Tempat Wisata Keluarga Di Tama Setu Babakan Jakarta

Danau Setu babakan Jakarta adalah sebuah danau buatan yang dijadikan sebagai tempat wisata Jakarta oleh warga setempat. Sebenar nya fungsi utama dari danau ini bukanlah untuk destinasi objek wisata. Pada awal pembanguna nya, danau ini berfungsi sebagai penampung air resapan. Tetapi seiring berjalannya waktu, danau ini kemudian berfungsi. Sebagai pusat pelestarian warisan budaya Jakarta yang umum disebut dengan perkampungan Budaya Betawi dan juga tempat wisata. Perkampungan Budaya Betawi ini pertama kali diresmikan oleh. Bapak Sutiyoso yang pada saat itu menjabat sebagai Gubernur, yaitu pada tanggal 18 agustus tahun 2000. Air di dalam danau Setu Babakan berasal dari Sungai Ciliwung. Danau ini memiliki kedalaman 1 hingga 5 meter dengan luas 30 hektar.

Setu Babakan Jakarta

Setu Babakan jakarta

Setu Babakan atau Danau Babakan terletak di Srengseng Sawah, kecamatan Jagakarsa, Kotamadya Jakarta Selatan, Indonesia dekat Depok. Yang berfungsi sebagai pusat Perkampungan Budaya Betawi, suatu area yang diperuntukkan untuk pelestarian warisan budaya Jakarta, yaitu budaya asli Betawi. Perkampungan budaya Betawi ini didirikan pada tanggal 18 Agustus 2000 melalui. Surat Keputusan Gubernur DKI Nomor 92 tahun 2000 yang dikeluarkan oleh Gubernur DKI Jakarta pada waktu itu. Yaitu Sutiyoso Setu Babakan Jakarta merupakan danau buatan dengan area 30 hektare (79 akre). Dengan kedalaman 1-5 meter dimana airnya berasal dari. Sungai Ciliwung dan saat ini digunakan sebagai tempat wisata alternatif, bagi warga dan para pengunjung.

Sekitar Setu Babakan Jakarta

Taman disekitarnya ditanami dengan beragam pohon buah-buahan yaitu Mangga, Palem, Melinjo, Rambutan. Jambu, Pandan, Kecapi, Jamblang, Krendang, Guni, Nangka Cimpedak, Nam-nam, dan Jengkol. Banyak kuliner khas Betawi terdapat disini, antara lain Kerak Telor, Toge Goreng, Arum Manis, Rujak Bebek. Soto Betawi, Es Potong, Es Duren, Bir Pletok, Nasi Uduk, Nasi Ulam, Lontong Sayur, dll. Wisata budaya yang disajikan antara laim rumah-rumah khas Betawi yang dibagi menjadi 3 macam, pertama rumah Betawi gudang atau kandang. Kedua rumah Betawi Kebaya atau Bapang, dan yang ketiga adalah rumah Joglo, hampir serupa dengan rumah khas Yogyakarta.

Keseniannya berupa Lenong, Tari Topeng, Tanjidor, Marawis, Gambang Kromong, Tari Lenggang Nyai, dan Tari Narojeng. Upacara Adat yang ada di perkampungan Betawi Setu Babakan adalah Penganten Sunat, Pindah Rumah, Khatam Qur’an, dan Nujuh Bulan. Mayoritas penduduk di Setu Babakan adalah Betawi, dengan program dari pemda DKI. Untuk memperbaiki sarana dan prasarana yang ada untuk mengakomodasi kebutuhan ruang terbuka hijau. Serta area untuk resapan air, setu babakan berbenah diri dengan dukungan penuh dari pemda DKI. Fungsi dari Setu ini bukan hanya untuk tempat melestarikan kebudayaan betawi yang makin tergerus oleh zaman. Tetapi digunakan juga sebagai tempat alternatif rekreasi yang berlokasi di selatan jakarta. Selain fungsi utamanya sebagai penampung air resapan untuk selatan jakarta.

Berjalanan di Sisi Danau Setu Babakan Jakarta

Danau yang berada di kawasan Setu Babakan ini memiliki luas yang. Mencapai 30 hektar dengan pepohonan rindang yang mengelilingi sisi danau. Pemandangan seperti ini tentunya tidak boleh dilewatkan begitu saja. Karena itu, saat berkunjung ke sini Anda bisa berjalan menyisiri sisi danau sambil menghirup udara segar dari pepohonan

Tiket Masuk Danau Setu Babakan Jakarta

Kabar kembira buat anda yang ingin berkunjung ke tempat ini. Karena hingga saat artikel ini ditulis Tiket masuk di Danau Setu Babakan “GRATIS”, hanya cukup membayar biaya parkir saja. Biaya Parkir untuk sepeda motor hanya Rp. 2000 dan biaya parkir untuk mobil Rp. 5000.

Wisata ini dibuka mulai pukul 06.00 pagi hingga pukul 18.00 sore.

Lokasi Danau Setu Babakan Jakarta

Letak Danau Setu Babakan tidak jauh dari pusat Kota Jakarta, yaitu  di perkampungan Betawi, tepatnya di Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, dekat dengan Depok.

Rute Menuju Danau Setu Babakan Jakarta

Ketika ingin datang ke tempat ini dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Apabila menggunakan bis Kopaja, berikut ini rute nya: Terminal Pasar Minggu => Cimpedak => Blok M => Gerbang Pitung => Danau Setu Babakan Jakarta. Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi kamu bisa melihat lokasi Danau Setu babakan di google maps. Lihat Danau Setu Babakan di Google Map

Camilan dan Minuman Khas Betawi di Setu Babakan Jakarta

  • Jipang
  • Berondong
  • Kembang Goyang
  • Geplak
  • Dodol Betawi
  • Tape Uli
  • Kue Rangi
  • Kerak Telor
  • Selendang Mayang
  • Es Doger
  • Es Goyang
  • Bir Pletok