Keindahan Alam Curug Ciherang Dan Rumah Pohon Di Jonggol

Bogor sudah menjadi salah satu destinasi wisata yang terkenal dengan keindahan alamnya. Ada banyak spot menarik yang bisa anda jelajahi. Bahkan, tiap tahunnya berkembang objek wisata baru yang memiliki daya tarik tersendiri. Banyaknya tempat wisata alam di Bogor rasanya cukup mampu. Untuk menyegarkan kembali pikiran dan raga yang sudah terkikis oleh rutinitas di ibukota. Bogor dan wisata alamnya yang indah adalah sesuatu yang tak bisa dipisahkan. Umumnya curug di Bogor menawarkan keindahan air terjun dengan bentang alam yang masih asri. Namun hal berbeda bisa kamu temukan di Lokasi Curug Ciherang Bogor. Belakangan berfoto di ketinggian dengan view pemandangan alam sebagai background memang sedang populer di kalangan para pelancong. Oleh sebab itu pengelola curug ciherang juga terinspirasi untuk membangun sebuah rumah pohon lengkap dengan jembatan gantungnya.

Tempat Wisata Rumah Pohon Di Jonggol

rumah pohon

Selain Rumah Pohon Pabongbon, salah satu tempat wisata baru di Bogor yang bisa kamu kunjungi adalah Curug Ciherang. Belakangan rumah pohon curug ciherang menjadi favorit para wisatawan saat akhir pekan. Karena menyuguhkan pemandangan alam yang begitu indah dan juga mempesona.

Lokasi Curug Ciherang

Curug yang satu ini berada di daerah Jonggol, yang kawasannya sendiri masih berada di Kabupaten Bogor. Dengan alamat lengkapnya sendiri berada di antara 2 Desa yang bernama Sirnajaya dan Wargajaya. Dengan Kecamatan bernama Sukamakmur Kabupaten Bogor. Curug yang satu ini berada pada ketinggian 900 mdpl. Yang membuatnya memiliki ciri yang sama seperti curug lainnya yang ada di Bogor. Yang beriklim sejuk dengan air yang bergitu jernih disertai dengan panorama alam yang indah.

Pesona Rumah Pohon Curug Ciherang

Hal lain yang menjadi daya tarik dari curug ciherang adalah keberadaan rumah pohon serta jembatan gantung. Rumah pohon ini dibuat disebuah pohon yang besar yang terletak di tebing dengan jurang yang dalam. Untuk menghubungkanya sudah dibuat jembatan kayu. Untuk menuju rumah pohon tersebut, para pengunjung harus melewati jalanan dari gerbang curug ciherang. Memang dibutuhkan tenaga ekstra untuk sampai di lokasi rumah pohon curug ciherang.

Rumah pohon dan jembatan kayu  di Curug Ciherang ini menjadi tenar dikalangan para travelers. Hal ini lantaran tempatnya yang instagenik, sehingga banyak yang berfoto selfie ataupun swafoto. Berfoto di jembatan dengan latar belakang rumah pohon dan jurang yang dalam. Dibawahnya serta deretan perbukitan hijau disekelilingnya menjadi spot kece untuk menambah koleksi foto di instagram.

Fasilitas Curug Ciherang

Untuk menambah kenyamanan para pengunjungnya, Curug Ciherang juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang. Kamar mandi dan sarana ibadah bagi teman – teman muslim sudah tersedia disini. Oleh karena itu, tidak perlu khawatir kebingungan untuk mencari tempat ganti pakaian setelah main air disini.

Selain itu, di lokasi Curug Ciherang Bogor ini juga sudah tersedia penjaja aneka makanan dan pakaian. Jadi tidak perlu khawatir kelaparan atau kedinginan karena kehabisan baju kering. Namun yang perlu diingat adalah, setelah melahap makanan / snack / minuman, jangan buang sampah sembarangan. Mari kita mulai menumbuhkan rasa memiliki dan cinta alam.

Oh iya bagi yang hobi kemping, disini teman – teman juga dapat menginap dengan menggunakan tenda alias berkemah. Teman – teman dapat membawa sendiri tenda atau menyewa di lokasi Curug Ciherang Bogor ini. Namun demikian, bagi yang ingin menginap namun tidak menggunakan tenda. Tersedia beberapa penginapan yang dapat disewa dengan harga mulai ratusan ribu hingga 1,5 jutaan. Harga tersebut pada saat artikel ini dibuat, harga dapat berubah sewaktu – waktu sesuai dengan kebijakan pengelola.

Jam Operasional Dan Harga Tiket Masuk Curug Ciherang

Bagi anda traveler yang berminat untuk berkunjung ke tempat wisata alam yang indah ini. Kalian dapat datang sesuai dengan jam operasi Curug Ciherang Bogor. Setiap harinya kecuali hari Kamis, tempat wisata ini dibuka mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Sedangkan hari Kamis tutup.

Untuk memasuki tempat wisata ini, setiap pengunjung akan dikenakan tiket masuk. Adapun harga tiket masuk Curug Ciherang adalah Rp. 20.000,- untuk setiap pengunjung. Sedangkan untuk tarif parkirnya adalah Rp. 5.000,- untuk sepeda motor.

Rute Menuju Ke Curug Ciherang

Jika anda dari Bandung, anda dapat berkendara menuju kantor Kepala Desa Hegarmanah. Ketika anda tiba di pertigaan Sukaluyu, ambillah jalur ke arah kanan menuju Jl. Raya Cibogo-Ciranjang. Setelah melewati PT. Modern Widya Technical, nanti akan ketemu pertigaan dan beloklah ke kanan melalui jl. Cinangsi-Cibogo. Setelah itu lanjutkan perjalanan sampai Kantor Kepala Desa Cinangsi dan lanjutkan terus perjalanan hingga menemukan SPBU Cinangsi di sebelah kiri. Tak jauh dari SPBU tersebut ambilah jalur yang mengarah ke kiri kearah Mekargalih.

Namun, jika anda dari arah Jakarta ke lokasi curug ciherang Bogor ini berjarak sekitar 40 km dari Jakarta. Rute yang bisa ditempuh adalah melewati tol Jogorawi. Setelah keluar dari pintu tol beloklah ke kiri arah Citeureup melintasi Jl. raya mayor oking jaya atmaja. Setelah itu arahkan perjalanan ke daerah lebak pasir melewati kawasan wisata pasir mukti. Teruskan perjalanan hingga menemukan pertigaan Jonggol Cipanas, ambilah arah cipanas. Setelah itu kamu akan menemukan jalan menuju curug ciherang yang ditandai plang bertuliskan Curug Ciherang. Dari plang tersebut, lokasi curug ciherang masih berajarak sekitar 1,5 km dengan jalan berbatu dan menanjak.

Nah, itulah sekilas mengenai salah satu tempat wisata alam di Bogor, Curug Ciherang. Semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah berkenan meluangkan waktunya untuk berunjung.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!