Tempat Wisata Keluarga Di Seaworld Ancol Jakarta

Seaworld Ancol Jakarta merupakan miniatur pesona laut yang terletak di kawasan objek wisata terpadu Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Selain berfungsi sebagai tempat rekreasi, objek wisata di Jakarta ini juga menjadi salah satu sarana edukasi. Yang sangat tepat bagi kita yang ingin mengetahui lebih banyak tentang biota-biota laut. Selain itu, Seaworld juga berfungsi sebagai area konservasi, baik terhadap biota lait maupun air tawar. Tempat wiata yang cukup populer di kawasan Taman Impian Jaya Ancol ini memang sengaja dikembangkan. Untuk memperkenalkan kehidupan biota laut dan air tawar. Seaworld sendiri dibangun pada tahun 1992 di area seluas 3 hektare dengan luas bangunan utama kurang lebih 4.500 meter persegi. Pembangunan tersebut secara resmi dikukuhkan dengan peletakan batu pertama oleh Gubernur DKI Jakarta saat itu, Wiyogo Atmodarminto. Tidak membutuhkan waktu lama, pada tanggal 3 Juni 1994 Seaworld Indonesia secara resmi dibuka untuk umum.

Mengenal Seaworld Ancol Jakarta

Seaworld Ancol

Seaworld Ancol Jakarta merupakan salah satu tempat wisata di Jakarta yang sangat lengkap. Ditempat wisata ini  para wisatawan akan mendapatkan aneka hiburan dan juga sisi edukasi serta pendidikan. Yang akan memperkenalkan mengenai kehidupan dunia laut. Seaworld Ancol ini memiliki visi dan misi yang cukup menarik wisatawan. Jika anda tertarik ingin menambah pengetahuan mengenai dunia kelautan secara visual. Anda juga dapat menonton teater yang memutarkan film dokumenter bertemakan dunia kelautan. Selain menampilkan hiburan dan edukasi kepada masyarakat. Anda tentunya wajib mengetahui bahwa saat ini Seaworld menjadi pusat konservasi yang membantu usaha pelestarian hewan-hewan langka. Seperti penyu sisik, ikan napoleon, dan ikan purba coelacanth. Saat ini Seaworld sebagai yang terbesar di Asia Tenggara menjadi tempat pelestarian biota laut yang memegang peranan penting.

Wahana Yang Bisa Anda Coba Di Seaworld Ancol Jakarta

1. Touch Pool

Ini merupakan area wahana kolam yang memungkinkan pengunjung menyentuh kolam secara langsung. Dan “berinteraksi” dengan biota laut di dalamnya lebih dekat. Area tersebut dibagi jadi 4 kolam terbuka yang berisi biota laut yang berbeda-beda. Meliputi kolam penyu, bintang laut, ikan hiu yang bersahabat dengan manusia, sampai ikan hiu yang bisa menyerang manusia. Saat berkunjung ke area ini, pengunjung tidak hanya bisa menyentuh kolam. Tetapi juga bisa berfoto bersama biota laut di dalamnya.

2. Main Aquarium

Di akuarium berukuran 24×38 meter ini terdapat beberapa jenis ikan, baik ikan cantik maupun ikan yang tergolong ganas. Menariknya lagi, di sana juga Anda bisa menemukan ikan paling besar dengan panjang sekitar 3,5 meter. Yaitu Ikan Hiu Perawat Raksasa atau Tawny Nurse Shark yang dalam bahasa Latin disebut Nebrius ferrugineus. Ikan ini disebut-sebut memiliki urutan keganasan nomor 32 dari 32 jenis ikan hiu yang tercatat ganas atau pernah menyerang manusia. Selain untuk menyaksikan ikan hiu ganas ini. Pengunjung juga berbondong-bondong ke akuarium utama untuk menyaksikan aktivitas pemberian makan ikan yang melibatkan para penyelam. Aktivitas ini tentunya pas untuk menjadi sarana edukasi, khususnya bagi anak-anak.

3. Under Water Tunnel

Dari bentuknya saja selalu membuat orang terkagum-kagum dan penasaran. Ada terowongan air laut plus eskalator di bawahnya. Ya, ini adalah terowongan Antasena. Yaitu terowongan bawah air laut sepanjang 80 meter yang diisi oleh ribuan ikan cantik yang juga terdapat di akuarium utama. Eskalator di bawahnya akan mengantar Anda menjelajahi pemandangan bawah laut dari ujung ke ujung terowongan.

4. Glow Theater

Wahana ini menjadi tempat paling pas untuk mengajak anak-anak belajar hal baru. Sebab wahana teater ini akan memutarkan film edukasi berjudul Sea Turtle Story. Yang spesial, bioskop ini akan menampilkan warna-warna indah saat lampu dipadamkan. Itu sebabnya, wahana ini dinamakan Glow Theater.

5. Jelly Fish Exhibit

Di sini tempatnya melihat indahnya ubur-ubur berenang di lautan. Wahana Jelly Fish Exhibit ini merupakan wahana yang tergolong baru dibandingkan lainnya. Adapun, di wahana ini Anda bisa melihat beberapa jenis ubur-ubur. Seperti Sea Neattle Jelly Fish, Blubber Jelly Fish, dan Upside Down Jelly Fish. Nikmati cantiknya mereka saat berenang dan bercahaya dalam kegelapan. Rasanya, berkunjung ke wahana ini akan jadi pengalaman seru dan baru yang patut dicoba buat liburan akhir tahun ini.

Fasilitas di Seaworld Ancol Jakarta

Objek wisata ini terdapat banyak fasilitas yang bisa di dapatkan oleh para wisatawan. Di dekat pintu masuk atau tepatnya di arah pintu keluar. Para wisatawan bisa menemukan aneka pernak-pernik serta suvenir yang berhubungan dengan seaworld Indonesia. Di sini para pengunjung dapat membeli kaos, gelas tas, boneka ikan, kura-kura hingga topi yang memiliki nuansa Seaworld Ancol Jakarta.

Pencarian Terbaru:

Tags: