Tempat Wisata Murah Dan Indah Tebing Breksi Yogyakarta Jawa Tengah

Selain Pantai Cemara Sewu dan Hutan Mangrove Kulon Progo. Ternyata Yogyakarta juga mempunyai  sebuah destinasi wisata yang sedang hits dan banyak di buru oleh para traveller. Salah satu tempat wisata yang hits di Yogyakarta tersebut adalah Tebing Breksi Yogyakarta. Tempat wisata Yogyakarta yang satu ini merupakan salah satu objek wisata baru di Yogyakarta. Dan untuk peresmian nya sendiri masih tahun kemarin, yaitu tepat nya pada tanggal 30 Mei 2015. Tempat wisata Tebing Breksi Yogyakarta ini cocok untuk para traveller yang suka dengan petualangn. Pasal nya dalam lokasi tempat wisata ini terdapat bagian-bagian menarik untuk jiwa petualang. Seperti panjat tebing, bermain sepeda, gunung serta tempat-tempat menarik untuk di jadikan spot fotografi. Selain itu juga cocok untuk di gunakan untuk foto frewedding. Dari atas puncak tebing, para pengunjung bisa menikmati keindahan Candi Prambanan, Barong, Sojiwan. Serta keindahan Gunung Merapi dan juga megah nya kota Yogyakarta.

Tebing Breksi Yogyakarta, Bekas Tambang Yang  Menjadi Destinasi Wisata Favorit

Tebing Breksi Yogyakarta

Tebing Breksi Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata baru terpopuler di Yogyakarta. Berbeda dengan destinasi wisata lain yang berada di Yogyakarta ini. Tebing Breksi Yogyakarta ini awalnya adalah kompleks pertambangan batu putih yang dikelola oleh warga sekitar. Dengan kata lain Tebing Breksi ini tidak terbentuk secara alami. Akan tetapi terbentuk akibat aktivitas menambang yang dilakukan oleh warga sekitar. Awal mula Tebing Breksi menjadi destinasi wisata adalah ketika para peneliti geologis melakukan penelitian. Terhadap batuan yang berada di lokasi tersebut. Setelah penelitian selesai ditemukan data bahwa batuan yang ada di lokasi tersebut merupakan endapan. Endapan dari abu vulkanik gunung api Purba Nglanggeran. Baca juga tempat wisata seribu batu songgo yogyakarta dan tempat wisata kebun teh nglinggo yogyakarta

Maka dari itu kawasan Tebing Breksi termasuk kedalam cagar budaya alam yang harus dilindungi sehingga aktivitas pertambangan dihentikan. Sejak saat itu aktivitas masyarakat sekitar Tebing Breksi Yogyakarta lesu. Masyarakat yang awal nya bekerja sebagai penambang harus mencari pekerjaan lain. Seiring berjalan nya waktu beberapa orang wisatawan mengunjungi bekas tambang tersebut. Karena memang pemandangan yang bagus dengan tebing batuan kapur tinggi menjulang. Yang merupakan suatu hal baru yang belum pernah ada sebelumnya di Yogyakarta. Pada saat itu belum terbentuk kepengurusan untuk mengakomodir wisatawan yang berkunjung. Hingga akhirnya Tebing Breksi Yogyakarta semakin ramai dikunjungi wisatawan dan terbentuklah suatu pengurus di kawasan tersebut.

Sejarah Singkat

Tebing Breksi ini berasal dari bebatuan kapur yang di hasilkan dari endapan. Dan juga hasil yang berupa abu vulkanik Gunung Nglanggeran yang berada di Gunung Kidul. Dimana, gunung tersebut merupakan gunung api yang menghasilkan morofologi bukit setinggi 30 meter. Uniknya lagi, pada saat penelitian ternyata bebatuan kapur yang ada di kawasan ini. Hampir sama dengan bebatuan yang ditemukan di daerah pantai Parangtritis hingga Wonogiri. Dengan kualitas batu terbaik berada di Desa Semilir, memiliki ketebalan antara 300 meter hingga 600 meter.

Tebing breksi Yogyakarta merupakan tempat penambang bebatuan kapur. Karena, terbengkalai dan tidak digunakan lagi, kawasan ini pun disulap menjadi sebuah kawasan pariwisata. Sebenarnya pada saat penambangan, kawasan ini sering dikunjungi oleh wisatawan. Hanya saja, baru wisatawan dari Yogyakarta saja. Kemudian pada tanggal 30 mei 2015. Sri Sultan Hamengkubuwo meresmikan kawasan ini sebagai tempat pariwisata baru di Yogyakarta. Dan menjadi salah satu pariwisata andalan di wilayah Sleman, Yogyakarta selain Candi Prambanan.

Spot Foto yang Unik Di Tebing Breksi Yogyakarta

Berada di kawasan ini memang harus siap-siap memori penuh dan beterai full. Karena hampir setiap sudutnya merupakan spot genic. Para pengunjung akan disuguhkan pemandangan berupa guratan tebing yang benar-benar tampak. Guratan ini seperti halnya, bercak jerawat yang ada di wajah manusia. Selain itu, berada di ketinggian membuat kawasan ini mempunyai udara yang cukup sejuk. Ada salah satu spot foto favorit. Dimana, pada waktu hari libur, kawasan ini akan dipenuhi oleh wisatawan. Spot tersebut berupa ukiran wayang, sangat detail sekali ukiran ini. Sehingga benar-benar mencerminkan kota Yogyakarta yang juga dikenal sebagai kota budaya. Satu lagi, ukiran di tebing ini adalah ukiran naga sebagai bentuk keberagaman yang ada di Indonesia. Terutama juga berada di Yogyakarta.

Para pengunjung juga bisa foto di tangga yang menghadirkan sensasi romantis, bila saat senja tiba. Ada pula spot foto bersama dengan burung hantu. Bisa dipilih mulai dari yang besar atau yang kecil. Sementara itu, di atas tebing para pengunjung akan disuguhkan dengan beberapa spot foto berupa sangkar burung. Love dengan pemandangan yang mengesankan. Dari sini pula, para pengunjung  bisa menikmati pemandangan candi prambanan. Walau cukup jauh. Namun, sangat menarik untuk disaksikan. Di sini pula ada area tleter seneng yang berbentuk lingkaran dengan diameter kurang lebih 15 meter. Tempat ini memang mengesankan karena berbentuk seperti panggung. Tempat ini biasanya digunakan sebagai arena untuk menggelar pagelaran seni.

Harga Tiket Masuk menuju Tebing Breksi Yogyakarta

Bagi yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini tidak perlu repot-repot untuk bernegosiasi htm untuk rombongan. Karena di tebing Breksi Yogyakarta ini biaya masuk nya seikhlas nya. Alias secara sukarela dari para pengunjung untuk peningkatan fasilitas yang ada. Selain itu biaya parkiran nya cukup 2 ribu untuk motor dan 5 ribu untuk mobil. Fasilitas yang ada di tebing breksi yogyakarta ini juga sudah mulai lengkap dengan warung nasi, mushola. Dan juga toilet untuk membuat para pengunjung nyaman berada di tempat wisata Tebing Breksi Yogyakarta ini. Tebing Breksi Yogyakarta buka pada setiap hari, mulai dari jam 5 pagi. Bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan sunrise hingga pukul 6 sore selepas sunset.

Alamat Dan Rute menuju Ke Tebing Breksi Yogyakarta

Alamat kawasan lokasi tebing breksi yogyakarta ini berada di Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah istimewa Yogyakarta. Nah, untuk menuju ke kawasan ini ada dua cara. Yaitu dengan menggunakan kendaraan pribadi dan menggunakan transportasi umum. Bagi wisatawan yang ingin menggunakan kendaraan pribadi bisa arahkan kendaraan menuju ke perempatan prambanan. Ini adalah titik awal menuju ke tebing breksi. Kalau dari arah solo, belok kiri ketika sampai di lampu merah pertigaan pasar prambanan.

Jika, dari Yogyakarta belok ke kanan. Ikuti jalan hingga menemui papan petunjuk menuju ke candi ratu boku. Kurang lebih 100 meter setelah belok ke kiri, para pengunjung akan bertemu dengan perempatan. Belok ke kanan ke arah candi ijo. Ikuti saja jalan dan papan petunjuk, tujuan para pengunjung ada di kiri jalan. Bagi para pengunjung yang ingin naik transportasi umum. Titik awal pemberangkatan bisa dari terminal giwangan. Atau, bagi para pengunjung yang berasal dari luar kota bisa turun di stasiun tugu Yogyakarta. Kemudian, naik bus trans jogja dengan jurusan pasar prambanan. Harganya pun cukup terjangkau yaitu 5 ribu rupiah saja.