Tempat Wisata Taman Buru Masigit Kareumbi Sumedang

Taman baru masigit kareumbi yang memiliki luas sekitar 12.420,70 hektar. Kawasan lokasi wisatanya yang masuk ke dalam 3 wilayah administratif. Yaitu Kabupaten Bandung, sumedang serta Kabupaten Garut. Sebagian besar wilayah TBMK masuk ke wilayah Sumedang dan Garut. Serta itu bisa di buktikan. Dengan letak geografisnya TB Gunung Masigit Kareumbi yang terletak di 6° 51′ 31”. Sampai 7° 00′ 12” Lintang Selatan dan 107° 50′ 30″” sampai 108° 1′ 30” Bujur Timur. Taman Buru Masigit Kareumbi lokasi geografisnya adalah berguung-gunung, Ketinggian Gunung Kareumbi puncaknya berada di posisi 1.763 mdpl.

Taman Buru Masigit Sumedang

Menjadikan kawasan wisata hutan di jawa barat ini termasuk hutan tipe iklim C dengan suhu rata-rata kawasan 23 derajat celsius. Lokasi Taman Baru Gunung Masigit Keumbi ini tidak begitu jauh dari kawasan wisata Curug cinula. Karena masih berada dalam satu jalur bersama – sama dengan Bukit Teletubies dan puncak Candi. Ketinggian dari tempat konservasi alam ini senidri mencapai 1.763 mdpl. Sehingga cukup dingin saat musim penghujan tiba, terutama pada waktu malem hari.

Sejarah Gunung Masigit Kareumbi Sumedang

Salah satu lokasi tempat wisata Sumedang ini memang cukup unik, karena hal itu bisa di lihat dari asal usul. Sejarah dari nama itu yaitu “Masigit” yang di ambil dari nama pasir yang ada di sebelah timur kawasan. Dan untuk “Kareumbi” adalah nama gunung di sebelah baratnya. Akan tetapi nama kareubi ini ada yang menafsirkan di ambil dari nama sebuah pohon. Yaitu pohon kareubi yang dulunya memang kawasan ini di dalam gunung tersebut. Yang merupakan habitat tempat hidup pohon kareumbi tersebut. Ada yang perlu anda ketahui ternyata TB gunung Masigit Kareumbi ini adalah. Yang merupakan kawasan daerah aliran sungai (DAS) Cimanuk, yang merupakan penyangga sumber air bagi sungai citarum sungai terbesar di Jawa Barat.

Serta di dalam kawasan hutan Masigit Kareumbi ini yang terdapat sejumlah sumber mata air yang berupa sungainya. Seperti Sungai cigunung, cikantap, cimanggu, cihanyamar, citarik cideres, cileunca, cianteun, cikayap, cibayawak, cisereh dan cimacan. TBMK ini sebelumnya tidak seperti sekarang yang merupakan kawasan. Yang sangat terkenal dengan illegal loggingnya, di sana banyak sekali penebangan pohon untuk alasan ekonomi dan produksi. Yang secara langsung berdampak serta berpengaruh terhadap kelesatarian dan fungsi hutan Gunung Kareumbi. Nah jadi pada tahun 2008, yang di kelompokan pecinta alam Wandari. Pada waktu itu telah mengajukan izin mengelola serta membentuk tim managemen pengelila “Kawasan Konservasi Masigit Kareumbi”. Dan saat ini telah berhasil menerobos seluas 300 hekatar dari total hutan yang rusak sekitar 2000 hektar. Untuk lebih jelasnya ini ada 6 program yang telah di rancang dalam Rencana Jangka Pendek dan Menengah. Secara garis besar di Taman Burung Gunung Masigit Kareumbi adalah

  • Pendidikan dan Pelatihan Alam Terbuka
  • Ekowisata
  • Konservasi
  • Pemulihan Populasi Satwa Buru dan Wisata Buru
  • Pemberdayaan Masyarakat
  • Penelitian dan Pengembangan

Alamat Taman Buru Gunung Masigit Kereumbi Sumedang

Desa Leuwiliang, Tanjungwangi, Cicalengka, Tanjungwangi, Cicalengka, Bandung, Jawa Barat 40395. Ini Adalah perbatasan anatara Bandung dan Sumedang. Klik di sini untuk melihat peta menuju lokasi tersebut

Rute Menuju Taman Buru Gunung Masigit Kereumbi Sumedang

Untuk menuju kawasan wisata Konservasi Taman Burung Gunung Masigit Kareumbi ini ada 3 rute. Yang bisa anda lewati, kabupetan bandung, sumedang dan garut. Start dari jalan Kopo, kita arahkan kendaraan ke jalan Soekarno-Hatta ( by pass ). Terus lurus hingga masuk cileunyi dan silahkan ikuti terus jalan menuju by pass cicalengka. Lepas 2 km dari jalan bypass cicalengka, silahkan anda perhatikan petunjuk arah menuju. Objek wisata Curug Cinulang dan ikuti petunjuk jalan tersebut. Dan tak lebih dari 2 km dari Tempat wisata Air Terjun di Bandung itu. Ada akan menemukan pertigaan kecil dan ambil arah kiri. Dari sana, anda akan melewati kawasan perkampungan dengan pemandangan yang indah. Setelah melewati perkampungan anda lurus saja terus, dan tepat di ujung jalan tersebut. Maka sampailah anda di lokasi wisata taman buru masigit kareumbi Sumedang.

Harga Tiket Masuk Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi Sumedang

Untuk tarif di lokasi tempat wisata Sumedang ini memang sangat murah yaitu Rp. 5.000 untuk hari senin – jumat. Sedangkan untuk hari sabtu – minggu serta hari libur seharga Rp. 7.500. Harga ini bisa berubah sewaktu – waktu. Jangan lups bscs juga bumi perkemahan kiara payung sumedang

Jam Buka Taman Burung Gunung Masigit Kereumbi Sumedang

Jam Operasional untuk lokasi objek wisata ini adalaj pukul 07.00 – 17.00. Untuk informasi harga tiket, sewa rumah pohon atau rumah rusa terbaru. Informasi kegiatan acara, reservasi teman atau informasi lainnya. Bisa anda hubungi nomor ini 022-2502085

Fasilitas Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi Sumedang

Untuk fasilitas menarik yang berada di kawasan hutan ini adalah terdapat tempat untuk bermalam. Yang khas ala hutan rimba, yaitu Rumah Pohon, Rumah Rusa serta tidak ketinggalan area Camping Ground. Lokasi yang tempat penginapan yang sangat khas dan unik ini sangat ideal bagi pengunjung. Rombongan seperti wisatawan kelaurga, komunitas, siswa atau universitas bahakan untuk berdua dengan pasangan pun sangat jelas. Jika anda pernah berkujung ke tempat wisata yang sangat terkenal dengan tempat makan dan bermalam di hutan. Seperti di Cong Restaurant and Gallery atau pernah menikmati sensai bermalam ala Glamping. Maka tempat ini akan memberi sensasi yang berbeda dari tempat wisata lainnya.

  • Rumah pohon ini sesuai dengan namanya pondokan atau tempat menginap di sini yang terbuka dari kayu. Tapi jangan salah kayunya bukan kayu hasil penebangan, akan tetapi di ambil dari pohon di hutan yang sudah tumbang. Rumah pohon yang berada di kawasan konservasi Masigit Kareumbi ini bentuknya adalah. Rumah panggung, tersedia 5 unit rumah pohon dengan kapaitas maksimal hingga 5 dan 8 orang di dalamnya. Dengan fasilitas di dalamnya sleeping bag dan lampu gas, tanpa aliran listrik.
  • Rumah Rusa sesuai dengan namanya pengunjung yang bermalam menggunakan tipe rumah ini. Maka anda sangat dekat alias bertetangga dengan satwa asli hutan ini yang sudah sangat langka yaitu 6 rusa tutul.
  • Camping Ground, Areanya luas dan di salah satu sudut sudah tersedia toilet. Pihak pengelola di sini telah siap menyediakan penyewaan alat kemah. Pokoknya tak kalah asyiknya jika bermalam di Legok Kondang Lodge, Trizara Resort, Glamping Lakeside atau di Pine Forest Camp.

Harga Sewa Rumah Pohon Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi Sumedang

Untuk anda yang berminat mencoba dan merasakan sensasi bermalam di hutan. Anda bisa mempergunakan rumah pohon di sini setelah membayar terlebih dahulu uang sewaan. Untuk harga sewa permalamnya yaitu Rp. 2.700.000. Harga tersebut sudah merupakan harga Full Book, dalam artian, selama masa sewa tersebut, orang lain. Yang sedang berada di sekitar kawasan wisata tidak boleh masuk ke sekitar rumah pohon yang sudah anda sewa. Informasi terbaru, bagi anda yang mungkin saja datang berdua bareng pasangan atau teman. Rumah pohon di sini pun bisa disewa satuan, dengan harga atau tarif sewanya sekutar Rp. 500.000 – Rp. 700.000/malam nya.

Bersepeda Downhill

Jika anda berkunjung dan bermalam di sini pokoknya benar-benar anda akan dikenalkan kepada alam yang sesungguhnya. Menghabiskan waktu ketika anda bermalam di situ dengan bersepeda di tengah hutan pinus dengan udara. Yang sangat segar dan sejuk, adalah hal istimewa yang tak mudah anda nikmati di kota.

Wali Pohon

Wali pohon adalah sebenarnya sebuah program gerakan menghijau kembali kawasan taman buru Gunung Masigit Kareumbi Sumedang. Ini dnegan cara memberdayakan pastisipasi segala lapisan masyarakat untuk aktif di program ini. Ya, dengan cukup membayar Rp.50.000, maka anda akan mendapatkan sertifikat dan satu tunas tanaman manglid atau puspa. Selanjutnya anda tanam sendiri dan selanjutnya status tanaman tersebut ke depannya adalah sebagai tanaman adopsi anda selama 3 tahun lamanya. Jadi kalau digambarkan, dengan program ini adalah anda menjadi orang tua asuh dari pohon tersebut. Selama waktu 3 tahun tersebut, di pohon yang anda tanam tersebut akan tercantum. Nama anda di papan kecil yang disediakan di depan pohon tersebut.

Homestay Cigumentong

Lewat program homestay ini, anda akan bisa mengenal dan merasakan langsung seperti apa sih tinggal dan hidup. Di tengah kawasan hutan bersama warga masyarakat di desa cigumentong. Jauh dari perkotaan dan yang pasti benar-benar hidup di tengah alam. Tidak ada listrik, tidak ada peralatan elektronik seperti hp, gadget dan yang lainnya. Apakah anda berani melakukan tantangan hidup di hutan seperti ini ?. Demikian beberapa kegiatan yang sangat menarik yang bisa anda lakukan di sana. Sebenarnya masih banyak hal yang bisa anda lakukan, seperti bermain kayak di sungai. Off road atau hanya sekedar jalan – jalan menysuri hutan pinus atau aliran sungai.

Daya Tarik Taman Buru Masigit Kareumbi Sumedang

Yang paling eksklusif liburan Taman buru Gunung Masigit Kareumbi ini. Sejuknya udara yang khas pegunungan yang mengelilingi kawasan dengan banyaknya. Tumbuh pepohonan yang sangat begitu asri, yang menjadikan kekuatan utama dari bumi parahyangan. Ada banyak tanaman pohon atau flora yang hidup di hutan alam masigit kareumbi ini, diantaranya Pasang, Saninten, Puspa, Rasamala. Sementara tumbuhan yang hidup dibawahnya ada tepus, congok, cangkuang dan yang lainnya. Sementara dari jenis bunga atau liana dan epiphyt yang tumbuh di sini antara lain. Seuseureuhan, angbulu, anggrek merpati, anggrek bulan, kadaka dan yang lainnya. Secara umum, hutan tanaman yang hidup di kawasan ini 40 persen ternyata. Di didominasi oleh jenis pohon pinus, kemudian pohon bambu serta jenis pohon kuren.

Mengenal Ragam Fauna

Dengan ragam tanaman dan pohon yang sudah di jelaskan di atas. Secara otomatis kawasan wisata hutan ini pun yang merupakan tempat hudup atau habitat dari. Beberapa bintang atau hewan khas pegunungan, seperti halnya konervasi satwa Rusa di Ranca Upas. Jenis fauna yang bisa anda temukan di kawasan wisata hutan Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi ini antara lain. Babi hutan, rusa tutul, kijang, anjing hutan, macan tutul, kucing hutan, ayam hutan, kukang, bultok, kera, lutung serta burung walik.

Pencarian Terbaru: