Tempat Wisata Yang Harus Diketahui Di Situ Gunung Padang Cianjur

Gunung padang yang terletak di di Kabupaten Cianjur sudah lama di kenal oleh ahli sejak tahun 1800-an akhir. Situ Gunung Padang Cianjur merupakan salah satu objek wisata Cianjur yang diburu oleh para peneliti. Selain itu Gunung Padang juga adalah prasejarah peninggalan kebudayaan megalitikum di Jawa Barat. Tepatnya berada di perbatasan Dusun Gunung Padang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. Lokasi dapat di capai 20 kilometer,  dari persimpangan kota kecamatan Warung Kondang. Gunung Padang ini sebenarnya bukan penemuan baru. Pemberitaan mengenai Gunung Padang beberapa belakangan ini, berhasil menyorot rasa penasaran orang, termasuk media dan para pejabat. Jangan lupa baca juga tirta jangri Cianjur

Situ Gunung Padang Cianjur

Penemuan-Penemuan Situ Gunung Padang Cianjur

Pada tahun 1949, sejarawan Belanda telah menyinggung. Setelah sempat “terlupakan”, pada tahun 1979 tiga penduduk setempat, Endi, Soma, dan Abidin, melaporkan kepada Edi. Pemilik kebudayaan Kecamatan Campaka, mengenai keberadaan tumpukan batu-batu persegi besar dengan berbagai ukuran. Lalu tersusun  dalam suatu tempat yang berundak-undak yang mengarah ke Gunung Gede. Selanjutnya, bersama-sama dengan kepala seksi Kebudayaan Departemen Cianjur, R. adang Suwanda, ia melakukan pengecekan. Lalu tindak lanjutnya adalah kajian arkeologi, sejarah,dan geologi.

Situ Gunung Padang Cianjur Sebuah Piramida Tua?

Gunung Padang yang terletak di Kabupaten Cianjur sudah lama dikenal oleh para ahli sejak tahun 1800-an akhir. Tahun 1914, ada laporan tentang Gunung padang yang di muat. Para Rapporten van de oudheid kundige dienst (ROD) atau buletin Dinas kepurbakalaan. Selain itu juga Nicholas Johannes Kromn pernah mencatat sejumlah temuannya di Gunung tersebut. Gunung Padang sempat menyita perhatiin warga setempat dan juga publik. Ada apa dengan Gunung Padang?, Pada tahun 2011, Gunung padang sempat ramai akan isu ” Sebuah Piramida Tua dari Piramida Giza. Di Mesir dan Kebudayaan Machu Picchu di Peru. Dugaan Piramida juga pernah terjadi pada Gunung Lalakon di Kabupaten Bandung Barat, dan Gunung Suadahurip di Garut.

Misteri Dibalik Kemegahan Gunung Padang

Historis Situ Gunung Padang Cianjur

Juru kunci atau pemelihara Situ Gunung padang Cianjur, Nanang bersedia menceritkan sisi histori. Situs Megalitikum yang terletak di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Sebagai warga asli dan di angkat oleh warga sekitar. Selaku Juru pelihara, Nanang mempunyai kewajiban untuk melakukan itu. Menurutnya pengunjung selalu ramai datang ke Situ Gunung Padang Cianjur. Entah benar-benar untuk melihat tempat Wisata Cianjur , liburan atau melakukan penelitian. Pengunjung masih sangat ramai bahkan pada pukul 22.00 WIB. Menurutnya ” Dulu namanya bukan Gunung Padang, kakek saya bilang, dari uyut kakek saya namanya Nagara Saiang Padang “. Dari situlah Nanang meyakini bahwa Gunung Padang bykan hanya sekedar bukit. Bukan sekedar situs peninggalan sejarah. dari mulutnya juga ia meyakini, Situ Gunung Padang adalah sumber ilmu. Hal itu yang membuat beberapa tahun belakang ini, membawa sebuah tim penelitian untuk meneliti. Lebih jauh misteri Sitru Gunung Padang di Cianjur dari sisi ilmiah.

Mitos Situ Gunung Padang Cianjur

Bercerita tentang Situ Gunung padang bak cerita 1001 malam kemunculan situ Gunung padang ke panggung nasional di bumbui cerita legenda. Mulai dari harta karun, atlantis yang hilang, makhluk asing, piramida, kekuatan mistis, Prabu siliwangi. Soal cerita Gunung padang termasuk berbagai mitosnya juga di sebut dalam buku arkeolog Ali Akbar. Ia menyebutkan bahwa ” Misteri muncul sebagai konsekuensilogis akibat minimnya penelitian yang dapat menjawab pertanyaan seputar Gunung Padang Cianjur “. Menurutnya, misteri seputar Gunung Padang Cianjur, di mulai dari namanya. nmaa Gunung Padang itu memliki arti dan makna tersendiri. Mulai dari cerita istana Raja Siliwangi yang tak jadi di bangun hingga di sebut sebagai ibu peradaban. Padang sendiri memiliki sebuah arti siang atau terang.

Yang paling mengejutkan soal Gunung Padang mungkin terkait dengan Atlantis dan harta karun emas. Ada juga beberapa kalangan meyakini bahwa Gunung Padang merupakan sisa dariperadaban atlantis. Hal ini terkait dengan keyakinan kalau Atlantis tak berada di Indonesia. Demikian juga soal harta karun emas. Sebatas cerita dari mulut ke mulut saja. Lagi pula puluhan tahun diekskavasi tak pernah ada temuan emas di sekitar kawasan ini. Jangan lupa baca juga Tempat wisata taman nasional gunung gede Cianjur