhyatma, MPH yang sebenarnya di dirikan pada tahun 1990 oleh seorang dokter. Bernama Dr. Haryadi Soeparto, hanya saja baru benar – benar yang di resmikan oleh Menteri Kesehatan, Dr. Achmad Sujudi pada tahun 2004 silam tepatnya tanggal 14 September.

Museum Kesehatan Dr. Adhyatma, MPH Surabaya

Bersamaan dengan peresmian tersebut dibuat pula perpustakaan khusus yang mempunyai berbagai koleksi buku, kaset rekaman, majalah, video, dan bahan pustaka lainnya terkait sejarah perkembangan kesehatan di Indonesia. Bertempat di Jalan Indrapura 17, Kemayoran, Krembangan, museum ini dikenal sebagai salah satu tempat yang menyimpan kisah mistis yang sangat menarik untuk dikunjungi di Kota Surabaya. Dengan mengunjungi museum ini, kita dapat mengetahui sejarah perkembangan dunia kesehatan di Negara Indonesia.

Museum Loka Jala Crana Surabaya

Museum Loka Jala Crana sebelumnya bernama Museum Akabri Laut. Museum didirikan pada 19 September 1969 dengan pendirinya ibu R. Mulyadi. Beliau adalah istri dari panglima Angkatan Laut Laksamana R. Moelyadi. Pada tanggal 10 Juli 1973, museum Akabri  Laut berubah nama menjadi museum TNI Angkatan Laut.

Museum Loka Jala Crana Surabaya

Akhirnya pada 6 Oktober 1979, nama museum berubah lagi menjadi museum Loka Jala Crana. Loka Jala Crana artinya adalah tempat untuk menyimpan, mengabadikan dan menyajikan peralatan atau sarana yang dipergunakan oleh TNI Angkatan Laut. Tidak heran bila di dalam museum ini banyak ditemukan koleksi peralatan perang atau pertempuran Angkatan Laut.

Lokasi: Jl. Gadukan Utara I C No.24, RT.001/RW.05, Morokrembangan, Krembangan, Kota Surabaya

De Mata Trick Eye Museum Surabaya

De Mata Trick Eye Museum yang menghadirkan kurang lebih 200 gambar 3D dan memperluas. Dengan menambah 50 gambar 3D di tambah 4D serta mirror illusion dan beberapa latar gambar yang di ambil. Dan termasuk populer seperti pegunungan Alpen, kastil Kincir Angin Belanda. Dan beberapa negara lain seperti Korea Selatan, Jepang dan lainnya.

De Mata Trick Eye Museum Surabaya

Selain pengembangan galeri yaitu dengan menambahkan sekitar 100 patung 5D. Yang sangat istimewa nya di buat langsung oleh seniman Asal Yogyakarta. Jika masih belum puas anda perlu bersabar hingga pertengahan belum puas. Anda perlu bersabar hingga pertengahan tahun 2019 ini karena De Mata Trick Eye. Yang berencana menambahkan atraksi baru yaitu D’walik Illusion Room museum berisikan 27 rungantermatik.

Lokasi: Town Square Surabaya First Level I 73, Jl. Hayam Wuruk No. 6, Sawunggaling, Wonokromo, Kota Surabaya

De Javasche Bank Surabaya

Museum yang khususnya didirikan oleh Bank Indonesia dan telah di buka pada tanggal 27 Januari 2012 setelah direstorasikan. Museum yang menempati gedung ini dikenal sebagai De Javasche Bank. Bank sentral Hindia Belanda yang bermarkas di Batavia.

De Javasche Bank Surabaya

Setelah kemerdekaan Indonesia gedung ini terus berfungsi sebagai cabang Bank Indonesia di Surabaya hingga tahun 1973. De Javasche Bank membuka cabang di Surabaya pada 14 September 1829. Pada 1904, bangunan asli yang menempati plot dihancurkan dan dibangun kembali dengan luas 1.000 meter persegi.

Lokasi: Jl. Garuda (Rajawali) No.1, Krembangan Sel., Krembangan, Kota Surabaya

Museum Sepuluh Nopember Surabaya

Museum perjuangan 10 Nopember didirikan sebagai bentuk kenangan  atas keberanian arek-arek Suroboyo pada pertempuran heroik  tanggal 10 Nopember 1945. Museum yang diresmikan pada tahun 2000 dan berlokasi di dalam kompleks Tugu Pahlawan ini  telah terkenal sebagai salah satu tujuan wisata kota Surabaya.

Museum Sepuluh Nopember Surabaya

Di Museum ini, beberapa benda peninggalan Bung Tomo  serta rekaman asli pidato Bung Tomo yang berapi-api membangkitkan gelora dan hasrat rakyat akan kemerdekaan dapat didengarkan dari sebuah radio kuno. Beberapa diorama statis menggambarkan  aksi kepahlawanan arek-arek Suroboyo yang hanya dengan menggunakan bambu runcing dan senapan rampasan mampu melawan sekutu dapat dinikmati di lantai 2 museum.

Lokasi: Jl. Pahlawan, Alun-alun Contong, Bubutan, Kota Surabaya

Keraton Surabaya

Berawal dari pertempuran sengit dengan tentara Mongol yang kemudian dimenangkan oleh Raden Wijaya, semenjak tahun 1293, Hujung Galuh berganti nama menjadi Curabhaya yang berarti keberanian menghadapi bahaya. Sistem pemerintahannya pun menjadi kekeratonan atau kerajaan.

Serangkaian penyerbuan pun dilakukan pada tahun 1620 sampai dengan 1625, namun selalu gagal. Pasalnya, Keraton Surabaya dikelilingi oleh tembok setinggi empat meter sehingga musuh selalu kesulitan untuk menaklukannya.

Keraton Surabaya

Selalu gagal melakukan aksi serangan secara langsung, Sultan Agung pun tidak kehabisan taktik. Ia melemahkan Surabaya dengan menyerang sekutu dari ibu kota Jawa Timur tersebut. Sultan Agung kemudian mengirim pasukan untuk menyerang Sukadana, (Kalimantan Selatan), yang selalu memberikan bantuan pasukan ke kota Surabaya. Ia juga mengirim pasukan untuk menyerang Pulau Madura, yang ia anggap sebagai aliansi Surabaya.

Lokasi: Jl. Penghela, Alun-alun Contong, Bubutan, Kota Surabaya

Masjid Al-Akbar Surabaya

Masjid Nasional Al – Akbar Surabaya di bangun sejak tanggal 4 Agustus 1995, atas gagasan Wali Kota Surabaya. Pembangunan Masjid ini ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Wakil Presiden RI Try Sutrisno. Namun karena krisis moneter pembangunan nya dihentikan sementara waktu. Tahun 1999, masjid ini dibangun lagi dan selesai tahun 2001. Pada 10 November 2000, Masjid ini diresmikan oleh Presiden RI KH. Abdurrahman Wahid.

Masjid Al-Akbar Surabaya

Secara fisik, luas bangunan dan fasilitas penunjang MAS adalah 22.300 meter persegi, dengan rincian panjang 147 meter dan lebar 128 meter. Bentuk atap MAS terdiri dari 1 kubah besar yang didukung 4 kubah kecil berbentuk limasan serta 1 menara. Keunikan bentuk kubah MAS ini terletak pada bentuk kubah yang hampir menyerupai setengah telur dengan 1,5 layer yang memiliki tinggi sekitar 27 meter.

Lokasi: Jalan Masjid Al Akbar Timur No.1, Pagesangan, Jambangan, Kota Surabaya

Taman Prestasi Surabaya

Taman Prestasi Surabaya

Salah satu taman yang sangat populer dan banyak sekali di kunjungi khususnya oleh para keluarga adalah taman prestasi. aman yang beralamat di Jalan Ketabang ini dibangun pada tahun 1992 dan diresmikan. Pada tahun 1995 oleh Nyonya Basofi Sudirman, istri dari Gubernur Jawa Timur Periode 1993-1998. Lokasinya yang berada di pusat kota tentu menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang suka menghabiskan waktu di sini. Taman ini juga tergolong luas, yaitu sekitar 6000 meter persegi, memanjang di sepanjang jalan Ketabang Kali tersebut.

Masjid Cheng Ho Surabaya

Pembangunan masjid Cheng Ho atau yang juga dikenal dengan nama. Masjid Muhammad Cheng Ho Surabaya bertepatan dengan Isra’ Miraj Muhammad SAW yakni pada 15 Oktober 2001. Proses nya memakan waktu satu tahun dan baru selesai seluruh bagiannya pada Oktober 2002. Masjid ini didirikan atas prakarsa para sesepuh, penasihat, pengurus Pembina Imam Tauhid Islama (PITI). Pengurus Yayasan Haji Muhammad Cheng Ho Indonesia Jawa Timur, serta tokoh masyarakat Tionghoa di Surabaya.

Masjid Cheng Ho Surabaya

Kompleks masjid dibangun di atas tanah seluas 3.070 m2. Perpaduan gaya Arab dan Tiongkok menjadi ciri khas masjid ini. Arsitektur masjid diilhami Masjid Niu Jie di Beijing yang dibangun pada 996 Masehi. Dan tampak pada bagian atap utama, dan mahkota masjid.

Lokasi: Jl. Gading No.2, Ketabang, Genteng, Kota Surabaya

Monumen Jalesveva Jayamahe Surabaya

Monumen ini yang menggambarkan sosok Perwira TNI Angkatan Laut yang berbusana pakaian Dinas Upacara. Yang lengkap dengan pedang kehormatan yang sedang menerawang ke arah laut. Patung tersebut berdiri di atas bangunan dan tingginya mencapai 30,6 meter. Monumen Jalesveva Jayamahe menggambarkan generasi penerus bangsa yang yakin dan optimis untuk mencapai cita-cita bangsa Indonesia.

Monumen Jalesveva Jayamahe Surabaya

Monumen Jalesveva Jayamahe ini juga sesuai dengan motto angkatan laut Jalesveva Jayamahe yang berarti, Di Laut Kita Berjaya. Monumen ini dibangun pada tahun 1993 oleh Pemimpin Kepala Staf TNI Angkatan Laut Maritim Indonesia. Yang kemudian dilanjutkan dengan Laksamana TNI Muhamad Arifin dan dirancang oleh I Nyoman Nuarta. Selain sebagai monumen, bangunan ini juga difungsikan sebagai mercusuar bagi kapal-kapal yang ada di laut sekitar. Baca juga Pulau selimpai

Lokasi: Ujung, Semampir, Kota Surabaya

Kids Play Science dan Waterpark Surabaya

Kids Play Science dan Waterpark Surabaya

Kids Play Science dan Waterpark ini yang berada di lokasi dengan Suroboyo Carnival Night. Yang terdapat 12 wahana permainan atau playground, yang sangat cocok untuk anak usia 5 hingga 12 tahun. Mulai dari arena berkebun, arena supermarket, apotek hingga kolam air yang asyik untuk seru-seruan bermain air.

Citra Raya Surabaya

Citra Raya Surabaya

Ternyata Surabaya ini juga punya “Singapur” patung yang berbentuk seperti ikon Singa laut. Citra Raya yang memiliki berbagai fasilitas seperti 27 hole dalam lapangan golf. Dan klub keluarga, Surabaya Internasional School, Sekolah Ciputra, Gymnasium, Pusat Komersial, Pasar, Rumah Ibadah, Universal Ciputra dan Waterpark.

Rumah Batik Surabaya

Sejak ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya asli Indonesia pada 2 Oktober 2009. Batik semakin populer dan semakin dinikmati oleh semua kalangan. Jika dahulu batik hanya dikenakan kala acara resmi dan seragam resmi. Kini batik sudah dipadupadankan dengan berbagai model pakaian dan aksesorisnya yang bisa digunakan pada setiap momen diberbagai kesempatan. Apalagi dengan ditetapkannya tanggal 2 Oktober sebagai hari batik nasional yang semakin membuat banyak orang menggunakan batik.

Rumah Batik Surabaya

Batik Indonesia memang pantasa mendunia karena keunikan goresan dan corak yang dimilikinya. Masing-masing corak dan goresan menggambarkan seni dan budaya pada daerah asal batik tersebut berada. Dan dengan banyaknya daerah di Indonesia sementara masing-masing memiliki corak batik tersendiri. Bisa dibayangkan betapa banyak motif batik yang dimiliki Indonesia. Di Jawa Timur sendiri masing-masing kabupatennya memiliki batik motif mereka sendiri.

Patung Sura dan Buaya Surabaya

Patung Sura dan Buaya Surabaya

Patung Sura dan Buaya yang berada di depan Kebun Binatang Surabaya (KBS) dibuat oleh seniman patun. Dan dosen Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta (STKW) Surabaya bernama Sigit Margono. Patung setinggi sekitar 20 meter ini dibangun pada tahun 1980. Posisi patung tersebut terlihat seperti melayang dan tidak berdiri diatas tanah. Patung tersebut hanya melekat pada sulur atau lidah api. Teknik pembuatan patung tidak disebutkan karena Sigit Margono tidak menjelaskan secara rinci prosesnya. Bahan dasar pembuatan patung menurut informasi terdiri dari semen, pasir, dan batu bata.

Lokasi:Jl. Raya Diponegoro No.1-B, RT.001/RW.02, Darmo, Wonokromo, Kota Surabaya

Pantai Ria Kenjeran Surabaya

Pantai Ria Kenjeran ini bahkan memiliki dua spot Pantai yaitu Pantai Ria Kenjeran lama dan Pantai Ria Kenjeran baru. Wisata bahari ini adalah lokasi yang pas untuk pelarian bagi siapa pun yang merasa jenuh dengan rutinitas membosankan. Dan ingin merelaksasi pikiran sejenak karena Pantai Ria Kenjeran ini memperoleh feedback yang positif dari pengunjung.

Pantai Ria Kenjeran Surabaya

Dengan tersedia nya tempat bermain sebagai fasilitas umum, pengunjung merasa terbantu dalam membuat anak. Semakin betah bermain di Pantai karena umum nya anak kecil dilarang bermain air atau terlalu dekat. Dengan bibir Pantai karena ombak yang cukup kuat dari arah timur sehingga anak-anak cenderung cepat bosan.

Lokasi: Jalan Sukolilo No.100, Sukolilo, Bulak, Sukolilo Baru, Bulak, Kota Surabaya

Patung Budha 4 Rupa Surabaya

Patung Budha 4 Rupa Surabaya

Bangunan utama patung Buddha dibangun dengan empat pilar yang menyangga stupa di bagian atas. Lebih jauh pihak pengelola mengungkapkan, patung Buddha yang memiliki empat wajah melambangkan empat sifat Buddha yang utama. Ke-empat sifat tersebut antara lain pengasih, murah hati, adil, dan sifat yang meditasi. Patung Buddha 4 wajah ini serupa dengan yang ada di Bangkok, Thailand. Yang melambangkan wajah perdamaian dan kesehatan, wajah hubungan baik, wajah keberuntungan, dan wajah perlindungan dari kejahatan.

Lokasi: Jl. Pantai Ria Kenjeran, Sukolilo Baru, Bulak, Kota Surabaya

 Gelora Bung Tomo Stadium Surabaya

Gelora Bung Tomo Stadium Surabaya

Gelora Bung Tomo Stadium adalah stadion serbaguna di Surabaya, Indonesia yang merupakan bagian dari kompleks olahraga Surabaya Sport Center. Keseluruhan komplek olahraga sedang dibangun. Stadion ini digunakan untuk pertandingan sepak bola dan menjadi basis baru bagi Persebaya Surabaya, menggantikan Stadion Gelora 10 November. Stadion Gelora Bung Tomo sendiri dapat menampung 55.000 penonton.

Masjid Apung Nurul Bahri Surabaya

Masjid Apung Nurul Bahri ini memang dibangun secara menjorok ke laut. Lokasinya berada di kompleks AAL Bumi Morokembang, Kota Surabaya. Bangunan masjid yang menarik ini relatif baru dan masih banyak orang yang belum tahu. Masjid ini menjadi masjid favorit para taruna angkatan laut untuk beribadah atau melakukan kegiatan keagamaan lainnya.

Masjid Apung Nurul Bahri Surabaya

Tujuan utama pendirian mesjid tersebut memang untuk memberikan wadah dan tempat yang representatif. Untuk para taruna untuk beribadah, dengan bangunan masjid yang unik bersih. Sekaligus sesuai dengan karakter AAL yang berbasis maritim, maka diharapkan dapat mendukung kekhusyukan para taruna untuk beribadah. Baca juga bukit sambinai

Lokasi: Masjid Apung di Kompleks AAL, Surabaya

Dipo Lokomotif Sidotopo Surabaya

Stasiun Sidotopo masih ada di Surabaya, yang terkumpul dengan stasiun – stasiun yang lain. Akan tetapi tetap berbeda, stasiun ini dalam diam nya menampakkan daya tarik nya tersendiri. Ditilik dari struktur aslinya, Stasiun Sidotopo memiliki 18 emplasemen, yang merupakan jumlah emplasemen atau deretan peron terbanyak se-Indonesia.

Dipo Lokomotif Sidotopo Surabaya

Di stasiun ini pula Dolaners bisa mendapati dipo induk lokomotif, yang sering disingkat Dipo Induk SDT. Dipo ini tempat di istirahatkan nya lokomotif-lokomotif yang sudah tidak digunakan lagi. Sebagian dari lokomotif-lokomotif ini ngejogrog menunggu diperbaiki

Lokasi: Jl. Sidotopo Lor No.8, Sidotopo, Semampir, Kota Surabaya

Taman Apsari Surabaya

Taman Apsari Surabaya

Taman ini yang berada di depan Gedung Grahadi area ini yang di dalamnya terdapat Patung Suryo dan Joko Dolog. Di area seluas 5.300 m2 itu yang di lengkapi lebih kurang 20 jenis bunga dan tanaman. Di sela bunga dan tenaman itu di sediakan jogging track yang nyaman untuk jalan – jalan. Baca juga bukit jamur bengkayang

Lokasi: Jl. Taman Apsari No.63, Embong Kaliasin, Genteng, Kota Surabaya

Terminal Teluk Lamong Surabaya

TTL dibangun pada akhir tahun 2010 dan tahap pertama pembangunan diselesaikan pada tahun 2014. Pelayanan kapal domestik pertama dilakukan pada bulan Nopember 2014 dan pelayanan kapal internasional. Pada 22 Mei 2015 bersamaan dengan peresmiannya oleh Presiden RI Joko Widodo. Berbarengan pada hari itu juga Presiden Jokowi meresmikan “Greater Surabaya Metropolitan Port” atau GSMP. Yang spesifik pada pendalaman dan pelebaran Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) yang dilakukan oleh Pelindo III.

Terminal Teluk Lamong Surabaya

TTL merupakan terminal berkonsep ramah lingkungan dan berteknologi semi-otomatis pertama di Indonesia. TTL memiliki 2 dermaga yaitu dermaga petikemas sepanjang 500 meter dan dermaga curah kering sepanjang 250 meter. TTL memiliki 4 (empat) tahap pembangunan dan pada tahun 2017 sedang berada pada tahap kedua. Dermaga curah kering yang kini mulai dioperasikan memiliki panjang 250 meter dan lebar 80 meter. Luasan tersebut akan diperpanjang menjadi 500 meter pada pembangunan tahap berikutnya. Kedalaman dermaga curah kering Terminal Teluk Lamong mencapai -14 LWS (14 meter). Sehingga dapat menampung kapal berjenis Panamax berkapasitas 50.000-80.000 DWT (Dead Weight Ton).

Lokasi: l. Raya Tambak Osowilangun Km. 12, Kelurahan Tambak Osowilangun, Kecamatan Benowo, Surabaya

Intiland Tower Surabaya

Intiland Tower Surabaya

Sebelum gedung ini yang di bangun, lahan yang sekarang menjadi Intiland Tower ditempati oleh sebuah bioskop bernama Bioskop Bayu. Yang sudah di ratakan sebelum pembangunan gedung ini di mulai. Konstuksi gedung tersebut dimulai pada April 1996, dan pembangunannya selesai pada Agustus 1997. Wisma Dharmala Sakti, yang begitu nama aslinya, di rancang oleh Paul Rudolph. Bersama dengan perancang lokal dari PT Gunawan Cipta Arsindo. Paul Rudolph wafat di bulan yang sama dengan akhir pembangunan Wisma Dharmala Sakti Surabaya. Menjadikan gedung ini karya terakhirnya di Indonesia. Baca juga Pulau selimpai

Lokasi: Jl. Panglima Sudirman, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya

Taman Mayangkara Surabaya

Taman Mayangkara Surabaya

Kota Surabaya juga terkenal akan keindahan objek wisata nya, salah satu contoh adalah Tempat Wisata Surabaya. Objek wisata mayangkara di Surabaya ini yang di bangun antara lain. Untuk mengenang keberanian Batalyon 503 Mayangkara di bawah pimpinan Mayor Djarot Soebyantoro saat menghadapi Belanda. Di Area Taman Mayangkara, di depan Rumah Sakit Islam (RSI), terdapat monumen Mayor Djarot Soebyantoro menaiki kuda putih Mayangkara. Warga Surabaya biasa menyebut Monumen Mayangkara.

Taman Pelangi Surabaya

Taman pelangi yang merupakan salah satu tempat wisata Surabaya yang sangat menarik sekali untuk di kunjungi. Taman pelangi yang terlihat sangat indah dan mempesona dengan perpaduan warna lampunya. Adapun letak taman pelangi ada di depan Kantor Bulog Surabaya, itu sebabnya sebagian nama ini sebagai taman bulog.

Taman Pelangi Surabaya

Untuk anda yang ingin mengunjungi taman ini, silahkan datang saja ke kawasan jalan Ahmad Yani. Jalan ini adalah jalan utama penghubung kota Surabaya dengan wilayah luar Kota. Jadi taman ini seperti sebuah taman penyambut untuk siapa saja yang berkunjung ke kota Surabaya. Selain itu teman ini juga yang berfungsi sebagai pelepasan untuk anda yang keluar dari Kota Surabaya. Baca juga jembatan gantung nateh

Taman Mundu Surabaya

Dengan konsep perpaduan natural Modern ini yang menjadi salah satu tempat wisata Surabaya. Untuk berinteraksi satu sama lainnya, lokasi taman ini ada di Jl. Tambaksari atau berada di seberang stadion Gelora sepuluh Nopember Tambaksari Surabaya.

Taman Mundu Surabaya

Taman dengan luas sekitar 4.800 meter persegi dan pembangunan yang di resmikan pada 10 Juli 2010. Berbagai fasilitas bisa anda nikmati di sini mulai dari fasilitas arena bermain untuk anak – anak. Seperti jogging track, air mancur yang indah, lampau – lampau hias, kolam air, toilet. Yang mewah dan dua pohon mundu yang besar sebagai icon Taman Mundu. Tidak hanya itu di Taman Mundu juga tersedia fasilitas air kran siap minum. Yang merupakan fasilitas yang di sediakan oleh perusahaan air minum daerah. Baca juga bukit rimpi 

Taman Gunung Anyar Surabaya

Dengan latar belakang pohon bakau yang cukup tinggi, di jamin foto anda akan terlihat cantik. Setelah melintasi jalur Jogging Track bambu, pengunjung akan di bawa. Untuk melewati jembatan bambu sebelum akhirnya menuju ke Jogging Track yang terbuat dari susunan paving.

Taman Gunung Anyar Surabaya

Di area Jongging Track ke-dua ini pepohonan Mangrove-nya terlihat lebih besar dan cukup rimbun. Beberapa di antaranya diameternya sudah mencapai sekitar 1 meter. Lokasi ini sering di jadikan oleh pengunjung sebagai lokasi piknik dengan menggelar tikar dan makan siang bersama keluarga.

Taman Buah Undaan Surabaya

Taman Buah Undaan ini adalah di bangun pada 18 Agustus 2019 yang di resmikan oleh Walikota Surabaya. Yaitu Bambang DH. Berbagai fasilitas menarik yang disiapkan disini, membuat para penduduk sekitar penasaran. Dan ingin melihat dan juga merasakan langsung obyek wisata ini.

Taman Buah Undaan Surabaya

Tempat ini merupakan sebuah taman bermain yang sangat cocok untuk anak-anak. Taman Buah Undaan merupakan taman yang unik dan menarik karena pada fasilitas disini sebagian besar berbentuk aneka macam buah. Baca juga tempat wisata aceh