Objek Wisata Keluarga Sendang Geulis Kahirupan Bandung

Bandung memiliki sederetan objek wisata yang cukup banyak. Salah satunya adalah Sendang Geulis Kahirupan Bandung. Ya, Sendang Geulis Kahirupan Bandung tergolong tempat wisata di Bandung yang baru dan terletak di ujung barat Kabupaten Bandung. Sendang Geulis Kahuripan yang penduduk sekitar juga menyebutnya dengan nama Sirah Cai Kahuripan ini. Merupakan sebuah sumber mata air alami dengan penampakan yang indah dan suasana alam yang masih asri. Tempat ini saat ini menjadi sangat populer sehingga mulai banyak pengunjung yang datang. Yang berasal tidak hanya dari kota bandung dan sekitarnya, namun juga wisatawan asal luar kota seperti jakarta.

Sendang Geulis Kahirupan ini lokasinya agak tersembunyi, meskipun begitu selalu saja dikunjungi wisatawan. Cocok sekali sebagai destinasi bagi para pecinta alam yang hobinya berpetualang ke kawasan yang antimainstream. Suasana di tempat ini sangat tenang, banyak pepohonan yang rindang semakin menambah asri. Serta suhu udaranya yang relatif sejuk menjadikan kawasan ini sangat pas sekali sebagai tempat untuk merileksasikan diri. Pas untuk dijukunjungi  orang yang yang merasa penat dengan kesibukan sehari-harinya di perkotaan. Maka, solusi untuk mengatasi kepenatan adalah dengan berlibur menjelajahi alam yang indah. Salah satu contohnya dengan mendatangi Sendang Geulis Kahirupan Bandung ini.

Sejarah Sendang Geulis Kahuripan Bandung

Sendang Geulis Kahirupan Bandung

Dari gapura nanas atau pos ojek tersebut lanjutkan perjalanan sekitar 4 Km. Saat hampir tiba jalanan akan semakin rusak parah dan perlu kehati-hatian dalam berkendara. Jalanan beraspal akan berganti dengan jalanan tanah yang licin dan berbatu. Jika ragu untuk menggunakan motor dengan jalanan yang rusak parah. Kamu bisa memarkirkan kendaraan di Sekolah Dasar (SD) di pertigaan menuju Talaga Cikahuripan atau Sendang Geulis Kahuripan. Dari Sekolah Dasar tersebut kemudian perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri perkebunan dan persawahan. Perjalalanan dengan berjalanan kaki tak akan terasa, karena pemandangan yang disuguhkan sangat sayang untuk dilewatkan. Hamparan sawah yang berundak-undak yang terlihat selama perjalanan sangatlah indah dan mirip dengan suasana perasawahan di Bali.

Jika diartikan keseluruhan, maka Sendang Geulis Kahuripan bermakna kolam di pegunungan. Yang berasal dari mata air segar dan memiliki pemandangan cantik. Tempat ini mampu memberi kehidupan untuk masyarakat yang ada di sekitarnya.

Lokasi Tempat Wisata Sendang Geulis Kahirupan Bandung

Secara administratif Talaga Cikahirupan atau Sendang Geulis Kahirupan ini berlokasi di kecamatan Cikalong Wetan. Tempat ini dikelola oleh perum perhutanan divisi regional Jawa Barat dan Banten, KPH Bandung Utara.

Rute dan Akses Menuju Sendang Geulis Kahirupan Bandung

Cukup sulit untuk menemukan tempat ini karena sedikitnya informasi yang bisa didapat melalui internet. Selain itu tidak adanya plang informasi penunjuk jalan semakin menambah kesulitan untuk menemukan tempat yang anti mainstream ini. Untuk bisa sampai ke tempat ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda empat ataupun roda dua. Tapi disarankan menggunakan kendaraan roda dua karena jalanan yang kecil dan sulit untuk dilalui oleh mobil. Untuk bisa sampai ditempat ini yang pertama adalah dengan mengarahkan kendaraan menuju kawasan Cikalong Wetan. Setelah melewati batas perbatasan Cikalong Wetan harap melihat arah kanan. Sekitar 3 Km dari batas kecamatan tersebut terdapat pertigaan dengan gapura berbentuk nanas di ujungnya dan terdapat pos ojek.

Dari gapura nanas/pos ojek tersebut lanjutkan perjalanan sekitar 4 Km. Saat hampir tiba jalanan akan semakin rusak parah dan perlu kehati-hatian dalam berkendara. Jalanan beraspal akan berganti dengan jalanan tanah yang licin dan berbatu. Jika ragu untuk menggunakan motor dengan jalanan yang rusak parah. Kamu bisa memarkirkan kendaraan di Sekolah Dasar (SD) di pertigaan menuju Talaga Cikahuripan atau Sendang Geulis Kahuripan. Dari Sekolah Dasar tersebut kemudian perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri perkebunan dan persawahan. Perjalalanan dengan berjalanan kaki tak akan terasa, karena pemandangan yang disuguhkan sangat sayang untuk dilewatkan. Hamparan sawah yang berundak-undak yang terlihat selama perjalanan sangatlah indah dan mirip dengan suasana perasawahan di Bali.

Tiket Masuk Sendang Geulis Kahirupan Bandung

Adapun harga tiket masuk Sendang Geulis Kahirupan ini sangat murah. Yaitu hanya seharga Rp. 10.000/orang. Untuk menjangkau lokasi memang diperlukan perjuangan, maka wajar jika harga tiketnya sangat terjangkau.

Fasilitas Yang Ada di Sendang Geulis Kahirupan Bandung

Fasilitas yang tersedia disini relatif lengkap, dengan tersedianya tempat parkir. Warung penjual makanan atau minuman, saung untuk beristirahat, toilet dan tempat ganti pakaian. Setelah anda dapat mengembalikan energi dengan membeli makanan di warung. Jika ingin lebih hemat bawalah makanan dan minuman dari rumah.

Aktivitas Yang Dapat Dilakukan Di Sendang Geulis Kahirupan Bandung

Kegiatan utama yang dapat anda lakukan tentu saja berendam dan mandi di sendang ini. Airnya yang jernih, bersih dan dingin akan bisa membuat tubuh anda menjadi segar bugar. Konon katanya air disini dipercaya mampu mempercantik dan memperhalus kulit. Serta membuat awet muda. Entah benar atau hanya mitos, yang jelas tempatnya masih sangat alami.