Tempat Wisata Seribu Batu Songgo Langit Yogyakarta Yang Indah

Yogyakarta ini memang tidak pernah kehabisan destinasi wisata untuk di kunjungi para wisatawan. Salah satu yang terbaru di kota ini adalah Wisata Seribu Batu Songgo Langit Yogyakarta yang bernuansa alam. Yang sangat asri dan memiliki banyak sekali spot foto seperti Rumah Hobbit, Kincir Angin, Rumah Seribu Kayu dan banyak lagi. Yang berlokasi tidak jauh dari gerbang utama kawasan hutan pinus mangunan. Untuk mendapatkan panorama alam terbaik, pengunjung harus rela berjalan mendaki sebentar ke atas bukit Songgo Langit. Jika sudah berada di Rumah Hobbit, akan di sayang jika tidak melanjutkan perjalanan hingga ke puncak. Dari Rumah Hobbit pengunjung cukup berjalan 500 meter lagi dengan rute jalan yang membelah hutan pinus. Jangan lupa baca juga Tempat Wisata Bukit Mojo Gumelem Yogyakarta

Lokasi Seribu Batu songgo Langit Yogyakarta

Seribu Batu Songgo Langit Yogyakarta berlokasi di Jalan Hutan Pinus Nganjir, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783. Lokasi Seribu Batu Songgo Langit sangat berkedatan dengan kawasan Hutan Pinus Mangunan dan Kebun Buah Mangunan. Bila anda ingin berkunjung ke Hutan Pinus Mangunan maka lokasi Seribu Batu Songgo Langit. Adalah tepat di tanjakan sebelum memasuki kawasan hutan pinus. Lokasi Seribu Batu Songgo Langit memiliki lahan parkir yang cukup luas. Dan dapat dicapai dengan kendaraan pribadi berupa mobil dan sepeda motor serta dapat dilalui dengan bus kecil dan besar. Klik di sini untuk melihat maps menuju tempat lokasi tersebut.

Rute Menuju Seribu Batu Songgo Langit Yogyakarta

Rute untuk menuju tempat ini sangatlah mudah untuk di kunjungi. Jika anda dari Pusat Kota Yogyakarta anda dapat menuju terminal Yogyakarta terlebih dahulu. Dan kemudian ke arah selatan menuju Jalan Imogiri Timur hingga sampai pertigaan pasar Imogiri. Selanjutnya anda blok kiri menuju kawasan Mangunan, yang tepat di persimpangan kawasan wisata Mangunan Anda. Bisa mengambil arah kiri sekitar 50 meter, dan terdapat disebelah kanan anda akan terlihat papan Seribu Batu Songgo Langit Yogyakarta.

Dari kota Jogja menuju Seribu Batu Songgo Langit Yogyakarta ini cukup mudah asalkan anda tau rute untuk. Menuju Kebun Buah Mangunan ikuti saja arah Terminal Giwongan, lurus ke selatan. Untuk melalui jalan Imogiri Timur mentok pasar imogiri ambil kiri. Terus mengikuti arah Makam Raja Imogiri. Setelah sampai pertigaan sebelum Makam Raja ambil arah kanan (menuju Ke Kebun Buah Mangunan). Ikuti terus jalan satu arah hingga menuju Kebun Buah Amngunan terus melalui Jalan Hutan Pinus Nganjir. Kira kira dari deretan hutan pinus sekitar 500 meter sudah ada plang penunjuk menuju Seribu Batu Songgo Langit.

Sejarah Seribu Batu Songgo Langit Yogyakarta

Kawasan tempat wisata Yogyakarta ini sudah resmi di buka untuk umum pada tahun 2016. Dan pada saat itu kawasan ini hanya bersiri gazebo dan jembatan kayu saja. Sehingga belum banyak para wisatawan yang datang ke lokasi ini untuk menikmati keindahan di sini. Seribu Batu Songgo Langit Yogyakarta ini hampir sama dengan Hutan Pinus Mngunan pada saat itu sedang populer. Dan pihak pengelola mulai berpikir dan menjadikan kawadan ini menjadi tempat wisata yang berebeda dari hutan pinus oleh. Karena itu berdirilah beberapa spot foto sekaligus nama rumah negeri dongeng yang mampu menumbuhkan minat wisatawan untuk datang ketempat ini.

Di tempat ini konon katanya ada sebuah batu besar. Batu ini berasal dari gunung merapi yang meluncur bebas sewaktu terjadi letusan. Entah benar ataukah tidak kabar yang satu ini. Tetapi, banyak orang yang mempercanyainya. Untuk mengambil gambar Batu besar ini wisatawan bisa memanfaatkan sebuah spot yang dibuat dari kayu berbentuk persegi panjang. Spot ini berasal sekitar 200 meter dari ayunan besar. Dimana, jalanan menuju tempat ini sedikit menurun. Hanya saja, turunan berbetuk seperti sebuah batu. Jadi, wisatawan akan merasakan bagaimana berjalan di alam yang sesungguhnya.

Seribu Batu Songgo Langit Yogyakarta

Jika anda datang ke lokasi ini anda kana di sambut dengan sebuah gapura yang sangat menarik untuk menjadikan spot foto. Semilir angin menyambut wisatawan semua dengan semilir lirih menyentuh kulit di samping kanan sudah berjajar pondok-pondok. Yang terbuat dari kayu pondok ini menjajakan berbagai macam aneka kuliner yang menggugah rasa. Dan dari segi harga terbilang relatif murah para penjual tidak memanfaatkan tempat wisata ini untuk menaiki harga tau bisa. Di sebut dengan “Ngepruk” mereka akan memberikan harga yang sesuai dengan rasa dan tempat yang mereka punya. Berjalan sekitar 200 meter, wisatawan akan ditawarkan sebuah wahana yang mampu memacu adrenalin. Tetapi, wahana ini hanya dikhususkan untuk anak-anak saja. Wahana Flying fox yang dikenakan tarif sebesar 20 ribu rupiah. Banyak anak-anak yang mencoba Flying fox ini sehingga, perlu antri agar bisa menikmati. Terlepas dari Flying Fox, anda kan di suguhkan dengan  titik spot lain yaitu ayunan yang cukup besar.

Dimana ayunan ini terdapat sebuah tulisan, kata – kata kekinian yang sangat unik. Ayunan yang besai ini juga bisa di gunakan beberapa pasangan untuk adegan romantis. Ataupun keluarga yang ingin menikmati kehangantan di keluarga.  Ada sebuah jembatan panjang yang juga terbuat dari kayu, meskipun di bawahnya bukanlah air sungai yang melintas. Akan tetapi bebatuan kecil dan pepohonan yang kering dan berjatuhan serta berguguran ke bawah. Pemandangan seperti ini saja sudah cukup bagus, apalagi jika ada air sungai yang jernih pasti akan menambah keindahan tempat ini. Bagi pengunjung yang membawa anak kecil, anda harus berhati – hati, karena di jembatan ini pernah terjadi. Seorang anak yang terjatuh kebawah karena banyaknya para pengunjung yang berjalan melewati tempat tersebut. Dan spot ini juga yang menjadikan alasan mengapa mereka harus berkunjung ke lokasi ini.

Keindahan Seribu Batu Songgo Langit Yogyakarta

Karena hadirnya rumah hobbit yang sempat naik daun namanya karena sebuah film Lord Of The Ring dan The Hobbit. Rumah Hobbit disini memang menjadi sasaran wisatawan untuk eksis dan narcis. Nama Songgo langit ini yang berarti memangku langit, para pengunjung bisa melihat pemandangan perbukitan yang luas dan juga sangat indah. Hanya saja para pengujung harus berjalan sekitar 1km dengan tanjakan yang cukup menguras tenaga anda. Sepanjang perjalanan akan di penuhi dengan pepohonan yang menjulang sangat tinggi. Akan tetapi jangan khawatir dan mengeluh karena setelah tiba di tempat tersebut. Para pengunjung akan di sambut dengan sebuah gubug dan taman kecil yang begitu indah.

Gubug ini menyediakan aneka macam kuliner yang bisa dinikmati sembari melihat pemandangan perbukitan yang indah nan luas. Di perbukitan ini, terlihat sawah sukorame yang juga menjadi hits di kalangan wisatawan sebagai salah satu titik foto. Ada pula permainan ayunan yang berjumlah tiga buah, serta sebuah taman kecil dengan sebuah kincir angin yang indah. Setelah itu anda akan di suguhi dengan sebuah rumah dongeng yang sangat unik. Dan tidak jauh dari lokasi ini ada sebuah panggung hiburan dimana panggung ini yang terdapat. Tempat duduk yang terbuat dari kayu – kayu yang di susun bertingkat dan berjajar rapi.

Fasilitas Seribu Batu Songgo Langit

Fasilitas yang terdapat di tempat wisata Seribu Batu Songgo Langit adalah sebagai berikut :

  • Spot Foto
  • Toilet
  • Mushola
  • Tempat parkir kendaraan
  • Papan informasi

Harga Tiket dan Parkir Seribu Batu Songgo Langit

Harga tiket wisata Seribu Batu Songgo Langit Yogyakarta ini sangat terjangkau, yaitu Rp 2.500/orang. Untuk parkir mobil adalah Rp 5.000 per kendaraan, tarif parkir sepeda motor Rp. 2.000/motor dan bus sebesar Rp. 20.000/bus. Spot foto yang ada di Seribu Batu Songgo Langit Yogyakarta ini tidak dikenai biaya. Meskipun pengelola menyediakan kotak untuk donasi pengembangan spot foto yang dapat diisi seikhlasnya oleh wisatawan.

Pencarian Terbaru: