Liburan Keluarga Ke Taman Wisata Alam Angke Kapuk Jakarta

Taman Wisata Alam Angke Kapuk bagai permata hijau di utara Jakarta. Kesan sumpek dan hiruk pikuk ibukota langsung sirna begitu melangkahkan kaki masuk ke kawasan ini. Keberadaan Taman Mangrove atau Taman Angke Kapuk membawa kesan yang berbeda. Jika anda sedang berlibur ke tempat wisata di Jakarta tersebut, anda akan merasakan kesunyian dan ketentraman yang sangat menenangkan. Sebenarnya ada tiga kawasan konservasi di Penjaringan, yaitu Suaka Margasatwa Muara Angke yang khusus untuk kegiatan penelitian. Kawasan Ekowisata Mangrove Education Center yang dikelola pemerintah DKI Jakarta. Dan Taman Wisata Alam Angke Kapuk yang populer sebagai spot foto.

Kawasan Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Begitu anda memasuki kawasan wisata Alam Mangrove Angke Kapuk. Anda akan di suguhi pemandangan hamparan hutan mangrove yang sangat indah, tak tampak seperti berada di Jakarta. Tentu saja kami sarankan untuk datang pada pagi atau sore hari, di mana matahari tidak terlalu menyegat. Dan pastinya anda akan mendapat beragam spot spot indah yang akan sangat sayang jika anda lewatkan. Kawasan wisata ini berdiri di atas lahan seluas 99.8 hektar. Sehingga anda serasa berada di kawasan hutan yang indah dengan pemandangan yang sangat luar biasa. Banyak para wisatawan yang datang tidak hanya dari dalam negeri saja. Namun banyak juga para wisatawan asing yang datang ke kawasan ini, karena memang kawasan ini layak untuk anda kunjungi.

Fasilitas Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Ditempat ini pun disediakan fasilitas yang cukup lengkap diantaranya sebagai berikut:

1. Kantin Lesehan

2. Taman Bermain Anak

3. Jalur Sepeda

4. Majid Diatas Air

5. Wisata Air

6. Penitipan Barang

7. Gedung Aula

Aktivitas Yang Bisa Anda Lakukan Di Taman Angke Kapuk

Secara Umum beragam aktivitas yang bisa dilakukan disini, seperti:

1. Menginap di Taman Wisata Alam Mangrove

Suasana alam yang tenang ditambah dengan udara sejuk dan mangrove di sekitarnya. Pasti akan menyembuhkan kepenatan anda berada di ibu kota. Terdapat dua pilihan menginap di sini yaitu dengan tenda dan villa.

2. Naik Perahu atau Kano

Berolahraga air dapat secara instan dilakukan di sini dengan mendayung perahu atau kano Anda sendiri. Dengan harga yang terjangkau Anda dapat berkeliling danau dalam waktu 40 menit.

3. Bird Watching

Terdapat area khusus di dalam Objek Wisata Alam ini yang menawarkan wisata bird watching. Burung-burung dengan berbagai spesies berada di area tersebut. Walaupun anda akan dikenakan biaya tambahan jika membawa kamera. Tetapi dengan kamera selular pun rasanya sudah cukup untuk menangkap aktivitas mereka.

4. Menanam Mangrove

Jika sehari-harinya Anda jarang bersentuhan dengan alam, menanam mangrove rasanya dapat menjadi pilihan kegiatan yang menyenangkan dan menyehatkan. Selain dapat membantu melestarikan alam, Anda juga akan mendapat pengetahuan baru tentang pembudidayaan mangrove.

5. Trekking

Suasana alam yang tenang memang paling tepat dinikmati dengan menelusurinya dengan berjalan kaki. Selain terhitung olahraga, Anda pun dapat berelaksasi sejenak dari hiruk pikuk nuansa kota yang ramai.

Lokasi Taman Angke Kapuk

Jalan Garden House RT. 8/RW. 1 Kamal Muara Penjaringan, RT. 8/RW. 1, Kamal Muara, Penjaringan, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14470.

Rute Menuju Taman Angke Kapuk

  • Jika Anda berasal dari Tol Pluit, keluarlah melalui Muara Karang. Kemudian masuk ke kawasan Pantai Indah Kapuk dan tuju ke arah Sekolah Tzu Chi.
  • Jika Anda berasal dari arah Tol Bandara Soekarno Hatta. Keluarlah melalui tol Muara Kapuk dan tujulah kawasan Pantai Indah Kapuk, dan tujulah ke arah Sekolah Tzu Chi.
  • Jika Anda berasal dari tol JORR Lingkar Barat. Keluarlah langsung ke arah Pantai Indah Kapuk, lalu tujulah ke arah Sekolah Tzu Chi.

Selain dengan kendaraan pribadi, berwisata ke objek wisata ini bisa dilakukan dengan cukup mudah walau hanya dengan menggunakan kendaraan umum. Jika Anda datang dengan naik kendaraan umum, Anda bisa menggunakan bus Transjakarta dengan menuju arah Pluit, yaitu di koridor 12. Lalu tujulah halte Penjaringan. Dari halte tersebut, Anda bisa naik angkutan kota dengan kode B01 jurusan Muara Karang. Turunlah di Pizza Hut Muara Karang. Dari sana, oper angkutan kota dengan kode U11 untuk menuju ke Pantai Indah Kapuk.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk dewasa lokal

 

Rp. 25.000
Harga tiket masuk anak lokal Rp. 10.000
Harga tiket masuk turis mancanegara Rp. 250.000
Harga parkir roda dua Rp. 5.000
Harga parkir roda empat Rp. 10.000
Harga parkir roda enam (bus) Rp. 50.000
Harga sewa camping ground Rp. 300.000 per malam (2 orang)
Harga sewa camping house dengan AC Rp. 600.000 per malam (2 orang)
Harga sewa camping house tanpa AC Rp. 450.000 per malam (2 orang)
Harga sewa penginapan villa Rp. 1. 300.000 sampai Rp 6.000.000 per malam
Harga tiket naik kano Rp. 100.000 per 45 menit
Harga tiket naik perahu kapasitas 6 orang Rp. 250.000
Harga tiket naik perahu kapasitas 8 orang Rp. 350.000

Bagi pengunjung yang membawa kamera selain kamera handphone. Maka akan dikenakan tarif tersendiri, yaitu dengan membayar Rp 100.000. Karena pada dasarnya untuk masuk ke dalamnya dilarang membawa kamera, kecuali kamera handphone. Sedangkan untuk pasangan yang ingin menjadikan lokasi ini sebagai Tempat Prewedding di Jakarta, biayanya adalah Rp 1.500.000.

Tags:,

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!