Surga Para Pemancing Yaitu Tempat Wisata Situ Cikuda Majalengka

Majalengka, merupakan sebuah kabupaten di bagian timur Jawa Barat yang memiliki banyak potensi wisata yang tak dapat dianggap remeh. Meskipun tidak memiliki wisata laut/ pantai, tempat wisata di Majalengka tidak kalah indah dan menarik. Wilayah Majalengka memiliki perpaduan wilayah perbukitan di bagian tengah dan wilayah dataran rendah di bagian utara,Kabupaten Majalengka sebagai salah satu daerah yang ada di kaki Gunung Ciremai. Ternyata memiliki banyak potensi wisata yang masih terpendam. Disekitar Kecamatan Sindangwangi khusus nya, sampai saat ini ada beberapa objek tempat wisata alam yang memiliki pesona keindahan yang sangat luar biasa.

Seperti hal nya tempat wisata Situ Cikuda Majalengka. Situ Cikuda yang keberadaan nya masih di biarkan tanap di manfaatkan menjadi sesuatu yang dapat menghasilkan bagi pendapatan asli daerah(PAD). Nah. di Majalengka juga memiliki banyak sekali destinasi wisata yang sedang hits. Tempat wisata Majalengka ini memang tak sepopuler tempat-tempat wisata yang lainnya. Tapi pasti nya tidak akan kalah hits.

Situ Cikuda, Danau Yang Asri Di Timur Majalengka

Situ Cikuda Majalengka mungkin sebagian dari kalian baru mendengar nya. Situ Cikuda Majalengka berada di Desa Padaherang Kecamatan Sindangwangi sekitar kurang lebih 25Km dari pusat Kota Majalengka. Untuk menuju kesana, masuk dari jalan raya Rajagaluh-Cirebon. Masuk menuju Sindangwangi atau arah Curug Cipeuteuy. Di tengah perjalanan maka akan menemukan petunjuk arah menuju Desa Padaherang. Tempat wisata Majalengka memiliki luas sekitar 2 hektar. Danau ini memanjang dari barat ke timur. Dan di batasi oleh hutan lindung yang cukup luas di selatan situ tersebut.

Situ ini memiliki air yang berwarna kehijauan. Jadi tidak di sarankan untuk coba coba berenang di tempat wisata yang satu ini. bagi yang memiliki hobi fotografi sangat cocok untuk mengabadikan danau ini. Terutama dari arah timur. Karena bisa mengambil keseluruhan panorama Situ Cikuda tersebut. Buat kalin para pengunjung yang memiliki hobi bike-ing atau bersepeda. Dengan kmedan off road bisa juga melanjutkan perjalanan dari Situ Cikuda Majalengka menuju Desa Padabeunghar di Kabupaten Kuningan dengan menyusuri track di kaki Gunung Ciremai. Baca tempat wisata situ cipanten majalengka

Situ Cikuda Adalah Surga bagi Para Pemancing

” Surga Yang Tersembunyi ” mungkin itulah kalimat yang mungkin cocok untuk di sematkan untuk salah satu tempat wisata Majalengka ini. Karena Situ Cikuda Majalengka ini mempunyai panorama alam yang sangat indah. Dan tentu nya akan memanjakan mata kalian yang berkunjung ke Situ Cikuda Majalengka ini. Surga tersembunyi ini menawarkan sejuta keindahan bagi pecinta mancing dan fotografi. Suasana alam nya yang sangatlah indah. Situ Cikuda Majalengka menjadi tempat favorit bagi pecinta pancing ikan. Apalagi utnuk masuk ke dalam tempat wisata ini hanya di kenakan harga yang sangat terjangkau. Keindahan Situ Cikuda Majalengka membuat salah satu pemacing yang bernama Tata, dan empat orang teman lainnya tertantang untuk memancing di lokasi ini. Bahkan ada yang rela bermalam-malam di Situ Cikuda ini.

Bukan hanya bagi pemancing, Situ Cikuda Majalengka juga kerap menjadi lokasi hunting para fotografer. Keindahan alam objek wisata air itu, memantang fotografer untuk memotret setiap sudut nya. Demikian juga bagi yang memiliki hobbi bersepeda, dengan menjelajahi dia kaki Gunung Ciremai. Menjadikan pengalaman yang sangat menarik tentu nya. Sekdes Desa Padaherang mengatakan bahwa perahan tapi pasti. Wisata Situ Cikuda ini akan terus di benahi. bahkan saat ini sudah di lengkapi dengan fasilitas villa dan camping ground. Bagi mereka yang akan hendak bermalam disana.

Pesona Keindahan Situ Cikuda Majalengka

Situ Cikuda memiliki luas sekitar 2 hektar. Danau ini memiliki warna air yang kehijauan. Jadi, sangat disarankan untuk tidak mencoba-coba berenang. Para pengunjung bisa menikmati panorama danau yang ada di tempat ini. Dengan kekayaan yang alami yang sangat asri dan segar. Beserta Situ Cikuda yang menawarkan panorama yang eksotis. Membuat objek wisata ini berpotensi menambah pendapatan di daerah setempat. Hutan alami yang menawan ini membuat tempat ini menjadi lebih menarik untuk di kunjungi. Karena rutinitas harian beserta lingkungan kota yang sangat amat penat itu. Membuat kita kan merindukan suasana alam yang begitu menyegarkan.

Akses Menuju Situ Cikuda

Situ Cikuda berada di Desa Padaherang Kecamatan Sindangwangi. Sekitar kurang lebih 25 kilometer dari pusat kota Majalengka. untuk menuju kesana, para pengunjung perlu masuk terlebih dahulu dari Jalan raya Rajagaluh-Cirebon. Lalu masuk menuju Sindangwangi atau ke arah Curug Cipeuteuy. Di tengah perjalanan para pengunjung akan menemukan petunjuk arah menuju Desa Padaherang. Bila sudah ada di Desa Padaherang temukan balai desa Padaherang. Karena lokasi Situ Cikuda berada tak jauh dari balai desa Padaherang. Untuk menuju Situ Cikuda ini hanya bisa di akses oleh kendaraan pribadi saja. Baik mobil maupun motor. Untuk kendaraan hanya ada ojek saja.

Sejarah Situ Cikuda Yang Penuh Misteri

Tempat wisata Majalengka ini memiliki sejarah terkait dengan pangeran Sangkanherang. Padaherang ini di ambil dari nama pangeran Sangkanherang. Pangeran Sangkanherang ini merupakan sejarah nya dari Desa Padangherang. Kata ” Pada ” dari kata desa ” Padaherang ” di ambil dari sejarah pangeran sangkanherang. Singkat cerita, saat pangeran sangkanherang mempunyai masalah. Pangeran Sangkanherang mencoba menenangkan di suatu danau yang herang (Sunda). Yang arti nya jernih. Dimana tujuan nya untuk mencari ketenangan kalau kata sudamah ngaherangken.

Jadi karena sejarah diatas tadi semuanya herang, dan nama belakangnya herang. Jadilah kata “pada”.pada dalam artian disini, hampir semua jernih. Jernih airnya, jernih pemikirannya dan jernih dari nama sangkanherang. Jadi desa tersebut dinamakan padaherang. Nah dari sejarah tersebut kaitannya dengan situ cikuda, karena patilasan pangeran sangkanherang ada di sebelah selatan situ cikuda.