Objek Wisata Puncak Punclut Bandung Jawa Barat

Punclut Bandung atau Puncak Ciumbuleuit adalah kawasan dataran tinggi pegunungan yang paling dekat dari pusat kota Bandung. Dimana jaraknya tak lebih hanya kurang dari 7 KM saja. Atau hanya 4 Km dari objek wisata belanja kota bandung terkenal seperti Cihampelas. Dimana di kawasan itu ada Cihampelas walk dan Mox Club. Dengan ketinggian di atas 1000 meter di atas permukaan air laut. Menjadikannya sebagai salah satu lokasi wisata yang strategis untuk berwisata seperti menikmati eksotisme kota bandung. Lokasi wisata kuliner favorit serta yang tak kalah serunya adalah karena Punclut Bandung ini masuk kawasan dataran tinggi. Maka udara kawasan punclut dan sekitarnya ini sangat sejuk di siang hari dan sangat dingin di malam hari. Maka seringkali bagi warga bandung dan juga wisatawan luar kota dijadikan kawasan untuk jalan-jalan. Bahkan olah raga pagi di setiap hari minggu dan libur.

Kawasan Punclut Bandung memiliki luas areal hampir 290 hektar lahan, sehingga menjadikannya sebagai salah satu kawasan paru-paru Kota Bandung. Selain dari taman di kota bandung tentunya dengan tingkat suhu rata-rata kawasan antara 15 hingga 22 derajat Celcius. Yang menjadi daya tarik objek wisata bandung utara ini adalah kita dapat melihat langsung. Bentuk geografis dari kota berjuluk Paris Van Java dari ketinggian yang berbentuk cekungan. Apabila anda tepat berada di titik ini, anda seperti berdiri di tepian mangkuk raksasa yang maha besar. Dimana anda bisa melihat eksotisme pemandangan kota Bandung beserta dengan pegunungan yang mengitari kota kembang. Melihat ke arah selatan,anda bisa menikmati bentangan gunung Malabar. Gunung Patuha yang merupakan lokasi Kawah putih berada serta Waringin. Jika cuaca sedang cerah, bahkan anda dapat melihat dengan jelas landmark. Kota Bandung yang baru yaitu Jembatan Layang Surapati dan juga Menara Kembar Masjid Raya Jabar di Alun-alun Kota Bandung.

Punclut Bandung Sebagai Tempat Wisata

punclut bandung

Kawasan Punclut menjadi salah satu tempat wisata favorit di Kota Bandung karena dari kawasan ini, wisatawan dapat menikmati pemandangan alam dari Bandung Utara dengan udara yang masih sejuk karena jauh dari polusi udara di yang ada di daerah perkotaan. Sebagai tempat wisata di Bandung, Punclut juga dilengkapi dengan jajaran kios dan pedagang kaki lima di sisi kiri dan kanan jalan yang menjual berbagai macam pernak pernik mulai dari makanan sampai dengan keperluan rumah tangga. Kawasan Punclut juga menyajikan berbagai macam makanan tradisional khas Sunda seperti Nasi Timbel, tutut, sambal pecel dan makanan Sunda lainnya.

Lokasi Puncak Punclut Bandung

Kawasan Punclut berada pada koordinat 6°50,842’S 107°37,666’E. Kawasan ini merupakan dataran tinggi terdekat dari Kota Bandung. Kawasan Punclut memiliki luas lebih kurang 286 Ha dan menjadi paru-paru Kota Bandung dengan suhu rata-rata 15 derajat Celcius hingga 22 derajat Celcius. Dari lokasi ini, kita dapat melihat bentuk geografis dari kota Bandung yang bebentuk seperti cekungan. Dari lokasi ini juga kita dapat melihat pegunungan Malabar, Patuha dan Waringin di sebelah selatan kota Bandung. Jika cuaca sedang cerah, kita juga dapat melihat landmark kota Bandung seperti Masjid Raya Jawa Barat dan Jembatan Pasupati.

Rute Ke Puncak Punclut Bandung

Rute jalan menuju kawasan punclut dari pusat kota Bandung, anda dapat mengambil arah menuju Bandung Utara ke daeran Ciumbuleuit. Nah apabila start dari kawasan wisata Dago bawah dari Jl. Ir. H. Juanda, silahkan anda belok kiri sebelum simpang Dago.Setelahnya anda belok kanan menuju jalan Siliwangi. Hingga tiba di pertigaan, kemudian belok kanan menuju Jl. Ciumbuleuit.

Rute jalan lainnya adalah Kawasan Punclut Bandung juga bisa digunakan sebagai jalur alternatif. Wisatawan yang akan pergi ke kawasan wisata Lembang yang terkenal seperti Dusun Bambu. Taman begonia dari kota Bandung.Meskipun sepanjang Jalan alternatif Punclut ini jalannya cukup sempit dan menanjak. Akan tetapi dapat mempermudah wisatawan untuk menghindari kemacetan yang terjadi di jalur utama. Bandung-Lembang terutama di akhir pekan dan musim liburan. Sambil tentunya bisa melihat keindahan kota bandung dari ketinggian.

Daya Tarik Puncak Punclut Bandung

Berjalan-jalanlah di pagi hari menuju Bandung utara, di mana anda akan tiba di objek wisata Punclut. Objek ini merupakan kawasan perbukitan yang letaknya tidak jauh dari pusat Kota Bandung. Di hari minggu pagi atau hari libur lainnya biasanya banyak sekali para pengunjung. Yang datang ke kawasan ini dengan tujuan berolah raga. Hal ini disebabkan jalanan sekitar objek wisata yang cukup menanjak. Ditambah kesejukan udaranya yang segar menjadikan lokasi ini sangat cocok untuk aktivitas olah raga pagi seperti jalan santai. Anda dapat mencapai objek ini melalui Jalan Ciumbuleuit.

Di sepanjang jalan menuju ke puncak kawasan objek wisata ini. Anda akan melihat panorama alam Bandung utara yang cukup indah. Dengan jajaran kios dan pedagang kaki lima di sisi kiri dan kanan jalan. Yang menjual berbagai macam pernak pernik mulai dari makanan sampai dengan keperluan rumah tangga. Selain berolah raga para, anda juga dapat menikmati berbagai macam makanan tradisional khas daerah ini. Seperti nasi timbel, tutut (sejenis keong yang dimasak), sambel pecel yang disajikan dengan sajian sederhana. Tetapi mampu menggugah selera makan pengunjung yang datang ke daerah ini.

Tiket masuk Dan Jam Buka Ke Puncak Punclut Bandung

Untuk harga tiket masuk Punclut Bandung juga terbilang sangat murah. Kamu cukup bayar uang parkirnya saja maka sudah bisa masuk untuk menikmati keindahan yang ada disana. Lokasi wisata ini sangat direkomendasikan sebagai lokasi wisata termurah yang ada di Bandung, Jawa Barat. Dan untuk jam buka lokasi wisata Punclut Jawa Barat sendiri dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 – 22.00 WIB. Para pengunjung dapat menikmati keindahan kota Bandung dari ketinggian di Puncak Ciumbuleuit baik di siang hari maupun malam hari.

Nah, demikianlah informasi seputar tempat wisata di Bandung yang menarik sebagai salah satu lokasi wisata alam Bandung yang bagus. Untuk menghirup udara segar dan menikmati pemandangan indah kota bandung. Juga merupakan salah satu kawasan favorit sebagai salah satu tempat wisata kuliner kota Bandung yang rekomended. Apabila anda ingin bersantap aneka menu kuliner khas masakan sunda atau jawa barat yang terkenal.

Pencarian Terbaru: