Menikmati Keindahan 23 Tempat Wisata Majalengka Jawa Barat

Majalengka ini merupakan salah satu kabupaten yang memiliki banyak sekali tempat wisata Majalengka. Yang menarik para wisatawan untuk berkunjung ke lokasi ini. Ada banyak sekali air terjun yang menarik untuk anda nikmati dan kunjungi. Tempat wisata majalengka ini menawarkan keindahan alam yang memukau. Untuk kabupaten ini memang sudah lama ada sejak zaman Hindu dahulu. Hingga kekuasaan Isalam datang dan berkembang pesat di masa raja Sunan Talaga Manggung.

tempat wisata majalengka

Pada awalnya Majalengka ini yang bernama Kabupaten Maja. Kabupaten yang berlokasi berada di bagian Timur Provinsi Jawa Barat. Kabupaten yang memiliki daerah yang berupa dataran rendah untuk wilayah bagian Utara. Serta berbukit – bukit pada bagian tengahnya. Dan sementara di bagian selatan Majalengka ini merupakan wilayah pegunungan dengan puncaknya. Gunung Ciremai yang berbatasan dengan kabupaten Kuningan. Dan gunung cakrabuana yang berbatasan dengan Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Sumedang.

23 Tempat Wisata Majalengka

Jembar Waterpark Majalengka

Jembar Waterpark Majalengka

Wahana bermain air ini merupakan objek wisata favorit dan andalan liburan keluarga. Waterpark ini di kenal dengan memiliki konsep dinosaurus. Yang terdapat banyak patung dinosaurus yang membuat tempat ini digandrungi oleh orang tua. Yang berlibur bersama anak – anak mereka. Lokasi: Jl Dukuh Jeruk, Desa Ranji Wetan, Kasokandel, Kabupaten Majalengka

Perkebunan Teh Cipasung Majalengka

Perkebunan Teh Cipasung Majalengka

Perkebunan teh cipasung yang menawarkan liburan untuk menikmati keindahan dan ketenangan. Untuk anda yang menginginkan suasana damai tempat ini lah yang cocok untuk anda kunjungi. Lokasi perkebunan teh ini berada di Desa Cipasung, Kec. Lebahsugih. Yang terletak cukup jauh dari pusat kota, yaitu sekitar 50 Km dari alun – alun.

Goa Lalay Majalengka

Goa Lalay Majalengka

Goa lalay ini merupakan salah satu tempat wisata Majalengka yang memiliki keindahan. Untuk masyarakat Indonesia sering menyebutnya dengan Green Canyon Majalengka. Untuk menuju ke tempat ini anda perlu lebih berhati-hati karena terdapat jurang-jurang dan jalan yang licin. Alamatnya berada di desa Sukadana Kec. Argapura.

Curug Muara Jaya Majalengka

Curug Muara Jaya Majalengka

Yang berada di Desa Argamukti, Kecamatan Argapura. Dari kota Majalengka, jarak yang perlu di tempuh sekitar 20 kilo meter. Objek Wisata Curug Muara Jaya menawarkan keindahan alam dengan pemandangan air terjun setinggi 73 m yang terdiri dalam tiga umpak. Lokasi ini adalah jalur alternatif pendakian ke puncak Gunung Ciremai. Selain itu di lokasi ini pada tiap-tiap tahunnya digelar upacara pareresan yang dikerjakan sesudah panen raya.

Telaga Herang Majalengka

Telaga Herang Majalengka

Telaga herang yang berada di perbatasan tiga desa yaitu Jerukleueut, padaherang, dan Desa Lengkongkulon. Di distrik sindangwangi, Majalengka, Jawa Barat. Serta danau ini memiliki keindahaan dan tempat ini merupakan mata air yang tertampung. Dalam cekungan dan bentuk sebuah telaga atau danau. Untuk nama herang ini memiliki arti “air yang jernih”. Frasa tersebut memang menggambarkan kejernihan air yang berada di Telaga  herang. Karena kejernihannya anda bahkan dapat melihat dengan jelas ikan dan dasar danau seara langsung.

Wisata Paralayang Gunung Panten Majalengka

Wisata Paralayang Gunung Panten Majalengka

Gunung paten ini menjadi wisata paralayang yang menawarkan olahraga paralayang yang ekstrim. Keindahan alam yang indah jika anda menikmatinya dari atas “awan” Gunung panten ini adalah sebuah bukit. Di desa Sidamukti yang selalu di kenal sebagai tempat paralayang. Untuk mencapai tempat ini, anda harus menempuh perjalanan sekitar 7 km dari pusat perkotaan. Tepatnya di Desa sidamukti, Kabupaten Munjul kab majalengka.

Bukit Alam Hejo Majalengka

Bukit Alam Hejo Majalengka

Bukit Alam Hejo merupakan tempat wisata Majalengka dengan keunikan yang tidak didapat di tempat lain. Bukit Alam Hejo terdapat di lereng gunung Ciremai, tempat wisata Majalengka ini memiliki konsep wisata alam. Pendidikan bagi anak serta wisata kuliner dengan berbagai masakan khas Majalengka. Alamat di desa Pasirayu, Kec. Sindang Kab. Majalengka.

Curug Tonjong Majalengka

Curug Tonjong Majalengka

Curug Tonjong berada di Desa Teja kecamatan Rajagaluh. Jarak Curug Tonjong dari Kota Majalengka sekitar 20 km. Curug Tonjong menawarkan keindahan alam yang asri dan alami berbentuk aliran sungai dengan air terjun. Yang cukup deras meskipun tidak terlampau tinggi ditambah dengan batu-batuan besar yang ada disepanjang aliran sungai. Ke khasan dari tempat wisata ini yaitu jembatan bambu sehingga pengunjung bisa nikmati. Keindahan tempat ini saat melewatinya hingga ke puncak curug.

Curug Cipeuteuy Majalengka

Curug Cipeuteuy Majalengka

Ini merupakan objek wisata yang sangat menarik di majalengka. Para penginjung daat menikmati mandi dengan air yang hernih, bernedam, serta bermain air. Ada di Bantaragung dan sekitar 23 kilometer dari alun – alun kota. Keunikan air terjun cipeuteuy ini membuat banyak orang senang ketika berada di sisni.

Air Terjun Cibali Majalengka

Air Terjun Cibali Majalengka

Objek serta daya tarik wisata ini terletak di Desa Cikondang Kecamatan Cingambul Kabupaten Majalengka. Jaraknya sekitar 39 km dari pusat kota Majalengka. Sebagaimana obyek wisata alam lainnya, wisata Majalengka ini menawarkan keindahan alam dan suasana yang masih alami.

Agro Batu Luhur Majalengka

Agro Batu Luhur Majalengka

Agro batu luhur merupakan wisata Majalengka yang menyajikan berbagai wisata alam. Meskipun masih dalam tahap pengembangan dan pembangunan namun sedikit demi sedikit sudah mulai dibuka. Wisata ini terletak di Desa Jerukleueut Kecamatan Sindangwangi. Lokasi ini memang agak jauh dari pusat kota yaitu sekitar 22 km, namun setelah sampai tujuan rasa penat. Anda pasti akan hilang dengan berbagai wahana yang sudah disediakan. Beberapa fasilitas wahana yang disediakan diantaranya adalah flying fox sepanjang 200 m, dan permainan uji nyali lainnya.

Taman Buana Marga Majalengka (Taman Dinosaurus)

Taman Buana Marga Majalengka (Taman Dinosaurus)

Tempat wisata ini berada di kaki gunung cakra buana, dengan pemandnagan dinosaurus kembar. Alamatnya Desa Lemah putih Kecamatan Lemahsugih Kabupaten Majalengka. +37 km sebelah barat daya dari Kabupaten Majalengka.

Situ Cipanten Majalengka

Situ Cipanten Majalengka

Situ Cipanten terdapat di Desa Gunung Kuning, Kecamatan Sindang.  Jarak dari pusat kota menuju tempat wisata ini sekitar 15 km. Saat ini pengelolaanya dilakukan oleh KOMPEPAR. Situ yang diresmikan pada tahun 1973 ini mempunyai luas sekitar 1 hektar. Dan memiliki 3 fungsi, yaitu pengairan, perikanan, serta pariwisata. Airnya konon berasal dari tujuh mata air yang tak pernah kering meskipun kemarau. Pengelolanya juga sudah membangun beberapa spot-spot selfi yang menarik, seperti minatiur kapal laut dan ayunan. Di situ ini, pengunjung juga bisa berenang.

Curug Puntang Majalengka

Curug Puntang Majalengka

Curug Puntang Yang berlokasi di desa Cengal, Kecamatan Maja atau sekitar 6 kilometer dari Majalengka. Dengan jarak tempuh sekitar 2 jam untuk air terjun ini di kenal baik oleh masyarkat majalengka. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter.

Lemah Putih Majalengka

Lemah Putih Majalengka

Anda bisa menikmati keindahan alam majalengka di ketinggian Panorama Lemah Putih. Sudah banyak sekali fasilitas seperti, kolam renag, sarana hiburan sampai Kafe. Alamat panorama lemah putih berada di Desa lemah putih, Kecamatan lemah sugih Jawa Barat.

