40 Tempat Wisata Di Kalimantan Yang Perlu Dikunjungi

Indonesia diberi kekayaan alam dengan sejuta keindahan didalamnya. Pelosok nusantara ini menyimpan anugerah keindahan yang sangat memukau. Salah satunya berada di pulau Borneo atau sering disapa dengan nama Kalimantan. Tempat wisata di Kalimantan tidak kalah dengan tempat wisata di daerah-daerah lainnya. Pulau Kalimantan adalah pulau ketiga yang luas wilayahnya melebihi 3.000 km², setelah Greenland dan Nugini.

Objek Tempat Wisata di Kalimantan Terbaru

tempat wisata di Kalimantan

Sebagai daerah yang terkenal dengan produksi minyak dan kayu terbesar ke-dua di Indonesia, banyak juga pesona wisata didalamnya. Semuanya itu dari mulai alam hingga bahari yang dapat ditemukan di Pulau Kalimantan ini. Berikut adalah 40 Tempat Wisata Terbaru di Kalimantan yang perlu dikunjungi. Baca juga tempat wisata hitz di Aceh.

1. Pasar Terapung Lok Baintan

Pasar Terapung Lok Baintan

Pasar terapung Lok Baintan berlokasi di Desa Sungai Pinang, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Dan sudah menjadi ikon tempat wisata yang perlu dikunjungi. Pasar yang juga disebut dengan pasar terapung sungai martapura ini adalah tempat favorit wisatawan menghabiskan waktu. Selain karena keunikan nya, pasar terapung ini juga bisa menjadi spot foto yang keren. Anda juga dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat lokal disini. Karena belanja di pasar terapung adalah salah satu tradisi yang masih terpelihara sampai saat ini. Aktivitas jual beli di Pasar terapung lok baintan ini dimulai dari jam 06:00 hingga jam 08:00.

2. Tempat Wisata di Kalimantan Danau Jempang

Tempat Wisata di Kalimantan Danau Jempang Danau Jempang

Danau Jempang berada di Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur. Danau ini adalah danau terbesar diantara 76 danau yang terdapat di sepanjang tepian air Sungai Mahakam. Kedalaman danau ini mencapai 7-8 meter. dengan beragam flora dan fauna yang tumbuh disekitar danau. Objek wisata ini menjadi salah satu objek wisata kebanggaan rakyat Kalimantan Timur berkat fenomena alamnya yang unik. Karena danau ini akan mengering sampai seperti gurun pasir. Tidak heran banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang penasaran dengan fenomena tersebut. Untuk menuju kesini, wisatawan dapat menggunakan perahu tradisional ketinting atau speedboat.

3. Sungai Kapuas

Sungai Kapuas

Sungai Kapuas adalah sungai terpanjang di Indonesia dan juga menjadi tempat wisata di Kalimantan yang tidak boleh terlewatkan. Sungai Kapuas terhampar membelah Provinsi Kalimantan Barat dengan berhulu di kabupaten Putussibau, melewati Kabupaten Sintang, Sekadau, Sanggau, dan Pontianak. Lebar sungai ini sebesar 70-150 meter dan tidak pernah kering sepanjang tahun. Sungai yang menjadi urat nadi kehidupan masyarakat pontianak ini memiliki banyak peran. Salah satunya sebagai sarana transportasi yang memudahkan mobilitas warga lokal.

4. Goa Batu Hapu

Goa Batu Hapu

Goa Batu Hapu berlokasi di Batu Hapu, Hatungun, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan. Operasional tempat wisata tersebut adalah setiap hari pada jam 08:00 – 17:00. Untuk dapat memasuki tempat ini pengunjung dikenakan tarif tiket seharga Rp.2.500. Goa karst ini memiliki ruang luas dan tekstur dinding yang tidak biasa. Keberadaan stalagmit dan stalaktit pada dasar dan langit goa menambah alasan untuk terus terpukau. Lubang di angit goa yang membiarkan sinar matahari masuk juga menambah eksotisme goa itu sendiri. Keindahan goa ini bisa dinikmati dengan mudah. hanya saja minimnya fasilitas penunjang disini masih terbilang kurang.

5. Jantur Inar

Jantur Inar

Jantur Inar adalah sebuah air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Dengan panorama alami lumut-lumut yang menempel di bebatuan dan pepohonan sekeliling air terjun. Letaknya berada di Terletak di Kampung Temula, Kecamatan Nyuatan, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur. Konon asal muasal nama Jantur Inar berasal dari seorang putri dari Kalimantan. Yang tiba-tiba raib menjadi roh halus dan menjadi penunggu kawasan air terjun ini. Jantur Inar memiliki keunikan dan daya tarik magis yaitu siapapun. Wisatawan yang bermain di bawah air terjun akan terkena bayangan pelangi yang memancar keluar dari pancaran air terjun ini.

6. Bukit Kelam

Bukit Kelam

Gunung batu raksasa yang terletak di Hutan wisata Bukit kelam Kec. Kelam Permai, Berjarak sekitar 20 km dari Kota Sintang, Kalimantan Barat ini patut untuk Anda kunjungi. Bukit kelam yang menjadi ikon tempat wisata di Sintang dan sampai saat ini masih menyimpan berbagai misteri. Bongkahan batu raksasa yang monolit ini diklaim sebagai yang terbesar di dunia. Kawasan perbukitan ini menawarkan panorama keindahan alam yang tidak ada duanya. Disini bisa melakukan tracking keatas bukit untuk melihat keindahan kota Sintang. Anda bisa dengan nyaman tracking karena disini sudah disediakan tangga yang mempermudah para pendaki.

7. Batu Dinding

Batu Dinding

Batu Dinding adalah gugusan batu kapur putih yang menjulang memagari sungai Mahakam Ulu. Panjang dinding batu ini berkisar lebih dari 8.000 meter dengan ketinggian 100-200 meter. Dinding batu ini terlihat kokoh bagai tembok raksasa dan sering dijadikan sebagai spot foto yang unik dan menarik. Letak Batu Dinding ini berada di Desa Bukit Merdeka, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Sepanjang perjalanan menuju Batu Dinding, wisatawan akan dimanjakan dengan keelokan pemandangan alam yang sangat asri dan cantik. Dengan rimbunan hutan, taman anggrek liar disepanjang jalan dan pemukiman rumah-rumah adat. Yang rumah-rumah adat tersebut didiami penduduk asli Kalimantan di sepanjang pesisir sungai Mahakam.

8. Pantai Melawai

Pantai Melawai

Pantai Melawai yang berada di Jl. Pelabuhan Semayang, Prapatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Adalah salah satu pantai yang paling terkenal di Kalimantan Timur. Keindahan pantai ini adalah saat matahari terbenam dimana pemandangan horizon langit sangat jelas. Dan landau tanpa terhalang bukit atau apapun dan sesekali di tingkahi perahu-perahu nelayan yang melintas. Selain itu wisatawan juga dapat menyaksikan keindahan pulau kecil di sebrang pantai. Pulau tersebut bernama Pulau Babi, karena banyak binatang laut bulu babi terletak di pulau tersebut. Pantai ini menghadap langsung selat makassar dan merupakan daerah pusat penjaja makanan dan minuman. Sehingga suasana nya tetap ramai bahkan hingga malam hari sekalipun.

9. Goa Liang Tapah

Goa Liang Tapah

Goa Liang Tapah menjadi spot dimana Anda bisa menikmati keindahan di Garagata, Jaro, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan. Dengan aliran air bawah tanah yang ada di goa. Goa Liang Tanah memiliki keistimewaan tersendiri di kalangan para petualang. Dalam goa tersebut Anda dapat berenang dengan air jernih, sejuk dan berwarna biru. Karena memang sulit melewatkan kesempatan untuk tidak menceburkan diri dan mengambil foto disini.

10. Pulau Pasir Putih Kalimantan

Pulau Pasir Putih

Pulau pasir Putih disebut juga sebagai surga tersembunyi di ujung Kalimantan Timur. Pesonanya terbukti telah banyak memikat hati para wisatawan. Di kepulauan derawan, kec. Derawan, kabupaten Berau, Kalimantan Timur ini Anda bisa mengeksplorasi beberapa pulau kecil menggunakan kapal. Salah satunya adalah Pulau Gusung yang terkenal dengan pulau pasir putih bersih. Disini Anda yang hobi berfoto dapat mendapatkan banyak spot unik.

11. Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin adalah surga bawah laut yang terletak di Desa Labuan Kelambu, Kec. Biduk-biduk Kalimantan Timur. Air danau nya sangat jernih dan memiliki keistimewaan. Yaitu bagian atas danau adalah air tawar dan bagian bawah danau adalah air asin. Ajaib nya kedua jenis air ini tidak bercampur dan secara kasat mata memang dapat dilihat. Bahwa kedua air ini dipisahkan oleh lapisan tipis seperti awan. Dua jenis air di danau ini menghadirkan kehidupan organisme yang berbeda. Yaitu ikan air tawar yang hidup di permukaan dan ikan air laut yang hidup di dasar danau. Danau mungil ini dikelilingi hutan dan tebing menjulang tinggi di salah satu sisinya. Tidak heran jika danau ini bernama Labuan Cermin karena airnya memang sangat jernih sehingga orang bisa bercermin di atasnya.

12. Air Terjun Gunung Rian

Air Terjun Gunung Rian

Air Terjun Gunung Rian terletak di di kaki Gunung Rian. Dinamakan Air Terjun Rian karena lokasinya terletak di Kampung Rian, Kecamatan Sesayap, Kabupaten Tanah Tidung (KTT), Kalimantan Utara. Air terjun eksotis dengan ketinggian 90 meter ini memikat wisatawan untuk mengunjungi nya. Air terjun ini memberikan suguhan alam yang begitu indah, dengan air jernih yang mengalir memberikan nuansa kesegaran yang luar biasa.

13. Danau Biru Pengaron

Danau Biru Pengaron

Danau Biru Pengaron adalah bekas tanah tambang atau penggalian batu bara yang sangat keren. Terletak di Desa Sungkai, Kecamatan Simpang Empat Pengaron, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Danau ini menampilkan keindahan alami. Airnya berwarna biru dengan tebing-tebing hasil kerukan alat berat mengelilingi danau tersebut. Perpaduan warna air yang biru dan tekstur tanah yang berwarna-warni memunculkan keindahan tersendiri. Dan serumbat warna hijau dari pepohonan dan rumput serta ilalang yang ada di puncak bukit. Seakan menambah eksotisme tempat ini.

14. Waduk Riam Kanan

Waduk Riam Kanan

Waduk Riam Kanan terletak di Tiwingan Lama, Aranio, Banjar, Kalimantan Selatan. Konon katanya ada 9 desa didalam Waduk Riam Kanan ini, desa yang sengaja ditenggelamkan demi pembangunan waduk tersebut. Terlepas dari kontroversi tersebut pemandangan dan panorama di waduk itu sendiri memang indah. Suasana tenang dan syahdu juga alam perbukitan nan hijau menambah keindahan dan keasrian Waduk Riam kanan. Pengunjung dapat berenang atau bahkan melakukan snorkeling. Namun penduduk lokal tidak menyediakan alat dan kelengkapan untuk aktivitas tersebut.

15. Tempat Wisata di Kalimantan Bukit Telang

Tempat Wisata di Kalimantan Bukit Telang Bukit telang

Bukit Telang terletak di Desa Martadah, Kec. Tambang Ulang, Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Sejauh mata memandang yang akan dijumpai disini hanyalah hijau nya perbukitan. Itulah kesan yang akan didapatkan dari puncak Bukit Telang. Bukit ini juga disebut-sebut New Zealand nya Indonesia. Pemandangan dan panorama bukit ini tidak kalah cantik dengan perbukitan savana di Pulau Sumba, NTT atau bahkan Selandia Baru. Dengan pemandangan perbukitan yang keren, ditambah cahaya matahari yang sendu di pagi maupun sore hari. Anda bisa mengabadikan di bukit ini dengan hasil yang keren lewat tangkapan lensa kamera.

16. Pulau Kakaban

Pulau Kakaban

Pulau Kakaban terletak di Kepulauan Derawan, Kec. Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Merupakan gugus kepulauan yang terkenal dengan keindahan dan kekayaan biota laut dan pemandangan panorama bawah laut yang menakjubkan. Kepopuleran Derawan nyaris mengalahkan Raja Ampat yang juga bertengger sebagai objek wisata bahari favorit di Indonesia. Dengan kekayaan bawah laut yang luar biasa dan danau ubur-ubur adalah daya tarik utama pulau ini. Danau tersebut berisi campuran air hujan dan rembesan air laut dari pori-pori tanah yang membentuk suatu habitat endemik bagi ubur-ubur. Ada 4 jenis ubur-ubur di danau ini.

17. Liang Mangkulangit

Liang Mangkulangit

Liang Mangkulangit adalah objek wisata yang terletak di di Desa Muara Kuaro, Kec. Muara Komam, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. Liang Mangkulangit atau disebut juga Goa mengangkat Langit adalah sebuah gunung batu yang fungsinya menjadi dinding bagi sungai Kandilau. Kemegahan dinding batu dan tebing nya yang tinggi sungguh menawan mata. Apalagi kawasan ini masih alami sehingga areal hutan nya banyak dihuni oleh satwa-satwa liar dan pepohonan tropis yang indah. Bebatuan di sepanjang Liang Mangkulangit ini banyak ditumbuhi lumut hijau sehingga menimbulkan pemandangan eksotis yang menakjubkan.

18. Guntung Nyaru

Guntung Nyaru

Guntung Nyaru terletak di Desa Bungkukan, Kec. Kelumpang, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. Spot ini merupakan kolam alami diantara bebatuan dan lanskap tanah yang tersembunyi. Karena kondisi itu juga Guntung Nyaru terjaga keasrian dan kealamiannya. Anda akan diundang untuk langsung menghabiskan waktu dengan berendam. Tapi Anda harus tetap waspada dengan kondisi perairan di danau kecil yang cukup dalam ini. Yang menjadi spesial adalah lokasinya yang tersembunyi, serta panorama perbukitan yang ada di sekeliling lokasi.

19. Air Terjun Mandin Damar

Air Terjun Mandin Damar

Air Terjun Mandin Damar ini terletak di Desa Gunung Raya, Kec. Mentewe, Kabupaten Tanahbumbu, Kalimantan Selatan. Air terjun ini disebut juga sebagai surga yang tersembunyi di Pulau Kalimantan. Tempatnya yang sangat tersembunyi, berada ditengah hutan belantara. Hutan lebat menjadi pagar air terjun ini. Sementara airnya begitu jernih dan menyegarkan. Dengan ketinggian kurang lebih 10 meter, dan lebar yang nyaris 2x lipat tingginya. Sensasi mandi dibawah guyuran air terjun akan sangat berbeda dari yang sudah ada.

20. Pulau Pamalikan

Pulau Pamalikan

Pulau nya kecil, tapi panorama yang ditawarkan sangat luar biasa. Pulau Pamalikan teretak di Kec. Pulau Sembilan, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. Diatas air Pulau Pamalikan ini memiliki sejuta keindahan. Pemandangan nya yang sebagian besar berbatu karang dan pasir putih. Juga banyak tumbuhan dan pepohonan tinggi sehingga dapat bersantai di pantainya. Pulau ini juga menjadi habitat bagi penyu hijau dan penyu sisik. Di sejumlah sudut pantai bahkan menjadi tempat bagi penyu-penyu ini bertelur.

21. Pantai Birahbirahan

Pantai Birahbirahan

Pantai Birahbirahan teretak di Pulau Laut Kepulauan, Kabupaten Kota Baru, Kalimantan Selatan. Disini Anda dapat menikmati alam bawah laut, pulau dan juga menyalurkan hobi. Sekaligus menyaksikan lanskap alam yang menakjubkan hanya di satu tempat. Pantai ini memiliki kondisi air yang ideal untuk snorkeling dan diving. Kondisi air nya yang jernih dan terumbu karangnya juga variatif serta indah. Ada beragam ikan kecil atau bahkan hiu dan ikan pari, Bahkan Anda juga bisa menyaksikan lumba-lumba. Lokasi pantai nya ini, pas banget untuk menikmati panorama sunset.

22. Taman Rekreasi Lembah Hijau Kalimantan

Taman Rekreasi Lembah Hijau Kalimantan

Taman Rekreasi Lembah Hijau ini terletak di Samarinda, tepatnya bersebelahan dengan Kebun Raya Unmul Samarinda. Taman ini adalah objek wisata replika hutan lengkap dengan berbagai jenis kayu khas Kalimantan. Yaitu rotan, kolam pemancingan, pendopo, dan kafetaria. Taman ini juga memiliki arena camping ground lengkap dengan tempat penyewaan alat berkemah dan segala perlengkapannya. Tersedia fasilitas outbound seperti flyingfox, waterboom, dan jaring panjat. Tiket masuk ke taman ini adalah Rp.5000/orang. Dan untuk menikmati fasilitas outbound nya dikenakan biaya Rp.180.000/orang.

23. Pulau Samber Gelap

Pulau Samber Gelap

Pulau Samber Gelap terletak di Kecamatan Sebuku, Kotabaru, Kalimantan Selatan. Nama nya memang terdengar sangar. Namun, pulau tropis di ujung Kalimantan Selatan ini menjadi surga bagi para penyelam karena keindahan bawah lautnya. Kualitas airnya yang jernih dan terumbu karang yang beragam. Dengan tekstur yang indah menjadikan snorkeling dan diving adalah kegiatan yang perlu Anda lakukan. Untuk Anda yang tidak bisa berenang dapat menikmati panorama di Pulau Samber Gelap dan bermain pasir yang tentunya mengasyikan.

24. Bukit Tabuan

Bukit Tabuan

Waduk Riam Kanan menyimpan beragam potensi dan adalah satunya adalah Bukit Tabuan. Bukit ini terletak di Sungai Anaru, Desa Tiwingan Baru, Kec.Aranio, Riam Kanan, Banjar, Kalimantan Selatan. Karena letaknya yang sedikit berbeda dari kebanyakan bukit eksotis lainnya di Kalimantan, dibutuhkan waktu dan dana khusus untuk bisa mencapainya. Namun sesampainya disana Anda bisa menikmati beragam sensasi kehidupan di alam terbuka. Mulai dari pemandangan indah yang tiada tara terkait lanskap Riam Kanan hingga panorama alam Waduk tersebut.

25. Bukit Matang Kaladan

Bukit Matang Kaladan

Bukit Matang Kaladan terletak di Desa Tiwingan Lama, Kec. Aranio, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Mendaki Bukit Matang Kaladan atau biasa disebut Bukit Lawangan menjadi tantangan tersendiri bagi pecinta alam. Tapi hasil yang didapat setelah mencapai puncak adalah kepuasan yang tiada kira. Dari puncak dapat disaksikan Waduk Riam Kanan dari sudut yang sepenuhnya berbeda. Keindahan nya tidak usah diragukan lagi, namun butuh usaha ekstra untuk mencapai ke puncak. Rute yang menanjak dengan lereng bukit yang tajam menjadi jalur yang harus ditempuh.

26. Taman Hutan Rakyat Sultan Adam

Taman Hutan Rakyat Sultan Adam

Taman Hutan Rakyat Sultan Adam terletak di Mandi Angin Barat, Karang Intan, Cempaka, Banjar, Kalimantan Selatan. Tempat yang paling asik untuk menikmati pemandangan alam dari dataran tinggi. Ditempat ini dapat menikmati perbukitan hijau di wilayah Banjar. Selain itu dari kejauhan juga bisa menyaksikan luasnya Waduk Riam kanan. Menuju ke puncak Anda akan disuguhi beragam tempat yang seru.

27. Rumah Jomblo Banjar Baru

Rumah Jomblo Banjar Baru

Rumah ini teretak di Cempaka, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan. Sebenarnya tempat ini bukan termasuk tempat wisata, namun dengan keunikannya membuat tempat ini tidak boleh dilewatkan. Secara kontruksi rumah jomblo terbuat dari kayu yang memiliki kesan rapuh, usang dan luas rumah juga tidak begitu besar. Uniknya adalah rumah ini adalah satu-satunya yang berada diatas gundukan tanah. Karena posisi rumah yang sendirian menjadi alasan dinamakan nya Rumah Jomblo.

28. Hutan Mangrove Margomulyo

Hutan Mangrove Margomulya

Hutan Mangrove Margomulyo terletak di Kelurahan Margomulyo, Balikpapan Barat, Balikpapan. Lokasinya berada di belakang SMA Negeri 8 Balikpapan. Hutan ini berfungsi sebagai objek wisata. Di hutan ini pengunjung dapat menyaksikan panorama keindahan alam khas hutan mangrove yang sangat mempesona. Disini juga memiliki menara intai yang dapat digunakan untuk menyaksikan aneka macam burung terbang dan hinggap di kawasan bibir pantai.

29. Hutan Pinus Mentaos

Hutan Pinus Mentaos

Hutan Pinus Mentaos terletak di Jl Suriansyah Ujung, Kel. Mentaos, Kec. Banjarbaru Utara, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan. Fungsi utama hutan ini adalah menjadi paru-paru kota, tapi kini telah menjadi destinasi bagi traveler dan instagrammer yang datang. Selain atmosfernya yang sejuk, hutan Pinus ini juga cozy banget untuk bersantai. Di sejumah sudut terdapat payung-payung gantung berwarna-warni yang disusun rapi dan bisa menjadi background keren untuk berfoto.

30. Jembatan Gantung Desa Nateh

Jembatan Gantung Desa Nateh

Jembatan Gantung ini terletak di Desa Nateh, Kec. Batang Alai Timur, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. Dua bukit yang jaraknya cukup berjauhan dihubungkan dengan sebuah jembatan gantung yang desainnya begitu eksotis dan instagramable. Dengan dipadukan pemandangan indah khas perbukitan dan sungai yang memiliki aliran air yang menyegarkan dan juga bebatuan besar. Tingginya jembatan dan hembusan angin menambah keseruan sekaligus sedikit memompa adrenalin Anda.

31. Bukit Penjamur Bengkayang

Bukit Penjamur Bengkayang

Bukit Penjamur Bengkayang terletak di Kel. Bumi Emas Jaku Malunu, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Jarak Bukit Jamur kurang lebih 6 km dari pusat kota Bengkayang. Letak lokasi ini sangat strategis dan sangat mudah diakses. Dari Bukit ini dapat melihat indahnya lautan awan seperti negeri dongeng. Apalagi saat fajar mulai menimbulkan sinar nya secara perlahan. Dijamin pemandangan ini akan menjadi salah satu momen terbaik seumur hidup.

32. Air Terjun Mananggar

Air Terjun Mananggar

Air Terjun Mananggar sering disebut juga Air Terjun Melanggar, Menanggar atau Banangar merupakan Niagara dari Borneo. Air terjun ini berupa patahan dari Sungai Landak  ini berada di hulu Sungai Landak. Terletak di Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Dibutuhkan waktu 6-7 jam perjalanan dari Pontianak hingga ke Kecamatan Air Besar. Lalu dari sana perjalanan dilanjutkan menggunakan perahu. Perjalanan panjang dan melelahkan akan terbayar lunas dengan kepuasan melihat keindahan ribuan tetes air yang jatuh dari ketinggian sekitar 600m. Dan bersatu kedalam sebuah danau luas ditengah hutan tropis.

33. Tempat wisata di Kalimantan Danau Sentarum

Tempat wisata di Kalimantan Danau Sentarum Danau Sentarum

Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) merupakan salah satu surga tersembunyi lainnya yang berada di Pulau Kalimantan. Terletak di Kecamatan Selimbau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Dibutuhkan waktu 14 jam dari Kota Pontianak untuk perjalanan darat dan air dengan rute Pontianak-Sintang-Semitau. Lalu dari Semitau menuju lokasi menggunakan perahu motor jurusan Lanjak (biaya sewa perahu 1 juta/hari perahu bisa diisi 6 orang). Atau bisa dengan jalur udara melalui Pontianak-Putussibau sekitar 2 jam. Dan dari Putussibau ke Nanga Suhaid dengan longbiat sekitar 7 jam.

34. Pantai Temajuk

Pantai Temajuk

Pantai Temajuk terletak di desa Temajuk. desa yang berada di sebelah utara bagian barat pulau Kalimantan. Hanya berjarak 4 km dari Telok Melano, Malaysia. Desa ini secara administratif berada di Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Desa ini memiliki garis pantai sangat panjang yakni sekitar 60 km. Dan disini terdapat pasir berwarna cokelat disanding dengan luasnya lautan biru. Selain itu Pantai ini sering disinggahi penyu untuk bertelur saat malam hari.

35. Pulau Selimpai

Pulau Selimpai

Danau ini terpisah dengan daratan Kabupaten Sambas. Sisi selatan nya hingga ke bagian barat berbatasan dengan laut Natuna. Sedangkan sisi utara nya terjaga oleh Sungai Merabau. Jadi saat di pulau Selimpai Anda dapat menikmati wisata lengkap. Ada hutan pinus, pantai, laut dan sungai. Hamparan pasirnya landai dan pohon pinus tinggi menjulang menjadi daya tarik tersendiri Pulau Selimpai. Selain itu di pinggir pantai berjejer pohon cemara memberi warna dramatis yang mempesona di Pulau Selampai ini.

36. Tempat Wisata di Kalimantan Pulau Sangalaki

Tempat Wisata di Kalimantan Pulau Sangalaki Pulau Sangalaki

Keindahan pantainya sudah tidak diragukan lagi. Pasir yang putih, nyiur kelapa yang menenangkan dan ombak yang bergerak perlahan. Belum lagi pemandangan bawah air yang akan membuat Anda terus berdecak kagum karena keindahannya. Pulau Sangalaki terletak di Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Hal spesial di pulau ini adalah Anda dapat belajar mengenai penyu. Anda dapat melihat langsung bagaimana perkembangbiakan penyu dan bahkan bisa ikut melepaskan langsung anak-anak penyu ke laut lepas.

 37. Taman Batu Bukit Sembinai

Taman Batu Bukit Sembinai

Disini Anda dapat menyaksikan langsung keindahan dan bentang alam yang luar biasa. Taman Batu Bukit Sembinai ini terletak Desa Kasungai, Kecamatan Batu Sopang, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. Jalur untuk menuju spot ini bisa dikatakan menantang. Selain jalan yang berkelok-kelok juga ada tanjakan dan turunan yang harus dilalui. Tapi sesampainya di lokasi Anda akan disuguhi pemandangan perbukitan yang luar biasa. Nuansa alaminya masih terasa minim sentuhan manusia. Pagi dan sore hari adalah waktu yang tepat untuk berkunjung kesini. Karena di waktu itu Anda dapat menyaksikan sunrise dan sunset yang menambah sisi misteri taman batu ini.

38. Tulung Ni’ Lenggo

Tulung Ni’ Lenggo

Tulung Ni’ Lenggo menjadi spot yang pas untuk merefleksikan diri sekaligus menikmati nuansa perkampungan yang asri dan alam yang menenangkan. Terletak di Kampung Tembudan, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Potensi yang dimiliki telaga dengan air yang biru itu sangat luar biasa. Airnya yang jernih dan pemandangan alam indah menjadikan spot ini sebagai tempat yang perlu Anda kunjungi bila ke Kalimantan Timur. Pepohonan yang rindang juga menambah keasrian tempat wisata terbaru ini.

39. Tempat Wisata di Kalimantan Pantai Amal

Tempat Wisata di Kalimantan Pantai Amal Pantai Amal

Pantai Amal terletak di Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat setempat maupun luar daerah bahkan mancanegara sekalipun. Saat cuaca sedang cerah, keindahan alam akan tampak secara jelas di pesisir pantai kawasan ini. Memiliki keindahan air laut yang biru dengan pasirnya yang cokelat dipadu dengan cakrawala biru yang membentang dan lambaian pohon kelapa. Hal lain di Pantai ini adalah wisata kuliner khas yang harus Anda cicipi.

40.  Bukit Rimpi Pelaihari

Bukit Rimpi Pelaihari

Bukit Rimpi Pelaihari atau disebut juga Bukit Teletubies. Bukit ini tidak hanya cantik tapi juga sangat menyejukan mata siapa saja yang melihatnya. Berlokasi di Tampang, Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Berjarak 65 km dari Banjarmasin. Bukit ini ditumbuhi oleh padang savana hijau yang dihiasi oleh hamparan rumput dengan pemandangan yang sangat indah. Dinamai Bukit Teletubies karena memang bukit tersebut mirip dengan bukit yang ada di kartun teletubies. Keindahan panorama sekitarnya akan berasa seperti sedang berada di New Zealand.