Menikmati Keindahan Tempat Wisata Taman Botani Perdana Malaysia

Taman Botani Perdana Malaysia tertua yang rekreasi berskala besar pertama di Kuala Lumpur. Berukuran 91,6 hektar, terletak di jantung kota dan didirikan pada 1888. Taman ini yang berfungsi sebagai tempat perlindungan dari hiruk pikuk kota selama masa kolonial. Ini berisi taman-taman besar terpahat dan terawat dan sejumlah atraksi. Taman Botani Perdana juga yang di kenal dengan banyak nama oleh masyarakat Malaysia. Seperti taman tasik perdana atau pun juga taman danau perdana.

Taman Botani Perdana Malaysia

Nama taman botani perdana yang di ganti pada bulan Juli tahun 2011 silam dan sekarang. Telah di gunakan secara resmi untuk taman permintaan Malaysia sendiri yang berencana untuk taman Botani perdana. Yang menjadi kebun raya yang khas dunia dimana ia memiliki area yang sangat luas. Tarik utama di taman botani perdana Malaysia ini adalah keindahan alamnya yang masih asri. Serta sebuah danau yang sangat indah tentunya sangat cocok sekali untuk anda nikmati.

Sejarah Taman Botani Perdana

Taman era kolonial adalah gagasan Alfred Venning, Bendahara Negara Inggris Selangor pada akhir abad ke-19. Pada tahun 1888, Venning mengusulkan agar sebuah taman botani dibangun di lembah Sungei Bras Bras. Dan Penduduk Inggris Frank Swettenham yang menyetujui skema tersebut. Dan mengizinkan hibah kecil dari dana Negara untuk taman tersebut. Venning ini yang menyusun rencana untuk taman seluas 173 hektar (700.000 m2) yang meliputi “taman ekonomi eksperimental”.

Dan membersihkan area semak belukar dan lalang, dan menanam pohon dan semak berbunga hias. Skema ini yang menarik dukungan publik, dan seorang tokoh masyarakat Kanton. Towkay Chow Ah Yeok, menyumbangkan seratus pohon chempaka dan jeruk ke program penanaman awal pada tahun 1888.

Sebuah danau hias diciptakan dengan membasmi Sungai Bras Bras. Yang saat itu bernama Danau Sydney setelah istri Swettenham (danau ini sekarang dikenal sebagai Danau Perdana). Proyek ini yang membutuhkan waktu hampir sepuluh tahun untuk diselesaikan. Akan tetapi taman itu secara resmi dibuka pada 13 Mei 1889, hanya setahun setelah pekerjaan dimulai. Oleh Gubernur Pemukiman Selat, Sir Cecil Clementi Smith. Kediaman resmi Inggris saat itu perwakilan pemerintah Frank Swettenham. Baca juga pulau langkawi

Sekarang dikenal sebagai Carcosa Seri Negara, terletak di atas bukit di sini. Venning juga yang menciptakan klub sosial di tepi danau, Lake Club (dan dikenal sebagai Royal Lake Club), pada tahun 1890. Klub, ini tidak seperti Klub Selangor, adalah klub eksklusif Eropa. Dan itu akan mendominasi panggung sosial untuk orang Eropa di Kuala Lumpur selama lebih dari setengah abad. Gedung Parlemen Malaysia, yang dibangun pada tahun 1963, terletak di pinggiran utara taman nasional.

Penamaan Taman Botani Perdana Malaysia

Taman ini pada awalnya sering disebut Taman Umum akan tetapi kemudian berganti nama menjadi Taman Danau. Pada tahun 1975, taman ini yang diganti namanya menjadi Taman Tasik Perdana, atau Taman Danau Perdana, oleh Tun Abdul Razak. Pada 28 Juni 2011 taman ini tersebut diganti nama lagi menjadi Perdana Botanical Gardens. Oleh Dato ‘Sri Najib Razak pada fase pertama mengubah taman tersebut menjadi taman botani Malaysia. Baca juga kuil thean hou

Lokasi Taman Botani Perdana Malaysia

Taman ini yang terletak di sepanjang Jalan Perdana atau Venning Road. Terletak di dekat Museum Nasional Malaysia, Pusat transportasi umum terdekat dalam jarak berjalan kaki adalah stasiun kereta Kuala Lumpur Sentral. Pilihan lain adalah naik bus RapidKL B112 dari stasiun LRT Pasar Seni. Ini akan menurunkan Anda di Museum Nasional yang berada di tepi taman.

Di taman ini, trem antar-jemput tersedia setiap hari dari jam 9 pagi hingga 6 malam. Harga (tiket: RM4 dewasa, RM2 anak-anak). Pengunjung juga dapat menyewa sepeda selama RM3 / 30 menit. Perjalanan dengan berpemandu disediakan gratis pada hari Minggu, 8:00 hingga 10:00.

Baca juga gereja santo paulus

Tempat Yang Menarik

Di antara tempat wisata Malaysia ini yang terletak di sini adalah Monumen Nasional, taman rusa, taman Hibiscus. Taman Anggrek, Taman Burung Kuala Lumpur dan Taman Kupu-kupu Kuala Lumpur. Taman Burung dibuka pada tahun 1991, dan menampilkan lebih dari 200 spesies burung. Taman ini disebut sebagai taman burung tertutup terbesar di dunia.