30 Tempat Wisata Di Kuningan Yang Sangat Populer Saat Ini

Tempat wisata di Kuningan ini merupakan salah satu yang memiliki banyak potensi wisata nya alam maupun buatan. Kuningan sendiri memiliki 32 Kecamatan dan 361 desa, kawasan kuningan memiliki kontur yang datar dan terbukti di kawasan bagian barat. Kabupaten kuningan memiliki luas sekitar 1. 178,58 km2 dan berbatasan dengan beberapa kabupaten lainnya. Kabupaten Kuningan terletak pada titik koordinat 108° 23 – 108° 47 Bujur Timur dan 6° 47 – 7° 12 Lintang Selatan. Sedangkan ibu kotanya terletak pada titik koordinat 6° 45 – 7° 50 Lintang Selatan dan 105° 20 – 108° 40 Bujur Timur. Bagian timur wilayah kabupaten ini adalah dataran rendah. Sedang di bagian barat berupa pegunungan, dengan puncaknya Gunung Ceremai (3.076 m) di perbatasan dengan Kabupaten Majalengka. Gunung Ceremai adalah gunung tertinggi di Jawa Barat.

30 Tempat Wisata Di Kuningan

tempat wisata di kuningan

1. Danau Telaga Remis Kuningan

Telaga Remis kuningan

Telaga remis adalah suatu tempat wisata di kuningsn yang merupakan perpaduan. Antara pesona alam pegunungan dan juga hutan serta air telaga yang jernih. Telaga remis ini memiliki ciri khas tersendiri air yang jernih dan juga dingin. Serta di dalamnya banyak remis sejenis karang. Terletak di desa kaduela, kecamatan Mandarinca dapat di capai dari kota kuningan dan palimanan.

2. Taman Nasional Gunung Ciremai Kuningan

Taman Nasional Gunung Ciremai Kuningan

Tempat nasional gunung ciremai Kuningan ini terdapat air terjun yang indah. Keindahan alamnya yang masih terjaga membuat taman nasional ini terlihat asri dan sangat menawan.

Alamat: Desa Babakanmulya, Kecamatan Jalaksana, Babakanmulya, Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45554.

3. Waduk Darma Kuningan

Waduk Darma Kuningan

Waduk dermaga ini sudah di kembangkan menjadi objek wisata keluarga. anda bisa berkeliling waduk dengan menggunakan perahu. Dan udaranya yang sejuk, pemandangan yang indah pasti membuat anda betah berlama – lama di sini.

Alamat: Darma, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

4. Sukageuri View Kuningan

Sukageuri View Kuningan

Pasalnya Sukageuri ini baru dibuka pada tahun 2017 lalu dan langsung dikelola oleh kelompok masyarakat sekitar. Sebelum sah menjadi obyek wisata, ternyata spot ini awalnya adalah. Sebuah area pertambangan batu atau yang biasa dikenal dengan sebutan gunung atau galian batu.

Alamat: Jl. Palutungan, Cisantana, Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45552.

5. Curug Putri Palutungan Kuningan

Curug Putri Palutungan Kuningan

Di curug putri palutungan Kuningan ini tempat terbaik untuk berkemah dan berwisata dengan dukungan lokasi yang sangat luas. Mudah di capai dan juga sejuk, dan air yang jernih serta di hiasi oleh pepohonan pinus yang sangat tinggi.

Alamat: Cisantana RT.07 / RW.03, Cigugur, Cisantana, Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45552. 

6. Situ Wulukut Kuningan

Situ Wulukut Kuningan

Situ wulukut kuningan ini merupakan sebuah danau yang terletak tidak jauh dari permukiman. Penduduk dan keliling di bukit – bukit hujau serta hutan pinus hijau dan indah. Awalnya danau buatan ini di maksudkannya sebagai tempat penyimpanan air. Agar masyarakat sekitar tidak mengalami kekeringan di masa yang akan datang.

Alamat: Kertayuga, Nusaherang, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45563.

7. Talaga Surian Kuningan

Talaga Surian Kuningan

Objek Wisata Telaga Surian merupakan tempat wisata di Kuningan terbaru yang berada di Kabupaten kuningan. Tempatnya di Desa Puncak Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan. Fasilitas yang beradi di sini sudah di bilang cukup lengkap.

Alamat: Jl. Boenoet Lembur Kuring, Puncak, Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45552.

8. Bumi Perkemahan Ipukan Kuningan

Bumi Perkemahan Ipukan Kuningan

Bumi perkemahaan ipukan cisantana lokasinya masih ada di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai. Temppat ini merupakan pemandangan alam dan kesejukan yang amat menenangkan. Suasana romantis akan terasa ketika anda menikmati senja di tempat wisata di kuningan ini. Pemandangan  alam yang di kelilingin bukit menhijau dan sinar matahari terbenam.

Alamat: Cisantana, RT.01 / RW.04, Cigugur, Cisantana, Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45552.

9. Curug Gongseng Kuningan

Curug Gongseng Kuningan

Curug Gongseng ini mejadi tempat wisata di Kuningan yang berada di kuningan, dan curug ini memiliki keindahaan yang memikat pengunjung. Air terjun yang di kelola dengan baik oleh masyarakat setempat ini merupakan potret air terjun dengan kontur yang berbeda.

Alamat: Jalan Jeruk Bonteng, Dusun Secatuhu, Desa Wisata Cibuntu. Pasawahan, Seda, Mandirancan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45559.

10. Lembah Cilengkrang Kuningan

Lembah Cilengkrang Kuningan

Lembah Cilengkrang menjadi tempat wisata di kuningan yang menawarkan keindahan alam yang masih asri. Wisatawan di sini akan merasakan sensai mendaki (hiking) dan berkemah di tempat ini. Serta dengan ke istimewaan adanya 2 buah curug (curug sawer dan curug sabuk). Dan di tambah dengan adanya air panas yang di alami, jika anda beruntung akan dapat melihat Burung Elang Jawa.

Alamat:Sukamukti, Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45552.

11.  Masjid Agung Syiarul Islam Kuningan

Masjid Agung Syiarul Islam Kuningan

Masjid Agung Syi’arul Islam atau dulu kenal dengan nama Masjid Al-Manar Kuningan. Terletak di Jalan Siliwangi, kecamatan Kuningan, kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Alamat: Jl. Siliwangi, Kuningan, Kec. Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45511.

12. Curug Payung Kuningan

Curug Payung Kuningan

Curug Payung ini berada di Dusun Desa Gunung Manik Kecamatan Hantara Kabupaten Kuningan. Meski harus lelah dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak, rasa lelah ini akan hilang ketika melihat indahnya curug ini.

Alamat: Gunungmanik, Ciniru, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45565.

13. Balong Keramat Darmaloka Kuningan

Balong Keramat Darmaloka Kuningan

Balong Keramat Darmaloka adalah danau yang terletak di desa Darma. Kecamatan Darma dan berada di tepi lintasan jalan Cirebon – Kuningan – Ciamis. Dari kota Kuningan jaraknya ± 13,5 km. Ke arah selatan atau ± 48 km dari kota Cirebon juga ke arah selatan. Koordinat :7°0’2.7421S 108°24’4.6231E.  Konon Balong Keramat Darmaloka merupakan bekas peninggalan zaman Walisanga dalam rangka penyebaran agama Islam ratusan tahun yang lalu.

Alamat: Desa Darma, kecamatan Darma, Kuningan, Jawa Barat.

14. Bukit Panembongan Kuningan

Bukit Panembongan Kuningan

Bukit Panembongan ini tidak kalah menarik untuk di kunjungi. Kindahaan di bukit ini tidak kalah dengan kalibiru di jogja. Disini wisatawan bisa menikmati keindahaan pemandangan alam yang begitu sangat mempesona.

Alamat: Tembong, Garawangi, Kadatuan, Garawangi, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45571.

15. Curug Bangkong Kuningan

Curug Bangkong Kuningan

Curug Bangkong ini berada di desa Kartawiratma Kecamatan Nusaherang, Kabupaten kuningan, Jawa barat. Dan dengan ketinggian air terjun sekitar 20 meter, di bawah aliran air terjun telah. Dibangun tanggul yang berfungsi sebagai pengaman agar tidak terjadi abrasi sungai.

16. Curug Ngelay Kuningan

Curug Ngelay Kuningan

Curug Ngelay mulai dibuka sebagai destinasi wisata mulai 1 Mei 2016. Berkaitan dengan nama curug ini, bagi sebagian orang khususnya masyarakat sunda Kata “Ngelay” tentu cukup familiar dan tak asing lagi. Ngelay dalam bahasa Indonesia memiliki arti “Ngiler” atau air liur yang sedikit menetes. Dinamakan Ngelay memang aliran airnya kecil dan tidak terlalu deras seperti air terjun atau curug pada umumnya.

Alamat: Bagawat RT. 04 / RW. 06, Selajambe, Bagawat, Selajambe, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45566.

17. Starcamp Langit Resto Kuningan

Starcamp Langit Resto Kuningan

Star Camp Bumi Perkemahan (Buper) Ipukan Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, yang dibuka sejak Juli 2017 hadir dengan konsep berbeda. Berada di ketinggian 1.200 di atas permukaan laut (mdpl). Membuat kawasan Star Camp Ipukan seringkali diselimuti kabut, seolah berada di negeri di atas awan.

Alamat: Cisantana, Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45552.

18. Paniis Singkup Kuningan

Paniis Singkup Kuningan

Obyek wisata ini sendiri merupakan area hutan alam yang dikelilingi beberapa vegetasi pepohonan pinus. Selain dari areal hutan pinus, ciri khas lain dari Obyek Wisata Alam Paniis Singkup ini adalah. Tterdapatnya aliran sungai yang sangat jernih yang dipercaya memiliki khasiat yaitu menyembuhkan berbagai penyakit berat seperti stroke dan lumpuh.

Alamat: Jl. Cirea-Pasawahan, Paniis, Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45559.

19. Sangkan Resort Aqua Park Kuningan

Sangkan Resort Aqua Park Kuningan

Dengan luas mencapai kurang lebih 10 hektare, tempat rekreasi ini menyediakan beberapa wahana seru seperti berikut:

  • Octopus slide berupa wahana seluncuran yang terdiri dari enam lintasan berbentuk gurita.
  • Kiddy pool yaitu wahana permainan air untuk anak-anak hingga usia 12 tahun. Wahana ini dilengkapi dengan pancuran, beberapa seluncuran, dan ember tumpah yang mendebarkan.
  • Kolam ombak yang akan mengajak pengunjung menikmati sensasi deburan ombak dengan variasi yang menyenangkan.
  • Baby pool, berupa area khusus balita dengan kedalaman air hanya sekitar 20 cm saja.
  • Raft slide berupa seluncuran terbuka setinggi 12 meter yang akan memberikan sensasi pengalaman yang seru dan mendebarkan.

Alamat: Jl. Bandorasa KM 12, Bandorasa Wetan, Kuningan, Bandorasa Wetan, Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45556.

20. Pemandian Cibulan Kuningan

Pemandian Cibulan Kuningan

Pemandian Cibulan yang sangat populer bagi masyarakat khusunya untuk Kuningan. Objek wisata ini memiliki sejarah yang panjang peradaban islam di tanah Jawa. Menurut cerita nya di sini pernah menjadi tempat persinggahan prabu siliwangi. Dikolam pemandian di sini ada ikan dewa yang konon usianya sudah ratusan tahun. Dan ikan ini hilang ketika kolam di bersihkan.

Alamat: Maniskidul, Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45554.

21. The Mountain Recreation Park Kuningan

The Mountain Recreation Park Kuningan

The Mountain Recreation Park waterboom ini sangat cocok untuk di jadikan. Tempat liburan bersama keluarga terutama anak – anak dan juga orang dewasa. Taman rekreasi ini bisa menjadi tempat wisata di kuningan yang layak anda coba.

Alamat: Perumahan Pesona Alam Kuningan, Jalan Raya Cirendang-Cigugur, Cipari, Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45518.

22. Taman Wisata Alam Linggarjati Kuningan

Taman Wisata Alam Linggarjati Kuningan

Objek wisata di kuningan Taman wisata alam linggarjati berada di desa linggarjati, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan. Taman wisata alam linggarjati ini tepat berkoadrat pada -6.8830672,108.478307 yang memiliki jarak sekitar 28 kilometer dari pusat kuningan.

23. Kebun Raya Kuningan

Kebun Raya Kuningan

Wisata kuningan jawa barat Kebon Raya Kuningan ini selama tahun 2016 kemarin tutup. Hal ini di lakukan untuk perbaikan dan kelengkapan fasilitas dan sarana umum. Tempat wisata di Kuningan ini berada pada titik kooadrat -6.7549969,108.3642566.

24. Kolam Renang Sanggariang Kuningan

Kolam Renang Sanggariang Kuningan

Objek wisata kuningan jawa barat yang satu ini berada kolam renang sanggariang ini menjadi. Salah satu tempat wisata di Kuningan yang menarik yang harus anda akunjungi bersam orang terdekat anda.

25. Curug Landung Kuningan

Curug Landung Kuningan

Memiliki air yang sama dengan air terjun putri, hanya jatunya air ini lebih tinggi, yaitu 40 meter. Deret air terjun ini berada di antara pepohonan dan bebantuan yang masih alama dan tidak terawat.

26. Gunung Ciremai Kuningan

Gunung Ciremai Kuningan

Gunung ciremai adalah gunung berbentuk kerucut yang terletak di antara kabupaten kuningan dan majalengka. Gunung tertinggi di jawa barat yang memiliki ketinggian 3078 di atas permukaan laut. Gunung ciremai ini di buka untuk para pendaki dan beberapa jalur yang di gunakan.

27. Desa Setianegara Kuningan

Desa Setianegara Kuningan

Desa Setianegara, Kuningan – Tempat wisata keuarga ini berada di Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, dan terbentuk dari 9 dusun. Bisa juga di jadikan tempat hunting di kuningan yang indah. Pemandangan pegungungan yang indah dan asri menjadi andalan tempat wisata desa Setianegara yang berada pada titik koordinat -6.877369,108.4087346 ini.

28. Balong Keramat Cigugur Kuningan

Balong Keramat Cigugur Kuningan

Balong kramat cigugur adalah salah satu tempat wisata di kuningan. Tempat ini merupakan habitat ikan dewa yang di keramatkan oleh sebagian warga kuningan.

29. Taman Salsabila Kuningan

Taman Salsabila Kuningan

Taman ini adalah suatu arena outbound yang terdiri dari area outbound anak – anak dan area outbound remaja/dewasa. Temapt ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap.

30. Situs Purbakala Cipari Kuningan

Situs Purbakala Cipari Kuningan

Situs Purbakala cipari terletak di kampung Cipari, Desa Cigugur, Kecamatan Cigugur. Berjarak sekitar 4 kilometer dari pusat kuningan. Tempat ini merupakan situs peninggalan zaman megalitik berupa kubur batu dan menhir. Situs Cipari ini di temukan pada tahun 1972. Situs ini memiliki koleksi cukup lengkap yang menggamabarkan kehidupan masyarakat yang lalu.

Pencarian Terbaru: