Misteri Tempat Wisata Sungai Mahakam Kalimantan

Sungai mahakam ini adalah salah satu sungai terbesar di Tempat Wisata Kalimantan Timur, sungai yang banyak sekali berjasa untuk penduduk sekitar. Sungai ini yang menjadi penghubung berbagai daerah di kalimantan, ternyata mampu menyuguhkan berbagai keindahan alam di sepanjang alurnya. Batu dinding atau batu kapur yang menjulang seolah memagari sungai Mahakam Ulu. Yang merupakan keindahan alam yang sangat sulit untuk anda temukan di perkotaan.

Sungai mahakam

Dinding batu yang memagari Sungao Mahakam ulu ini dengan panjang lebih dari 800 meter ini sangat menakjubkan sekali. Sebagai salah satu keajaiban yang ada di pulau kalimantan, dengan tinggi rata – rata 100 hingga 120 meter dinding batu. Yang terlihat bagian tembok raksasa yang sangat kokoh dan juga megah. Dan di samping itu perjalanan menikmati batu dinding anda juga akan menikmati keindahan alam sekitarnya. Dengan suguhan pepohonan, anggrek liar, dan pemukiman penduduk asal kalimantan. Seperti suku Dayak Bahau yaitu suku asli perdaleman yang mendiami pesisir sungai mahakam Kabupaten Kutai Barat.

Rute Menuju Sungai Mahakam

Perjalanan menuju kabupaten mahakam ulu dapat di tempuh selama 10 jam dari samarinda menuju Tering di Kutai Barat dengan menggunakan mobil. Kemudaian di lanjutkan dengan speedboat selama 3 jam untuk tiba di Ujoh Bilang. Kecamatan Long Bagun yang merupakan ibu kota Kabupaten mahakam Ulu. Batu dinding ini yang akan menjadikan pemandangan utama dalam perjalanan.

Untuk mencapai Long Bangun dari Tering yang menggunakan motor boat akan memakan waktu 3-4 jam perjalanan. Biaya untuk menumpang di speadboad sekitar Rp. 300.000 alternatif perjalanan yang lebih murah anda dapat menggunakan perahu kayu. Seperti kapal penumpang dan kapal barang yang lebih besar, hanya saja waktu tempuh perjalanan membengkak menjadi 10-12 Jam.

Selain panjangnya Batu Dinding yang mencapai 800 meter atau hampir 1 Kilometer dengan tinggi mencapai 120 meter, ternyata Batu Dinding juga di gunakan sebagai tempat untuk memakamkan orang yang telah meninggal pada masa lalu.

Semakin kehulu tebing batu atau Batu Dinding akan semakin tinggi menjulang disertai banyaknya riam-riam dan batu batu sungai yang besar. Selain itu terdapat pula makam Datuk Keramat Seikh Abdu Saman Bin Seikh Abdullah yang wafat pada tahun 1778 yang dapat anda kunjungi.

Mitos Sungai Mahakam

Banyak sekali hal yang sering kali di kaitkan dengan mitos yang belum tentu benar atau tidaknya. Sama dengan hal nya Sungai mahakam, sungai yang memiliki berbagai mitos yang sangat unik tentunya. Mitos yang tersebut menyebutkan bahwa barang siapa yang meminum air Sungai Mahakam. Maka mereka pasti kembali lagi ke sungai ini dalam waktu yang dekat. Dan percaya atau tidak, banyak sekali para wisatawan yang tinggal di luar Kalimantan Timur yang pernah mengalami hal ini. Dan setelah minum air dari Sungai Mahakam, mereka yang akan kembali lagi dalam waktu beberapa jam, hari, minggu, atau bulan.

Mengingat Banyaknya kecelakaan yang menelan korban jiwa terjadi Sungai Mahakam. Maka masyarakat sekitar percaya bahwa mahluk gaib yang sangat kerap mengganggu mereka adalah perwujudan. Dari arwah gentayangan orang – orang yang tewas karena tenggelam di Sungai ini. Salah satu sosok gaib yang sangat kerap menebar teror ke masyarakat yang di tinggal sekitar sungai. Adalah hantu arwah penyelam yang dulu juga tewas di sini. Singkat cerita beberapa penyelam di turunkan ke Sungai untuk mencari korban yang tenggelam di dasar sungai.

Akan tetapi, justru nanas bagi salah satu penyelam yang berusaha untuk mencari jasad korban tenggelam. Dan penyelam itu sendiri juga tenggelam saat mencari korban. Sejak saat itulah hantu penyelam itu kerap menampakkan diri kepada masyarakat atau wisatawan yang beraktivitas di sekitar sungai, khususnya pada saat malam hari.

Tempat Tinggal Ular Raksasa

Setelah naga, misteri Sungai Mahakam ini selanjutnya keberadaan ular raksasa. Yang juga menjadi penghuni sungai, bukan hanya seekor saja, tapi ada sepasang ular raksasa. Yang terlihat warga, diameter ular tersebut kira – kira sekitar 60 cm dan panjang nya 40 meter.

Hewan langka ini yang tidak terlihat begitu jelas karena mereka melintas dengan sangat cepat sekali. Namun, jika anda beruntung, akan melihat sosok sepasang ular raksasa. Ketika sedang menaiki speedboad yang melintas di sungai Mahakam. Baca juga danau labuan cermin

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: