27 Tempat Wisata Di Purwakarta Yang Sangat Populer

Pesona dan keindahan alam yang menakjubkan dan masih banyak yang tersembunyi. Sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat keren yang ada di purwakarta. Purwakarta mempunnyai sport objek wisata yang keren. Mulai dari budaya, situs bersejarah, sport foto-foto yang kekinian. Sampai air terjun yang sangat menakjubkan mata dan harus segera kalian explore. Artikel kali ini bertujuan untuk memudahkan anda menemukan. Tempat wisata di purwakarta yang paling indah, terbaru dan di rekomendasikan untuk anda jelajah.

Tempat Wisata di Purwakarta

Tempat Wisata di Purwakarta

Banyak tempat wisata menarik akan keindahannya tidak kalah dengan tempat wisata di karwang maupun tempat wisata di bekasi. Yang ditawarkan kota yang dilintasi oleh tol Purbaleunyi ini, mulai dari yang alami hingga buatan. Apapun itu, tempat-tempat wisata di Purwakarta menyuguhkan penorama indah yang memukau setiap mata yang memandang.

1. Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur merupakan waduk buatan pertama di Indonesia yang dibangun pada tahun 1957. Awalnya waduk ini difungsikan sebagai irigasi, pembangkit listrik, budidaya ikan, dan bahan baku air minum. Seiring dengan berjalannya waktu, Waduk Jatiluhur berkembang menjadi tempat wisata di Purwakarta. Karena memiliki panorama yang indah sehingga dijadikan sebagai potensi wisata yang mampu mendatangkan wisatawan. Waduk Jatiluhur sanggup menarik minat wisatawan lokal maupun domestik bahkan mancanegara untuk berkunjung. Selanjutnya tempat wisata yang merupakan muara sungai Citarum berukuran 8,3 ribu hektar ini. Dilengkapi dengan beragam fasilitas dan akomodasi yang dapat memberikan kenyamanan kepada wisatawan. Misalnya saja beragam sarana rekreasi dan olahraga air. Seperti selancar angin, dayung, ski air, berenang, memancing, berperahu mengelilingi waduk, dan lain sebagainya. Untuk memaksimalkan waktu wisatawan dalam menikmati keindahan dan fasilitas di tempat wisata ini. Banyak investor menawarkan bungalow yang bisa disewa pengunjung untuk beristirahat melepas lelah.

2. Waduk Cirata

Waduk Cirata

Terletak di Desa Margalaksana, Cipeundeuy, Purwakarta, Waduk Cirata menjadi salah satu tempat wisata di Purwakarta yang populer dan murah meriah. Waduk Cirata berfungsi sebagai sumber air bagi masyarakat di tiga kabupaten yakni Cianjur, Bandung, dan Purwakarta. Selain itu, waduk ini juga digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dan tentunya tempat wisata yang terjangkau masyarakat luas.

3. Jatiluhur Waterworld

Jatiluhur Waterworld

Jika anda belum puas menjelajahi kota Purwakrta ?. Coba anda kunjungi  Jatiluhur Waterworldlokasinya berada di kawasan jatiluhur. Taman air ini menjadi tempat wisata di Purwakarta yang populer dan difavoritkan sebagai destinasi wisata keluarga. Ada banyak wahana yang bisa Anda mainkan bersama keluarga. Seperti seluncuran air, ember tumpah, flying fox, bungge trampolin, dan masih banyak yang lainnya. Tempat wisata ini berjarak 120 km dari Jakarta, jika diakses dari kota Bandung jaraknya sekitar 70 km. Untuk mencapainya dapat melalui jalan tol Purbaleunyi (Purwakarta-Bandung-Cileunyi).

4. Giri Tirta Kahuripan

Giri Tirta Kahuripan

Tempat wisata di Purwakarta yang populer lainnya adalah Giri Tirta Kahuripan. Letaknya di daerah pegunungan. Sehingga tak heran jika tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan alam yang indah dengan hawa yang sejuk dan segar. Suasana yang tercipta di tempat wisata ini begitu romantis sehingga sangat cocok sebagai destinasi wisata bersama pasangan atau bulan madu. Namun, tempat wisata ini juga seru untuk liburan keluarga. Lokasinya berada di Desa Taringgul Tonggol, Kecamatan Wanayasa, Purwakarta. Sebagai tempat wisata, Giri Tirta Kahuripan telah dilengkapi dengan fasilitas dan akomodasi yang dapat membuat wisatawan puas dan nyaman tentunya. Di sini tersedia aneka wahana bermain yang pastinya seru seperti sepeda air, lapangan futsal, ATV, skypool, dan lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan istirahat wisatawan, telah tersedia penginapan baik villa maupun cottage dengan pemandangan pegunungan yang indah dan menenangkan.

5. Goa Jepang Dan Belanda

Goa Jepang Dan Belanda

Apakah Anda pernah mendengar Goa Jepang dan Belanda? Tak sekadar cerita fiktif belaka, kedua goa tersebut memang ada. Sebagai bagian dari peninggalan sejarah masa penjajahan Jepang dan Belanda di Purwakarta. Tak heran jika keduanya menjadi tempat wisata di Purwakarta yang sangat populer. Menurut sejarahnya Goa Jepang dibangun pada tahun 1942. Pembangunannya dilakukan secara romusha atau kerja paksa. Goa ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan senjata dan mesiu sekaligus juga tempat radio komunikasi tentara Jepang. Berjarak kurang lebih 800 meter dari Goa Jepang terdapat Goa Belanda. Goa ini dibangun setahun lebih awal dari Goa Jepang, yakni tahun 1941. Fungsi dari goa ini sebagai terowongan penghubung PLTA Bengkok, namun kemudian berubah menjadi pusat stasiun radio komunikasi militer Hindia Belanda. Dan sekarang, kedua goa ini menjadi tempat wisata sejarah yang populer di Purwakarta. Karena menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan.

6. Curug Cipurut

Curug Cipurut

Keindahan kenyamanan alam terhampar di Curug Cipurut, salah satu tempat wisata di Purwakarta yang pantang untuk dilewatkan. Lokasinya berada di kaki gunung Burangrang, atau berjarak 30 km dari kota Purwakarta. Tempat wisata air terjun ini menawarkan 3 curug. Satu yang paling tinggi memiliki ketinggian 25 meter, sedangkan 2 lainnya lebih landai. Tempat wisata ini mudah diakses baik dengan angkutan desa maupun kendaraan pribadi. Keindahan alam yang disuguhkan di tempat wisata ini sangat pas untuk kegiatan camping, bertualang, maupun fotografi.

7. Situ Wanayasa

Situ Wanayasa

Tempat wisata di Purwakarta yang satu ini menyuguhkan pemandangan alam yang mengagumkan. Letaknya yang tak jauh dari Curug Cipurut, menjadikan Situ Wanayasa sebagai tempat wisata favorit yang banyak dikunjungi wisatawan. Danau seluas 7 hektar ini tak hanya menawarkan keindahan alam yang menenangkan. Dan juga beragam permainan seru yang siap menemani wisatawan bermain seperti kapal bebek kayuh, sepeda air, memancing, dan lainnya. Di tempat wisata ini, terdapat makam RA. Suriawinata yang dipercaya sebagai pendiri Purwakarta, tepatnya di pulau kecil yang berada di tengah danau.

8. Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud

Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud

Taman air mancur Sri Baduga Situ Buleud merupakan tempat wisata di Purwakarta lainnya yang pantang untuk dilewatkan. Danau seluas 4 hektar ini memiliki daya tarik tersendiri. Karena memiliki air mancur yang mirip air mancur di Singapura, Taman Sri Baduga. Tak hanya itu, keelokan tempat wisata ini juga ditunjukkan dengan adanya light effect dan api di atas air. Dengan gerakan bervariasi sesuai dengan hentakan irama musik yang dimainkan. Pemandangan light effect ini disuguhkan setiap hari Sabtu pukul 20.00 hingga 22.00 WIB.

9. Sumber Air Panas Ciracas

Sumber Air Panas Ciracas

Satu lagi tempat wisata di Purwakarta yang populer ini, yaitu sumber air panas Ciracas. Lokasinya berada sekitar 8 km dari Situ Wanayasa. Di sini terdapat 12 titik sumber air panas, namun beberapa di antaranya terdapat di sekitar pematang sawah milik warga setempat. Sumber air panas Ciracas ini dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit seperti kulit, rematik, dan lainnya.

10. Sentra Keramik Plered

Sentra Keramik Plered

Purwakarta juga dikenal sebagai daerah penghasil keramik berkualitas, bahkan terkenal hingga ke mancanegara. Jadi, sentra keramik Plered menjadi tempat wisata di Purwakarta yang juga populer dengan tingkat kunjungan wisatawan yang cukup tinggi. Letaknya di Desa Arjun, Kecamatan Plered, yang berjarak sekitar 13 km dari pusat kota Purwakarta. Daya tarik tempat wisata ini tentu saja produk-produk kerajinan dari keramik seperti gerabah, porselain, dan terakota.

11. Desa Sajuta Batu

Desa Sajuta Batu

Desa Sajuta Batu berlokasi di Desa Pasangghrahan, Kecamatan Tewalugu. Dan tempat wisata purwakarta ini menjadi destinasi wisata dengan pemandangan alam yang indah bahkan menakjubkan. Tak hanya panoramanya saja yang ditawarkan tempat wisata ini tetapi juga beragam pengalaman. Seperti jelajah desa, memancing, panjat tebing di Gunung Parang, camping, dan juga olahraga offroad. Keindahan alam di Desa Sejuta Batu juga menarik para pasangan muda untuk melakukan foto pre-wedding di tempat wisata ini. Karena pemandangannya sangat indah dan menakjubkan.

12. Wisata Kuliner Sate Maranggi

Wisata Kuliner Sate Maranggi

Sate Maranggi ini dikenal sebagai kuliner khas Purwakarta. Dan untuk para pelancong disediakan tempat wisata di Purwakarta yang menikmati sajian khas ini. Letaknya berada di Cibungur, tak heran jika tempat ini selalu ramai pengunjung baik dari dalam maupun luar kota Purwakarta.

13. Gedung Karesidenan

Gedung Karesidenan

Tak hanya wisata alam dan kuliner saja yang tersaji di Purwakarta ini, tetapi tetapi ada sejarah juga. Sebagai bagian dari NKRI tentu Purwakarta juga turut andil dalam memperjuangkan kemerdekaan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peninggalan sejarah di kota ini, yaitu Gedung Negara dan Gedung Karesidenan. Gedung Negara dibangun pada masa kolonial Belanda tepatnya tahun 1854. Meski tergolong tua, namun gedung ini masih berdiri kokoh hingga sekarang. Bahkan saat ini dimanfaatkan sebagai Kantor Bupati Purwakarta yang letaknya berada di Jalan Gandanegara No. 25 Purwakarta. Sementara Gedung Karesidenan digunakan sebagai Kantor Badan Koordinasi Wilayah IV Purwakarta yang lokasinya berada di Jl. KK Singawinata.

14. Bukit Panenjoan Purwakarta

Bukit Panenjoan Purwakarta

Nama Bukit Panenjoan Purwakarta sekarang cukup dikenal sebagai salah satu tempat wisata alam di Purwakarta. Tempat ini menyajikan pemandangan alam yang indah khas pedesaan, dengan jembatan bambunya yang menjadi ciri khasnya. Bukit panenjoan terletak kruang lebih 17 KM dari kota Purwakarta. Tepatnya di Kampung Cinangka, Desa Sindang Panon, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta.

15. Museum Bale Panyawangan Diorama Nusantara

Museum Bale Panyawangan Diorama Nusantara

Museum Bale Panyawangan Diorama adalah museum di Purwakarta yang terhitung baru. Museum ini menampilkan diorama sejarah Indonesia, mulai dari zaman prasejarah, kerajaan-kerajaan awal, perkembangan kerajaan islam, masuknya penjajahan/VOC, dan lain sebagainya. Keistimewaannya adalah dalam pengemasan materi yang modern, tempat yang nyaman dan menyenangkan, serta digital interaktif yang memanjakan pengunjung. Berada di pusat kota, alamatnya di Jl. K.K Singawinata, Nagri Tengah, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta.

16. Taman Maya Datar

Taman Maya Datar

Taman Maya Datar terletak di lingkungan komplek pendopo pemerintah kabupaten purwakrta. Sebetulnya Fungsi utama adalah sebgai lapangan alun-alun kota. Biasanya di gunakan untuk upacara resmi. Tapi di sore hari taman ini di buka untuk umum. Jadi jika anda ingin menikmati indahnya pemandangan ke tempat ini datanglah di sore hari.

17. Curug Tilu Purwakarta

Curug Tilu Purwakarta

Curug tilu terletak di kampung Ciririp, Ds kertamanah, kecamatan Suaksari, Purwakarta. Awalnya area ini jarang dikunjungi oleh pengunjung karena akses jalan yang jelek. Sekarang, akses sudah bagus dan tempat ini pun berkembang jadi salah satu tempat wisata alam di Purwakarta. Curug tilu berupa air terjun yang melewati undakan batu, memiliki air yang jernih. Sekarang tempat ini sudah dikelola cukup baik oleh pemuda desa sekitar lokasi.

18. Taman Pancawara

Taman Pancawara

Berada di dekat pendopo kabupaten Purwakarta, Taman Pancawarna merupakan taman umum yang indah. Berhiaskan bunga warna-warni dan juga air mancur, taman ini cocok banget untuk dinikmati bersantai bersama keluarga.

19. Taman Citra Resmi

Taman Citra Resmi

Taman Citra Resmi berada di dalam kompleks wisata Sri baduga Maharaja. Taman ini dibuka untuk umum, disini kita bisa menikmati bentuk taman kota yang indah dengan keindahan air mancur mini. Disini juga terdapat jogging track sepanjang 3 KM yang bisa digunakan masyarakat dengan bebas.

20. Museum Bale Indung Rahayu

Museum Bale Indung Rahayu

Museum Bale Indung Rahayu adalah salah satu museum terbaru di Purwakarta. Di museum ini kita bisa menikmati wisata edukatif yang unik. Museum ini berisi tentang perjuangan dan pengorbanan Ibu, dan pentingnya seorang ibu dalam diri manusia. Alamat museum Bale Indung Rahayu ada di Jl. Martadinata Blok Dahlia 1 No.14, Nagri Tengah, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta.

21. Pasir Langlang Panyawangan

Pasir Langlang Panyawangan

Wisata alam Pasir Langlang Panyawangan berada di Pasir Muncang, Kecamatan Kiarapedes, Purwakarta. Tempat ini berupa hutan pinus yang dikelola dan bisa dinikmati pengunjung dengan harga murah. Kita bisa berjalan menikmati hutan pinus, mengunjungi goa jepang, dan juga air terjun/curug pamoyanan. Kegiatan yang bisa dilakukan anda disini antara lain camping, trekking, dan juga outbound.

22. Wisata Alam Gunung Bongkok

Wisata Alam Gunung Bongkok

Gunung bongkok banyak dikunjungi traveller yang camping, ataupun sekedar trekking ringan saja. Gunung ini berupa gunung/bukit batu dengan pemandangan indah di puncaknya. Tidak cuma dipuncaknya saja yang terdapat pemandangan indah, disekitaran gunung bongkok juga memiliki pemandangan dan suasana alam yang indah. Gunung Bongkok terletak di Kampung Cikandang Desa Sukamulya Kecamatan Tegalwaru.

23. Gunung Lembu

Gunung Lembu

Gunung Lembu adalah salah satu tempat pendakian yang cukup favorit di Purwakarta. Dari puncak gunung Lembu, kita bisa menikmati keindahan waduk jatiluhur dari ketinggian. Gunung Lembu terletak di desa Panyindangan, kecamatan Sukatani. Liburan memang tidak akan ada matinya. Nah, jadi temukan keseruan di setiap liburanmu bersama keluarga dengan mengunjungi tempat-tempat wisata di Purwakarta.

24. Kampung Andir

Kampung Andir

Selain perkampungan suku Baduy kamu juga masih melihat perkampungan adat Sunda di Kampung Andir, Purwakarta. Kampung Andir masih menggunakan arsitektur perkampungan Sunda di masa lampau. Rumah khas Sunda dengan atap dari jerami masih bisa kamu lihat di sini. Ciri khas lain seperti balong dan dinding dari gedeg juga masih terjaga di Kampung Andir. Alamat: Desa wisata Kampung Andir terletak di desa Cianting, Kecamatan Sukatani, Purwakarta

25. Wisata Hutan Pinus Pasir Langlang Panyawangan

Wisata Hutan Pinus Pasir Langlang Panyawangan

Tahun lalu wisata hutan pinus memang tengah eksis atau naik daun. Tidak perlu jauh-jauh sampai Jogjakarta, kamu juga bisa melihat hutan wisata di Purwakarta. Wisata Hutan Pinus Pasir Langlang Panyawangan wajib dikunjungi karena suasana dan keindahannya. Wisata hutan pinus ini diresmikan sejak tahun 2016 dan sampai sekarang jadi tempat favorit. Selain bisa asik selfie kamu juga bisa piknik dibawah rindangnya hutan pinus. Alamat: Pusakamulya, Kiarapedes, Purwakarta Regency, West Java 41175

26. Gunung Parang

Gunung Parang

Hobi kegiatan atau olahraga ekstrim? Gunung Parang yang berada di Purwakarta bisa memuaskan adrenalinmu. Di sini kamu bisa melakukan beragam kegiatan ekstrim yang tentu memacu adrenalinmu. Apalagi buat kamu yang cinta ketinggian Gunung Parang akan menjadi tempat berlibur yang tepat untukmu. Mulai dari rappeling sampai panjat tebing bisa kamu lakukan di Gunung Parang. Alamat: Desa Sukamulya, Kec. Tegal Waru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Tiket: Tiket Masuk Rp5.000, Climbbing Rp150.000

27. Kuburan Kereta Api

Kuburan Kereta Api 

Stasiun Kereta Api Purwakarta menjadi salah satu tujuan wisata yang menarik dan istimewa khususnya bagi pecinta fotografi. Bukan sekadar karena arsitektur stasiun yang khas ala bangunan kolonial, tapi juga adanya kuburan kereta api.  Ya, stasiun ini memang menjadi “tempat peristirahatan terakhir” (pemakaman) bagi seluruh kereta rel listrik ekonomi non-AC. Yang pernah beroperasi di lintas Jabodetabek sejak dihapuskannya KRL non-AC tanggal 25 Juli 2013. Di sini terdapat KRL Rheostatik, BN-Holec, dan Hitachi. Tidak ketinggalan, sisa gerbong KRL AC seri Tōyō Rapid 1000 dan Tokyo Metro 5000. Juga dikirim ke sini yang ditumpuk hingga tiga tingkat. Tumpukan ini menjadi spot yang sangat menarik untuk dijadikan background foto Anda.

Pencarian Terbaru: