Keindahan Tempat Wisata Pulau Selimpai Kalimantan

Tempat yang tersembunyi terbesar di Kalimantan barat adalah Pulau selimpai salah satu tempat wisata yang harus di kunjungi. Pulau Selimpai yang merupakan pantai yang sangat eksotis dan di miliki oleh tempat wisata Kalimantan. Bentuk pantai yang unik ini dan berupa tanjung memanjang, serta memiliki vegetasi dan fauna. Yang jarang di temukan di pantai lain di Kalimantan.

Pulau Selimpai

Untuk bagian selatan hingga barat pulau ini yang berbatasan langsung dengan laut natuna. Sedangkan bagian utara hingga timurnya berbatasan dengan Sungai Merabau. Antara sisi di bibir sungai dan garis laut hanya selebar lapangan bola. Jadi, pulau kecil ini terkepung oleh pantai dan sungai. Bila kita berdiri di sebelah sungai, akan terlihat ombak laut natuna yang saling bekerjaran. Baca juga jembatan gantung nateh

Keindahan Pulau Selimpai

Di tengah Pulau Selimpai ini memiliki banyak pohon pinus yang tumbuh tinggi dan rapi. Rumput – rumput yang tumbuh di sekitar pohon pinus menambahkan suasana menjadi hijau dan juga sejuk. Pulau Selimpai ini yang memiliki pantai yang berpasir putih dan hiasan pohon pinus. Yang sangat tinggi menjulang menjadi daya tarik untuk para wisatawan yang berkunjung ke pulau ini. Salah satu hal yang menjadi daya tarik Pulau Selimpai adalah pantai yang merupakan tempat persinggahan penyu untuk bertelur. Jenis penyu beragam, penyu hijau, penyu sisik, penyu lekang, dan penyu belimbing.

Dalam setahun sekurangnya lima kali satwa langka dilindungi ini singgah ke pulau ini untuk bertelur. Jika anda ingin melihat langsung maka tunggulan sampai malam hari tiba. Keseruan di malam hari ini biasa nya ada sekelompok penyu yang naik ke pesisir pantai. Selain menjadi tempat bertelur penyu Selimpai juga menjadi tempat tinggal beberapa spesies  lain yang di lindungi. Beberapa spesies tersebut seperti kura – kura, kera ekor panjang, beberapa jenis burung dan juga buaya. Buaya dapat kita lihat di Tanjung Belimbing yang menghadap ke sungai. Mekipun sebenarnya biaya ini lebih banyak terdapat di hutan bakau dekat desa di daratan.

Pulau Selimpai yang menjadi alternatif untuk anda yang ingin menghabiskan libur di sebuah pulau. Yang mungil dan juga cantik jauh dari polusi udara, sejuk, yang memiliki pasir putih. Rindangan hutan pinus, keindahan laut natuna, sungai yang indah, hingga kita juga dapat menikmati sunset. Dari kejauhan Anda akan dimanjakan dengan penampakan area Tanjung Datuk / Tanjung Datoe’ yang berbatasan langsung dengan Negara Sarawak (Malaysia). Keunikan lainnya berada di sini adalah keberadaan hutan pinus yang menjulang tinggi berderet dengan rapi sepanjang bibir pantai. Pulau Selimpai memiliki keindahan pantai yang alami dengan luas 200ha.

Fasilitas Pulau Selimpai

Untuk fasilitas yang ada di sini memang sangat terbilang lengkap. Seperti sumber air bersih, kamar mandi/MCK, gazebo, warung makan, dan penginapan sederhana. Baca juga bukit jamur bengkayang

Rute Alamat Pulau

Pulau Selimpai berada di desa Sebubus kecamatan paloh, kabupaten sambas , Kalimantan barat membentang luas kurang lebih 20 ha. Mengenai lokasi pulau selimpai kalian bias menemukanya kurang lebih 7 kilometer dari ibukota kecamatan dan 45 kilometer utara kota sambas. Pantai ini bias di tempuh dengan waktu sekitar 1,5 jam ( sambas – paloh).

Kemudian menyebrangi sungai paloh menggunakan speed boad atau perahu motor sekitar 30 menit. Bentuk pulau ini memanjang dan menjorok kearag laut. Untuk menuju kelokasi tersebut dapat menggunakan roda 2 atau 4 hingga di dusun setenggak. Kemudian menyebrangi sungai paloh menggunakan kapal motor selama 20 menit. Baca juga bukit jomblo