20 Tempat Wisata Di Cirebon Yang Lagi Populer Di Kalangan Wisatawan

Kota Cirebon terletak pada 6°41′LU 108°33′BT pantai Utara Pulau Jawa, bagian timur Jawa Barat, memanjang dari barat ke timur 8 kilometer, Utara ke Selatan 11 kilometer dengan ketinggian dari permukaan laut 5 meter (termasuk dataran rendah). Kota Cirebon dapat ditempuh melalui jalan darat sejauh 130 km. Dari arah Kota Bandung dan 258 km dari arah Kota Jakarta. Cirebon menjadi salah kota yang memiliki perkembangan yang sangat pesat. Letaknya di Jawa Barat dan menjadi kota ketiga yang memiliki kemajuan yang luar biasa setelah Bandung dan Bekasi. Tempat Wisata di Cirebon dikenal sebagai tempat para Sunan, ada banyak sekali peninggalan sejarah di Kota ini. Cirebon juga dikenal sebagai penghasil batik. Sebelum kita ulas tempat wisata di Cirebon ada baiknya jika kita sedikit berkenalan dengan kota ini. Pada awalnya Cirebon berasal dari Sarumban, Cirebon adalah sebuah dukuh kecil yang dibangun oleh Ki Gedeng Tapa.

Tempat Wisata Di Cirebon

tempat wisata cirebon

Lama-kelaman Cirebon berkembang menjadi sebuah desa yang ramai yang kemudian diberi nama Caruban (Carub dalam bahasa Cirebon artinya bersatu padu).  Diberi nama demikian karena di sana bercampur para dari beraneka bangsa diantaranya Sunda, Jawa, Tionghoa, dan unsur-unsur budaya (bangsa arab). Agama, bahasa, dan adat istiadat. Kemudian pelafalan kata Caruban berubah lagi menjadi Carbon dan kemudian Cerbon. Selain karena faktor penamaan tempat penyebutan kata cirebon juga dikarenakan sejak awal mata pecaharian sebagian besar masyarakat adalah nelayan. Maka berkembanglah pekerjaan menangkap ikan dan rebon (udang kecil) di sepanjang pantai, serta pembuatan terasi, petis dan garam. Dari istilah air bekas pembuatan terasi atau yang dalam bahasa Cirebon disebut (belendrang) yang terbuat dari sisa pengolahan udang rebon inilah berkembang sebutan cai-rebon (air rebon), yang kemudian menjadi cirebon. Berikut ini beberapa tempat wisata di Cirebon yang bisa Kamu jadikan sebagai referensi selama liburan di Cirebon.

1. Makam Sunan Gunung Jati

Makam Sunan Gunung Jati

Sunan Gunung Jati memiliki nama asli Syekh Syarif Hidayatullah. Ia lahir pada tahun 1448 dan wafat pada tahun 1568. Untuk mengenang jasanya dalam mengenalkan agama Islam, Sunan Gunung Jati dimakamkan di tanah Cirebon. Seiring berjalannya waktu, makam Sunan Gunung Jati seringkali dijadikan tempat wisata di cirebon berziarah. Tujuannya adalah untuk mendoakan juga mengenang jasanya. Para peziarah tak hanya dari daerah Cirebon dan sekitarnya, tapi juga dari berbagai kota.

Alamat: Jalan alun – alun, Astana Gunung Jati 53, Desa Astana, Kecamatan Gunung Jati

2. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

 Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Konon, masjid ini adalah masjid tertua di Cirebon, yaitu dibangun. Sekitar tahun 1480 M atau semasa dengan Wali Songo menyebarkan agama Islam di tanah Jawa. Nama masjid ini diambil dari kata “sang” yang bermakna keagungan, “cipta” yang berarti dibangun, dan “rasa” yang berarti digunakan. Menurut tradisi, pembangunan masjid ini dikabarkan melibatkan sekitar lima ratus orang yang didatangkan dari Majapahit, Demak, dan Cirebon sendiri. Dalam pembangunannya, Sunan Gunung Jati menunjuk Sunan Kalijaga sebagai arsiteknya. Selain itu, Sunan Gunung Jati juga memboyong Raden Sepat, arsitek Majapahit. Yang menjadi tawanan perang Demak-Majapahit, untuk membantu Sunan Kalijaga merancang bangunan masjid tersebut.

Alamat: Jalan. Jagasatu, Kesepuhan, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat

3. Sentra Batik Trusmi

Sentra Batik Trusmi

Pusat Grosir Batik Trusmi adalah jaringan toko swalayan yang memiliki banyak cabang di Indonesia. Pusat Grosir Batik Trusmi merupakan department store yang menjual produk sandang khusus yang bermotif Batik terutama motif Batik Trusmi. Per kuartal pertama tahun 2013, Pusat Grosir Batik Trusmi sudah. Mempunyai 6 cabang atau showroom di 4 kota besar di Indonesia. Pusat Grosir Batik Trusmi terletak di Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon. Yaitu sekitar 4 km dari Kota Cirebon kearah barat menuju Kota Bandung. Di desa Trusmi dan sekitarnya terdapat lebih dari 3000 tenaga kerja atau pengrajin batik. Tenaga kerja batik tersebut berasal dari beberapa daerah yang ada di sekitar desa Trusmi. Seperti dari Desa Gamel, Desa Wotgali, Desa Sarabau dan Desa Panembahan.

4. Keraton Kanoman Cirebon

Keraton Kanoman Cirebon

Keraton Kanoman adalah salah satu dari dua bangunan kesultanan Cirebon. Setelah berdiri keraton Kanoman pada tahun 1678 M kesultanan Cirebon terdiri dari keraton Kasepuhan dan keraton Kanoman. Kebesaran Islam di Jawa bagian barat tidak lepas dari Cirebon. Sunan Gunung Jati adalah orang yang bertanggung jawab menyebarkan agama Islam di Jawa Barat. Sehingga berbicara tentang Cirebon tidak akan lepas dari sosok Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati. Keraton Kanoman didirikan oleh Pangeran Mohamad Badridin atau Pangeran Kertawijaya. Yang bergelar Sultan Anom I pada sekitar tahun 1678 M. Keraton Kanoman masih taat memegang adat-istiadat dan pepakem, di antaranya melaksanakan tradisi Grebeg Syawal. Seminggu setelah Idul Fitri dan berziarah ke makam leluhur, Sunan Gunung Jati di Desa Astana, Cirebon Utara. Peninggalan-peninggalan bersejarah di Keraton Kanoman erat kaitannya. Dengan syiar agama Islam yang giat dilakukan Sunan Gunung Jati, yang juga dikenal dengan Syarif Hidayatullah.

Alamat: Jalan. Winaon Kampung Kanoman, Kanoman, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat

5. Ade Irma Suryani Waterland

Ade Irma Suryani Waterland

Ade Irma Suryani Waterland ini dilengkapi dengan 40 cottage di pinggir pantai yang. Turut menunjung bagi pengunjung tempat wisata di cirebon ini. Harga sewa cottage perhari bisa mencapai Rp. 1. oo0.000 hingga Rp. 2. 500.000. Untuk fasilitas cottage fasilitas see view, pengunjung cukup membayar dengan harga Rp 1. 700.000. Sementara untuk fasilitas cottage kelas full view sedikit lebih mahal. Sedangkan cottage kelas family pengunjung harus menyediakan uang sebesar Rp. 2.500.000.

Alamat: Jalan Yos Sudarso No.1, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat

6. Danau setu Patok

Danau setu Patok

Danau Setu Patok merupakan salah satu danau yang tidak pernah sepi pengunjung dan berada di Kecamatan Mundu. Kabupaten Cirebon, berjarak sekitar kurang lebih 20 menit dari kota Cirebon. Akses untuk mencapai danau ini dapat melalui jalur Perumnas Argasunya dan bisa juga melewati pantura Mundu.

Alamat: Setu Patok, Setupatok, Mundu, Cirebon, Jawa Barat

7. Bukit Gronggong

Bukit Gronggong

Bukit gronggong merupakan wisata romantis yang dapat menarik semua wisatawan. Bukit ini terletak di jalur utama tempat wisata di Cirebon dan kuningan. Panorama yang terdapat di Bukit Gronggong sangat lah indah. Dan pengunjung dapat melihat keindahan lampu – lampu dari kota Cirebon di atas bukit tersebut. Tempat wisata di cirebon ini sangat pas apabila dikunjungi di saat sore hari dan menjelang malam.

Alamat: Patapan, Beber, Cirebon, Jawa Barat

8. Pantai Kejawanan

Pantai Kejawanan cirbon

Pantai Kejawanan juga merupakan Tempat wisata di cirebon Pengelolaan Ikan (TPI Kejawanan) dan obyek wisata terapi. Selain itu, di Pantai Kejawanan pengunjung dapat menikmati matahari terbit dengan posisi yang bagus, yaitu tepat berada ditengah-tengah pantai. Di sana pula pengunjung dapat berwisata berkeliling pantai menggunakan perahu motor milik nelayan dengan tarif yang cukup murah.

Alamat: Pegambiran, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat

9. Wisata Kera Planggon

Wisata Kera Planggon Cirebon

Wisata Kera Plangon merupakan salah satu objek wisata cirebon yang terletak di desa. Objek wisata Plangon terdiri dari bukit – bukit yang di kelilingi hutan – hutan dan jaga oleh kera – kera liar.

Alamat: Babakan, kecamatan Sumber, Cirebon, Jawa Barat

10. Taman Sari Goa Sunyaragi

Taman Sari Goa Sunyarai cirebon

Goa Sunyarai juga di sebut dengan taman sari goa sunyarai merupakan sebuah tempat wisata di cirebon sekaligus. Tempat pelatihan tentara kesultanan Cirebon pada zaman dahulu.

Alamat: Sunyaragi, Kesambi, Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat

11. Desa Wisata Cikalahang

Desa Wisata Cikalahang

Desa Wisata Cikalahang terkenal sebagai tempat ikan bakar yang punya pemandangan alam khas pegunungan. Pengunjung bahkan dapat menangkap ikan sendiri untuk diolah menjadi santapan lezat. Namun, jangan salah, meski terkenal sebagai lokasi memancing dan wisata kuliner. Desa Wisata Cikalahang tetap menawarkan sejumlah daya tarik tempat wisata di cirebon untuk setiap pengunjung. Kehadiran perahu wisata, pondokan, serta kolam renang dapat Anda jajal untuk menyemarakkan liburan bersama keluarga Anda.

Alamat: Cikalahang, Dukupuntang, Cirebon, Jawa Barat

12. Waterboom Siwalk Cirebon

Waterboom Siwalk Cirebon

Tempat wisata di cirebon Waterboom Siwalk ini berdiri di atas lahan seluas 175 hektar. Dan di kelilingi perbukitan kecil dan hamparan sawah hijau. Pemandangan indah dan alami ini menarik perhatian banyak wisatawan.

Alamat: Setupatok, Mundu, Setupatok, Mundu, Cirebon, Jawa Barat

13. Outbound Siwalk Cirebon

Outbound Siwalk Cirebon

Ini lah fasilitas yang ada di Siwalk tempat outbound yang sangat seru. Jadi liburan anda akan menjadi sangat seru dengan berpetualang bersama alam. Dan anda bisa menikmati permainan seperti. ATV, flying fox, zona petualang, speed boat, dan pemancingan.

Alamat: Setupatok, Mundu, Setupatok, Mundu, Cirebon, Jawa Barat

14. Karaton Kesepuhan

Keraton Kesepuluh cirebon

Keraton megah yang didominasi dengan warna putih ini dibangun pada tahun 1529. Oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin II, yang merupakan cicit Sunan Gunung Jati. Ketika tiba di sini, Anda akan disambut dengan dua patung macan putih dan gerbang yang menyerupai pura di Bali. Bangunan keraton ini memang memadukan budaya Jawa, Sunda, Cina, India, Bali, Arab, dan Eropa. Di dalam Keraton Kasepuhan Anda bisa melihat benda-benda peninggalan sultan. Ada juga Kereta Singa yang hanya dikeluarkan setiap tanggal 1 Syawal Hijriyah untuk dimandikan.

15. Banyu Panas Palimanan

Bayu Panas Palimanan

Selain pegal dan capek hilang, segala jenis penyakit kulit juga bisa hilang dengan berendam di air panas. Wisata Banyu Panas Palimanan adalah kolam pemandian air panas yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke Cirebon. Sumber air panas di kolam ini diklaim mengandung belerang sehingga dapat mengatasi berbagai macam penyakit kulit.

16. Telaga Remis Cirebon

Telaga Remis Cirebon

Ini dia telaga cantik di Jawa Barat yang banyak diburu anak muda Cirebon, yaitu Telaga Ramis. Nama telaga ini berasal dari kerang air tawar yang tumbuh cantik di area sekitar.

Lokasi: Desa Kaduela, Kuningan, Cirebon, Jawa Barat.

17. Apita Waterboom Cirebon

Apita Waterboom Cikarang

Dengan luas area mencapai kurang lebih 10.000 m2, Apita Waterboom menawarkan sensasi liburan seru yang tak terlupakan. Tempat wisata di cirebon rekreasi ini menyediakan dua buah wahana seluncuran dengan ketinggian 15 meter. Untuk dewasa dan dua buah seluncuran lainnya yang lebih rendah untuk anak-anak.

Lokasi: Jl. Kedawung, Cirebon, Jawa Barat.

18. Situ Sedong Cirebon

Situ Sedong Cirebon

itu Sedong merupakan sebuah waduk peninggalan zaman kolonial Belanda yang dibangun. Sejak tahun 1918 dan sudah dimanfaatkan untuk irigasi pada tahun 1921. Dengan pemandangan Gunung Ciremai yang tegak berdiri sebagai latarnya, danau ini menyajikan pemandangan alam yang begitu mempesona dan menenangkan.

Lokasi: Desa sedong lor, Kecamatan sedong, Kabupaten cirebon, Provinsi jawa barat.

19. Jempol Waterboom Cirebon

Jempol Waterboom Cirebon

Jempol waterboom merupakan taman rekreasi yang menjadi salah satu tempat rekreasi keluarga yang cukup favorit bagi masyarakat Cirebon dan sekitarnya. Di tambah dengan fasilitas yang cukup lengkap, dijamin kamu akan mendapatkan pengalaman liburan yang menyenangkan.

Lokasi: Jl. Merdeka Utara, Cileduk, Cirebon

20. Batu Lawang Cirebon

Batu Lawang Cirebon

Salah satu pesona alam yang dimiliki Cirebon adalah tebing Batu Lawang. Bukan hanya berdiri kokoh di tengah persawahan warga, sejumlah spot juga cukup instagrammable untuk diambil. Lokasinya yang tersembunyi dan jauh dari jangkauan peradaban membuat tebing batu ini masih memiliki kealamian yang terjaga. Suasana dan atmosfer yang sejuk khas pedesaan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!