20 Tempat Wisata Cianjur Jawa Barat Yang Sedang Hitz

Kabupaten Cianjur ini adalah sebuah Kabupaten yang terdapat di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kabupaten ini berbatasan dengan kabupaten Bogor dan Kabupaten Purwakarta di utara. Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Garut di sebelah timur. Samudra Hindia di sebelah selatan, serta Kabupaten Sukabumi di barat. Sebagian besar Tempat wisata Cianjur merupakan pegunungan yang menjadikan Cianjur memiliki banyak wisata alam yang menjadi tujuan wisatawan. Dari luas wilayah Kabupaten Cianjur 350.148 hektar, pemanfaatan nya meliputi 83.034 Hektar. Berupa hutan produktif dan konservasi, 58,101 Hektar berupa tanah pertanian lahan basah, 97.227 Hektar. Berupa lahan pertanian kering dan tegal, 57.735 Hektar berupa tanah perkebunan, 3.500 Hektar. Berupa tanah dan penggembalaan / pekarangan, 1.239 Hektar. Berupa tambak / kolam, 25.261 Hektar  berupa pemukiman / pekarangan dan 22.483 Hektar berupa penggunaan lain-lain. Klik di sini untuk melihat peta kabupaten Cianjur.

20 Tempat Wisata Cianjur

tempat wisata Cianjur

1. Pantai Jayanti Cianjur

Pantai Jayanti Cianjur

Pantai Jayanti yang berada di Desa Cidamar, kec. Cidaun, Kabupaten Cianjur ini. Menawarkan sejuta keindahan yang masih terbilang asri dan alami. Pantai Jayanti yang terletak kurang lebih sekitar 139 kilometer. Dari pusat Kota Cianjir dan ini menawarkan keindahan panorama. Yang berupa hamparan pantai berpasir putih yang cukup panjang dengan deburan ombak.

Alamat: Jalan Pantai Jayanti, Cidamar, Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

2. The Little Venice Cipanas Cianjur

The Little Venice Cipanas Cianjur

Yang paling unik dari objek wisata Little Venice Kota Bunga Cipanas ini adalah dibangunnya sebuah danau buatan serta sungai yang dirancang seakan semirip dengan bangunan dan struktur lingkungan yang ada di Venice, Negara Italia. Little Venice Kota Bunga Cipanas di bangun beraneka beragam bagunan yang sama persis bangunan. Yang ada di negara di Italia, mulai dari gedung, rumah yang khas di Asia, Australia, Maupun Amerika.

Alamat: Batulawang, Cipanas, Batulawang, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

3. Istana Presiden Cipanas Cianjur

Istana Presiden Cipanas Cianjur

Istana Presiden Cipanas Cianjur ini merupakan salah satu dari enam istana Keperesidenan Republik Indonesia. Sesuai dengan nama istan nya ini terletak di daerah Cipanas, Jawa Barat. Dekat dengan jalan Raya yang menghubungkan Jakarta dengan bandung jika anda memalui puncak. Istana yang berjarak kurang lebih sekitar 103 km dari Ibu Kota Jakarta atau. Sekitar 20 km dari Pusat kota Cianjur ini tepatnya terletak di Desa Cipanas Kab. Cianjur, di lereng kaki Gunung Gede yang berada pada ketinggian 1.100 meter diatas permuakaan laut. Bangunannya berdiri di atas lahan dengan luas 26 hektar dengan. Luas bangunan mencapai 7.760 m2 memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi.

Alamat: Desa Sindangjaya, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

4. Taman Bunga Nusantara Cianjur

Taman Bunga Nusantara Ciamis

Tempat ini menawarkan pemandangan bunga yang warna – warni di Taman Bunga Nusantara Cianjur ini. Anda dan keluarga bisa menikmati beberapa wahana hiburan seperti kereta, super go cart, kincir sundul langit. Berkuda, bom bom boat, ATV dan masih banyak lagi. Di Taman Bunga Nusantara juga terdapat 3 Taman yaitu taman Jam, Labirin dan Perancis. Beberapa fasilitas tambahan yang tersedia untuk melengkapi. Anda liburan di Taman Bunga Nusantara cukup lengkap. Restoran, cafe, ATM center, toko souvenir. Toilet, tempat ibadah, penjual oleh-oleh dan lain lain.

Alamat: Jalan Mariwati KM. 7, Kawungluwuk, Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

5. Situs Gunung Padang Cianjur

Situs Gunung Padang Ciamis

Apabila anda ingin nikmati keindahan alam Cianjur sambil mempelajari situs sejarah, anda bisa berkunjung ke situs Gunung Padang. Inilah situs megalitikum yang berupa batu dan juga punden berundak. Berada di Desa Kwryamukti, Kecamatan Campaka, Cianjur, anda. Tentu saja akan temukan sebuah situs warisan purbakala yang berada di ketinggian 885 mpdl.

6. Masjid Agung Cianjur

Masjid Agung Cianjur

Masjid Agung, Cianjur. Tempat ini adalah salah satu tempat wisata religi di Cianjur. Masjid agung ini merupakan masjid yang berdiri sejak ratusan tahun yang lalu karena ini di bangun pada tahun 1810. Masjid ini di bangun atas tanah akaf Bupati Cianjur yang ke-4 yaitu Ny. Raden Boderad Binti Kanjeng Dalem Sabiruddin. Masjid Agung Cianjur berada di Jl. Masjid Agung, Pamoyanan, Kec. Cianjur, Kabupaten Cianjur. Tempat ini memiliki titik koordinasi dengan titik koordinat pada  -6.8210331,107.1371268 pada gps.

7. Arum Jeram Di Sungai Cikundul Cianjur

Arum Jeram Di Sungai Cikundul Cinjur

Disini anda bisa memacu adrenalin anda dengan melakukan arum jeram. Dengan jalur sepanjang 7 km, wisata alam Cianjur ini jelas akan membuat anda tertantang. Arum jeram di sungai Cikandal Cianjur ini berada di koordinat -6.7974806,107.1286301 pada gps. Posisi tempat wisata Cianjur ini pada peta berada di Kawasan Hutan Kota Cianjur – Panembong, Jl. Desa Babakan Karet, Kampung Tangkil, Babakan karet, Kec. Cianjur, Kabupaten Cianjur.

8. Tias Wisata Cianjur

Tias Wisata Cianjur

Tias wisata Cianjur ini merupakan tempat wisata air yang terletak di kabupaten Cianjur. Tiket masuk ke tempat wisata air ini sebesar Rp 20.000,00 per orang. Letak tempat wisata air ini berada di Jl. Rancagoong, Sirnagalih, Cilaku, Kabupaten Cianjur,dan mempunyai koordinat  gps   -6.8210331,107.1371268.

9. Danau Sejuta Pesona Cianjur

Danau Sejuta Pesona Cianjur

Ini lah Danau sejuta pesona Cianjur yang berlokasi di kota Bunga, anda bisa temukan berbagai jenis permainan. Yang tentunya sangat menarik seperti bumper boat, mandi bola, gurita, magic ring, fantasy walk dan lainnya.

10. Puncak Rindu Alam Cianjur

Puncak Rindu Alam Cianjur

Puncak Rindu Alam Cianjur, Lokasi tempat wisata di Cianjur ini berada di jalan. Raya puncak KM 83 ( puncak pass, Cisarua), Bogor, Jawa Barat. Fasilitas yang cukup lengkap seperti Masjid dan tempat makan membuat liburan anda makin menyenangkan.

11. Perkebunan Teh Panyairan Cianjur

Perkebunan Teh Panyairan Cianjur

Perkebunan Teh Penyiaran, Cianjur. Tempat wisata keluarga ini berada di alamat  Jl. Raya Campaka, Kecamatan Campaka dan Sukanagara, sekitar 35 km dari Kota Cianjur. Tempat wisata alam ini memiliki ketinggian rata-rata 800-1100 dpl dan mempunyai luas sekitar 1000 hektar. Biasanya juga dijadikan tempat berfoto di Cianjur.

12. Curug Citambur Cianjur

Curug Citambur Cianjur

Curug Citambur Cianjur ini terletak di Desa Karang Jaya, Kecamatan pagelaran. Air terjun dengan ketinggian sekitar 100 meter ini menyajikan keindahan dan juga kenyamanan. Sepanjang perjalanan menuju lokasi, Anda dapat menikmati perkebunan teh yang indah dan sanggup memberi efek relaks.

13. Kebun Cibodas Cianjur

Kebun Cibodas Cianjur

Kebun raya Cibodas Cianjur yang terletak di Jl. kebun raya Cibodas, Kelurahaan Singdanglaya, Kecamatan Cipanas, Sindangjaya, Cipans, Kabupaten Cianjur. Koordinat gps kebun raya Cibodas ini berada pada titik  -6.7412791,107.0054145. Luas tempat wisata alam di Cianjur ini sekitar 80 hektar dan berada di bawah gunung Gede. Terdapat sekitar 1.000 lebih jenis tumbuhan yang dapat anda nikmati di kebun raya Cibodas ini. Kebun raya Cibodas, Cianjur ini didirikan pada jaman penjajahan oleh seorang Belanda bernama Johannes Elias Teijsmann pada tahun 1852.

14. Curug Luhur Cianjur

Curug Luhur Cianjur

Lokasi curug ini memang cukup tersembunyi dan cenderung sangat sepi. Akan tetapi tempat ini sangat lah cocok untuk menghirup udara segar. Perpaduan antara gemericik air, dan hijau nya pepohonan membuat siapapun yang berkunjung kesini akan menikmatinya. Lokasi: Desa Cimaskara, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

15. Alun – Alun Surya Kencana Cianjur

Alun - Alun Surya Kencana Cianjur

Alun – alun surya kencana ini salah satu tempat wisata Cianjur ini yang masih. Terletak di dalam Taman Nasional Gunung Gede pangrango. Berupa dataran seluas kurang lebih 50 hektaryang dipenuhi oleh bunga Edelweiss. Alun-alun Surya kencana ini berada di ketinggian kurang lebih 2.750 dpl dan berjarak sekitar 11,8 km dari Cibodas. Untuk mengunjungi tempat wisata alam Cianjur ini ada dapat menempuh rute perjalanan dari Jakarta – Bogor-Cibodas, atau rute Bandung-Cipanas-Cibodas, atau Bogor-Selabintana.

16. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Cianjur

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Cianjur

Letak peta Taman Nasional Gunung Gede Pangrango berada di Jalan Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Cipanas, Kabupaten Cianjur. Sedangkan koordinat salah satu tempat wisata edukasi di Cianjur ini berada pada titik  – 6.7265883,107.0169979 gps. Untuk luas wilayah Taman Nasional Gunung Gede pangrango sekitar 21.975 hektar. Dan sebagian besar tertutup oleh hutan hujan tropis. Taman Nasional ini di resmikan pada tahun 1980 dan kini menjadi kawasan pusat habitat dari berbagai hewan dan tumbuhan.

17. Gunung Gede Cianjur

Gunung Gede Cianjur

Gunung Gede, Cianjur. Tempat wisata alam Gunung Gede ini pada peta terletak di Cipendawa, Pacet, Kabupaten Cianjur. Gunung Gede mempunyai koordinat gps pada titik  -6.7877778,106.9797504. Salah satu tempat wisata alam di Cianjur ini memiliki tinggi sekitar 3000 dpl. Itu artinya anda harus punya cukup stamina yang kuat untuk menikmati keindahan alamnya. Gunung gede yang masih terdapat di dalam taman nasional gede pangrango ini memiliki suhu yang ekstrim. Yaitu 18 derajat pada siang hari dan 5 derajat pada pagi hari.

18. Wisata Tirta Jangari Cianjur

Wisata Tirta Jangari Cianjur

Tirta Jangari, Cianjur. Letak tempat wisata air Cianjur ini berada di Bobojong, Mande, Kabupaten Cianjur. Koordinat gps waduk Leuwi Soro adalah -6.7430165,107.2614987. Tempat piknik ini juga merupakan salah satu tempat wisata keluaraga di Cianjur.

19. Situ Gunung Padang Cianjur

Situ Gunung Padang Cianjur

Objek wisata sejarah ini merupakan sebuah situs megalitik yang terbentuk punden berundak besar di Asia Tenggara. Luas dari bangunan purbakala mencapai 900 mm dengan luas areal situs sekitar 3 hektar.

20. The Jhon’s Aquatic Restort Cianjur

The Jhon's Aquatic Restort Cianjur

Ada berbagai macam permainan di tempat wisata Cianjur ini antara lain. Waterball, Boat Lagoon, ATV, Trampoline, Menunggang kuda, dan Flaying Fox.

Alamat Jl. Desa Babakan karet, kp, Tangkil, Kawasan Hutan Kota Cianjur, Panembong, Kec. Cianjur, Jawa Barat.