Saung Cibingbin Sumedang Yang Sangat Nyaman Dan Asri

Wilayah Sumedang terbagi menjadi terbagi dari 26 kecamatan. Tempat wisata di Sumedang sendiri di dominasi oleh objek wisata alam. Ada banyak tempat wisata di Sumedang yang layak untuk di jadikan tujuan liburan. Baik pada saat hari libur atau pun hari biasa. Kota kecil di Jawa Barat ini berada di titik GPS 6°51′35″LS,107°55′15″BT. Batas sebelah utara Kabupaten Sumedang adalah Kabupaten Indramayu. Di sebelah selatan kabupaten Sumedang terdapat kabupaten Garut. Sedangkan di sebelah barat dan timur masing-masing terdapat kabupaten Subang dan Majalengka. Selain tahu Sumedang yang terkenal. Ada banyak sekali tempat wisata Sumedang yang bisa di kunjungi. Karena Sumedang ini memiliki tempat wisata yang memiliki panorama alam yang akan sangat memanjakan mata para pengunjung. Yang datang ke Kabupaten Sumedang ini. Dan tempat wisata Sumedang yang akan kita ulas pada kali ini yaitu saung cibingbin sumedang.

Sejarah Saung Cibingbin Sumedang

Saung Cibingbin Sumedang

Citengah merupakan kawasan desa wisata. Berada di wilayah kota Sumedang Selatan. Nama citengah sendiri di ambil dari nama desa itu sendiri. Jarak dari Sumedang kota menuju kawasan Citengah kira-kira kurang lebih 10 Kilometer. Untuk memasuki kawasan Citengah tidak di kenakan tiket, namun ada biaya sumbangan pendapatan asli desa sebesar Rp. 2.000. Dalam bahasa Sunda, Saung adalah nama bangunan non permanen yang berbentuk seperti rumah atau gubuk kecil. Yang biasanya berada di sawah atau kebun-kebun. Di daerah-daerah, biasanya saung kebanyakan yang berbentuk dari kayu, bambu, dan daun kelapa kering sebagai atap nya.

Dan salah satu tempat wisata yang berada di Sumedang ini adalah saung Cibingbin. Saung cibingbin merupakan salah satu objek wisata di desa citengah, Kabupaten Sumedang. Saung cibingbin merupakan sebuah rumah makan yang terletak di desa ci tengah, kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Saung cibingbin didirikan pada tahun 2000 bulan Desember. Dan pendirian saung cibingbin ini didirikan di tanah milik pribadi. Saung cibingbin ini menyajikan berbagai macam makanan lezat dan segar ini terpadu denagn keindahan hutan dan juga kejernihan sungai nya. Yang terhampar mengelilingi tepian lokasi rumah makan. Segala kenyamanan dan keramahan khas kabupaten Sumedang ini.

Salah Satu Menu Makanan Di Saung Cibingbin

Saung Cibingbin mengambil konsep wisata alam. Muli dari wana wisata sampai wisata air ini. Yang menarik menurut admin yaitu Saung Cibingbin Sumedang menjadikan sungai sebagai salah satu penarik pengunjung nya. Kelihatan nya sederhana, namun inilah yang banyak menarik minat wisatawan untuk berkunjung kesini. Karena hal tersebut memberikan nuansa yang berbeda dari kebanyakan tempat wisata lain nya. Di sini pengunjung bukan hanya bebas bermain air kolam renang. Akan tapi juga bisa bermain air di sungai yang dangkal dan berarus tidak terlalu deras.

Ini tentu nya memberikan pengalaman berbeda dalam berwisata bagi pengunjung. Kuliner yang di sediakan pun mendukung hal tersebut. Mulai dari ikan segar yang mendadak di tangkap, di bersihkan, dan di bakar. Ketika pengunjung memesan, pasak jengkol, sambal, dan masih banyak lagi yang lain nya. Yang semua nya mendukung suasana alam yang di sajikan. Ada beberapa perubahan yang terjadi sini. Yaitu tempat wisata ini sudah tak serapih dan juga sebersih dulu. Namun meski begitu masih tetap banyak para pengunjung yang datang untuk beristirahat di sini.

Pemandangan Saung Cibingbin Sumedang

Konsep saung cibingbin sumedang ini mengambil konsep saung dalam bagunan nya. Tujuan nya yaitu tentu nya untuk memberikan nunsa alam yang asri. Kepada pengunjung nya. Apalagi saung cibingbin sumedang ini berada nuansa alam yang hijau. Dan berada tepat di pinggiran sungai. Saung cibingbin sumedang berada di desa Citengah kabupaten Sumedang. Letaknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Sumedang membuat Saung Cibingbin ini ramai pada hari-hari tertentu. Seperti akhir pekan dan hari libur nasional, disarankan  kalau kalian ingin berkunjung kesini pas hari kerja jadi suasana terlihat sepi. Baja juga tempat wisata taman buru masigit kareumbi sumedang

Saung Cibingbini jaraknya kira-kira 7 km-an dari pusat kota. Dan bisa dijangkau dengan waktu kurang lebih 15-30 menit dari alun-alun Sumedang. Saung ini dekat dengan perkebunan teh yang ada di Sumedang. Yaitu perkebunan teh Margawindu. Nah Saung Cibingbin ini lokasinya berada tepat sebelum daerah perkebunan teh tersebut. Jadi kalau mau kita bisa mengunjungi kedua tempat wisata itu dalam satu waktu.

Lokasi Saung Cibingbin Sumedang

Alamat Saung Cibingbin ini terletak di Citengah Cisoka, Citengah, Sumedang Selatan, Citengah, Sumedang Sel. Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45311

Pencarian Terbaru: