25 Tempat Wisata Di Tasikmalaya Yang Harus Anda Kunjungi

Kabupaten Tasikmalaya kaya akan tempat-tempat menarik dan atraksi budaya. Dikabupaten ini memiliki tempat wisata yang bisa kalian ekspos. Kalian pasti penasaran apa saja tempat wisata di Tasikmalaya yang wajib anda kunjungi. Jika anda sedang mencari tempat wisata di Tasikmalaya tempat wisata ini wajib anda kunjungi. Mari kita simak apa saja tempat wisata di Tasikmalaya.

Tempat Wisata Di Tasikmalaya

Tempat Wisata Di Tasikmalaya

1. Pantai Karang Tawulan

Pantai Karang Tawulan terletak di perbatasan antara Kabupaten Tasikmalaya dengan Kabupaten Ciamis. Tepatnya di desa Kapalagenep, pantai ini satu arah dengan pantai Sindangkerta, Cipatujuh dan Pamayangsari. Sehingga sebelum tiba di pantai Karang Tawulan anda akan melewati ketiga pantai tersebut. Pantai ini memiliki karakteristik yang berbeda dimana pantainya lebih landai dengan ombak yang tidak terlalu besar. Sehingga anda cukup aman untuk berenang di beberapa sisi pantai.

Pantai Karang Tawulan

2. Pantai Sindangkerta

Keindahan panorama wisata pantai memang di dominasi dengan hamparan pasir putih, air pantai yang berwarna kebiruan. Serta pohon kelapa yang ada ditepinya. Namun, hal lain bisa kamu temukan dari lokasi Pantai Sindangkerta di Tasikmalaya ini. Sebuah taman laut akan menjadi pemandangan khas yang dimiliki pantai ini.

Pantai Sindangkerta

3. Tonjong Canyon

Keindahan alam di Tonjong Canyon membuat pengunjung terpikat. Karena adanya Curug Tonjong yang dapat mengalirkan air ke sungai. Sehingga menambah pesona keindahan alam di tempat tersebut. Bagi anda yang sangat menyukai destinasi air akan merasa puas. Dengan mengunjungi tempat wisata ini. Bagaimana tidak anda dapat langsung berenang. Bermain air dan menikmati kejernihan aliran air yang berwarna hijau.

Tonjong Canyon

3. Taman Wisata Karang Resik

Taman wisata Karang Resik Tasikmalaya ini memang memiliki banyak spot foto selfie yang bagus-bagus. Maka sudah pasti sangat cocok untuk anda yang hobi berselfie. Bagi warga lokal Tasikmalaya, wisata karang ini sudah tidak asing lagi. Bahkan selalu menjadi destinasi liburan yang asyik bagi masyarakat disana. Karena memang wisata ini sudah ada sejak lama, hanya saja baru-baru ini telah direnopasi dan dipoles. Sehingga menjadi objek wisata yang sangat menawan.

Taman Wisata Karang Resik

4. Danau Lemona

Danau Lemona sebenarnya bukan danau, apalagi danau alami, ia lebih merupakan kolam buatan. Namun, cukup luas yang difungsikan sebagai daya tarik lokasi wisata kuliner. Yakni rumah makan Lemona yang berada di danau buatan tersebut. Kita bisa menyewa saung dan makan secara di atas danau yang dipenuhi ikan dibawahnya.

Danau Lemona

5. Bukit Kacapi

Suasana di Bukit Kacapi sangatlah asri hal ini wajar, sebab kolam Renang Bukit Kacapi ini. Berada di daerah dengan ketinggian mencapai 950 Mdpl. Bila di Semarang ada Eling Bening Ambarawa, maka di Tasikmalay ada kolam renang bukit kacapi. Wisata ini juga dilengkapi dengan beragam fasilitas menarik, mulai dari gazebo, spot ayunan, kamar mandi, hingga kantin. Air kolam juga sangat jernih dan alami, sebab tidak dicampuri kaporit yang umumnya dipakai sebagai bahan penjernih air.

 

Bukit Kacapi

 

6. Curug Dengdeng

Menurut cerita, kata dengdeng bermula dari kata bedengan. Air atau curug inimemiliki bentuk berundak seperti persawahan. Sehingga disebutlah kata bedengan yang hingga kini menjadi kata dengdeng. Ada juga yang mengartikan kata dengdeng dengan istilah tidak rata. Sama saja sebenarnya, tidak rata di sini merupakan arti dari bentuk air terjun yang mempunyai beberapa tingkatan.

Curug Dengdeng

7. Wisata Gunung Galunggung

Wisata gunung galunggung merupakan salah satu tempat wisata alam yang sangat dikenal didaerah Jawa Barat. Objek wisata ini terletak di provinsi Jawa Barat tepatnya di Tasikmalaya. Banyak hal yang bisa anda lakukan ketika anda mengunjungi tempat wisata ini termasuk anda. Akan melihat panorama alam pegunungan yang sangat indah.

Wisata Gunung Galunggung

8. Curug Agung Galunggung

Untuk dapat mencapai destinasi wisata ini, setelah masuk area wisata Gunung Gulungagung. Anda hanya perlu melanjutkan perjalanan sampai persimpangan. Di sana anda akan langsung menemukan poster arah lokasi air terjun tersebut yang berada di sebelah kiri jalan. Dengan membayar tiket masuk seharga Rp. 5.000. Anda sudah bisa mencicipi sejuknya curug Gulungagung dan pesona kerlipnya di malam hari. Harga yang cukup murah jika dibandingkan dengan curug pelangi bandung yang mencapai Rp. 15.000.

Curug Agung Galunggung

9. Kampung Naga

Kampung Naga terletak di Tasikmalaya, Jawa Barat. Merupakan suatu perkampungan yang dihuni oleh sekelompok masyarakat yang sangat kuat dalam memegang adat istiadat peninggalan leluhurnya. Dalam hal ini adalah adat Sunda, Seperti permukiman Badui. Kampung naga menjadi objek kajian antropologi mengenai kehidupan masyarakat pedesaan Sunda pada masa peralihan. Dari pengaruh Hindu menuju pengaruh Islam di Jawa Barat.

Kampung Naga

10.Wisata Alam Pasir Kirisik

Awalnya tempat wisata yang memiliki luas sekitar 7 hektar ini merupakan villa milik pribadi. Yang terdapat sebuah villa, kolam renang dan juga gazebo. Namun, pada awal tahun 2017 dilakukan pembenahan dan akhirnya menarik banyak perhatian masyarakat sekitar sampai luar kota. Bahkan pengunjungnya tidak hanya para anak muda saja namun banyak wisatawan dari berbagai umur yang. Datang untuk melihat spot menrik yang telah disediakan.

Wisata Alam Pasir Kirisik

11. Situ Gede Tasikmalaya

Salah satu daya tarik Situ Gede adalah adanya pulau kecil seluas 1 hektar yang berada di tengah danau. Di dalam pulau tersebut, terdapat 3 buah makam yang konon menjadi asal mula Situ Gede Tasikmalaya. Tempat tersebut adalah tempat dimakamkannya Eyang Prabudilaya beserta satu pengikutnya. Yakni Jayakerta serta satu makam lagi adalah istri Jayakerta yang konon pandai bernyanyi atau dalam istilah Jawa sering disebut nyinden.

Situ Gede Tasikmalaya

12. TeeJay Waterpark

TeeJay Waterpark merupakan salah satu objek wisata paling favorit di Tasikmalaya, Jawa Barat. TeeJay Waterpark menyuguhkan wahana air yang asyik untuk dinikmati. Beragam wahana seru tersedia disana, tidak kalah dari wahana air di waterpark populer lainnya. Objek wisata ini tidak pernah sepi, bahkan ketika libur sekalipun pengunjung mengalami peningkatan pesat. Mereka ramai berbondong-bondong mendatangi Teejay Waterpark untuk menikmati keseruan bermain air di sana.

TeeJay Waterpark

13. Mangkubumi Waterpark

Taman Rekreasi mangkubumi indah adalah sebuah taman wisata dengan luas area 6 hektar termasuk. Dengan hutan wisata yang dapat memenuhi kebutuhan anda. Dan keluarga dalam berwisata. Bertempat di Jl. A.H. Nasution atau Jl. Mangkubumi, Tasikmalaya. Taman rekreasi mangkubumi indah menyediakan berbagai macam wahana hiburan yang menarik. Seperti kolam renang, panggung hiburan, hotel restoran, kantin. Area bermain anak-anak, sepeda air, gazebo atau saung botram, track ATP, flying fox, adventure area, serta waterboom.

Mangkubumi Waterpark

14. Majid Agung Manonjaya

Masjid Agung Manonjaya merupakan salah satu masjid tertua di Kabupaten Tasikmalaya. Masjid Agung Manonjaya di bangun pada tahun 1837 M. Masjid ini menjadi kebanggaan warga Tasikmalaya, Jawa Barat ini terletak di desa Manonjaya, Kecamatan Manonjaya, Tasikmalaya. Selain karena usianya yang panjang, masjid ini juga memiliki ciri khas tersendiri dari segi arsitekturnya.

Majid Agung Manonjaya

15. Water Splash Indihiang

Objek wisata water splash indihiang di Tasikmalaya, Jawa Barat. Memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat disayangkan jika anda berada di kota Tasikmalaya tidak mengunjungi wisata alam. Yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Water Splash Indihiang

16. Pantai Pamayangsari

Pantai ini juga letaknya berdekatan dengan lokasi balai konservasi penyu hijau. Penyu hijau merupakan binatang yang langka dan dilindungi. Dengan begitu setelah mengunjungi penangkapan penyu hijau dan melihat kegiatan dan di penangkaran tersebut.

Pantai Pamayangsari

17. Curug Dago Bangkong

Menurut penuturan penduduk setempat, konon nama Gado Bangkong diberikan. Karena adanya mitos yang menyebutkan adanya makhluk halus berwujud katak raksasa yang tinggal di sekitar lokasi air terjun. Nama Gado Bangkong sendiri kalau dalam Bahasa Indonesia artinya Dagu Katak.

Curug Dago Bangkong

18. Curug Cimanintin

Curug Cimanintin ini masuknya ke Kecamatan Salopa Kabupaten Tasikmalaya. Selain cukup jauh dan juga dengan kondisi jalan yang semakin lama-semakin buruk dilalui kendaraan. Menuju curug ini juga harus dilalui dengan jalan kaki melewati persawahan warga. Curug ini juga dulu pernah masuk di salah satu acara survival di stasiun tv swasta nasional.

Curug Cimanintin

19. Pantai Selatan Cipatujah

Nama Cipatujah berasal dari nama sungai Cipatujah. Sedangkan kata Cipatujah sendiri merupakan bahasa sunda yang berarti buhun “patujah-tujah” saling menghantam. Gambaran dari dua sungai yang menyatu menghantam dimana aliran airnya menyatu ke laut Pantai Selatan. Nama sungai ini adalah sungai Cipatujah yang sekarang menjadi batas desa. Di sebelah barat dan sungai cipanyerang yang membelah wilayah Desa Ciandum.

Pantai Selatan Cipatujah

20. Pemandian Air Panas Ciawi

Obyek Wisata Pemandian Air Panas Ciawi di Tasikmalaya Jawa Barat terletak di Pamoyanan, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Obyek Wisata Pemandian Air Panas Ciawi di Tasikmalaya Jawa Barat adalah tempat wisata. Yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari. Obyek Wisata Pemandian Air Panas Ciawi di Tasikmalaya Jawa Barat. Memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Tasikmalaya tidak mengunjungi wisata air yang mempunyai keindahan  yang tiada duanya tersebut.

Pemandian Air Panas Ciawi

21. Waterboom Maarif Garden

Waterboom Maarif Garden merupakan salah satu tempat rekreasi keluarga yang wajib dikunjungi jika sedang berlibur ke Kota Tasikmalaya. Wisata air di cuaca yang panas pasti akan menyenangkan. Awalnya tempat wisata di Tasikmalaya ini bukanlah ditunjukkan sebagai tempat wisata umum. Tujuan awal pembangunan adalah sebagai fasilitas bagi penghuni Villa Osama Rias dan juga Fasilitas untuk PAUD Ma’arif Garden.

Waterboom Maarif Garden

22. Curug Cihanjuang

Dengan keasrian sebagai daya tarik utamanya, Curug Cihanjuang memiliki kolam 2 tingkat yang dapat digunakan untuk bersantai atau bermain air. Pada tingkatan pertama yang paling luas merupakan tempat jatuhan air dimana kamu bisa berendam atau berenang. Sedangkan pada tingkat kedua dengan kedalaman 1.5 meter. Kolamnya cukup sempit jadi kamu hanya bisa berendam saja.

Curug Cihanjuang

23. Curug Badak

Curug yang dikenal hingga ke wilayah Garut, Maja, Subang, Pitu, Pemalang dan wilayah lain. Yang terdapat di peta Jawa Barat ini memang sedang naik daun. Bahkan, ada seorang wisatawan yang mengaku berasal dari luar pulau.

Curug Badak

24. Pantai Cimanuk

Pantai Cimanuk terletak di Desa Cimanuk, Kecamatan Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia. Pantai Cimanuk adalah pantai dengan gelombang tinggi, terdapat banyak sungai bermuara ke Pantai ini. Pantai Cimanuk memiliki 2 buah pulau kecil di tengah laut. Dan rencananya akan dibuat water break penghubung antara pantai dan kedua pulau kecil ditangah laut Cimanuk.

Pantai Cimanuk

25. Curug Sawer Tasikmalaya

Curug yang indah ini berada di kecamatan Jatiwaras, oleh sebab itu, Curug Sawer ini juga popoler dengan sebutan demikian. Sedangkan Mandalamekar adalah nama sebuah desa dikecamatan Jatiwaras. Curug ini tepat berada di kampung cibeureum. Lokasi yang ditutup. Namun, anda harus berhati-hati dan disarankan menggunakan kendaraan itama atau pribadi.

Curug Sawer Tasikmalaya

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!