Rute Menuju Tempat Wisata Taman Pelangi Yogyakarta

Selama ini Daerah Istimewa Yogyakarta identik dengan wisata budaya, wisata sejarah dan juga wisata pantai. Di kenal sebagai wisata budaya karena Yogyakarta merupakan sentra kebudayaan Jawa. Dengan kehidupan masyarakat yang masih kental dengan adat istiadat dan tradisi nya. Selain itu juga masyarakat Yogyakarta di kenal sangat lah kreatif dalam memadukan budaya lokal dengan budaya global. Sehingga menghasilkan karya seni dengan citarasa yang berbeda dengan karya seni lain nya. Taman Pelangi Yogyakarta menjadi salah satu tempat wisata Yogyakarta yang selalu di banjiri oleh para wisatawan.

Karena menghadirkan sesuatu yang berbeda, di tempat wisata ini para pengunjung dapat menyaksikan indah nya pelangi. Tanpa harus menunggu datang nya hujan. Bahkan pada saat malam hari tiba, cahaya lampu yang selama ini di jadikan sebagai fungsi peneranagan. Kini di Taman Pelangi Yogyakarta ini di ubah menjadi ornamen-ornamen cantik yang tertata dengan indah. Sehingga menghasilkan kesan yang unik dan juga menarik, begitu juga dengan lampion-lampion yang tertata indah menyuguh kan suasana yang romantis. Itu sebab nya Taman Pelangi Yogyakarta ini tidak hanya menjadi favorit bagi kaum muda, akan tetapi menjadi tempat rekreasi keluarga.

Mengenal Taman Pelangi Yogyakarta Jawa Tengah

Taman Pelangi Yogyakarta

Selain area utama yang bersifat edukatif dan menjadi bagian terpenting dari museum, terdapat sarana rekreatif yaitu Taman Pelangi. Taman yang mengitari bangunan Museum Monjali. Taman ini di fungsikan bersamaan dengan berdiri nya Museum Monjali, dan jam operasional nya juga mengikuti jam operasional Museum Monjali. Sejak di lakukan kerjasama antara Pemprov DIY dengan PT Cikal Bintang Bangsa, taman ini di rehab sedemikian rupa. Dengan tanpa mengubah bentuk dasar nya serta di lengkapi dengan sejumlah fasilitas umum dan berbagai macam wahana permainan. Baca juga tempat wisata pantai nglambor yogyakarta dan tempat wisata The World Landmarks Merapi park Jogja

Hasil nya begitu di launching kan pada tanggal 17 Desember 2011. Masyarakat Yogyakarta banyak yang terpukau oleh kemilau lampu dan juga lampion. Yang menghiasi sudut-sudut di Taman Monjali Yogyakarta ini. Taman Monjali yang berubah nama menjadi Taman Pelangi Yogyakarta ini dalam waktu yang relatif singkat. Dapat menyedot perhatian wisatawan dari luar daerah. Terlebih lagi setelah info, review, foto-foto dan gambar video nya banyak di unggah oleh warganet di sejumlah media sosial. Kesuksesan Taman Pelangi Yogyakarta ini rupa nya menyedot perhatian para wisatawan tersebut. Sehingga menginspirasi PT Cikal Bintang Bangsa untuk membuka tempat rekreasi dengan model yang sama di sejumlah tempat.

Harga Tiket Masuk Taman Pelangi Yogyakarta

Untuk dapat menikmati keindahan lampu dan lampion di setiap sudut Taman pelangi Yogyakarta. Para pengunjung hanya akan di kenakan HTM sebesar Rp. 10.000 untuk hari Senin – Kamis serta Rp. 15.000 untuk hari Jumat – Minggu dan hari libur nasional. Harga tiket masuk tersebut belum tersebut biaya parkir sebesar Rp. 2.000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil. Dengan membayar tiket yang relatif murah. Para pengunjung dapat menikmati lampu-lampu yang di modifikasikan dengan cantik dan lampion yang tertata artistik.

Fasilitas Di Taman Pelangi Yogyakarta

Beberapa fasilitas juga tersedia. Beberapa fasilitas tersebut di antara nya yaitu wahana permainan. Toilet umum, mushola, pujasera, penginapan atau hotel dan area parkir yang luas. Fasilitas toilet umum dan mushola tidak lah sulit untuk di cari, karena sudah di lengkapi dengan papan petunjuk arah. Area parkir berada di sekeliling jalan yang mengitari Monjali. Sehingga para pengunjung dapat leluasa untuk memarkirkan kendaraan nya di mana saja. Sedangkan untuk wahana permainan, tersebar di beberapa tempat agar para pengunjung yang datang tidak terpusat di satu lokasi. Untuk dapat menikmati setiap wahana permainan, para pengunjung masih di kenakan tarif. Dengan harga yang tidak sama antara wahana yang di mainkan. Maka semakin besar pula kocek yang harus di keluarkan. Tarif untuk masing-masing wahana tersebut adalah sebagai berikut :

  • Trampolin : Rp. 10.000
  • Kora-kora : Rp. 15.000
  • Euro Bungee : Rp. 20.000
  • Boom-Boom Car : Rp. 10.000
  • Sepeda Listrik : Rp. 15.000
  • Safari Train : Rp. 10.000
  • ATV : RP. 15.000
  • Bola Air : Rp. 15.000
  • Perahu Dayung : Rp. 20.000
  • Junior Jert : Rp. 10.000
  • Speed Boat : Rp. 10.000
  • Tandem : Rp. 10.000
  • Helicak : Rp. 20.000
  • Becak Mini : Rp. 10.000

Bagi pengunjung yang ingin menikmati sensasi hiburan yang berbeda yaitu dapat mencoba beruji nyali dengan memasuki rumah hantu. Yang memasang tarif sebesar Rp. 10.000. Bagi para pengunjung yang ingin mencoba lezat nya kuliner ala Yogyakarta. Tersedia lebih dari 25 tempat makan yang menghidangkan berbagai makanan dan juga minuman. Dengan harga yang pasti nya kan ramah di kantong. Menu yang di tawarkan cukup bervariasi mulai dari berbagai jenis makanan Nusantara, oriental food. Arabian food sampai dengan makanan ala Barat. Namun menu yang paling banyak di tawarkan oleh para pedagang adalah makanan – makanan khas Yogyakarta. Seperti Gudeg, Krecek, Tengkleng, Mengut Lele, Brongkos, Oseng-Oseng Mercon. Sego abang lombok ijo, Sate Kalatak, serta masih banyak yang lain nya

Hotel Terdekat Di Taman Pelangi

Jika ingin mencari penginapan yang terdekat dengan tempat wisata Yogyakarta dengan harga yang ekonomis. Maka bisa menuju ke sebelah Selatan Monjali. Atau menyusuri Jalan Magelang yang jarak nya sekitar 1 Km di sebelah barat Monjali. Di sana banyak terdapat guest House dengan harga sewa kamar permalam mulai dari Rp. 175.000 – Rp. 300.000. Beberapa guest house yang ada di kedua lokasi tersebut di antara nya adalah Adya Nalendra Boutique Hotel, Airy Eco Pogung Baru, Airy Eco Uny Komplek, Hotel Batik, Nirvana Inn 1 & 2, Tegal Panggung Guest House, Artha Guest House Ndalem Surokarsan, Victory Guset House, dan masih banyak lagi yang lain nya.

Alamat Taman Pelangi Yogyakarta

Lokasi taman romantis ini berada di halaman Museum Monumen Yogyakarta kembali. Jalan Ringroad Utara, Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi cukup strategis dan mudah untuk di temukan. Dari arah mana saja maka langsung bisa ke arah Ringroad utara menuju Monjali. Dari kejauhan, lampion warna-warni akan terlihat terang di tepi jalan. Jika dari Tugu Jogja bisa ditempuh sekitar 15 menit saja tergantung jalannya macet atau tidak.

Hari Dan Jam Buka Taman Pelangi Yogyakarta

Hari Senin – Kamis dari jam 17.00 s/d 22.00 WIB.
Hari Jum’at – Minggu dari jam 17.00 s/d 23.00 WIB.
Khusus hari Minggu, wahana permainan buka dari pagi.

Rute Menuju Taman Pelangi Yogyakarta

Untuk para wisatawan yang datang ke Yogyakarta dengan menggunakan sarana transportasi pesawat, jika ingin langsung ke Taman Pelangi Yogyakarta. Dari Bandara Adisucipto bisa naik Bus Transjogja yang selalu standby setiap 15 menit sekali dengan membayar Rp. 3.000. Taxi dan ojek juga tersedia di kawasan Bandara, hanya saja para pengunjung hanya harus pandai-pandai menawar. Karena taxi yang beroperasi di sini tidak menggunakan argo. Ongkos taksi biasa nya berkisar antara Rp. 30.000 – Rp. 40.000 sedangkan ojek motor sekitar Rp. 25.000. Jika para wisatawan yang berkunjung dengan naik bus, maka bisa turun di Terminal Giwangan atau Terminal Jombor. Untuk yang turun di Terminal Giwangan dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan Bus Transjogja Jurusan Tempel dan turun di Ringroad. Sedangkan yang turun di Terminal Jombor dapat naik Bus Transjakarta rute 2B dan turun di Halte Monjali 1. Yang letak nya berada tepat di depan lokasi Taman pelangi Yogyakarta.