tempat Wisata Situ Wulukut Kuningan Serta Harga Tiket Masuk

Situ wulukut Kuningan atau juga sering di sebut walukut adalah salah satu destinasi objek wisata di kabupaten kuningan. Ini yang terletak di kaki Gunung Semeru menyimpan keindahaan alam yang benar – benar sejuk. Ternyata keindahaan ini tidak hanya di jawa timur saja lo. Karena di jawa barat juga memiliki satu sport wisata alam yang indah. Dan tidak kalah menarik dengan danau di kaki Gunung Semeru ini. Yang menawarkan keindahaan alam yang benar benar memukau. Situ Wulukut Kuningan sendiri merupakan suatu situ atau danau buatan yang dibangun pada pemerintahan H. Aang Hamid S pada tahun 2005. Sebelum menjadi satu destinasi wisata di Kuningan, Situ Wulukut Kuningan ini dibuat dengan tujuan menyimpan ketersediaan air di Kabupaten Kuningan.

Dibuka Situ Walukut Kuningan

Lokasi tempat wisata di kuningan ini di buka dan harga tiket secara resmi pada awal Januari tahun 2018 ini. Pengelolaan sendiri di lakukan antara Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan di Kuningan. Lembaga Masyarakat Desa Hutan dan juga pemerintah Desa Kertayuga. Meski saat ini beberapa fasiltas/wahana di Situ Wulukut Kuningan ini masih dalam tahap pengembangan. Namun masyarakat sekitar yang berkunjung ke tempat wisata ini cukup besar. Media sosial merupakan salah satu faktor tempat wisata ini cepat sekali menyebar dan berdampak pada tingkat kunjungan yang cukup tinggi.

Lokasi Situ Wulukut Kuningan

Situ Wulukut Kuningan terletak di Desa Kertayuga Kec. Nusaherang Kab. Kuningan – Jawa Barat. Karena letaknya tidak jauh dari pusat kota yang hanya berjarak dengan waktu tempuh 25 menit. Sehingga untuk sampai ke lokasi Situ Wulukut Kuningan ini cukup mudah. Meskipun jarak nya tidak terlalu jauh dari pusat kota, namun tempat wisata ini cukup terpencil. Dimana Letak dari rumah penduduk menuju tempta wisata ini berjarak sekitar 2km.

Fasilitas Situ Wulukut Kuningan

Beberapa fasilitas yang buat nyamanan pengunjung antara lain Toilet, Mushola, Gazebo serta Area Parkir. Letaknya yang berada di dalam hutan sehingga daya tarik utama dari Situ Wulukut Kuningan ini. Cenderung menyuguhkan aneka daya tarik yang alami. Mulai dari nuasa asri hutan pinus, situ yang tenang, perbukitan yang tinggi menjulang serta pematang sawah yang cukup indah.

Harga Tiket Masuk Situ Wulukut Kuningan

Nah, jadi untuk kamu yang ingin jalan-jalan ke Situ Wulukut Kuningan ini, harga tiketnya tidak terlalu mahal. Biaya masuknya hanya Rp. 5.000 saja. Selanjutnya untuk parkir sepeda motor Rp. 2.000 saja dan mobil Rp. 5.000 per unitnya. Lalu ada penyewaan perahu kayuh berkapasitas dua orang, harga sewanya Rp. 10.000 saja. Harga bisa beru bah sewaktu – waktu. Tempat wiasta ini buka mulai pukul 8 – 5 sore untuk kunjungan umum ke. Situ Wulukut, sedangkan untuk camping buka 24 jam.

Daya Tarik Situ Walukut Kuningan

Situ Wulukut Kuningan ini terlihat sangat hijau karena memang dikelilingi oleh bukit-bukit serta hutan pinus. Air danau yang tenang juga membuat pikiran kita jadi rileks dan rasa capek seketika hilang. Untuk yang pengen camping, di area situ juga sudah tersedia spot mendirikan tenda cukup luas kok. Sementara kalau kalian merasa lapar, di sekitar danau juga sudah tersedia warung yang menawarkan makanan ringan sebagai pengganjal perut keroncongan. Daya pikat utama dari Situ Wulukut Kuningan ini adalah danau yang digadang-gadang mirip dengan Ranu Kumbolo. Ke depan nya, akan ditambahkan berbagai spot selfie seperti hal nya perahu selfie, jembatan, flying fox, sepeda air dan lain-lain. Ditambah lagi dengan fasilitas seperti halnya toilet, gazebo, area arkir dan lain-lain.