Nikmati Pesona 21 Tempat Wisata Banjarnegara Jawa Tengah

Banjarnegara ini merupakan sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah Indonesia serta ibu kotanya juga Banjarnegara Kabupaten Banjarnegara. Yang terletak di antara 7° 12′ – 7° 31′ Lintang Selatan dan 109° 29′ – 109° 45’50” Bujur Timur. Dengan luas wilayahnya sekitar 106.970,997 hektar atau 3,10% dari luas wilayah di provinsi Jawa Tengah. Yang berbatasan dengan Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Batang di Bagian Utara. Kabupaten Wonosobo di bagian Timur, Kabupaten Kebumen di bagian Selatan. Dan Kabupaten Banyumas serta Kabupaten Purbalingga di Bagian Barat. Tentu nya di Banjarnegara ini pasti banyak sekali memiliki objek wisata.

Tempat Wisata Banjarnegara

Banjarnegara sebuah kabupaten Jawa Tengah yang menyimpan begitu banyak keindahan alam dataran tinggi nya. Bagi kalian yang hobi travelling khusus nya pecinta dataran tinggi. Maka Banjarnegara merupakan tempat yang sayang sekali jika di lewatkan. Kabupaten ini mempunyai pesona dan juga panorama alam yang sangat lah menakjubkan. Dan masih banyak yang masih tersembunyi tempat wisata nya. Banjarnegara mempunyai banyak sekali spot objek wisata yang keren. Mulai dari situs budaya, situs bersejarah, spot foto-foto kekinian, kawah, telaga, waduk bahkan sampai air terjun. Yang akan sangat memanjakan mata anda semua. Tentu nya ini wajib sekali untuk di kunjungi. Baca juga objek wisata lain nya di Pangandaran, Majalengka, Indramayu, dan masih banyak lagi yang lain nya.

21 Tempat Wisata Banjarnegara

Gunung Lanang Banjarnegara

Gunung Lanang Banjarnegara

Tempat wisata Banjarnegara ini memiliki nama yang cukup unik. Pemberian nama lanang atau laki-laki ini ada sebab nya. Yaitu di karenakan bentuk gunung lanang ini sendiri terlihat dari jauh seperti alat kelamin kaum adam. Dan menurut warga sekitar, gunung lanang ini merupakan pasangan dari gunung wadon (perempuan) yang biasa di kenal dengan gunung tampomas. Lokasi nya berada di Desa Masaram, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara.

Taman Rekreasi Marga Satwa Serulingmas Banjarnegara

Taman Marga-Satwa-Serulingmas Banjarnegara

Tempat wisata taman rekreasi yang berisi berbagai satwa yang akan menambah pengetahuan anak-anak. Tempat wisata ini sudah terkenal sejak dulu. Serulingmas merupakan ikon tempat wisata di Banjarnegara dengan koleksi lengkap satwa dan pemandangan alam nya yang sangat menarik. Apalagi untuk anak-anak. Semakin menyenangkan dengan fasilitas yang lainnya seperti kolam renang, panggung terbuka dan makam Ki Ageng Selomani. Lokasi nya berada di Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara.

Waduk Mrica Banjarnegara

Waduk Mrica Banjarnegara

Di Waduk Mrica pengunjung bisa menikmati hamparan permukaan air yang begitu luas. Kemudian jika ingin melihat danau buatan terbesar di Asia Tenggara, maka inilah danau nya. Waduk ini merupakan waduk yang membendung Sungai Serayu. Panorama alamnya tentu tak usah ditanya, bisa menikmati pesona alam disekitar waduk ini. Apalagi dengan berbagai fasilitas wisatanya. Wisata keluarga akan terasa nyaman di objek wisata Banjarnegara yang satu ini. Lokasi berada di Desa Karangjambe, Kecamatan Wanadadi, Kabupaten Banjarnegara.

Curug Sikopel Banjarnegara

Curug Sikopel Banjarnegara

Tempat wisata tak jarang menyimpan mitros yang kadang entah dari mana datang nya. Namun tetap menjadi salah satu daya tarik para wisatawan yang hendak berkunjung. Seperti salah satu tempat wisata Banjarnegara ini yaitu curug sikopel banjarnegara. Mitos nya di sini, yaitu jika kita mandi di air terjun ini maka kita akan muda. Lokasi wisata ini terletak di Desa Babadan, Kecamatan Pagetan, Kabupaten Banjarnegara.

Curug Pundung Sewu Banjarnegara

Curug Pundung Sewu Banjarnegara

Curug Punduk Sewu yang masuk ke dalam kawasan wisata di Banjarnegara ini masih terlihat alami. Dan belum tersentuh perkembangan yang berarti. Kalau kalian yang hendak liburan ke Banjarnegara, ada baik nya cobalah untuk menjelajahi wisata curug pundung banjarnegara ini. Lokasi nya berada di Desa Petir, Kecamatan Purwonegoro, Kabupaten Banjarnegara.

Curug Pitu Banjarnegara

Curug Pitu Banjarnegara

Tempat wisata curug pitu yang terletak di Desa Sigaluh, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara. Seperti namanya, yang dalam bahasa Indonesia artinya air terjun tujuh, curug ini memiliki tujuh tingkatkan. Anda bisa melewati tingkatan curugnya dengan menggunakan tangga yang sudah disediakan. Bagi yang menyukai wisata curug. Tentu tempat ini akan menarik dengan keindahan yang disimpannya.

Surya Yudha Park Banjarnegara

Surya Yudha Park Banjarnegara

Tempat wisata Surya Yudha Park memiliki patung Merlion dan patung Liberty yang berdiri bersebelahan. Tempat wisata yang satu ini merupakan sebuah taman rekreasi air yang paling lengkap di Banjarnegara. Tempat wisata di Banjarnegara ini mengusung konsep wisata terpadu. Dengan berbagai kelengkapan fasilitas seperti hotel berbintang, arena olahraga, rafting, juga wisata outbound. Merupakan salah satu alternatif wisata keluarga yang menarik.

Lokasi : Jl. Raya Karang Kobar KM. 1, Desa Rejasa, Kecamatan Madukara, kabupaten Banjarnegara

Wadas Tumpang Banjarnegara

Wadas Tumpang Banjarnegara

Wadas Tumpang menjadi salah satu tempat wisata Banjarnegara yang menunjukkan kekentalan budaya tersebut. Dulu tempat ini terkenal sebagai tempat pertapaan masyarakat Banjarnegara dan sekitarnya. Dibuktikan dengan sesaji yang ada disana. Wadas Tumpang menjadi tempat yang di gandrungi wisatawan. Pasalnya selain menarik dengan sisi mistisnya. Tempat ini juga memiliki pemandangan indah dan udara sejuk khas dataran tinggi. Lokasi :  Desa Majalengka, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara

Arum Jeram Sungai Serayu Banjarnegara

Arum Jeram Banjarnegara

Selain berkaitan dengan Tampo Mas, Waduk Mrica juga berkaitan dengan Sungai Serayu. Tentu Sungai Serayu sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Banjarnegara. Apalagi dengan wisata rafting nya yang semakin berkembang. Tempat wisata ini sangat cocok untuk para wisatawan yang menyukai tantangan. Objek wisata Banjarnegara rafting Sungai Serayu begitu menarik. Karena sembari menikmati lika-liku Sungai Serayu anda juga disuguhi pemandangan alam nan eksotis. Lokasi nya berada di Desa Singamerta, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara

Anglir Mendung Banjarnegara

Anglir Mendung Banjarnegara

Anglir Mendung merupakan tempat wisata di Banjar yang memiliki udara sejuk karena dikelilingi oleh Hutan Lindung. Di tempat ini terapat fasilitas kolam renang dan taman untuk anak-anak bermain. Selain itu, kalau anda mau melakukan kegiatan diluar ruangan, lokasi isi cocok untuk bumi perkemahan dengan kapasitas 200 tenda.

Candi Arjuna Banjarnegara

Candi Arjuna Banjarnegara

Candi arjuna, menjadi candi penting di kompleks ini. Juga diperkirakan menjadi candi tertua, diperkirakan dibangun pada abad 8 masehi oleh wangsa sanjaya dari mataram kuno. Kompleks candi arjuna lazim dipakai menjadi lokasi pelaksanaan galungan. Tidak cuma itu, kompleks ini terkadang pun dipakai menjadi lokasi pelaksanaan ruwatan anak gimbal. Lokasi tempat wisata ini terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

Sumur Jalatunda Banjarnegara

Sumur Jalatunda Banjarnegara

Sumur ini diberi panggilan jalatunda karna mempunyai pengertian tersendiri. “jala” dan “tunda” yang maksudnya janganlah menunda nunda sesuatu ataupun pekerjaan yang bagus. Kabarnya, lokasi ini memiliki banyak rahasia yang terselubung. Berdasarkan sejarah, obyek wisata sumur jalatunda Banjarnegara ini terjadi akibat ledakan maha dahsyat dari gunung purba dieng. Yang berlangsung ratusan tahun lalu. Sampai sekarang hanya tersisa bolongan besar dengan panjang. Serta lebarnya kira-kira 90 meter dan mempunyai kedalaman kira-kira ratusan sampai beribu-ribu meter.

Candi Dieng Banjarnegara

Candi Dieng Banjarnegara

Banyak orang mengira candi dieng merupakan candi yang berada di wilayah Kabupaten Wonosobo. Akan tetapi sebenar nya komplek candi ini berada di wilayah wisata dieng yang sudah masuk ke dalam kabupaten banjarnegara. Bagi kalian yang ingin mengunjungi tempat ini dikenakan tarif tiket sebesar Rp.10.000,- + sudah termasuk tiket masuk kawah sikidang Banjarnegara.

Wisata Kawah Sikidang Banjarnegara

Wisata Kawah Sikidang Banjarnegara

Tempat wisata yang selanjut nya yaitu Kawah Sikidang. Setelah berkunjung ke area candi arjuna. Maka, alangkah baik nya untuk melanjutkan perjalanan le kawah sikidang . Objek wisata ini banyak sekali menawarkan pemandangan kawah yang sangat bagus.

Telaga Drigo Banjarnegara

Telaga Drigo Banjarnegara

Telaga Dringo merupakan danau yang sangat mirip dengan danau rano kumbolo yang ada di gunung semeru. Jadi bagi yang ingin menikmati keindahan rano kumbolo sekarang tak perlu lagi jauh-jauh datang ke semeru. Melainkan sekarang di daerah dieng sudah ada. Disana terdapat tempat nge camp yang luas dengan debarengi suasana yang rindang. Bagi yang suka ngetrip maka tempat ini sangat kami rekomendasi kan untuk di kunjungi.

Curug Mrawu Banjarnegara

Curug Mrawu Banjarnegara

Bagi kalian yang suka tracking maka curug yang satu ini snagatlah cocok untuk di kunjungi. Ya, karena apabila ingin mengunjungi tempat wisata ini harus melewati jalan setapak yang lumayan melelahkan. Di perjalanan juga dapat menikmati pemandangan persawahan dan hutan. Lokasi nya berada di Desa Giritirta, Kecamatan Pejawaran, Kabupaten Banjarnegara.

Curug Genting Tirta Banjarnegara

Curug Genting Tirta Banjarnegara

Kawasan Giri Tirta untuk menikmati kesejukan dua curug dan sensasi berendam air panas di sini. Giritirta berada di Kecamatan Pejawaran, Kabupaten Banjarnegara menyimpan pesona wisata air yang menakjubkan. Lokasi curug berjarak sekitar 35 km ke arah utara dari pusat Kota Banjarnegara. Dan melintasi jalanan pegunungan khas Dieng yang memanjakan mata.

Bendungan Panglima Besar Jendral Sudirman Banjarnegara

Bendungan Panglima Besar Jendral Sudirman Banjarnegara

Tidak kalah dengan Wonogiri, Banjarnegara juga ternyata mempunyai bendungan yang sekaligus bisa di manfaatkan sebagai tempat wisata. Yaitu Bendungan Panglima Besar Jendral Sudirman yang berada di banjarnegara.

Kawah Candradimuka Banjarnegara

Kawah Candradimuka Banjarnegara

Kawah Candradimuka adalah salah satu kawah di dataran tinggi dieng yang sudah di buka jadi objek wisata. Sesudah kawah sikidang dan kawah sileri. Kawah ini berawal dari sesar ataupun patahan yang mengeluarkan uap panas, air panas, sulfur dan lumpur. Aktivitas pemanasan berawal dari hidrotermal sisa gunung jimat yang diperkirakan tidak aktif lagi saat masa kuarter tengah. Kawah ini amat serupa dengan kawah yang terletak di candi gedong songo di lereng gunung kendalisodo.

Curug Muncar Banjarnegara

Curug Muncar Banjarnegara

Curug muncar memiliki ketinggian kurang lebihnya sekitar 40m dan terletak pada kawasan perhutani dengan ketinggian 900 meter diatas permukaan laut. Curug muncar ini masih terbilang amat alami, belum terjamah oleh beragam teknologi manusia, sehingga keelokan pemandangan alamnya masih amat alami. Lokasi Curug Muncar ini adalah berada di lereng gunung Ragajambangan serta dengan ketinggian sekitar 1249  di atas permukaan laut.

Museum Kaliasa Dieng Banjarnegara

Museum Kaliasa Dieng Banjarnegara

Jika ingin berlibur sembari mencari ilmu. Maka kalian bisa mengunjungi museum kaliasa yang berada di dieng kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Museum ini memang masih baru di Banjarnegara, karena baru saja diresmikan pada 28 Juli 2008 yang lalu. Pemberian nama Kaliasa karena merupakan tempat tinggal dari Dewa Syiwa. Di sini, kamu bisa melihat berbagai koleksi historis seperti warisan arkeologis, artefak, keterangan mengenai flora & fauna serta masih banyak lagi yang lainnya.