49 Tempat Wisata di Aceh Hitz Terbaru Yang Harus Dikunjungin

Aceh adalah surganya dunia serambi makkah. Karena disana banyak sekali tempat wisata di Aceh alam maupun buatan yang perlu kamu kunjungi bersama orang-orang terdekat kamu. Mulai dari cantiknya Kota Sabang dan Pulau Weh yang menyimpan sejuta pemandangan nan indah. Berkunjung ke Aceh juga akan menjadi moment yang tidak akan pernah terlupakan oleh kamu loh. Hari libur tidak usah bingung, Karena kami akan mengulas secara singkat  49 Tempat Wisata di Aceh paling hitz terbaru lengkap dengan Alamatnya:

Objek Wisata Aceh Yang Paling Populer Terbaru

Objek wisata di aceh memang terkenal bagus dan mengagumkan yang dimana banyak wisata yang harus anda kunjungi. Lalu apa saja kah itu??

1. Tempat Wisata Di Aceh Museum Tusnami

Museum Tusnami

Museum tsunami aceh adalah museum yang terletak di Banda Aceh. Dibangun sebagai monumen simbolis setelah terjadinya bencana tsunami pada tahun 2004. Juga sebagai pusat pembelajaran bencana dan tempat perlingungan seandainya tsunami kembali terjadi. Didirikan pada tahun 2009. Bangunan ini dirancang oleh arsitek asal Bandung, Jawa Barat Ridwan Kamil dengan konsep rumoh aceh dan on escape hill. Sebagain referensi utamanya adalah nilai-nilai islam, budaya  lokal dan abstraksi tsunami. 

2. Museum Negeri Aceh

Museum Negeri Aceh

Museum negeri aceh didirikan pada masa pemerintahan Hindia Belanda yang diresmikan pada tahun 1915. Oleh, Jenderal Sipil Dan Militer H.N.A Swart. Bangunan awalnya hanya rumah tradisional aceh (Rumoh Aceh). Setelah Indonesia merdeka museum Aceh pengelolaan diserahkan kepada Pemerintah Daerah Tk. ll Banda Aceh atas gagasan T.hamzah. Museum Aceh akhirnya dipindahkan dari tempatnya yang lama (Blang Padang). Ketempatnya yang sekarang ini, di Jalan Sultan Alaidin Mahmudsyah di tanah seluas 10.800 m2. 

3. Museum Rumah Cut Nyak Dhien

Rumah Cut Nyak Dien

Museum Rumah Cut Nyak Dhien adalah bangunan pemberian Belanda kepada Teuku Umar. Di desa Lampisang, kecamatan Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar. Bangunan tersebut berukuran 25 x 17 meter. Konon bangunan asli rumah tersebut telah dibakar Belanda pada 1896, namun kembali dibangun pada 1987.

4. Tempat Wisata Di Aceh Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Baiturrahman

Masjid raya Baiturrahman terletak dipusat kota Banda Aceh adalah sebagai simbol agama, budaya, semangat, kekuatan, perjuangan dan nasionalisme rakyat Aceh. Bangunan ini sebagai landmark Banda Aceh dan juga Masjid ini adalah Masjid yang kokoh. Tidak terkena bencana tsunami pada tahun 2004 silam. Bangunan ini didirikan pada tahun 1612 pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda. 

5. Masjid Baiturrahim Ulee Lheue

Masjid Baiturrahim

Masjid baiturrahim adalah salah satu masjid yang bersejarah di provinsi Aceh.  Masjid yang berlokasi di Ulee Lheue, kecamatan Meuraksa, Banda Aceh,. Merupakan peninggalan Sultan Aceh pada abad ke-17. Masa itu masjid tersebut bernama Masjid Jami’ Ulee Lheu. Pada 1873 ketika Masjid Raya Baiturrahman dibakar Belanda, semua jamaah melakukan salat Jum`at di Ulee Lheue. Dan sejak saat itu namanya menjadi Masjid Baiturrahim.

6. Makam Raja Aceh

Makam Raja Aceh

Makam Raja Aceh (Sultan Iskandar Muda) berada di dekat Krueng Daroy,. Bersebelahan dengan Meuligoe Aceh, kediaman resmi Gubernur Nanggroe Aceh Darussalam dan berdampingan dengan Museum Aceh. Makam ini sempat dihilangkan jejaknya oleh Belanda ketika berlangsung perang Aceh. Lalu pada 19 Desember 1952 lokasi Makam Sultan Iskandar Muda itu ditemukan. Berkat petunjuk yang diberikan oleh bekas permaisuri salah seorang Sultan Aceh yang bermana Pocut Meurah.

7. Makam Syiah Kuala

Makam Syiah Kuala

Makam yang terletak di Gp. Deah Raya, Syiah Kuala, Deah Raya, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh. Ini adalah makam dari Sultan Teungku Syiah Kuala yang wafat pada tahun 1696 di usia 105 tahun. Beliau merupakan seorang ulama kharismatik Aceh dan diakui sangat berjasa dalam penyebaran agama islam di Aceh pada saat itu.

8. Makam Sultan Aceh Kandang XII

Makam Sultan Aceh Kandang XII

Makam ini terletak di Jl. Sultan Alaiddin Mahmudsyah No.10, Kp. Baru, Baiturrahman, Kota Banda Aceh. Dalam bahasa Aceh kandang berarti kuburan atau pusara. Sesuai namanya dimakam ini terdapat 12 makam para sultan Aceh Darussalam dan keluarga dekatnya. Salah satunya adalah Sultan Ali Mughayat Syah bin Sultan Syamsu Syah yang memerintah 1514-1530. Beliau merupakan pendiri Kesultanan Aceh Darussalam dan pemersatu wilayah yang sekarang kita kenal dengan nama Aceh.

9. Pantai Ulee Lheue

Pantai Ulee Lheue

Pantai Ulee Lheue terletak Ulee Lheue, Meuraxa, Kota Banda Aceh. Lokasi dari pantai pun sangat strategis dan cukup dekat dari pusat Kota Banda Aceh. Wisatawan yang datang hanya perlu menempuh jarak 3 kilometer dari Banda Aceh. Serta bisa menggunakan berbagai transportasi seperti labi-labi, taksi atau juga kendaraan pribadi. Untuk masuk ke pantai tersebut tidak perlu membayar atau biaya administrasi. Namun didalam pantai tersebut banyak seperti kuliner, pernak-pernik, permainan anak-anak yang mungkin akan menguras isi dompet. Didekat terdapat hotel bagi wisatawan apabila ingin bermalam disana.

10. Pantai Lampuuk

Pantai Lampuukk Aceh

Pantai Lampuuk adalah saksi bisu gempa bumi dan tsunami yang dahsyat di Aceh tahun 2004 silam. Yang berlokasi di Lhoknga, Aceh Besar. Sempat menjadi primadona Aceh namun mengalami kerusakan cukup parah karena gelombang besar yang menyapu daerah sekitar pantai. Hal ini sempat membuat pantai ini tertutup untuk aktivitas pariwisata. Namun, Pantai Lampuuk berangsur pulih setelah setahun tsunami, sehingga aktivitas di pantai pun kembali ramai. Pantai Lampuuk memiliki hamparan pasir putih yang indah dan lembut. Air lautnya sangat jernih, berwarna biru kehijauan, dan disertai ombak cukup besar. Sehingga, cocok untuk berselancar. Aktivitas lain yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke pantai ini adalah mengunjungi konservasi penyu. Konservasi penyu menjadi wahana edukasi kepada anak-anak mengenai pelestarian lingkungan. Untuk tiket masuk pengunjung hanya diminta Rp.5000 saja perorangnya.

11. Pantai Lhoknga

Pantai Lhoknga

Dekat dengan Pantai Lampuuk yang juga merupakan pantai favorit di Banda Aceh, terdapat pantai Lhoknga. Situs wisata ini berjarak sekitar 20 km dari Banda Aceh. Di sini, pengunjung dapat bersantai di bawah pepohonan rindang atau bermain voli pantai di pantai berpasir puti. Disinipun pengunjung dapat mencoba surfing di laut yang biru jernih. Pantai Lhoknga memiliki ombak setinggi 1,5 sampai 2 meter yang cocok untuk mereka yang menyukai adrenalin.

12. Pantai Alue Naga

Pantai Alue Naga Kota Banda Aceh

Pantai yang terletak di Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh ini memiliki keindahan yang sangat menakjubkan. Jika anda berkunjung ke pantai ini anda dapat menghilangkan stres. Lokasinya yang berada di pinggiran kota dan akses menuju lokasi yang mudah menjadikan pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Disana anda akan disuguhkan dengan panorama muara sungai, pantai alue naga dan gugusan pulau dalam satu  lansekap.

13. Pantai pasir Putih Lhok Me

Pantai Pasir Putih Lhok Me

Objek wisata ini terletak di Desa Lamreh, Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. Pantai ini miliki kawasan pasir pantai yang luas dan berwarna putih. Ada pepohonan yang tumbuh di bibir pantai. Pohon dalam air tersebut begitu terkenal dan membuat pemandangan jadi semakin indah. Penduduk setempat menyebutnya dengan “Geurumbang”. Pantai ini tidak ada biaya administrasinya atau bisa dibilang gratis.

14. Taman Putroe Phang

Taman Putroe Phang

Taman Putroe Phang atau Taman Putri Pahang. Beralamatkan Jl.Merapi No.37, Sukaramai, Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh,. Adalah taman kerajaan Aceh Darussalam yang didirikan Sultan Iskandar Muda untuk sang permaisurinya Putroe Phang yang berasal dari kerajaan Pahang. Taman ini dibangun karena kecintaan sultan kepada sang permaisuri. Juga agar sang permaisuri tidak kesepian apabila ditinggal sultan untuk menjalankan pemerintahan.

15. Taman Ratu Safiatuddin

Taman Syafituddin

Ratu Safiatuddin adalah putri dari Sultan Iskandar Muda dengan nama Putri Sri Alam yang menjadi istri dari Sultan Iskandar Tsani. Singkat Cerita Sultan Iskandar Tsani meninggal pada tahun 1641. Lalu Paduka Sri Sultanah Ratu Safiatuddin pun diangkat menjadi pemimpin Aceh. Dalam kepemimpinan beliau Aceh mengalami perkembangan yang cukup pesat. Taman Ratu Safiatuddin pun dibangun untuk mengenang jasa serta dedikasi beliau semasa memimpin Aceh.

16. Monumen Pesawat R. I

Monumen Psawat RI

Pesawat jenis Dakota dengan nomor sayap RI-001 yang diberi nama Seulawah ini dibeli dari uang sumbangan rakyat Aceh. Pesawat Dakota RI-001 Seulawah ini adalah cikal bakal berdirinya perusahaan penerbangan niaga pertama, yakni Indonesian Airways. Pesawat ini sangat besar jasanya dalam perjuangan awal pembentukan negara Indonesia. Monumen tersebut beralamat di lapangan Blang Padang, Banda Aceh.

17. Bukit Lhoknga

Bukit Lhoknga

Bukit Lhoknga merupakan salah satu wisata alam yang berada di Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. Untuk harga tiket masuk tempat wisata berbeda antara hari libur, minggu atau hari biasa. Harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu. Saat weekday, harga tiket masuk Bukit Lhoknga adalah Rp3,000.00. Bukit Lhoknga dibuka pada jam 07:00 dan tutup 18:00 sesuai dengan zona waktu Asia/Jakarta.

18. Bukit Suharto, Aceh

Bukit Suharto

Penamaan bukit ini dengan nama Presiden kedua Indonesia adalah karena dulu sebelum ada konflik Aceh. Pak Suharto yang kala itu menjabat menjabat sebagai presiden membangun Villa. Villa tersebut diresmikan oleh Presiden Suharto sendiri dan bersama para menterinya menandatangani kesepakatan diatas semen. Dari atas bukit pengunjung dapat melihat pesona Pelabuhan Malahayati. Pengunjung disarankan untuk datang sore hari hari karena jika siang hari keadaan diatas bukit terasa sangat panas.

19. Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala

Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala

Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) adalah unit pelaksana teknis (UPT). Dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Indonesia yang berada di daerah-daerah. Balai ini berada di bawah koordinasi Direktorat Jenderal Sejarah dan Purbakala. Sebelumnya, lembaga ini bernama Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala (SPSP). BP3 Banda Aceh terletak di Jl. Teuku Umar No. 1, Banda Aceh, NAD. Disana pengunjung dapat melihat patung-patung, foto-foto ataupun peninggalan lainnya dari masa purba.

20. Lapangan Blang Padang

Lapangan Blang Padang

Blang Padang adalah satu dari beberapa ruang terbuka hijau di Banda Aceh. Area ini bisa dibilang masuk dalam kawasan emasnya Kota Banda Aceh. Beberapa tempat wisata favorit letaknya pun berdekatan. Sebut saja Masjid Raya Baiturrahman, Museum Tsunami, Komplek Makam Kerkoff dan Kapal PLTD Apung. Di Blang Padang ini pengunjung dapat berburu kuliner, berolahraga, menaiki mobil hias, bersantai dan menyaksikan ragam event. Yang kadang sering ada di lapangan Blang Padang. Di Blang Padang pun pengunjung dapat melihat berbagai negara yang telah ikut andil membantu Aceh ketika tsunami. Monumen untuk mengenang berbagai negara ini dinamakan monumen “Thanks to The World”. Setiap satu negara namanya terukir indah pada monumen berbentuk perahu yang tersebar mengelilingi Blang Padang.

21. Kapal Tsunami

kapal tsunami

Kapal tsunami adalah kapal yang terdampar diatas rumah warga yang terletak di daerah Lampulo, Banda Aceh, NAD.  Pada 26 Desember 2004 pada saat terjadi bencana tsunami kapal seberat 20 ton ini tersangkut diatas rumah warga. Dikawasan Lampulo tepatnya diatas rumah keluarga Misbah dan abassiah.  Lalu kapal tersebut diperbaiki, dicat dan diberi tangga untuk memudahkan pengunjung melihat bagian atas kapal. Pengunjung tidak perlu khawatir untuk dapat mengunjungi kapal tersebut karena pengunjung hanya memberi seikhlasnya untuk biaya perawatan saja.

22. Benteng Indrapatra

Benteng Indrapatra

Banteng IndraPatra adalah benteng bercorak Hindu yang terletak di Aceh Besar. Benteng ini awalnya digunakan sebagai bangunan pertahanan dan pertahanan kedalam wilayah Aceh. Benteng tersebut dibangun di abad 17 pada masa Kerajaan Lamuri sebuah kerajaan Hindu di Aceh sebelum masa kerajaan Islam. Selain bangunan utama, terdapat bangunan lain di sekitarnya yang digunakan sebagai tempat peletakan meriam dan amunisi. Setelah kerajaan Hindu runtuh, benteng ini tetap digunakan sebagai bangunan pertahanan dari musuh oleh Sultan Iskandar Muda dan Laksamana Malahayati.

23. Wahana Impian Malaka

Wahana Impian Malaka

Wahana Impian Malaka atau wisata air malaka adalah salah satu waterboom terbaru di Aceh Besar. Terletak di sebelah selatan kota Aceh besar tepatnya di daerah Kuta Malaka. Lebih kurang 30 menit dari kota Banda Aceh. Wahana Impian Malaka ini memberi kepuasan kepada semua pengunjung yang berlibur kesini. Karena memiliki tempat yang luas dan fasilitas yang lengkap. Tempat ini sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga ataupun pasangan. Harga Tiket Masuk tempat ini adalah Rp.25,000 untuk Senin hingga Jumat sedangkan di hari Sabtu – Minggu dan Libur nasional Rp.30,000. Bila kita rombongan dengan 30 orang ada potongan harga tiketnya hanya RP. 15,000 saja.

24. Tugu Nol Kilometer

Tugu Nol Kilometer

Monumen Kilometer Nol ini berada di Desa Iboih, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Provinsi Aceh. Butuh waktu sekitar 1 jam perjalanan menggunakan mobil dari Kota Sabang menuju tugu ini. Wisatawan akan menembus hutan dengan jalan yang berkelok dan menanjak. Lalu akan tiba di sebuah gapura bercat biru dengan tulisan ‘Kawasan Wisata KM 0’. Terpampang yang menandakan wisatawan sudah tak jauh dari Tugu Kilometer 0 Indonesia. Selama perjalanan dari Kota Sabang menuju ke monumen ini, wisatawan akan disuguhi keindahan alam Pulau Weh. Di sisi kanan berupa hutan perbukitan yang tampak hijau dengan jarak yang berdekatan. Sedangkan sisi kiri terlihat deretan pantai-pantai eksotis dan beberapa pulau yang bakal membuat takjub mata yang melihatnya.

25. Spot Bukit Klah

Spot Bukit Klah

Pulau kecil tidak berpenghuni yang masuk dalam wilayah administratif Sabang ini memang cocok untuk melepas penat. Terletak di Desa Krueng Raya, Sukakarya, Kota Sabang Aceh. Di tempat ini terkenal dengan kulinernya yang khas yaitu rujak. Ditemani dengan meminum kelapa muda akan menambah keinmatan di Pulau Klah. Dan sebuah cafe di Pulau Weh, menjadi spot yang tepat untuk menatap keindahan Pulau Klah. Tempat ini berada di ketinggian dan menghadap langsung pulau yang dihiasi karang tersebut.

26. Sabang Hill

Sabang Hills

Kota Sabang, merupakan kota terdepan di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.. Kota Sabang juga memiliki satu pulau besar berpenduduk dan beberapa pulau kecil yang semuanya memiliki eksotisme alam yang indah. Sabang Hill Terletak di Desa Kuta Barat, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh. Jika Anda mengunjungi kota paling barat di Indonesia ini, Hotel Sabang Hills bisa menjadi pilihan. Cocok untuk melepas lelah sehabis menikmati indahnya alam di sana. Hotel ini terletak di Jalan Sultan Iskandar Muda, Kebun Merica, Kota Sabang, Aceh. Untuk hotel Sabang Hills memiliki cukup fasilitas yang memanjakan pengunjung. Kamar hotel dibagi menjadi beberapa tipe dan harga. Untuk tipe Standard harga mencapai Rp 499.730. Untuk tipe Deluxe seharga Rp 598.950. Tipe Executive diberi harga Rp 998.950. Sementara untuk kelas Suite seharga Rp 1.149.500. Sementara untuk kasur tambahan itu akan dihargai kisaran RP. 19.650.

27. Tugu Simpang Garuda

Tugu Simpang GAruda

Tugu Simpang Garuda merupakan salah satu tugu yang ada di Kota Sabang. Di Kota wisata ini, sebelum banyak orang mengenal Tugu Kilometer Nol, disini terlebih dahulu ada Tugu Simpang Garuda. Letaknya persis di tengah kota Sabang. Tugu ini berada di tengah kota. Persisnya di perempatan Jalan Yos Sudarso, Jalan Oentoeng Soerapati dan Jalan Chik Ditiro 1 dan 2. Tugu ini menjadi icon masuknya kota di Pulau Weh tersebut. Disekitaran tgu tersebut ada warkop yang bernama de sagoe termasuk warkop favorit warga sabang dan wisatawan. Disampingnya kanannya pun terdapat kedai mie yang juga tidak kalah enak. Dikedai tersebut menyediakan mie Aceh yang sangat lezat.

28. Tugu I Love Sabang

Tugu I Love Sabang

Bangunan Tugu I LOVE SABANG ini tidaklah jauh dari pelabuhan Balohan .Sengaja di bangun di taman hijau Pemerintah Kota Sabang. Terletak di Cot Ba’u, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh. Tepatnya di sisi kiri jalan protokol, di bawah ujung ketinggian landasan pacu pesawat Bandara Lanud Maimun Saleh. Diseberang jalan sisi kanan jalan kita dapat menikmati pemandangan bentangan gunung dan Danau Aneuk Laot yang membentang luas. Membuat mata kita tidak dapat berpaling dari pemandangan tersebut. Jika kita datang pada sore hari tempat ini merupakan salah satu spot untuk menikmati matahari tebenam (Sunset) ke ufuk barat.

29. Pantai Iboih

Pantai Iboih

Pantai Iboih, juga dikenal sebagai Teupin Layeu, berada di seberang tepi barat Pulau Weh. Terletak di : Iboih, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh. Kegiatan yang paling populer di Pantai Iboih adalah menyelam, snorkeling dan eksplorasi hutan. Penginapan di Desa Iboih adalah gaya bungalow – baik di pantai, di pusat desa atau tepat di belakang dekat hutan. Bungalow di Iboih telah sangat meningkatkan standar mereka selama beberapa tahun terakhir. Bungalow murah masih ada, tetapi saat ini bungalow  terdapat kamar mandi pribadi, bahkan dengan AC dan air panas. Mayoritas Bungalow di Iboih berada dalam barisan di sepanjang pantai.

30. Pantai Kasih

Pantai Kasih Sabang

Ada alasan mengapa disebut sebagai Pantai Kasih. Pengunjung dapat menemukan banyak kursi untuk pasangan atau kekasih. Selain itu, pantai menjadi tempat yang romantis untuk menghabiskan waktu yang baik dengan seseorang yang istimewa. Itu tidak berarti pantai hanya dimaksudkan untuk mereka. Sebagai gantinya, setiap orang diizinkan untuk menjelajahi pantai tanpa memandang usia, jenis kelamin, dan status. Terletak di Kuta Ateueh, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh pantai ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu berdua bersama sang kekasih. Tidak hanya bersama pasangan, bersama keluarga pun pantai ini sangat pas untuk berlibur dan merefresh pikiran.

31. Pantai Tapak Gajah

Pantai Tapak Gajah

Terletak di Desa Ie Meulee (Desa Tapak Gajah) Kecamatan Sukajaya, Aceh. Tepatnya, pantai ini berada di Pulau Weh dan menawarkan keindahan pemandangan laut yang sempurna dan alam yang murni. Di pantai, pengunjung dapat memanfaatkan lokasi untuk menikmati fotografi, snorkeling, dan tamasya. Dalam hal nama, “Tapak Gajah” berarti jejak gajah, sementara tidak ada informasi yang menjelaskan tentang sejarah pemberian nama tersebut. Dalam hal nuansa, Pantai Tapak Gajah menawarkan suasana yang tenang dan pemandangan lingkungan yang menakjubkan. Pasir garis pantai berwarna putih dan teksturnya juga lembut. Snprekeling dan diving menjadi sebuah aktifitas yang sering dilakukan dipantai ini. Namun, pengunjung harus menyiapkan sendiri segala peralatan yang dibutuhkan karena untuk menghemat biaya.

32. Pantai Sumur Tiga

Pantai Sumur Tiga

Pantai sumur tiga ini juga sering disebut Hawai nya sabang, terletak di Jl. H. Agus Salim, Ie Meulee, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh. Dibuka dari jam 07:00 sampai jam 17:00. Pengunjung dapat merasakan pantai berpasir putih yang sangat terkenal. Juga dikagumi oleh para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini karena pesona keindahan panorama alamnya. Pantai ini juga dijuluki sebgai “serpihan surga” tersembunyi dikota serambi makkah. Aktifitas yang sering dilakukan adalah Snorkeling, Diving, Menikmati sunrise, Berfoto dll. Fasilitas di pantai sumur tiga pun bisa dibilang sudah sangat memadai untuk menyandang status lokasi wisata populer.

33. Pantai Anoi Itam

Pantai Anoi Itam

Pantai Anoi Itam merupakan salah satu pantai andalan yang ada di Aceh. Tepatnya terletak di sisi timur Kota Sabang. Pantai ini berlokasi di desa Gampong Anoi Itam, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Pulau Weh, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Pantai yang satu ini juga sering disebut dengan si Hitam manis. Julukan tersebut diberikan bukan tanpa alasan, karena memang pantai yang satu ini memiliki kecantikan tersendiri yang tak biasa. Pasir nya yang rata-rata pantai memiliki pasir berwarna putih, di pantai Anoi Itam sendiri memiliki pasir yang berwarna hitam eksotis. Dikarenakan pasir nya yang berwarna hitam pantai ini diberi nama Anoi Itam. Artinya  Anoi yang berarti pasir dan Itam yang berarti hitam.

34.Pantai Ujung Kareung

Pantai Ujung Kareung

Berlokasikan di Jl. Ujung Kareung, Sukajaya, Kota Sabang Aceh. Pantai Ujung Kareung adalah pantai yang belum sangat familiar dikalangan wisatawan. Tetapi pantai ini memiliki keunikan tersendiri yaitu susunan batu karang yang ada disepanjang pantainya yang eksotis. Pantai ini hanya memiliki pemandangan bebatuan karang disekitar bibir pantai, ukuran nya cukup besar dan berbentuk cekungan unik. Untuk mendapatkan pemandangan lain yang lebih sensasional cobalah untuk menguji adrenaline. Pengunjung dapat melompat dari atas karang ke laut dengan ketinggian 10 meter. Disini terdapat papan loncat dengan panjang 5 meter dan mengarah langsung ke laut.

35. Pantai Gapang

Pantai Gapang

Pantai Gapang merupakan salah satu destinasi wisata spesial yang dihadirkan oleh Pulau Weh. Disebut Pantai Gapang adalah karena banyaknya pohon pohon yang berdiri menjulang tepat di sekitar tepian pantai yang bersih ini,. Pohon tersebut adalah pohon gapang. Berlokasikan Iboih, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh. Sering dilakukan banyak kegiatan seperti menyelam dan snorkeling, Trekking, Selancar Angin, Memancing, Jet Ski, Berperahu, atau bahkan Berpetualang. Dipantai Gapang sendiri dapat dijumpai kuliner-kuliner yang lezat.

36. Pantai Teupin Layeu

Pantai Teupin Layeuh

Salah satu pantai yang cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan baik wisatawan lokal maupun luar adalah Pantai Teupin Layeu. Pantai ini terletak di Iboih yang merupakan salah satu lokasi wisata yang sudah cukup terkenal di Pulau Sabang. Fasilitas dan akses pantai ini termasuk pantai yang cukup. Dengan beragam fasilitas yang dibutuhkan. Tersedia mushala, toilet, toko, kios, warung serta beragam hotel dan bungalow tersedia disini. Bila Anda ingin menjelajahi pulau yang berada tepat di depannya yaitu Pulau Rubiah Anda bisa menyewa boat yang tersedia disana.

37. Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih

Tak kalah indah memiliki pesona adalah  pantai pasir putih yang terletak di Paya, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh. Dengan pasir berwarna putih dan air pantai yang bening membuat keindahan tak terkalahkan dengan pantai yang lainnya. Kegiatan yang ada dipantai ini adalah seperti snorkeling, diving dll. Fasilitas disini pun sudah cukup lengkap seperti tempat kuliner dan toilet. Pantai ini cocok untuk keluarga yang ingin berliburke pantai. Karena air nya yang kebih sering tenang yang membuat anak-anak aman bermain air ditepi pantai.

38. Pantai Paneuh

Pantai Paneuh

Pantai paneuh terletakk di Iboih, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh. Pantai ini merupakan pantai yang dikhususkan bagi para wisatawan yang ingin berkemah di Iboih, Sabang. Kegiatan yang sering dilakukan adalah berkemah. Karna letaknya berada di tengah-tengah alam terbuka serta jauh dari perumahan, sehingga pantai ini menyuguhkan suasana yang tenang. Serta pemandangan yang sungguh asri. Pengunjung dapat melakukan aktivitas apapun. Mulai dari menghidupkan musik sampai larut malam, membakar api unggun, atau hanya sekedar menikmati pemandangan pantai yang menawan. Namun kegiatan beramin air pun sering dilakukan di pantai paneuh ini. Pantai ini dibuka 24 jam selama satu minggu.

39. Tempat Wisata Di Aceh Pantai Jaboi

Pantai Jaboi

 Pantai Gaboi terletak di Desa Jaboi, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh. Pantai ini menawarkan lebih dari sekedar pemandangan laut yang menakjubkan, tetapi juga menarik wisatawan karena adanya pemandian air panas lokal. Jadi, setelah menjelajahi pantai untuk panorama, pengunjung dapat bersantai di pemandian umum dan mengisi stamina mereka di sana. Hal yang baik adalah bahwa pemandian air panas cocok untuk semua orang tanpa memandang usia, termasuk anak-anak. Kegiatan yang sering dilakukan dalah berenang dan snorkelin. Namu pengunjung juga harus memastikan kesiapan peralatan sebelum melakukannya. Sebagai alternatif pengunjung dapat berjalan-jalan diatas pasir putih yang lembut.

40. Pantai Arun Sabang

Pantai Arun Sabang

Pantai yang berlokasikan di Anoe Itam, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh ini sedikit berbeda dengan pantai-pantai lainnya. Pengunjung tidak menemukan adanya hamparan pasir yang  luas, namun anda akan menjumpai bebatuan yang ditata rapi di tepian pantai. Bebatuan ini berfungsi sebagai pembatas antara jalan raya dengan air pantai sekaligus sebagai pemecah ombak disana. Pengunjung dapat duduk sambil melihat hamparan luasnya laut yang tiada ujungnya. Laut yang mampu merileksasi pikiran anda agar menjadi semakin lebih tenang.

41. Tempat Wisata Di Aceh Pantai Batee Dua

Pantai Batee Dua

Berlokasikan di Anoe Itam, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh adalah pantai yang cocok bagi para jomblo, kenapa? Karena posisi pantai yang bisa dibilang sedikit tertutup yang dapat menutupi kejombloannya. Juga dapat untuk yang memiliki pasangan karena pantai ini cukup tenagn dan tak ramai pengunjung. Pengunjung dapat berenang, Jalan-jalan, Mendaki bukit dll. Itulah yang dapat pengunjung lakukan di pantai Batee Dua tersebut.

42. Pantai Mata Ie sabang

Pantai Mata le Sabang

Ujong Kareung, Kota Sabang, Aceh adalah tempat Pantai Mata la sabang memnacrakna keindahannya. Air yang bening dengan pantulan yang menjadikan tampak hijau. Batu karang dipinggiran pantai juga pepohonan yang rindang di pinggir pantai membuat pantai ini cocok untuk wisata keluarga maupun pasangan. Berenang dan jalan-jalan dipasir putih adalah alternatif pengunjung merasakan keindahan pantai ini. Tidak lupa berfoto menjadi dayatarik sendiri untuk mrngabadikan momen di pantai ini.

43. Pantai Keramat Pandan

Pantai Keramat Pandan

Pantai keramat pandan terletak di ateuh, sukakarya, Sabang. Dengan air laut berwarna biru dan pekarangan yang menghiasi pantai. Juga pepohonan rindang disekeliling pantai yang menambah keindahan di pantai keramat pandan. Kegiatan yang bisa dilakukan adalah seperti snorkeling, diving, berenang, jalan-jalan ditepi pantai dll. Namun jika sedang berada dipantai ini pengunjung harus berhati-hati karena kondisi pantai yang masih sepi. Pengunjung jadi agar lebih waspada lagi saat bermain di pantai ini.

44. Tempat Wisata Di Aceh Pulau Rubiah

Pantai Rubiah

Pulau Rubiah dengan taman lautnya menawarkan pesona keindahan alam bawah laut yang dapat memukau bagi siapa saja yang mengunjunginya. Anda akan menemui berbagai macam spesies ikan tropis seperti angel fish, lion fish dan sebagainya. Terdapat juga berbagi jenis terumbu karang. Untuk menikmati keindahannya pengunjung tidak harus memiliki lisensi menyelam. Karena dipulau ini banyak spot penyelaman yang aman digunakan bagi para pemula. Snorkeling pun menjadi rutinitas di pulau rubiah yang dilakukan oleh para pengujung. Pulau Rubiah masih sangat minim untuk masalah fasilitas dan akomodasi. Hanya terdapat satu warung makan, tempat persewaan perlengkapan menyelam dan snorkeling dan tempat persewaan perahu.

45. Pulau Seulako

Pantai seulako

Mengajak keluarga atau teman berlibur ke pulau seulako merupakan salah satu ide yang menarik. Pengunjung bisa melakukan refresing dengan lebih puas di tempat itu. Karena banyak sekali hal menarik yang bisa di dapatkan ketika melakukan refusing ke pulau. Apalagi di sekitar bibir pantai sudah pasti akan menjadi momen yang paling menyenangkan. Berlokasikan di Pulau Rubiah, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh. Pengunjung dapat merasakan keindahan dari pulau seulako tersebut.

46. Tempat Wisata Di Aceh Pulau Klah

Pulau Klah

Pulau Klah ini memang tidak terlalu besar memang, namun keindahan alamnya sangat mempesona. Dengan suasana tenang dan damai. Sangatlah cocok bagi anda yang tidak suka dengan keramaian dan  melepas penat dari hiruk pikuk kota yang melelahkan. Di sekitar pantai pulau klah ini, terdapat batu-batu karang yang terjal yang melengkapi keindahan pulau ini. Pulau klah ini berada di pada perputaran dan pertemuan arus masuk dan arus keluarnya air Laut. Pulau Klah terletak di Desa Krueng Raya, Sukakarya, Kota sabng, Aceh.

47. Danau Aneuk Laot

Danau Aneuk Laot

Danau Aneuk Laot yang berartikan ‘Danau Anak Laut’ dalam bahasa Aceh adalah sebuah danau yang terletak di tengah-tengah kota Sabang, Pulau Weh. Danau ini merupakan sumber mata air bagi penduduk Pulau Weh. Danau Aneuk Laot ini berada di tengah-tengah kota Sabang. Sunset yang sangat indah bisa Anda saksikan saat senja tiba, bagi Anda yang senang mengabadikan pengalaman liburan Anda. Danau Aneuk Laut memiliki panorama yang indah sehingga sangat cocok untuk mengekspresikan hobi fotografi Anda. Dengan suasana yang sejuk yang pastinya akan membuat Anda betah tinggal berlama-lama disana. Pada saat malam hari tiba, dari atas bukit Kota Sabang terlihat kerlip cahaya lampu yang mempesona.

48. Tempat Wisata Di Aceh Benteng Jepang Anoi Itam

Benteng jepang Anoi Itam

Benteng Anoi Itam merupakan sebuah komplek tempat pertahanan Jepang yang terletak di daerah Ujong Kareung, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang. Pada awalnya benteng ini adalah pusat persenjataan pasukan Jepang yang dibangun pada tahun 1942-1945. Ketika pasukan Jepang mendarat di Sabang tahun 1942, mereka langsung menggali terowongan bawah tanah. Mereka menggali di sepanjang bibir pantai sebagai benteng pertahanan. Tapi saat ini terowongan tersebut telah ditutup oleh pemerintah setempat dengan alasan keamanan.

49. Tempat Wisata Di Aceh Air Terjun Pria Laot

Air Terjun Pria Laot

Air terjun pria laot berlokasi di hulu gunung sarung keris  di Batee Shoek, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh. Kawasan air terjun pria laot akan menawarkan sebuah pesona alam yang masih segar. Hijaunya pepohonan yang mengelilingi lokasi air terjun, membuat udara disekitar areal wisata terasa segar dan menyejukan. Salah satu ciri khas air terjun ini adalah terdapatnya sebuah kolam bawah air terjun. Walapupun kolam tersebut tidak begitu luas kisaran 10 meter2 dengan kedalaman antara 1-5 meter. Berenang dan berendam di dalam kolam air terjun pria laot adalah sebuah aktivitas yang sangat menyenangkan di tempat wisata di Aceh ini.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: