Telaga Warna Wonosobo Tempat Wisata Alam Yang Unik

Indonesia memang tiada habis nya menawarkan berbagai destinasi wisata alam yang sangat memukau. Hal ini di karenakan negara yang memiliki pulau. Yang paling banyak sedunia ini. memiliki banyak sekali objek wisata alam yang unik. Dan juga menarik dan sayang sekali jika tidak di kunjungi. Salah satu destinasi wisata favorit yang berada di kota Wonosobo. Telaga Warna merupakan salah satu tempat wisata andalan yang terletak di Dieng Wonosobo, Jawa Tengah. Saat ini objek wisata wonosobo ini sudah mulai tenar di kalangan para wisatawan lokal maupun mancanegara. Landsdcape alam yang mempesona. Di tambah lagi dengan sejarah di balik nya yang membuat destinasi yang satu ini menjadi wajib. Bagi para wisatawan yang singgah di Wonosobo. Nama Telaga Warna sendiri di berikan karena keunikan fenomena alam. Yang terjadi di tempat wisata ini, yaitu warna air dari telaga tersebut yang sering berubah-ubah.

Lokasi Dan Akses Menuju Telaga Warna Wonosobo

Telaga Warna Wonosobo

Alamat telaga warna terletak di Dieng Wetan, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Untuk bisa sampai di lokasi ini, para wisatawan bisa menggunakan kendaraan umum. Berupa bus jurusan Wonosobo Dieng. Selain menggunakan kendaraan umum, para wisatawan juga bisa menggunakan kendaraan pribadi. Rute menuju tempat wisata ini bisa di mulai dari alun-alun kota Wonosobo. Setelah sampai di alun-alun kota Wonosobo. Langsung menuju ke jalan Dieng yang lokasi nya berada di sebelah barat alun-alun. Setelah itu ikuti terus ke arah jalan Dieng tersebut ke utara. Hingga sampai ke kawasan wisata Dieng. Sesampai nya di kawasan wisata Dieng, para wisatawan akan menemukan sebuah pertigaan besar.

Lalu ambil lah kiri ke arah Banjarnegara. Setelah ambil jalur kiri, sebentar lagi maka akan sampai ke telaga warna Wonosobo. Jarak dari pertigaan sampai telaga warna sekitar 1 Km. Bagi para wisatawan yang menggunakan kendaraan umum menuju ke telaga warna. Maka kamu harus turun di pertigaan tersebut. Setelah turun di pertigaan tersebut. Setelah turun maka harus melakukan jalan kaki. Jika tidak mau untuk berjalan kaki. Maka di anjurkan untuk menggunakan jasa ojek. Yang ada di sekitar destinasi wisata wonosobo ini.

Harga Tiket Masuk Telaga Warna Wonosobo

Sebelum ingin berkunjung  ke area telaga warna Wonosobo ini, para wisatawan di haruskan untuk membayar tiket. Namun tak perlu khawatir, harga tiket untuk masuk ke tempat wisata Wonosobo ini masih sangat terjangkau. Untuk 1 tiket nya membayar sebesar Rp. 7.000 saja. Belum termasuk parkir mobil Rp. 5000 dan untuk parkir motor sebesar Rp. 2000. Tentu nya dengan tiket yang cukup murah tersebut. Para wisatawan akan di manjakan dengan kecantikan pesona alam dari telaga warna Wonosobo ini.

Daya Tarik Telaga Warna Wonosobo

Objek wisata alam ini merupkan salah satu objek wisata yang wajib di kunjungi. Pasal nya objek wisata menawarkan keindahan yang luar biasa. Telaga warna tersebut juga di kelilingi oleh bukit yang indah yang cocok sebagai tempat untuk refreshing. Yang unik dari telaga warna sesuai warna nya, telaga ini bisa berubah warna tergantung cuaca nya. Selain menjadi warna sekunder, warna primer dari tempat wisata ini adalah bisa berwarna kuning ataupun berwarna hijau dan bahkan pelangi. Warna sekunder, tidak menutup kemungkinan jika telaga warna Wonosobo ini bisa berubah warna. Menjadi warna biru, jingga, atau bahkan warna-warna lain nya. Salah satu penyebab telaga warna Wonosobo ini dapat  berubah-ubah warna nya adalah karena mengandung kandungan sulfur. Yang berada di di telaga warna Wonosobo ini.

