36 Tempat Wisata Di Subang Yang Wajib Kamu Kunjungi

Tempat wisata di Subang yang paling terkenal adalah pemandian air panas Ciater. Pemandian air panas Ciater menjadi tempat wisata di Subang yang wajib dikunjungi. Selain pemandian air panas Ciater, juga masih banyak ada destinasi wisata lainnya yang tidak kalah menarik untuk anda kunjungi. Salah satunya yang paling terkenal bahkan mendunia adalah Gunung Tangkuban Parahu. Jika kita berbicara mengenai bahasa yang digunakan oleh masyarakat Subang, secara umum menggunakan bahasa Sunda sebagai bahasa hariannya. Namun untuk masyarakat yang tinggal di kecamatan-kecamatan sekitar wilayah pesisir Subang. Dan beberapa Kecamatan di sepanjang sungai Cipunegara yang berbatasan dengan Kabupaten Indramayu.

Tempat Wisata Di Subang Jawa Barat

tempat wisata di subang

Berikut ini adalah tempat wisata di Subang yang sudah kami rangkum, berikut tempat wisata di Subang:

1. Capolaga Adventure Camp

Capolaga di buat oleh salah satu seorang yang mempunyai lahan sekitar 10 hektar, beliau berasal dari Bandung. Mulai di bangun pada tahun 2001 dengan memperkerjakan masyarakat sekitar, yaitu dengan alat seadanya membentuk bukit-bukit yang indah. Setelah selang empat tahun yaitu tepatnya pada tahun 2004 Capolaga baru dibuka untuk umum, sekitar tahun 2014.

Capolaga Adventure Camp

2. Curug Agung atau Batu Kapur

Objek wisata yang menyajikan keindahan panorama air terjun yang begitu tinggi ini juga memiliki keindahan yang sayang dilewatkan. Curug Agung di Subang merupakan air terjun kapur yang memiliki ketinggian sekitar 20 meter.

Curug Agung atau Batu Kapur

3. Desa Wisata Sari Bunihayu

Obyek Wisata Desa Wisata Sari Bunihayu di Subang Jawa Barat adalah salah satu tempat wisata yang berada di Jalan cagak. Kabupaten Subang, Jawa Barat 41281, Indonesia. Obyek Wisata Desa Wisata Sari Bunihayu di Subang Jawa Barat. Merupakan tempat wisata di Subang yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Desa Wisata Sari Bunihayu

4. Curug Cileat Subang

Curug Cileat adalah curug tertinggi dan terbesar di Kabupaten Subang. Curug ini tingginya lebih dari 100 meter. Saking tinggi dan deras aliran airnya, anda masih akan basah kuyup jika berdiri 100 meter dari curug tersebut.

Curug Cileat Subang

5. Peternakan Buaya Di Blanakan Subang

Objek wisata penangkaran buaya blanakan di Subang Jawa Barat sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda. Apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional. Keindahan objek wisata penangkaran buaya blanakan di Subang Jawa Barat ini. Sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk mengunjungi tempat wisata di Subang. Penangkaran buaya blanakan di Subang.

Peternakan Buaya Di Blanakan Subang

6. Pantai Kalapa Patimban

Subang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang kaya dengan potensi wisata alam. Tidak heran jika di daerah ini banyak daerah dengan berbagai potensi wisata yang beragam. Kabupaten Subang ini berbatasan secara langsung dengan laut Jawa di bagian utara. Di sebelah timur dengan kabupaten Indramayu.

Pantai Kalapa Patimban

7. Pantai Pondok Bali

Pantai ini lokasinya di Desa Mayangan Kecamatan Legonkulon Kabupaten Subang Jawa Barat. Berbagai aktivitas seru bisa anda lakukan di pantai ini seperti bermain pasir. Berenang, memancing serta dapat menikmati keindahan pesona alam yang mengagumkan pada saat matahari terbenam.

Pantai Pondok Bali

8. Curug Cijalu

Curug Cijalu merupakan sebuah air terjun cantik yang berada di daerah Subang, Jawa Barat. Curug cantik ini memiliki tumpahan air yang mengalir sangat deras membelah bukit di salah satu puncak Gunung Sunda.  Sama seperti mengunjungi curug-curug lain yang sudah sering kita bahas pada postingan sebelumnya. Berkunjung ke wisata air terjun membuat kita dapat menikmati keindahan alam yang sejuk dan menentramkan jiwa.

Curug Cijalu

9. Desa Wisata Wangunharja

Desa Wisata Wangunharja Subang Jawa Barat Merupakan salah satu gambaran desa yang ada di daerah Subang. Dengan adat istiadat dan kebudayaan yang masih kental dan sampai sekarang adat istiadat tersebut masih terus dilaksanakan. Pengunjung dapat menyaksikan aktivitas keseharian masyarakat desa tersebut sambil menikmati suasana perdesaan yang sejuk dan tenang.
Desa Wisata Wangunharja

10. Curug Cibareubeuy

Curug Cibareubeuy merupakan air terjun tertinggi di Subang, dengan ketinggian diatas 40 meter. Tepatnya berada di desa cibeusi, Kecamatan Jl. Cagak Kabupaten Subang, Jawa Barat. Air terjun ini memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri yang bisa membuat pengunjung merasa betah untuk berlama-lama menikmati keindahannya.

Curug Cibareubeuy

11. Curug Bentang

Curug Bentang ada kaitannya dengan kisah Tangkuban Parahu. Dan Gunung Burangrang selain itu curug ini juga berdekatan dengan Desa Adat Banceuy yang terkenal. Dengan cerita Raden Syaikh Jamaluddin akrab disapa Aki Leutik atau Kakek Kecil disebut Leutik atau Kecil. Karena tubuhnya hanya sebesar biji dan mampu masuk lewat lubang jarum. Air terjun ini juga dikaitkan dengan kisah Bung Karno. Lantaran presiden pertama RI itu kerap mengunjungi Curug Bentang untuk mencari ilmu kenegaraan lewat ajaran Padepokan Prabu Siliwangi. Yang berada di Subang dan untuk meminta bantuan Tuhan lewat perantara Nyi Roro Kidul. Dalam menyelamatkan Indonesia dari serangan musuh. Nama Curug Bentang ini bukan diambil secara asal, ada sejarahnya, konon Presiden Soekarno. Mendapatkan tujuh cakra sunda dari bintang di langit saat bersemadi di tempat itu.
Curug Bentang

12. Kolam Renang Ciheuleut

Wisata Kolam Renang ciheuleut terletak di kota Subang, Kecamatan Subang Provinsi Jawa Barat. Wisata ini juga terletak di Tengah Hutan Kota Subang. Jadi yang pasti Tempatnya sejuk dan segar karena dikelilingi pepohonan yang berada di Hutan. Luas wisata ini sekitar 2 hektar karena sangatlah luas maka banyak hal yang akan dapat kamu nikmati di wisata ini. Kamu bisa mengajak keluargamu ataupun teman-temanmu untuk berenang bersama. Udara yang sejuk dan suasana asri akan melengkapi liburanmu.

Kolam Renang Ciheuleut

13. Ciater Highland Resort

Ciater Highland Resort adalah resort pegunungan bergaya Ranch pertama di Indonesia. Dibangun diatas lahan yang luas diantara hamparan hijaunya perkebunan teh. Terletak didataran tinggi dengan udara yang sejuk dibawah kaki gunung Tangkuban Parahu, Ciater, Subang, Jawa Barat.

Ciater Highland Resort

14. Sunrise Di Kebun Teh Ciater

Kebun teh Ciater merupakan sebuah kawasan sangat dikenal oleh para pelancong yang melakukan rekreasi di kawasan Subang dan sekitarnya.Kawasan kebun teh Ciater berada di tepi Jalan Raya Bandung – Subang yang dibuka ahun 1934 pada zaman Belanda, namun mulai beroperasi pada tahun 1937.

Sunrise Di Kebun Teh Ciater

15. Wisata Adventure Arung Jeram Cipunagara

Bagi yang bernyali besar, arus liar di sungai Cipunagara boleh dicoba. Cipunagara Fun Rafting bersama komunitas pecinta alam Japrat siap mengajak anda berpetualang. Mengarungi jeram-jeram di sungai terpanjang di Kabupaten Subang ini.

Wisata Adventure Arung Jeram Cipunagara

16. Taman Burung Sukamandi

Nama asli dari Taman Burung ini adalah Taman Balai Penelitian Tanaman padi BPTP). Nama Tahan Burung ini sebenarnya dari pohon yang selalu dihinggapi ratusan burung. Pohon ini memang dijadikan tempat penelitian oleh BPTP juga banyak burung yang bertelur pinang di pohon itu. Sehingga pohon ini dijadikan rumah burung.

Taman Burung Sukamandi

17. Pemandian Tirta Alam, Sagalaherang

Obyek Wisata Kolam Renang Tirta Alam di Subang Jawa Barat. Merupakan tempat wisata di Subang yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah subang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Pemandian Tirta Alam, Sagalaherang

18. Curug Sadim

Curug Sadim atau air terjun sadim Subang, merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Kabupaten Subang. Tepatnya di dusun Panaburan, Desa Cecadas, Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Curug Sadim

19. Curug Dawuan Subang

Curug Cipeureu adalah salah satu air terjun yang berada di kawasan Subang. Dalam bahasa sunda Curug Peureu berarti “Air terjun yang memiliki kandungan zat seperti karat”. Konon bahwa material besi yang terkena air dari air terjun ini akan dengan mudah menjadi berkarat. Selain dikenal dengan sebutan Curug Cipeureu, ternyata air terjun ini memiliki nama lain, yaitu Curug Kembar dan Curug Dawuan.

Curug Dawuan Subang

20. Curug Karembong Subang

Air yang mengalir dari curug ini memang tidak terlalu deras. Karena kemiringan lereng yang dialiri air ini kurang lebih sekitar 60 derajat. Jadi memang tidak terlalu berbahaya jika anda ingin berada langsung dibawah kucuran air terjun. Namun, bijaknya memang untuk tetap berhati-hati dan tidak lengah. Para pengunjung seringkali memanfaatkan air terjun ini sebagai water therapy. Dengan cara berdiam diri di bawah air terjun dan mereasakan bagaimana guyuran yang serupa pijatan alami.

Curug Karembong Subang

21. Curug Goa Badak

Curug Goa Badak, merupakan salah satu curug atau air terjun yang berada di Kabupaten Subang. Tepatnya berlokasikan di Sukamandi, Sagalaherang, Sukamandi, Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41282. Nah, bagi Anda yang penasaran dengan keindahan tempat wisata di Subang ini, bisa langsung datang ke alamat yang sudah tertera.

Curug Goa Badak

22. Kolam Renang Tirta Cipaten

Wisata kolam renang tirta cipaten di Kecamatan Purwadadi, Subang. Yang tepatnya di Desa Parapatan. Yaitu tetangga kecamatan Pagaden Barat. Kolam renang ini  adalah wahana air yang dapat dikunjungi serta dirasa oleh beragam kelompok. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Kolam Renang Tirta Cipaten

23. Wisata Memancing Terpadu Lembah Gunung Kujang

Wisata pancing terpadu lembah gunung kujang menempati area seluas 3 hektare. Tepat di bawah kaki gunung kujang, tampil dengan konsep rekreasi terpadu bagi keluarga yang mendambakan suasana alami. Keunggulan wisata pancing yang sangat luas, nyaman dan sejuk. Tempat wisata di Subang ini merupakan salah satu pilihan terbaik bagi para penikmat rekreasi khususnya komunitas hobi pancing.

Wisata Memancing Terpadu Lembah Gunung Kujang

24. Mata Air Cipondok

Tempat wisata di Subang ini benar-benar sangat menarik untuk dikunjungi karena menawarkan keindahan bawah air. Luar biasa ditambah airnya yang sangat menyegarkan dan sangat jernih seperti tidak ada kotoran sedikitpun. Alamat lengkap tempat wisata di Subang air ini berada dikawasan Kampung Cipondok masuk ke Desa Pasanggrahan, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Mata Air Cipondok

25. Curug Koleangkak

Daya tarik dan keunikan yang ada di Curug Kaliangkak adalah birunya warna air yang ada di kolam air terjun ini. Penyebab birunya warna kolam air ini diperkirakan karena air terjun ini berada di tebing kapur berwarna putih. Sehingga walaupun musim penghujan, warnanya tidak berubah keruh seperti pada curug umumnya. Sejuknya udara di tempat ini juga menjadi salah satu alasanmu untuk berlama-lama menikmati keindahan sambil bersantai.

Curug Koleangkak

26. Curug Cina

Penamaan Curug Cina yang dikenal hingga saat ini sebenarnya insidentil. Bukan berdasartakan geomorfologi, kepercayaan, atau ciri khas daerah tersebut. Menurut informasi dari beberapa warga di sekitar Curug Agung, dinamakan Curug Cina karena pada zaman dahulu kala. Ada seorang pemburu berdarah Tionghoa yang melakukan perburuan dan mengalami kecelakaan hingga meninggal dunia di sekitar lokasi Curug Cina. Sejauh yang diketahui, inilah asal mula penamaan Curug Cina. Sementara itu nama sebenarnya air terjun ini sebelum adanya kejadian pemburu tersebut masih belum diketahui.

Curug Cina

27. Planet Water Boom

Planet Water Boom berdiri sejak Oktober 2010 lalu. Arsitekturnya di area tempat wisata di Subang air ini dibuat dengan konsep tropis. Ada pohon-pohon, seperti kelapa, kurma dan pohon palem. Ditanam di kawasan ini, tidak itu saja kehadiran taman menghiasi wahana rekreasi air tersebut.

Planet Water Boom

28. Gunung Canggah

Gunung Canggah merupakan sebuah potensi wisata alam yang masih alami dan masih tetap terjaga. Gunung canggah terletak pada desa cimanggu trek yang di lewati nya melewati desa cimanggu. Langsung melewati kampung citali, yang mana di sana terletak tempat parkir untuk menyimpan motor. Dan ada juga mushola yang masih layak untuk di pakai. Ada pun masyarakat yang masih menjalani aktivitasnya yaitu petani adapun masyarakat yang masih rajin pembuat gula aren. Yang masih tradisional menggunakan lahang dan juga lokasi disana masih tetap terjaga. Dan alami udara disana pun masih segar dan disuguhi oleh hamparan alam yang sangat luas. Masih banyak potensi alam disana yaitu diantaranya ada curug yang masih tetap terjaga dan masih alami.

Gunung Canggah

29. Ciater SPA Subang

Ciater SPA Resort ini juga memiliki keunggulan utama dalam pemandian air panasnya. Tetapi tidak hanya disitu Ciater SPA Resort juga memiliki tempat arung jeram atau sering disebut juga sebagai olahraga rafting. Banyak wahana bermain yang ditawarkan di tempat rekreasi Ciater Spa Resort ini. Antara lain Kolam Rendam Air Panas Alam, Kamar Rendam Air Panas Alam. Arung Jeram, Paint Ball, Sepeda Air, Flying Fox, Berkuda, dan lain sebagainya.

Ciater SPA Subang

30. Grasia SPA

Obyek Wisata Gracia Spa Resort di Subang Jawa Barat sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda. Apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya.  Keindahan tempat wisata di subang Gracia Spa Resort Jawa Barat  ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat. Atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat Obyek Wisata Gracia Spa Resort di Subang Jawa Barat di kota subang.

Grasia SPA

31. Paralayang Santiong

Paralayang Santiong lokasinya sangat mudah dijangkau, baik dengan roda dua atau empat. Namun hanya kendaraan roda dua saja yang bisa menghantarkan kita sampai puncak. Sedangkan roda empat harus memakirkan kendarannya jauh dari lokasi, kemudian harus berjalan kaki keatas melalui kebun teh.

Paralayang Santiong

32. Pantai Cirewang

Pantai Cirewang merupakan salah satu objek wisata Kabupaten Subang yang jaraknya tidak begitu jauh dari Pantai Pondok Bali. Lokasinya berada di Pangarengan, Lengonkulon, Pangarengan, Pamanukan, Kabupaten Subang Jawa Barat. Pantai diresmikan menjadi objek wisata pada tahun 2013 lalu. Pasalnya, pantai ini merupakan sebuah tanah timbul yang saat ini luasnya mencapai 500m kubik. Dengan panjang 1 kilometer tanah timbul tersebut seolah menjadi penghalang alami kampung Cirewang dari hempasan ombak laut Utara.

Pantai Cirewang

33. Pantai Patimban

Tempatr wisata pantai patimbangan merupakan salah satu pantai daerah Subang yang memiliki daya tarik tersendiri yang khas. Dengan wisata pantainya, pantai patimbangan yang menjadi salah satu tempat rekreasi favorite warga subang ini. Memiliki kedalaman yang cukup landai dan tidak berbahaya. Sehingga para pengunjung atau wisatawan dapat dengan aman bermain di wilayah sekitar pantai.

Pantai Patimban

34. Masjid Agung Subang

Menurut data Kemenag, Masjid Agung Al Musabaqah Subang dibangun tahun 1978 di atas tanah wakaf. Seluas 10.000 m2 dengan luas bangunan 7.500 m2 dan mampu menampung 1000 jemaah. Masjid ini juga telah memperoleh nomor identitas masjid yakni 01.2.13.13.03.000001. Namun demikian, bangunan masjid yang kini berdiri merupakan bangunan hasil renovasi tahun 1993 di masa kepemimpinan Bupati Eep Hidayat. Dan atas bantuan Menteri Perhubungan ketika itu, Haryanto Danutirto. Pada awalnya bangunan Masjid Agung Al Musabaqah ini berupa bangunan beton dengan kubah utama bundar di atapnya. Ditambah dengan beberapa kubah yang lebih kecil dan dilengkapi dengan satu menara. Keseluruhan bangunannya di cat warna putih seperti masjid Agung Al-Azhar di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Bangunan tersebut kemudian dirombak total ke bentuknya saat ini dengan rancangan yang sama sekali berbeda.

Masjid Agung Subang

35. Kawah Ratu

Kawah Ratu merupakan tempat menarik yang bisa dikunjungi oleh para pecinta wisata alam. Yang menjadikan kawah ini berbeda dengan kawah-kawah lain adalah keberedaan aliran sungai. Ya, Kawah Ratu dilintasi oleh aliran Sungai Cikuluwung sepanjang kira-kira 1 km. Hal itulah yang menjadi daya tarik tersendiri dari kawah ini. Dilihat dari kejauhan, air sungai tersebut terlihat berwarna biru toska. Namun, saat kita mendekat, akan ada warna kuning di dasar sungai yang terlihat dengan jelas. Warna kuning tersebut adalah endapan belerang.

Kawah Ratu

36. Hutan Kota Ranggawulung

Hutan Kota Ranggawulung terletak di Kabupaten Subang. Hutan ini masuk dalam wilayah administratif Kelurahan Parung, Kecamatan Subang. Lokasinya gampang dicari karena berada di sisi jalan utama Subang-Bandung. Bila kita berkendara dari Subang kota hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 5 menit. Hutan Kota Ranggawulung merupakan daerah cekungan kaya air. Cekungan ini memiliki cadagan air dangkal. Sebanyak 1,5 milyar meter kubik dan cadangan  air tanah dalam sebanyak 3 milyar meter kubik. Dengan cadangan air sebesar itu, kawasan Ranggawulung menjadi penyangga utama persediaan air tawar untuk kota Subang. Pengelolaan air di kawasan ini berada di bawah kendali PDAM Subang.

Hutan Kota Ranggawulung