Tempat Wisata Keluarga Taman Situ Lembang Jakarta

Taman Situ Lembang Jakarta adalah sebuah taman kota yang terletak di pusat Jakarta. Situ berarti danau yang payau, sedangkan Lembang adalah nama jalan yang berada di dekat taman tersebut. Taman ini merupakan salah satu taman tertua di Jakarta dan memiliki danau kecil yang airnya berasal dari sumber air alam. Di taman ini terletak fasilitas arena pemancingan, trek lari, dan arena permainan anak. Taman Situ Lembang dikelilingi oleh rumah-rumah di kawasan elite Menteng. Pada awalnya taman ini merupakan waduk subsistem kali Cideng, untuk menampung air dari sumber-sumber di sekitarnya. Pemerintah Kotapraja kemudian menambahkan panggung terbuka. Pada tahun 1984 Dinas Pertamanan merenovasi taman ini. Dan menambahkan empat buah air mancur yang dipenuhi dengan bunga teratai, serta lapak pemancingan. Pada tahun 2002,taman ini kembali direnovasi Dinas Pertamanan sehingga lebih sesuai untuk digunakan sebagai taman publik.

Taman Situ Lembang ini merupakan salah satu taman tertua yang ada di wilayah Jakarta. Luas tamannya 14.700 m², dan berdiri di atas lahan seluas 11.150 m². Danau kecil yang terdapat di tengah-tengah taman ini, dahulu merupakan sebuah waduk dari sub-sistem Sungai Cideng. Yang dibangun oleh Hindia Belanda sebagai penampungan air dari beberapa mata air yang berada di sekitarnya. Nama situ diambil karena di tengah taman terdapat danau, dan Lembang karena lokasinya berada di Jalan Lembang.

Daya Tarik Taman Situ Lembang Jakarta

Taman Situ Lembang Jakarta

Ditengah situ juga terdapat air mancur yang dioperasikan 2 jam sekali. Dan juga tanaman bunga teratai yang sangat indah saat sedang bermekaran. Air Mancur di tengah danau adalah salah satu daya tarik utama taman ini, mulai dinyalakan jam 8 pagi. Dimatikan jam 10 pagi kemudian menyala lagi jam 12 siang dan begitu seterusnya. Gaya pancuran-nya pun berbeda-beda, kadang memancur tinggi, kadang memancur rendah dengan beberapa air mancur kecil lain disekelilingnya. Disekitar area taman terdapat tempat duduk warna warni terbuat dari beton yang menghadap kearah situ dan sarana bermain untuk anak-anak. Taman ini biasanya ramai dikunjungi pada hari Sabtu dan Minggu, mulai dari pagi hingga sore hari.

Sejarah Singkat Taman Situ Lembang Jakarta

Menurut sejarahnya, Situ Lembang adalah danau buatan yang dibangun satu paket dengan pembangunan rumah-rumah di Menteng. Termasuk di antaranya adalah pembangunan Taman Suropati. Seperti halnya Taman Suropati, Taman Situ Lembang juga dirancang oleh Pieter Adriaan Jacobus Moojen. Insinyur pertama yang merancang kawasan Nieuw Gondangdia (sebutan Menteng kala itu) pada tahun 1911. Pembangunan dilanjutkan tahun 1918 oleh Ir. F.J. Kubatz, karyawan Gemeente Batavia (pemerintah kota zaman Hindia Belanda). Yang menyusun perluasan Batavia, khususnya Menteng (Rencana II), yang didasarkan pada rancangan P.A.J. Moojen. Sedangkan, Taman Situ Lembang sendiri baru dibangun belakangan setelah sejumlah perumahannya banyak yang berdiri, sekitar tahun 1926.

Alamat Dan Cara Menuju Tempat Wisata Taman Situ Lembang Jakarta

Jl. Lembang Terusan No.D-59, RT.6/RW.5, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12910. Taman ini terletak di Jl. Lembang yang dapat di tempuh dengan jalan kaki, dari Taman Suropati. Kita bisa masuk ke Jl. Lembang melalui Jl. Suropati dari arah Megaria ke Bundaran Hotel Indonesia ataupun dari arah Jl. Suropati, belok kanan ke Jl. Syamsurizal, baru belok ke arah kiri Jl. Lembang. Tetapi jika anda masih bingung di mana lokasi atau letak Wisata Taman Situ Lembang Jakarta Pusat. Kami sarankan anda mencari dengan mengetik Wisata Taman Situ Lembang Jakarta Pusat di search google maps saja. Di Google maps sudah tertandai dimana lokasi yang anda cari tersebut.

Tiket Masuk Dan Jam Operasional Tempat Wisata Taman Situ Lembang Jakarta

Pada umumnya tempat wisata selalu terkena tarif jika anda ingin mengunjunginya. Akan tetapi objek wisata yang satu ini tidak dikenakan tarif apapun. Jadi jika anda menghabiskan waktu liburannya bersama keluarga, anda tidak harus menyiapkan uang untuk membayar tiket lagi. Dan anda juga bisa mengunjungi tempat ini kapanpun jika anda mau. Karena tempat wisata taman situ lembang ini buka 24 jam.

Fasilitas Yang Tersedia Ditempat Wisata Taman Situ Lembang Jakarta

Fasilitas yang tersedia di tempat wisata di Jakarta ini cukup banyak, seperti:

  • Area parkir kendaraan
  • Tempat memancing
  • Kamar mandi
  • Tempat istirahat
  • Pedagang keliling
  • Area jogging track
  • Dan masih banyak lainnya

Jika anda penasaran, sebaiknya anda datangi saja tempat wisata ini.

Aktivitas Yang Bisa Anda Lakukan Di Taman Situ Lembang Jakarta

Selain sebagai tempat bersantai masyarakat Jakarta, taman ini juga kerap dipakai untuk berbagai kegiatan, seperti syuting film Warkop DKI. Tahun 1950-an, taman ini juga pernah menginspirasi Saiful Bahri ketika ia menciptakan lagu Kisah Malam di Jalan Lembang. Yang berkisah tentang percintaan muda-mudi. Lalu, pada tahun 1960 taman ini sering dimanfaatkan Ibu Kasur sebagai panggung anak-anak.