Air pada telaga warna ini juga mempunyai kandungan sulfur yang akan membiaskan warna yang indah saat di sinari matahari. Oleh karena itu, salah satu waktu yang tepat untuk mengunjungi dan juga berpetualang ini adalah pada saat musim panas. Hal ini di karenakan oleh saat musim penghujan, telaga warna Wonosobo ini akan lebih sering di selimuti oleh kabut. Kabut tersebut yang akan menghalangi perubahan warna dari telaga. Jika terkena sinar matahari. Oleh karena itu, musim panas menjadi saat yang tepat untuk berpetualang di tempat wisata Wonosobo ini. Karena bik saat pagi hari, siang atau bahan pada saat sore hari. Biasa nya matahari akan jelas menyinari telaga. Dan telaga juga akan berubah-ubah warna nya.

Fakta Lain Dari Telaga Warna Wonosobo

Telaga warna Wonosobo menjadi telaga nomor dua terluas di dataran Dieng setelah Telaga Menjer. Di bandingkan dengan telaga lain nya. Telaga warna Wonosobo adalah salah satu  yang di rekomendasi kan untuk di eksplorasi. Luas dari telaga warna Wonosobo bahkan mencapai tiga kali dari lapangan sepak bola pada umum nya. Oleh karena itu, sangat wajar sekali telaga ini menjadi salah satu telaga terluas yang berada di dataran tinggi. Kemudian, dengan luas seperti itu, jelas telaga warna Wonosobo sangat patut untuk di eksplorasi lebih dalam lagi. Baca juga tempat wisata museum kailasa banjarnegara dan tempat wisata curug genting tirta banjarnegara 

Legenda Telaga Warna Wonosobo

Tentu nya telaga warna Wonosobo ini tidak luput dari cerita legenda yang melekat di masyarakat sekitar. Masyarakat sekitar mempercayai bahwa kata nya telaga warna Wonosobo ini tidak berdiri dengan sendiri nya. Konon, kata nya telaga warna ini adalah sebuah tangisan rakyat kerajaan. Yang merasa sedih karena sang putri kerajaan menolak hadiah dari sang raja. Kesedihan rakyat tersebut melihat seorang anak yang menolak hadiah dari orang tua nya sendiri. Akhir nya membanjiri perkampungan mereka. Dan pada akhir nya jadilah telaga warna Wonosobo ini. Tentu nya tempat wisata Wonosobo ini memiliki keunikan tersendiri yang membuat para wisatawan tertarik untuk mengunjungi telaga warna Wonosobo.

Tempat Starategis Untuk Melihat View Telaga Warna Dari Ketinggian

Telaga warna yang unik akan lebih indah jika di lihat dari atas. Jika mendaki Gunung Prau, memiliki berkesampatan melihat telaga warna tetapi kurang jelas, apalagi saat kabut tebal. Hal ini di sebabkan karena Gunung Prau terlalu tinggi dari tempat wisata ini. Sebenar nya ada tempat – tempat startegis dan juga favorit para wisatawan untuk melihat view telaga warna Wonosobo ini dari ketinggian. Dari tempat-tempat ini para pengunjung bisa melihat warna-warni indah telaga warna yang bersandingan dengan Telaga Pengilon yang jernih.

Dengan latar belakang bukit dan juga gunung-gunung dengan pepohonan yang rindang. Serta berselimut kabut pegunungan. Tempat starategis dan juga favorit pertama adalah Batu Ratapan angin. Batu ratapn angin adalah dua buah batu yang bertumpuk di atas sebuah bukit di kompleks telaga warna Wonosobo. Letak nya yaitu berada di sisi sebelah timur telaga warna. Tempat dari atas, yaitu objek wisata wnaa wisata petak 9 bukit Sidengkeng. Di kedua tempat inilah pada pecinta fotografi dan juga penikmat alam mendapatkan foto telaga warna yang bagus dan juga istimewa. Kedua tempat ini letak nya dekat dengan telaga warna.