Situ Cikuda Majalengka

Situ Cikuda Majalengka

Tempat wisata Majalengka Situ Cikuda ada di Desa Padaherang, Kecamatan Sindangwangi Kabupaten Majalengka.  Dari pusat kita, bisa ditempuh dengan jarak sekitar 25 Km. Tempat wisata Majalengka ini dikelola oleh Karang Taruna Desa Padaherang. Daya tariknya berupa pemandangan sekitar situ dan suasananya yang tenang. Bagi penyuka fotografi, banyak spot yang bisa dieksplore di sini.  Danau yang memiliki luas sekitar 2 hektar ini juga kerap digunakan sebagai tempat pemancingan ikan.

Panyaweuyan Argapura Majalengka

Panyaweuyan Argapura Majalengka

Pemandangan hamparan sawah menghijau ini merupakan salah satu destinasi Tempat wisata Majalengka. Penyaweuyan argapura ini terletak di Argapura lokasinya yang terletak di lereng gunung Ciremai. Yang menjadikan pemandangan di sini sangatlah indah di tambah lagi udaranya yang sejuk.

Wisata Cadas Gantung Majalengka

Wisata Cadas Gantung Majalengka

Tebing cadas gantung ini merupakan tempat wisata di Majalengka yang masih bisa di bilang baru. Untuk lokasi cadas gantung ada di Desa Mirat Kecamatan Leuwimunding Kabupaten Majalengka Jawa barat.

Curug Cilutung Majalengka

Curug Cilutung Majalengka

Curug Cilutung terdapat di Desa Campaga Kecamatan Talaga. Jarak tempuh dari kota Majalengka sekitar 28 kilometer. Curug ini dikenal juga dengan berbagai nama, yaitu Curug Emas, Curug Ciranca dan Curug Campaga. Merupakan obyek wisata keluarga yang murah-meriah. Daya tarik obyek wisata ini adalah bebatuan uniknya yang terdapat mulai dari lokasi curug sampai ke sungai. Cocok untuk spot selfie.

Kolam Renang Balong Sang Raja

Kolam Renang Balong Sang Raja

Kolam renang dengan sebutan Balong Sang Raja merupakan salah satu wisata Majalengka yang unik. Jika kita lihat dari namanya mungkin pemandian ini adalah tempat mandi untuk raja. Dan itu benar dulunya tempat ini adalah pemandian untuk pejabat pemerintah pada masa penjajahan belanda, selain terdapat kolam renang. Disekitar tempat ini juga terdapat pepohonan yang rindah membuat tempat ini lebih indah untuk dipandang.

Air Terjun Ember Pelangi Majalengka

Air Terjun Ember Pelangi Majalengka

Air terjun ini yang bernama embun pagi karena embun dari sungai air yang mengambil sinar matahari. Akan terlihat sebagai pelangi di air terjun. Selain anda dapat melijat air terjun, anda juga dapat menikmati panorama tebing batu di tepi sungai cilongkrang.

Situ Janawi Majalengka

Situ Janawi Majalengka

Situ Janawi adalah nama sebuah danau kecil yang terletak di Desa Payung Kecamatan Rajagaluh. Dari pusat kota Majalengka, ini bisa dicapai dengan jarak tempuh sekitar 25 kilometer. Situ ini yang mempunyai luas sebesar 1 hektar ini dikelilingi oleh pemukiman, kecuali di sebelah selatan. Pengelolaanya dilakukan oleh Madrasah Diniyah Awaliah. Situ ini mempunyai kekhasan, yaitu adanya daratan kecil di tengah situ. Serta ada sumber mata air yang konon bisa mengobati penyakit. Sumber mata air tersebut dinamakan Janawi.  Konon berasal dari kata Janavhi, yang merupakan tempat suci kerajaan Rajagaluh.

Pemandangan Cikebo Majalengka

Pemandangan Cikebo Majalengka 

Pemandangan Cikebo berada di Desa Tegal Sari Kecamatan Maja. Destinasi ini berjarak sekitar 14 kilo meter dari pusat Kota Majalengka. Seperti namanya, daya tarik tempat ini adalah panoramanya yang indah dan udaranya sejuk. Di sini Anda dapat beristirahat sambil menikmati indahnya pemandangan alam sekitar. Cocok sebagai destinasi wisata keluarga. Pepohonan yang rindang yang tumbuh di sekitar obyek wisata ini menambah suasana menenangkan.