28 Tempat Wisata Di Bogor Yang Wajib Kamu Kunjungi

Bogor memang terkenal sebagai salah satu tempat wisata yang terkenal dengan wisata favorit selain kota Bandung. Di kota yang satu ini terdapat banyak sekali tempat wisata keren, salah satu tempat wisata keluarga di Bogor adalah Puncak. Sebetulnya ada beberapa alasan mengapa Bogor kerap digunakan destinasi wisata oleh warga ibu kota. Pertama, kota ini tidak begitu jauh dari Jakarta. Wisatawan yang ingin melakukan penjelajahan hanya perlu menempuh waktu 1-2 jam dari Jakarta. Penasaran apa saja tempat wisata di bogor yang menarik?

Tempat Wisata Di Bogor Alam Menarik Bagi Keluarga

wisata keluarga di bogor

Selanjutnya, Bogor juga memiliki banyak tempat wisata alam yang menarik. Kota yang memiliki Istana Kepresidenan ini menawarkan berbagai wisata alam. Mulai dari curug, kebun teh, kebun raya hingga taman yang mengesankan. Info lengkap yang relevan dengan tempat wisata di Bogor yang wajib dikunjungi, simak di bawah ini.

1. Kebun Raya Bogor

Kebun raya bogor atau kebun botani bogor adalah sebuah kebun botani besar yang terletak di Kota Bogor, Indonesia. Luasnya mencapai 87 hektar dan memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Saat ini kebun raya bogor ramai dikunjungi sebagai tempat wisata, terutama hari sabtu dan minggu. Di sekitar kebun raya bogor tersebar pusat-pusat keilmuan yaitu Herbarium Bogoriense, Museum Zoologi Bogor dan Pustaka.

kebun raya bogor

2. Little Venice Kota Bunga

Sedikit berbeda dengan kebanyakan tempat wisata di Bogor, tempat wisata satu ini mengusung konsep yang cukup unik. Kota Bunga menawarkan sebuah tempat dengan suasana dan pemandangan mirip dengan kota di luar negeri lho. Yaitu Venesia di Italia, karena saking miripnya, objek wisata ini juga disebut. Dengan nama Little Venice Bogor atau “Miniatur Kota Venesia”. Jika kita membahas tentang tempat wisata populer di Bogor. Maka tak lepas dari Kebun Rayanya. objek wisata ini sudah menjadi ikon tempat wisata di kota Bogor, di kawasan. Kebun Raya Bogor terdapat lebih dari 15.000 jenis pohon yang membuat udara disini cukup segar.

Salah satu spot populer di Kebun Raya Bogor adalah danaunya. Untuk menuju ke danau ini kamu tinggal menyusuri jalan menuju ke arah belakang. Maka kamu akan melihat sebuah danau kecil yang terlihat sangat cocok untuk bersantai. Kebun raya bogor menjadi destinasi favorit bagi masyarakat lokal maupun luar daerah yang sedang berkunjung  di “Kota Hujan” ini. Ditambah lagi terdapat sebuah istana yang beranama Istama Bogor, istana ini masih termasuk dalam kawasan kebun raya.

Little Venice Kota Bunga

3. Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu

Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu​ adalah taman penangkaran hewan rusa yang dikelola oleh Perhutani sebagai kawasan wisata yang menyenangkan. Tak hanya berwisata, lokasi ini juga bisa kamu jadikan sebagai wisata edukasi yang ada di Bogor, Jawa Barat​. Jika biasanya liburan selalu identik dengan taman wisata dan sejenisnya. Maka liburan kali ini dapat kamu nikmati. Dengan melihat tingkah lucu hewan rusa dan berbagai keindahan yang ada di taman ini.

Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu

4. Taman Wisata Matahari

Taman wisata matahari merupakan tempat wisata keluarga di Bogor dengan fasilitas dan wahana. Yang sangat lengkap dalam satu area dan yang sangat murah. Dan terjangkau sehingga memudahkan anda untuk menghabiskan waktu liburan tanpa pindah-pindah lokasi. Taman wisata matahari menyediakan wahana:

  • Waterpark
  • Flying Fox
  • Rafting (Arung Jeram)
  • Paint Ball
  • Pesawat Terbang
  • Villa untuk menginap
  • Kolam Renang
  • Wisata Air
  • Paddle Boat
  • Mini Boat
  • Bumper Boat
  • Mobil dan Motor Safari
  • ATV Off Road
  • Arena Bermain anak
  • komidi putar
  • Wisata Sungai
  • Paket Outbond
  • Belanja di Super Bazzar

Taman Wisata Matahari

5. Taman Sakura, Kebun Raya Cibodas

Untuk menik mati keindahan dari Bungan Sakura ini kamu tidak perlu jauh-jauh ke Jepang. Cukup datang saja ke daerah Cipanas, Cianjur Jawa Barat yang bisa membantu menikmati musim gugur ala-ala Jepang. Dengan bunga Sakura berwarna pink yang sangat indah, tepatnya berada di kebun Raya Cibodas.

Taman Sakura, Kebun Raya Cibodas

6. Curug Bidadari

Keindahan Curug Bidadari yang lokasinya tidak jauh dari Gunung Pancar memang menarik. Pasalnya, alami dan buatan bersanding. Air terjun setinggi 50 meter ini sangat cocok untuk teman dan keluarga. Sebelah air terjun juga terdapat kolam penampungan udara. Kedalamannya setinggi 30 cm. Kolam ini cocok untuk anak anda.

Curug Bidadari

7. Rumah Pohon dan Jembatan Gantung Curug Ciherang Jonggol

Curug ciherang ini terletak di Desa Warga Jaya, Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Untuk sampai di lokasi air terjun, para pengunjung harus berjalan kaki melewati jalan setapak sekitar 15 menit dari gerbang masuk. Pemandangan hijau bakal menemani perjalananmu sehingga tak akan membosankan. Curug Ciherang sendiri memiliki ketingian lebih kurang 30 meter. Debit airnya lumayan besar, yang akan membuatmu basah jika berada didekatnya. Di bawah air terjun tersebut terdapat kolam kecil yang biasa dijadikan tempat untuk bermain air atau berendam para pengunjung.

Rumah Pohon dan Jembatan Gantung Curug Ciherang Jonggol

8. Gunung Pancar

Gunung Pancar adalah sebuah kawasan pegunungan atau dataran tinggi yang berlokasi di Sentul. Kawasan Gunung Pancar memiliki karakteristik yang hampir sama dengan wisata Gunung Puntang di Bandung. Gunung Pancar sendiri memiliki ketinggian kurang lebih 800 Mdpl, tidak terlalu tinggi memang. Namun udara di kawasan Gunung Pancar terbilang cukup bersih dan segar lho. Kawasan Gunung Pancar masih termasuk dalam Perum Perhutani. Jadi tak heran jika kelestarian alam di tempat wisata keluarga di Bogor ini cukup terjaga.

Gunung Pancar

9. JungleLand Adventure Theme Park

JungleLand Adventure Theme Park yang terletak di kawasan Sentul Nirwana, Kaki Gunung Pancar, Bogor memiliki 30 wahana. Dengan fasilitas yang cukup lengkap ini. Turis yang datang ke tempat wisata di Bogor ini dapat mencoba semua wahana untuk mendapatkan penghasilan dari pagi sampai malam.

JungleLand Adventure Theme Park

10. Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Pemandian air panas tirta Ciseeng Bogor adalah tempat wisata alam yang berada di Bogor. Di pemandian air panas ini kalian bisa menikmati keindahan alam. Dan sekaligus bisa berendam dengan air panas yang bisa membuat kalian rileks dan nyaman untuk melepaskan penat. Lokasi Pemandian air panas tirta ciseeng berada di kampung pedesaan namun pada hari libur atau weekend. Pemandian air panas ini sangat ramai di kunjungi para wisatawan lokal untuk melepaskan penat mereka.

Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

11. Taman Wisata Mekarsari

Taman Wisata Mekarsari adalah sebuah tempat wisata di Bogor yang di dalamnya. Tersedia agrowisata, wahana bermain, tempat rekreasi keluarga, dan pelantai buah tropis terbesar di dunia. Anda dapat melihat berbagai jenis pohon dari berbagai daerah di dunia yang tumbuh di daerah tropis dan sedang bersenang-senang.

12. Bukit Alesano

Bukit Alesano tak lain adalah area camping yang cukup luas, namun pengelolaannya masih dilakukan secara swadaya oleh masyarakat setempat. Letaknya tak jauh dari lokasi jatuhnya pesawat sukhoi di tahun 2012 silam. Pemandangan di siang hari terlihat biasa saja, namun akan terlihat indah di pagi atau malam hari. Dari atas bukit kita bisa melihat pemandangan 360 derajat ke sekelilingnya, termasuk Gunung Gede Pangrango. Hamparan perbukitan, sawah dan pemandangan kota Bogor dengan rumah-rumahnya yang padat.

Bukit Alesano

13. Danau Quarry

Danau quarry adalah sebuah Danau air tawar yang terbentuk akibat “ulah” manusia. Danau Quarry dahulunya adalah bekas lahan pertambangan batu dan juga pasir yang dikelola oleh PT Jayamix untuk pembuatan beton. Tapi karna proses pertambangan menghasilkan getaran getaran disekitar pertambangan yang membuat mengganggu warga sekitar, akhirnya dihentikan dan dibiarkan. Sehingga legokan bekas pertambangan tersebut terisi oleh air hujan. Dan uniknya, air yang ada di Danau tersebut berwarna hijau.

Danau Quarry

14. Goa Agung Garunggang

Gua Agung Garunggang ini berlokasi di Cigobang, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Bogor. Bagi kamu yang ingin datang ke sini disarankan untuk mengendarai motor saja karena aksesnya terbilang sulit. Tapi jika terpaksa menggunakan roda empat, kamu akan berjalan kaki sekitar 1,5 meter dari parkiran ke tempat tiket. Lalu melanjutkan perjalanan ke Goa Agung Garunggang sejauh 2 kilometer.

Goa Agung Garunggang

15. Museum Zoologi

Museum Zoologi Bogor adalah museum yang terletak di Bogor. Memiliki koleksi yang berkaitan dengan dunia satwa seperti berbagai spesimen yang diawetkan maupun fosil hewan. Museum ini terbagi menjadi dua, salah satunya dibuka setiap hari untuk umum yang berisi ruang pameran terletak di Jalan Ir. H. Juanda No. 9 Bogor, museum yang satu lagi berfungsi sebagai tempat koleksi dan hanya dibuka untuk umum setahun sekali pada bulan Oktober, berada di Pusat Ilmu Pengetahuan Cibinong tepatnya di Jalan Raya Jakarta – Bogor Km.46 Cibinong, Bogor. 

Museum Zoologi

16. Terbang Paragliding Indonesia

Tarif masuk ke lokasi ini Rp13.000 saja. Dari dataran ini, wisatawan bisa melihat keindahan danau dan juga persawahan yang ada di ujung jauh. Lebih lagi, coba untuk mencoba paralaks yang akan dikenai tarif khusus sesuai dengan layanan yang diinginkan. Pada pukul 07.00-17.00 atau saat angin sedang mendukung.

Terbang Paragliding Indonesia

17. Pertanian Agrowisata Warso

Tempat wisata bogor ini berjarak 67 km dari pusat kota Jakarta ditempuh selama 2-4 jam. Sesuai dengan perjalanan dengan kondisi jalanan yang biasanya macet di akhir pekan. Jika dihitung dari pintu tol terdekat, tol jagorawi berjarak 14 km saja atau 30 menit – 1 jam perjalanan. Karena setelah keluar pintu tol di arah jalan Padjajaran, terminal Baranangsiang kondisi lalu lintas agak macet.

Pertanian Agrowisata Warso

18. Taman Safari

Taman Safari Indonesia adalah tempat tempat wisata di Bogor berwawasan lingkungan yang berorientasi pada habitat satwa di alam bebas. Taman Safari Indonesia terletak di Desa Cibeureum Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat atau yang lebih dikenal dengan kawasan Puncak. Taman ini berfungsi menjadi penyangga Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di ketinggian 900-1800 m di atas permukaan laut. Serta mempunyai suhu rata-rata 16 – 24 derajat Celsius.

Baca Juga : Tempat Wisata di Bekasi

Taman Safari

19. Curug Bengkok Leuwi Hejo

Leuwi Hejo adalah sebuah kolam alami sedalam 2 – 2,5 meter yang dilengkapi dengan air terjun mini (curug bengkok). Airnya sangat jernih dan dingin terletak di Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Sekitar 1 Jam dari Sentul City.

Curug Bengkok Leuwi Hejo

20. Kampung Budaya Sindang Barang

Kampung Budaya Sindang Barang adalah salah satu kampung adat yang ada di Bogor. Terletak di Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. Wisatawan bisa menikmati lebih dari 93 situs dan juga berbagai kesenian tradisional yang ada.

Kampung Budaya Sindang Barang

21. Rafting Sungai Cisadane

Bogor tidak hanya pemandangan dengan air terjun yang masih terasa dan aksesnya cukup menantang. Untuk melakukan rafting di Sungai Cisadane. Jeram-jeram dan kelokan dari sungai akan menguras adrenalin hingga habis tidak tersisa.

Rafting Sungai Cisadane

22. Curug Cigamea

Curug Cigamea berada di Desa Gunung Sari, Pamijahan, di dalam Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Kabupaten Bogor. Untuk bisa sampai ke tempat tempat wisata di Bogor ini. Wisatawan menggunakan kendaraan pribadi atau ingin backpacker dan bisa menggunakan angkutan umum dengan nomor 3 dari Bubulak. Selanjutnya, sampai di lokasi, perjalanan dilanjutkan dengan jarak 700 meter.

Curug Cigamea

23. Curug Ciburial

Curug Ciburial masih berada di kawasan Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang atau Terpadu dengan Curug Leuwi Hejo. Di kawasan ini, pemandangan masih sangat alami, hijau, dan belum terlalu dijamah oleh manusia. Anda akan tiba di tempat tempat wisata di Bogor ini, wisatawan harus berjalan kaki. Selama beberapa waktu sebelum tiba di bawah air terjun yang cukup tinggi ini.

Curug Ciburial

24. Pasar Ah Poong

Pasar Ah Poong adalah tempat wisata kuliner di Bogor yang dibuat dengan konsep menarik. Akan disuguhi serunya belanja menggunakan sampan, makan aneka makanan tradisional Sunda yang masih autentik. Lebih lanjut, tempat wisata ini juga menyediakan oleh-oleh dan jembatan gantung yang cocok untuk tempat berfoto.

Pasar Ah Poong

25. Rumah Air

Kota Bogor dengan segala keunikan dan kaya akan wisata kulinernya kini semakin lengkap dengan kehadiran. Rumah Air Bogor terletat di Bogor Nirwana Residence. Rumah Air Bogor menambah khasanah kuliner nusantara hadir ditengah-tengah keluarga kita tercinta. Dengan konsep Saung Sunda yang eksotis kami sajikan untuk anda dan keluarga. Sambil menikmati sejuknya alam Kota Bogor dengan lamabayan saung-saung diatas danau. Selamat Berlibur.

rumah air

26. Kampung Eropa De’Voyage Bogor

Devoyage, destinasi tempat wisata di bogor yang dibangun di Bogor Nirwana Residence ini mengusung konsep perkampungan Eropa. Lengkap dengan menara Eiffel, rumah kicir angin khas Belanda hingga Gondola ala Venesia. Tidak hanya miatur ala Eropa, Devoyage memiliki luas lahan mencapai 1,5 hektar ini. Juga dilengkapi dengan kebun binatang mini, rumah foto, rumah permainan, rumah cendera mata. Hingga fasilitas yang dapat digunakan untuk mengelilingi kawasan wisata ini. Tidak hanya itu, Devoyage juga mempunyai 150 titik selfie instaramble yang tersebar di berbagai bagaian.

Baca Juga : Tempat Wisata Di Karawang

Kampung Eropa De'Voyage Bogor

27. The Illusion Bogor Nirwana Residence

The Illusion BNR ini merupakan sebuah tempat wisata di Bogor yang menampilkan trick eye, trick art dan 3D art. Jika warga Bandung punya Amazing Art World dan Upside Down World. Warga Bogor juga bisa datang ke kawaran BNR untuk menikmati foto-foto unik dan menarik sebagai latar foto instagram. Tempat wisata ala house of trick eye art Jakarta ini terletak di kompleks The Jungle Mall Bogor Nirwana Residence. Untuk harga tiketnya memang lumayan mahal yakni Rp. 100.000,-.

The Illusion Bogor Nirwana Residence

28. The Jungle Fest

Di taman bermain ini terdapat beragam wahana yang dapat memacu adrenalin. Untuk orang dewasa dan ada juga wahana permainan yang cocok untuk anak-anak. Saat malam haripun suansana tetap meriah, karena tidak hanya ditemani dengan pertunjukan khas junglefest. Mata kita juga akan dimanjakan dengan tata cahaya yang disuguhkan secara atraktf.

The Jungle Fest

Banyak tempat tempat wisata di Bogor Nirwana Residence, dan semuanya memiliki kekhasan tersendiri. Demikian tempat wisata keluarga di Bogor, Jawa Barat. Semoga bermanfaat bagi anda dan semoga  dapat menjadi referensi untuk liburan keluarga anda.