Tempat Wisata Bersejarah Rumah Batik Surabaya

Perkembangan batik di tanah air kian pesat dari hari ke harinya, budaya mengenakan batik yang kini tidak. Melalui indentik dengan orang tua atau pada acar – acara tertentu saja. Namun sudah banyak motif yang membuat kaum muda tambah percaya diri dan tetap nyaman dalam suasana santai. Hampir tiap kita kota yang berada di Indonesia dan memiliki corak batik khas sebagai identitas kota. Seperti Batik Cirebon, Yogyakarta, Solo, Pekalongan dan kota-kota lainnya. Mereka biasanya memiliki rumah batik yang digunakan sebagai tempat promosi, wisata maupun sebagai galeri. Salah satu kota lain yang memiliki rumah batik adalah Surabaya yaitu Rumah Batik Surabaya. Tempat wisata Surabaya yang akrab di sebut rumah batik Surabaya itu berada di jalan Margorejo No.143.

Rumah Batik Surabaya

Di rumah itu, terpajang motif batik dari berbagai daerah di Jawa Timur. Seperti motif batik Bangkalan, Sumenep, Surabaya, Sidoarjo, Ponorogo, Mojokerto, Bojonegoro. Tuban, Jombang, Sampang, Tulungangung, Pacitan, Banyuwangi, Lamongan, Malang, Batu, Jember, dan Kediri. Baca juga kids play science dan waterpark

Sejarah Rumah Batik Surabaya

Keberadaan Rumah Batik Surabaya, Jawa Timur yang merupakan prakarsa dari salah seseorang pengerajin batik asal Pamengkasan Madura Faiqah Ismail. Sejak tahun 2004 ia merelakan rumahnya untuk di kunjungi. Ada sekitar 2.000 lembar batik dengan beragam corak ia pajang. Bati – baik tersebut juga di buat dari berbagai corak ia pajang, batik – batik tersebut juga di buat dari berbagai bahan. Seperti Primis, Prima atau Santio, Sutra, Sarimpit, dan Prishmina. Selain kain batik, ada pula sarung batik, selendang batik, dan juga baju batik yang sudah jadi.

Rumah batik yang sebelumnya berada di Jalan Tambak Dukuh I No.4 RT.01/RW.09 Kelurahan Kapasari Kecamatan Genteng. Surabaya ini memajang berbagai motif batik dari daerah-daerah di Jawa Timur. Seperti Bangkalan, Sumenep, Surabaya, Sidoarjo, Ponorogo, Mojokerto, Bojonegoro, Tuban, dan Jombang. Lantaran semakin banyak koleksinya dan semakin banyak pengunjung yang datang, Rumah Batik Jawa Timur akhirnya pindah di Jalan Margorejo No. 143 Surabaya.

Rumah Batik ini juga pernah mendapatkan Rekor Muri karena berhasil membuat batik logo kota Surabaya terbesar. Rumah batik Jawa Timur juga aktif mengikuti berbagai pemeran tingkat ragional ataupun nasional dalam rangka mempopulerkan batik Jawa Timur. Selain itu pengunjung pun bisa di berkenalan dengan batik dari sampang, Pemangkasan, Tulungangung, Pacita, dan kediri. Tidak hanya melihat aneka motif batik dari masing – masing daerah di Jawa Timur. Pengunjung juga bisa membeli batik tersebut secara riteil ataupun grosir. Di rumah batik ini dapat menyaksikan proses pengrajin sedang membatik.

Dan jika anda ingin memesan berbagai bentuk batik seperti batik cap atau batik lukis untuk instansi anda juga bisa. Apa lagi sudah di lengkap dengan logo instansinya pula anda juga bisa melihat dan belajar. Proses pembuatan batik di kursus pembuatan batik yang sengaja di adakan oleh rumah batik jawa timur.

Lokasi Batik

Lokasi ini yang terletak di Jl. Dukuh Bulak Bateng Tim No.49, Desa Kenjeran Kecamatan Bulak Bateng kota Surabaya Jawa Timur, Indonesia. Akan tetapi jika anda masih bingun di mana lokasi atau letak wisata Rumah batik di Surabaya. Baca juga museum jalesveva jayamahe 

Jam Operasional Rumah Batik Surabaya

Rumah batik ini buka Senin sampai Jum’at mulai pukul 08.00 sampai 20.00 WIB. Sedangkan untuk Sabtu dan Minggu buka mulai pukul 08.00 sampai 19.00 WIB. Rumah Batik Surabaya juga memberikan anda kesempatan bagi. Yang ingin tahu proses pembuatan batik dengan cara melakukan interaksi secara langsung. Anda juga dapat memanfaatkan workshop yang laksanakan setiap hari pukul 10.00. Sampai 19.00 WIB dengan jam istirahat pukul 12.00 sampai  13.00 WIB. Biaya masuk di rumah batik ini adalah gratis. Baca juga de javasche bank