Taman Wisata Alam Linggarjati Kuningan Serta Sejarahnya

Salah satu dari sekian banyak tempat wisata kuningan adalah taman wisata alam linggarjati Kuningan. Yang menawarkan beragam sunguhan menarik bisa di rasakan oleh para pengunjung. Dan taman linggar jati ini adalah salah satu titik awal pendaki ke Gunung ciremai.

Sejarah Taman Wisata Alam Linggarjati Kuningan

Taman Wisata Alam Linggarjati Kuningan

Objek wisata Taman Wisata Alam Linggarjati Kuningan ini merupakan satu kawasan hutan yang memiliki luas 11,5 hektar. Dimana hutan ini terpisah dari kawasan hutan lindung Gunung Ciremai. Yang telah di tetapkan sejak tahun 1942 oleh pemerintah belanda. Seperti khasnya hutan lingkungan di kawasan ini di penuhi dengan pohon – pohon tinggi. Menjulang dengan diameter 50 cm dan tinggi cabng kurang lebih 10 meter. Kawasan hutan di taman wisata alam ini sendiri ditetapkan secara resmi berdasarkan. Surat kementrian pertanian dengan nomor : 53/kps/um/2/1975 pada tanggal 17 February 1975. Secara astronomis terletak di antara 6 derajat 47°’ – 6 derajat 58° LS dan 108 derajat 30° – 108 derajat 30° BT.

Keindahan Taman Wisata Alam Linggarjati Kuningan

Jika anda berniat berkunjung ke lokasi Taman Wisata Alam Linggarjati Kuningan ini. Kesepakatan Linggarjati sendiri adalah hasil dari perundingan pada bangsa Indonesia. Dengan Belanda pada tahun 1946 yang pasti sudah anda pelajari di bangku sekolah. Taman Wisata Alam Linggarjati berbentuk rimba luas yang disebut titik awal pendakian menuju ke Gunung Ciremai. Sejak tahun 1924 lokasi ini adalah sisi yang terpisah dari lokasi rimba lindung Gunung Ciremai yang diputuskan oleh pemerintah Belanda. Namun pada tanggal 17 Februari 1975 lokasi ini diputuskan sebagai Taman Wisata Alam (TWA) oleh Menteri Pertanian. Kegiatan wisata yang telah ada terdapat di luar kawasan perlindungan hutan dan pelestarian alam adalah. Cibulan (objek wisata yang telah banyak pengunjungnya) sehingga daerah ini merupakan rangkaian objek wisata.

Kegiatan Wisata Alam Yang Dapat Dilakukan

  • Menikmati keindahan alam dan sekitarnya
  • Memancing
  • Berenang

Anda di sarankan dateng lebih pagi karena suasana yang berada di sekitar sini. Ketika pagi sangat lah sejuk nan asri akan terasa sekali. Ini karena iklim di kawasan ini memiliki tipe c dengan rata-rata curah hujan pertahun nya. Sekitar 3.541 mm berdasarkan kasifikasi schmidt dan ferguson. Kawasan tempat wisata alam ini memiliki beragam spesies flora diantaranya, Pasang (Quercus sp). Bungur (Lagerstroemia sp), Kiara (Ficus sp), Jamuju (Podocarpus Imbricatus), Lemo (Alstonia, Scholaris). Dan Kiacret(Spathodea Campulata).Adapun beberapa fauna yang bisa ditemui di Obyek Wisata Linggarjati adalah beberapa jenis burung. Seperti Burung Pipit (Lonchura Leucogastoides) dan Kepodang (Oriolus chinensis). Karena keterbatasan kawasan hutan alam ini yang memang tidak begitu besar. Sehingga untuk satwa pihak pengelola membatasinya.

Fasilitas Taman Wisata Alam Linggarjati Kuningan

Di samping hutan yang menawarkan keindahan ini, kawasan ini juga menawarkan fasilitas. Serta sarana hiburan yang cukup sangat banyak, ada bebabrapa di antaranya adalah. Area parkir, mushola, toilet, warung, restoran, penginapan vila atau cottage, aula pertemuan, sementara untuk sarana hiburannya adalah. Kolam pemancingan, kolam renang, outbond, sepeda air, arena bermain anak dan beberapa sarana lainnya. Kawasan ini sendiri pun sangat ramai ketika di hari weekend dan pada hari tertentu. Seperti hari raya idul fitri, bahkan hari libur nasional. Khusunya untuk tahun baru tempat wisat ini secara rutin mengadakan acara kembang api yang di iringi dnegan panggung hiburan. Dan sehingga suasannya menjadi sangat ramai dengan pengunjung yang berdatangan dari berbagai kota.

Harga Tiket Masuk Dan Jam Buka Taman Wisata Alam Linggarjati Kuningan

Untuk harga tiket masuk anda harus membayar sekaitar Rp. 5.000/orang untuk dewasa dan untuk anak – anak sebesar Rp. 3.500/orang. Untuk biaya parkir anda harus membayar sebesar Rp. 4.000 untuk motor, dan untuk mobil sebesar Rp. 5.000, jika bus maka akan di kenakan biaya Rp. 10.000. Untuk jam operasional Taman Wisata Linggarjati Kuningan buka pukul 08:00 – 18:00 WIB.

Lokasi Taman Wisata Alam Linggarjati Kuningan

Posisi Obyek Taman Wisata Linggarjati Kuningan sendiri cukup strategis. Dan tidak terlalu jauh dri pusat kota Kuningan yaitu sekitar 28 km. Dari kecamatan Cilimus jarak tempuhnya adalah 2 km. Sedangkan bagi pengunjung yang berasal dari kota Bandung jarak tempuhnya adalah. Kurang lebih 160 km dengan rute Bandung – Cirebon – Cilimus – Linggarjati. Klik disini untuk melihat peta Taman Wisata Linggarjati Kuningan ini

Pencarian Terbaru: