Tempat Wisata Situ Sukarame Sukabumi Yang Masih Alami

Sukabumi ini adalah salah satu objek wisata kota yang ada di Jawa Barat. Yang menawarkan wisata alam yang akan menemani akhir pekan anda. Salah satunya adalah kawasan situ sukarame Sukabumi. Yang menawarkan pemandangan yang sangat indah. Situ Sukarame ini sebuah situ yang terletak di sebelah kaki gunung salah. Tepatnya yang berada di Kecamatan Parakan salah, Kabupaten Sukabumi. Air yang berada di situ itu sangat jernih serta di kelilingi hutan damar, hutan pinus, dan kebun teh.

Situ Sukarame Sukabumi

Sukarame adalah tempat wisata Sukabumi yang bertemunya 7 sungai, yakni sungai Cikahuripan, sungai Cisalada, sungai Citaman, sungai Cisarandi, sungai Cimaci, sungai Cipangelah, dan sungai Cisela. Tuan Hola, yaitu bangsa Belanda yang saat itu mempunyai ambisi untuk membendung sungai-sungai tersebut dimaksud dijadikan telaga untuk berlayar. Danau Sukarame bukanlah danau alami, namun danau buatan yang dibuat pada masa Pemerintahan Belanda ketika masih menguasai wilayah tersebut. Jangan lupa baca juga Curug sigangsa Sukabumi

Sejarah Dan Keindahan Situ Sukarame

Situ Sukarame Sukabumi ini adalah sebuah danau yang di buat pada masa hindu Hindia Belanda. Serta dinamai situ sukarame. Karena Lokasi danaunya yang berada di Desa Sukareme. Awal mula terjadinya di kawasan tersebut tidak anda danau sama sekali. Melainkan hutan yang sangat rimba tanpa ada penduduk. Orang yang pertama kali menempati tempat tersebut bernama Ama Sadarina. Dia adalah pimpinan dari Kerajaan Mataram yang bersembunyi dari Koloni Belanda. Setelah dengan ke datangan Ama Sadarina ini mulai membuka perguruan ilmu kadigjayaan. Serta pada akhirnya tempat itu mulai ramai oleh penduduk. Dan di kenal dengan nama kampung sukarame.

Mitos Situ Sukarame adalah pada zaman dahulu, sebelum selesai dibuat danau. Penunggu kawasan tersebut meminta tumbal anak bayi kembar yang dilahirkan dari keturunan bule. Sebelumnya, banyak sekali halangan yang membuat penyelesaian danau tersebut sangat terhambat. Tapi setelah diberikan tumbal anak kembar dari bule. Maka jadilah danau buatan yang kini disebut dengan Situ atau Danau Sukarame. Banyak sekali pengunjung yang datang kesini, biasanya disekitaran danau dipakai untuk acara piknik bersama keluarga ataupun teman. Puncak keramaian adalah setiap tanggal 17 Agustus. Karena pada tanggal tersebut hampir semua warga di Kecamatan Parakansalak ikut serta dalam perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Harga Tiket Masuk Dan Jam Buka Situ Sukarame Sukabumi

Dengan menyajikan wisata alam yang sangat indah. Harga tiket masuknya ini terbilang relatif murah. Anda akan di kenakan biaya sebesar Rp. 5.000. Untuk jam buka situ sukarame Sukabumi ini adalah pukul 08.00 – 21.00.

Fasilitas Situ Sukarame Sukabumi

Untuk fasilitas dan pelayanan yang ada di sekitar danau ini sangat terbilang bisa. Seperti danau pada umumnya. Di sini telah disediakan area parkir kendaraan yang cukup luas. Serta mushola yang cukup untuk ibadah. Ada juga fasilitas lain, yakni kamar mandi umum, penginapan, dan masih banyak yang lainnya. Jika anda kelelahan dan ingin beristirahat sejenak di Gunung salak. Maka disini anda dapat menemui beberapa penginapan dengan harga yang relatif murah. Dan di setiap pinggir danau terdapat warung – warung yang kecil. Seperti  nasi bungkus, mi instan, atau pun gorengan – gorengan hangat yang akan membuat perut anda merasa kenyang. Minuman seperti teh, wedang jahe dan minuman hangat lainnya juga disediakan disini.

Hunting Foto Situ Sukarame Sukabumi

Jangan lupa untuk anda membawa kamera untuk mengabadikan momen ketika berada didanau. Dengan latar belakang danau yang indah, pasti akan membuat  foto anda terlihat keren. Spot foto yang alami akan membuat anda suka untuk berfoto selfie ria bersama keluarga anda yang tercinta.

Tags: