Keindahan Tempat Wisata Sungai Citumang Ciamis Serta Sejarahnya

Sungai Citumang Ciamis ini yang mengalir membelah hutan jati dengan airnya yang bening kebiru –  biruan. Tepian sungai citumang  ini yang terdiri dari ornamen batu – batu padas dengan reluang. Dalam di hiasi relief dan aliran sungai yang menembus ke dalam goa. Spot liburan satu ini menawarkan keindahan alam berupa kolam. Yang memiliki air jernih serta adventure body rafting menyusuri aloran sungai nya yang indah.

Menikmati Kolam Air Sungai Citumang Cismis

Sungai Citumang Ciamis

Kolam air Citumang merupakan salah satu objek wisata di Jawa Barat yang memiliki keindahan yang luar biasa. Lokasi nya tidak seberapa jauh dari Pangandaran, karena memang masih dalam satu wilayah yakni di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Air yang sangat jernih serta alam sekitar yang masih asri menjadi sebagian hal menyenangkan. Yang ditawarkan lokasi ini untuk melengkapi liburan anda. Disamping alam nya yang indah, hal yang paling dicari turis baik lokal maupun mancanegara saat mengunjungi lokasi satu ini adalah. Adventure atau menyusuri alam dengan body rafting di sepanjang aliran sungai Citumang Ciamis yang begitu jernih. Airnya yang berwarna biru dan berkilau terkena pancaran sinar matahari menjadi hal. Yang paling pertama membuat anda takjub dengan lokasi satu ini, bahkan. Dari atas permukaan anda bisa melihat ikan-ikan yang berenang di dasar sungai ini.

Sejarah Sungai Citumang Ciamis

Menurut cerita, nama Citumang berasal dari legenda tentang seekor buaya buntung, Si Tumang. Begitu kuat nya kepercayaan penduduk akan kehadirna buaya buntung tersebut sehingga sampai. Sekarang meninggalkan nama yang melekat kuat menjadi nama sungai. Versi lain kisah Citumang, berasal dari Cai (Bahasa Sunda = air) yang numpang (cai numpang). Yang berkaitan dengan sebuah air sungai yang mengalir di bawah tanah. Ketika Anda jumpai sungai yang rimbun dengan pohon di setiap sisinya, lanjutkan perjalanan Anda agak ke hulu. Karena di sanalah bening dan sejuknya air dapat segera Anda nikmati.  Aliran air yang mengalir menanti Anda untuk segera turun menikmati bening dan sejuknya air. Pada kedalaman tertentu Anda dapat menikmatinya dengan mandi dan berenang.

Lima ratus meter dari lokasi pamandian ke arah hulu, dijumpai pesona alam berupa. Aliran sungai Citumang yang masuk ke dalam perut bumi dan keluar lagi di arah hilir. Aliran sungai yang masuk ke dalam goa ini diberi nama Goa Taringgul. Yang kemudian diberikan nama baru sebagai Sanghyang Tikoro (Batara Tenggorokan). Kata cai numpang ini seiring Air yang bening menanti Anda perjalanan waktu lama-lama berubah menjadi Citumang. Beda dengan Green Canyon, Sungai Citumang ini tidak mempunyai aliran yang deras. Sunagi Citumang ini airnya mengalir tenang, sehingga anak-anak pun dapat bermain bebas di sungai pada daerah-daerah tertentu yang dangkal. Aktifitas biasanya untuk menikmati keindahan sepanjang Sungai Citumang dengan Body Rafting secara berkelompok.

Lokasi Sungai Citumang Ciamis

Terletak di Desa Bojong, Kecamatan Parigi Ciamis, Kabupaten Ciamis, Propinsi Jawa Barat. Berjarak sekitar 15 km dari Pangandaran atau 95 km dari Ciamis.  Jika dari jalan raya Pangandaran – Cijulang hanya sekitar 4 km. Bagi yang menggunakan kendaraan umum mengambil jurusan Cijulang, lalu dilanjutkan dengan kendaraan ojeg. Disambung dengan jalan kaki menelusuri tepi sungai dan kebun pendudukan sepanjang 500 meter hingga pintu masuk.  Selanjutnya perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki hingga tiba di lokasi curug tersebut berada. Tempat wisata Ciamis alam Citumang merupakan. Obyek wisata yang memiliki daya tarik khusus, yaitu sungai Citumang yang mengalir membelah hutan jati dengan airnya yang bening kebiruan.

Musik alami berupa gemercik air sungai, bisikan angin sepoi yang menyelinap di antara. Pepohonan dan suara satwahutan yang tidak pernah sepi. Obyek wisata ini terletak di Desa Bojong Kecamatan Parigi Ciamis, berjarang. Lebih Jalan menuju lokasi kurang 15 km dari Pangandaran ke arah barat. Atau sekitar 4 km dari jalan raya Pangandaran – Cijulang. Jarak seluruhnya dari kota Ciamis sekitar 95 km. Dapat dicapai dengan kendaraan umum jurusan Cijulang. Dilanjutkan dengan kendaraan ojeg, disambung dengan jalan kaki menelusuri tepi sungai dan kebun pendudukan sepanjang 500 meter. Klik disini untuk melihat peta sungai citumang Ciamis.