Tempat Wisata Rekreasi Keluarga Pantai Karang Tawulan Tasikmalaya

Pantai Karang Tawulan Tasikmalaya, nama pantai ini mungkin masih asing di telinga para pencinta travelling. Pantai karang tawulan bisa dikatakan salah satu pantai indah yang ada dijalur selatan wilayah Jawa Barat. Di antara beberapa yang bisa ditawarkan, indah pesisir bisa jadi satu godaan mutlak. Ketika Cipatujah dan Sindangkerta sudah lebih dulu familiar. Karang Tawulan malah baru baru menyeruak sebagai salah satu yang pantai yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke Tasikmalaya. Pantai Karang Tawulan Tasikmalaya akan lebih mudah dijangkau jika anda sudah berada di kawasan pantai Pangandaran. Atau jika ingin lebih puas menikmati pantai ini traveler bisa datang pada akhir pekan sekaligus camping. Dengan cara itu anda dapat menikmati keindahan matahari terbit maupun matahari terbenam.

Daya Tarik Pantai Karang Tawulan Tasikmalaya

Pantai Karang Tawulan tasikmalaya

Daya tarik utama pantai karang tawulan Tasikmalaya ini adalah bentuk tebingnya. Yang sedikit menjorok ke tengah laut dengan pantai pasir yang indah. Batu karang yang berada di tengah laut membuat pantai ini dikagumi oleh para wisatawan. Pantai ini dikenal dengan hembusan anginnya yang cukup kencang. Banyak pengunjung yang bermain hingga tebing karang yang cukup kencang. Banyak pengunjung yang bermain hingga tebing karang yang menjorok ke tengah laut. Biasanya digunakan untuk spot memancing. Pantai Karang Tawulan Tasikmalaya memiliki ombak yang tinggi. Sehingga pantai ini tidak cocok untuk dijadikan aktivitas berenang. Tempat wisata di Tasikmalaya ini terdapat pulau kecil yang disebut Nusa Manuk. Jika anda berkunjung ke sini pada sore hari. Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang indah berupa kawanan burung camar yang kembali ke tempat asalnya Nusa Manuk.

Lokasi Tempat Wisata Pantai Karang Tawulan Tasikmalaya

Lokasi Pantai Karang Tawulan berada di desa Cimanuk, Kecamatan Cikalong, Tasikmalaya. Lokasinya berbatasan dengan wilayah Ciamis-Pangandaran. Letak karang tawulan sendiri sebetulnya cukup strategis dan mudah untuk dijangkau. Saat ini jalan di jalur selatan Jawa Barat sudah bagus sehingga wisatawan dari kota lain. Seperti Bandung, Jakarta, dan lain-lain akan dengan mudah mencapai tempat ini.

Rute Menuju Tempat Wisata Pantai Karang Tawulan Tasikmalaya

Ada beberapa rute jalan menuju objek wisata pantai karangan tawulan Tasikmalaya yang bisa anda gunakan. Berikut rute jalannya:

Rute Menyusuri Pantai Selatan

Ada dua alternatif rute dari arah Bandung via jalur selatan:

  • Rute Bandung – Pangalengan – pantai Ranca Buaya Garut – Santolo – Cipatujah – Karang Tawulan. Ini jalan yang saya gunakan
  • Rute bandung – ciwidey – pantai cidaun cianjur – pantai Ranca Buaya Garut – Santolo – Cipatujah – Karang Tawulan.

Rute Antar Kota

Untuk jalan yang satu ini menggunakan rute antar kota biasa, tidak menyusuri pantai. Ada beberapa alternatif yang bisa anda gunakan dari Bandung:

  • Rute Bandung –  Tasikmalaya – Singaparna – Cipatujah – Karang tawulan
  • Rute Bandung – Garut – Jalan Singaparna – Cipatujah – Karang tawulan
  • Rute Bandung – Garut – Pameungpeuk – Cipatujah – Karang tawulan.

Dari Pangandaran

Jika anda dari pangandaran, letak pantai karang tawulan tidak terlalu jauh. Hanya kurang lebih 1,5 jam saja sudah bisa sampai dari pangandaran ke lokasi. Letak lokasi pantai ini tidak jauh dari gerbang perbatasan Ciamis – Tasikmalaya. Untuk lebih mudahnya anda bisa menggunakan panduan peta google maps.

Harga Tiket Masuk Tempat Wisata Pantai Karang Tawulan

Harga tiket masuk tergolong murah. Perorang akan dikenakan tarif sebesar Rp. 3.500,-. Untuk sepeda motor sebesar Rp. 2.500,-. Sedangkan untuk mobil atau kendaraan roda 4 (empat) lainnya dikenakan tarif sebesar Rp. 10.000,-.

Fasilitas Di Tempat Wisata Pantai Karang Tawulan

Fasilitas di Pantai Karang Tawulan cukup lengkap. Terdapat toilet di area utama, mushola dan juga lahan parkir yang luas. Untuk tempat sampah umum masih sedikit sekali. Di samping itu terdapat gardu pandang dan beberapa gazebo. Sayangnya di pantai ini belum terdapat penginapan. Tetapi terdapat beberapa penginapan kecil di sepanjang jalan jalur selatan yang tidak jauh dari lokasi. Warung makan yang tersedia di sini menyajikan aneka makanan khas laut yang masih segar.  Di pantai ini kamu bisa menikmati kuliner dengan sajian utama ikan-ikan bakar asal Pamayangsari.  Ikan-ikannya bisa juga dibeli sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang karena harga ikan di sini sangat murah dengan kualitasnya yang terjamin.