Keindahan Tempat Wisata Situ Biru Cilembang Sumedang

Terbukti di Jawa Barat ini yang tepatnya berada di Sumedang yang memiliki. Objek wisata Situ biru cilembang Sumedang yang sebelumnya sudah terekspos ke media sosial. Kini telah menajdi destinasi Danau biru yang sangat menawan. Suasana yang ada di sini sangat alami, terasa asri dan sejuk sekali tentunya cocok untuk refreshing. Situ Biru Cilembang Sumedang ini airnya terlihat berwarna biru seperti ada campuran cat. Tatapi anda mencoba untuk mengambil dengan tangan, maka anda akan tahu bahwa airnnya sama. Seperti air pada umunya yaitu berwarna bening, ini adalah seperti danau pad aumumnya yang air nya sangat jernih. Akan tetapi karena pantulan cahaya dari langit sehingga membautnya berwarna biru. Situ Cilembang ini air nya di manfaatkan oleh warga sekitar.

Situ Biru Cilembang Sumedang

Sebagai air minum dan untuk kebutuhan sehari – hari. Sebab kondisi airnya yang sangat jernih ini dan tidak terkombinasikan dengan limbah apapun. Dan oleh karena itu para pengunjung di larang untuk menyebur atau berennag di situ biru cilembang Sumedang. Situ biru cilembang Sumedang ini berkendalaman sekitar 3 meter dan situ ini. Juga mendapatkan pengawsan dari pemerintah setempat. Sebab pesona keindahan alamnya sangat mempesona tidak heran jika banyak sekali wisatawan yang berdatangan ke lokasi ini. Kawasan Situ Biru Cilembang Sumedang sangat tepat sebagai objek wisata. Karena sangat terkenal sebagai kawawsan yang sangat bersih, indah, tertib, tenang, ramah, dan aman. Jalanan untuk menuju ke lokasi ini juga sudah cukup baik dengan menggunakan beton sepanjang 300 meter. Jangan lupa baca juga Tempat wisata air gajah depa

Lokasi Situ Biru Cilembang Sumedang

Secara administratif Situ Biru Cilembang ini berada di Dusun Curug, Desa Hariang, Kecamatan Buahdua, Kabupaten Sumedang, Propinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Situ Biru Cilembang Sumedang

Untuk anda bisa sampai di Situ Biru Cilembang Sumedang ini bisa di akses. Dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda emapat. Tujuan utama adalah mengunjungi Sumedang, lalu mengarahkan kendaraan menuju Perempatan Cimalaka. Setelah tiba di Perempatan Cimalaka, kembali arahkan kendaraan menuju Pertigaan Legok. Dari tempat tersebut tinggal mengikuti jalan menuju Kecamatan Buahdua, Desa Hariang. Kurang lebih sekitar 5 km dari Pertigaan Legok menuju Desa Hariang. Ini Adalah rute singkat apabila bertolak dari Kota Bandung : Kota Bandung – Cibiru – Cinunuk – Jatinangor (melewati Kampus IKOPIN. ITB & UNPAD) – Sumedang Kota (melewati Gunung Kunci & Makan Cut Nyak Dien) – Perempatan Cimalaka. – Pertigaan Legok – Kecamatan Buahdua – Desa Hariang.

Situ Biru Cilembang Sumedang

Nama tempat ini berasal dari tiga kata yaitu “Situ”, “Biru” dan “Cilembang”. Bila diartikan secara etimologi Situ Biru Cilembang berarti “Danau Biru Cilembang”. Belum ada yang menjelaskan secara jelas kenapa tempat ini dinamai Cilembang. Padahal tempat ini jaraknya cukup jauh dari Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Dinamai “Biru” karena memang danau mini air ini memiliki air yang biru dan sangat jernih. Karena sangat bening anda bisa bercermin di tempat yang indah ini. Keunikan dari danau mini ini adalah yang terletak sangat tersembunyi. Yaitu berada di tengah sawah dan diantaranya rimbuannya pepohonan  bambu. Selain air nya yang jernih juga sangat hijau dan menyegarkan pemandangan di sekitarnya

Fasilitas Situ Biru Lembang Sumedang

Situ Biru Cilembang Sumedang ini sebagai tempat wisata Sumedang yang terbilang memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Objek wisata ini terdapat toilet serta kamar gantu untuk yang sudah basah kareba telah berenang di kolam renang mini. Disini juga terdapat saung bagu anda yang ingin melepas lelah dengan duduk agar tidak kehujanan saat hujan datang. Di lokasi ini juga terdapat warung kecil yang menjual beberapa makanan dan minuman.

Tidak Boleh Berenang Di Ditu Biru Cilembang Sumedang

Untuk ada yang ingin menikmati situ biru Cilembang Sumedang ini hanya bisa di nikmati sebatas untuk cucu muka saja. Anda tidak diperbolehkan berenang atau mencuci kaki. Karena hal ini agar tempat ini tidak menjadi kotor dan terjaga keasriannya. Selain itu tempat ini juga masih dikeramatkan oleh warga sekitar.

Tiket Masuk Situ Biru Cilembang Sumedang

Untuk bisa menikmati semua keindahaan yang ada di danu mini ini anda tidak perlu membayar biaya banyak. Karena di sini bayar seikhlasnya sebgaau perawatan dari wisata alam ini. Akan tetapi sekarang situ Biru Cilembang Sumedang telah di garap oleh pemuda Karang taruna Desa Cenggeang. Dan di kemudian hari akan diberikan sistem retribusi tiket setelah mendapat persetujuan dari pengurus. Desa dan warga setempat yang tanahnya akan di paka. Sebagai akses jalan dan berdekatan dengan kawasan wisata Situ Biru Cilembang Sumedang. Anda cukup membayar parkir motor sebesar Rp. 2.000 dan kendaraan mobil sebesar Rp. 5.000