Tempat Wisata Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas Banjarnegara

Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas Banjarnegara ini yang terletak di Kelurahan Kutubanjar Kecamatan Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara Provinsi Jawa Tengah. Ini adalah sebuah taman serta pada awalnya merupakan sebuah hutan kota yang telah di hijaukan semenjak tahun 1994. Taman yang di resmikan oleh Jendaral TNI (Purn) Susilo Sudirman (alm). Ketika masih menjabat ketua Paguyuban Seruan Elang Banyumas (Serulingmas) pada tanggal 21 Agustus 1997. Lahan yang dimiliki TRMS Serulingmas secara keseluruhan adalah kurang lebih 100.000 m² atau 10 hektar. Dimana yang 50.000 m² sudah ada infrastruktur dan fasilitasnya, sedangkan yang 50.000 m² lainnya merupakan lahan kosong.

Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas Banjarnegara

Taman Margasatwa Serulingmas Banjarnegara

Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas Banjarnegara dibangun pada masa Bupati (saat itu) Drs Nurachmad. Di taman tersebut hidup lebih dari 36 jenis hewan memamah biak, burung, dan binatang melata serta tanaman langka. Dua ekor gajah Sumatera, alumnus sekolah gajah Way Kambas, Lampung. Selain itu terdapat pula harimau benggala, singa Afrika, dan seekor beruang. Tempat wisata Rekreasi Margasatwa Serulingmas Banjarnegara yang terletak tidak jauh dari pusat kota Banjarnegara. Hanya sekitar 2 KM saja dari arah Barat, Taman yang berada di banatara sungai Serayu, sungai. Yang menjadi sumber Pembangkit Listrik Tenaga Air Mrica di Kecamatan Bawang. Untuk menuju lokasi wisata ini sangat mudah sekali di jangkau. Akses jalan yang sudah di bangun dengan baik dan angkutan umum juga sudah tersedia. Di tengah hutan taman juga terdapat makam Ki Ageng Selomanik. Ini adalah seorang pengikut Pangeran Diponegoro yang terdesak ke arah barat dan kemudian menetap di Banjarnegara.

Dari Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas Banjarnegara. Anda bisa dilihat pemandangan menawan lembah Sungai Serayu, yang bertemu dengan Sungai Merawu dan Palet di sisi barat. Tidak jauh dari sana terdapat Bendungan Banjarcahyana. Yang dibangun oleh pemerintah Hindia Belanda tahun 1939. Bendungan yang berkonstruksi sifon itu menembus sampai ke bawah Kali Merawu dan sampai kini masih berfungsi sebagai irigasi teknis. Selain menajadi tempat rekreasi bagi para wisatawan juga berfungsi sebagai Konsevasu satwa di luar habitatnya. Berbagai jenis Satwa Carnivora, Herbivora maupun Omnivora saat ini hidup dan berkembang dengan baik.

Koleksi Fora Dan Fauna Taman Rekreasi Margasatwa Selulingmas Banjarnegara

Wisata Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas Banjarnegara menarik untuk dikunjungi, karena pengelola memadukan beberapa objek wisata dalam satu lokasi. Anda tidak hanya bisa melihat beragam koleksi binatang, kolam renang dengan fasilitas waterboom tersedia. Wahana permainan juga dibuat untuk memanjakan pengunjung anak-anak. Pada hari tertentu biasanya digelar hiburan rakyat seperti musik dangdut atau campur sari, dipanggung terbuka yang disediakan secara khusus. Keterpaduan yang harmonis antara flora dan fauna yang terletak di Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas Banjarnegara. Taman Rekreasi dan Marga Satwa Serulingmas memiliki potensi dengan kondisinya pada saat ini.

Taman Rekreasi dan Marga Satwa Serulingmas memiliki berbagai jenis tanaman. Meskipun tidak selengkap kebun binatang lainnya taman safari atau ragunan. Namun taman ini memiliki koleksi satwa yang sangat cukup lengkap. Diantaranya Harimau, Singa, ular, orang utan, aneka burung, kuda zebra, kasuari, beruang dan masih banyak lagi. Taman Rekreasi Margasatwa Selulingmas Banjarnegara ini memiliki lebih dari 36 jenis hewan yang berkembang biak serta tanaman langka. Disediakan pula fasilitas wisata menunggang gajah keliling taman dengan dipandu seorang pawang. Kolam renang cukup memadai, terdiri atas 3 bagian kolam untuk anak-anak dan orang dewasa, serta fasilitas mandi/bilas.

Akses Menuju Taman Rekreasi Margasatwa Selulingmas Banjarnegara

Untuk menuju obyek wisata ini Anda dapat menggunakan kendaraan umum seperti angkot dan delman dari kota Banjarnegara. Atau bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, hanya 10 menit dari alun-alun kota, ambil arah barat ke “Perempatan Buntil”, kanan (Jl. A Yani), pertigaan Rumah Sakit ambil kiri, lurus terus (Jl. Selamanik) sekitar 500 meter, dan beberapa meter dari Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar Kabupaten Banjarnegara). Di kanan jalan, pengunjung dapat memarkir kendaraan di tempat yang sudah disediakan itu. Jangan lupa baca juga gunung lanang Banjarnegara

Harga Tiket Masuk Taman Rekreasi Margasatwa Selulingmas Banjarnegara

Harga Tiket Masuk Taman Marga Satwa Serulingmas ini cukup murah hanya dikenakan tarif Rp.5000 untuk umum dan Rp2000 untuk pelajar. Anda juga bisa menunggang gajah, unta, atau kuda dengan tarif Rp5000. Selain itu anda juga bisa menikmati wahana wisata lainnya seperti kolam renang, wahana permainan dan sebagainya dengan tarif Rp4000/wahana.

Ditaman ini wisatawan juga dapat menikmati minuman khas Banjarnegara. Yaitu Dawet Ayu Banjarnegara, yang bernuansa pedesaan yang sangat kental dengan taman rekreasi selulingmas Banjarnegara,

Pencarian Terbaru: