Wisata Keluarga Taman Bunga Sakura Cibodas Bogor Jawa Barat

Jika anda termasuk orang pecinta bunga sakura, anda tidak perlu jauh-jauh ke. Jepang jika ingin melihat taman bunga sakura secara langsung. Karena kini keindahan bunga sakura juga bisa kita nikmati di Indonesia lho… Tepatnya ada di Kebun Raya Cibodas, Bogor, Jawa Barat. Kebun Raya Cibodas atau Cibodas Botanical Garden mempunyai daya tarik tersendiri yang tidak dimiliki tempat wisata lainnya. Daya tarik itu mampu menyihir siapapun yang datang ke tempat ini, sehingga selalu rindu untuk datang kembali.

Taman Bunga Sakura Mekar Dua Kali Dalam Satu Tahun

Taman Bunga Sakura

Di kebun raya ini, terdapat puluhan pohon sakura di Taman Bunga Sakura. Sakura di tempat ini dapat berbunga sebanyak dua kali dama satu tahun. Yaitu sekitar bulan Januari-Februari dan Juli-Agustus. Sedangkan di Jepang, pohon Sakura hanya berbunga satu kali dalam satu tahun. Sakura yang mekar dapat bertahan sekitar 4 hari dengan masa tumbuh dari kuncup hingga gugur adalah sekitar 1 mingggu. Kelopak bunga sakura adalah bagian tercantik dari bunga ini. Karena memiliki bentuk dan warna merah muda yang indah.

Lokasi Taman Bunga Sakura Di Kebun Raya Cibodas

Alamat Kebun Raya Cibodas terletak Kabupaten Cianjur Jawa Barat, tepatnya berada di distrik Desa Cimacan Kecamatan Cipanas. Dengan kode pos 43253, beberapa kilometer saja setelah kawasan Puncak Bogor dari arah Jakarta dan Istana Cipanas dari arah Bandung. Secara geografis kawasan ini berada di kaki gunung Gede Pangrango pada ketinggian kurang lebih 1. 300 – 1. 425 meter di atas permukaan laut, sebelah timur jika diukur dari puncak gunung. Satu-kesatuan dengan kompleks Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Luas kawasan ini sekitar 84,99 hektar, dengan temperatur suhu rata-rata 20,06 °C. Kelembaban 80,82 % dan rata-rata curah hujan 2.950 mm per tahun. Benar-benar menjadi tempat yang ideal untuk beristirahat sambil menikmati keindahan panorama alam khas pegunungan dengan suasana yang sejuk dan menyegarkan.

Jenis Bunga Sakura Yang Ada Di Taman Raya Cibodas

Pohon sakura yang tumbuh di sini dikirim langsung dari pegunungan Himalaya sekitar tahun 1953. Beberapa jenis sakura yang ada di antaranya seperti jenis Prunus cerasoides, Prunus yedoensis, Prunus yamasakura. Prununs lannesiana, Prunus sp, Prunus arborea, dan Prunus costata. Suhu di Taman Raya Cibodas memang sejuk dan dingin seperti khas pegunungan. Inilah yang membuat pohon sakura bisa tumbuh subur di sini.

Harga Tiket Masuk Taman Sakura Cibodas

Untuk tiket masuk tempat wisata taman bunga sakura ini, pengunjung diharuskan masuk kedalam. Kawasan kebun Raya Bogor yang hanya dikenakan biaya yang sangat murah, yakni Rp. 6.000,- per orangnya.

Objek yang Dapat Dikunjungi

Dengan luas area sekitar lebih dari 80 hektar, Kebun Raya Cibodas menyimpan berbagai objek yang dapat kita nikmati. Sekitar 100 meter dari pintu masuk terdapat Taman Bunga Sakura Cibodas. Objek yang satu ini merupakan tempat favorit para pengunjung kebun raya. Sebagaimana namanya, disini ditanam sejumlah pohon Bunga Sakura yang tersebar di setiap titip taman. Dalam setahun, di tempat ini Bunga Sakura dapat berbunga sebanyak 2 sampai 3 kali. Didalam kebun raya juga terdapat 2 Air Terjun Kebun Raya Cibodas yaitu curug Cibogo dan Curug Ciismun.

Green House atau rumah kaca terdapat di bagian dalam sebelah barat yang berisi. Berbagai tanaman koleksi seperti kaktus, anggrek dan beberapa tanaman langka. Ada sekitar 4.000 contoh tanaman dari 350 jenis kaktus dan 360 jenis anggrek tersimpan di rumah kaca ini. Dan disebelah utara dari rumah kaca terdapat Bunga Bangkai Raksasa yang langka, dimana hanya muncul (berbunga) pada waktu-waktu tertentu saja.

Sejumlah lokasi yang menjadi tempat kunjungan favorit lainnya selain rumah kaca antara lain, danau yang berada di tengah kebun raya. Air mancur di sekitar area pintu masuk 3, Jalan Araucaria (Auracarua Avenue), sungai dengan aliran air yang jernih. Taman lumut, koleksi paku-pakuan, koleksi tanaman obat dan Taman Rhododendron. Sebagai penunjang untuk pendidikan, terdapat perpustakaan dan gedung konservasi. Untuk pengunjung yang ingin menginap terdapat Guest House Kebun Raya Cibodas. Yang terdiri dari Guest House Sakura, Medinilla, dan Eucalyptus. Tapi harus pesan jaun-jauh hari ya.

Tempat bermain yang menyenangkan yang termasuk dalam tempat wisata di bogor. Anda akan merasakan rilex dan kenyamanan saat berada di tempat ini

Perpaduan dari kesemua objek yang ada di tempat ini menjadikan tempat wisata favorit di Jawa Barat ini. Sebagai tempat yang sangat cocok dan ideal untuk berlibur dengan suasana yang sejuk. Tempat terbaik untuk berlibur berkumpul bersama keluarga, liburan sekolah, tempat gathering perusahaan, lokasi outbound dan lainnya.

Sumber : Wikipedia

Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!