Keindahan Pulau Sangalaki Tempat Wisata di Kalimantan

Keindahan pantainya sudah tidak diragukan lagi. Pasir yang putih, nyiur kelapa yang menenangkan dan ombak yang bergerak perlahan. Belum lagi pemandangan bawah air yang akan membuat Anda terus berdecak kagum karena keindahannya. Pulau Sangalaki adalah pulau yang memiliki semua itu. Tempat wisata di Kalimantan ini tidak akan tertandingi.

Keunikan Alam Pulau Sangalaki Kalimantan Timur

Pulau Sangalaki

Pulau dengan pasir putihnya yang sangat bersih dan berkilau dengan lebar sekitar 12-15 meter. Serta perairan sekitarnya terdapat Taman Laut yang dikenal sebagai Wisata Selam (diving) dengan biota laut yang sangat beragam. Dan keberadaan Ikan Pari Manta akan menjadikan liburan Anda takkan terlupakan sepanjang masa. Pasir pantai disekitar pulau ini berwarna putih bersih dan terasa halus di kaki. Garis pantai Pulau Sangalaki juga begitu landai, sangat nyaman untuk bermain air atau pun berenang.

Terletak di Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Hal spesial di pulau ini adalah Anda dapat belajar mengenai penyu. Anda dapat melihat langsung bagaimana perkembangbiakan penyu dan bahkan bisa ikut melepaskan langsung anak-anak penyu ke laut lepas. Jika ingin melihat penyu bertelur di Pulau sangalaki, sebaiknya Anda bangun pada malam hari. Karena penyu hanya muncul pada saat malam hari saja. Biasanya ketika malam hari tiba bisa ditemui puluhan penyu yang datang ke pulau ini. Dari data yang ada di setiap tahunnya total ada lebih 3.700 penyu yang singgah ke pulau ini. Para penyu ini datang hanya untuk bertelur. Jumlahnya akan semakin banyak etika kondisi air laut disekitar Sangalaki sedang pasang. Baca juga tempat wisata di Kalimantan Pulau Pamalikan.

Daya Tarik Pulau

Pulau Sangalaki adalah sebuah pulau kecil seluas 15 hektar di Kepulauan Derawan. Pulau ini adalah salah satu pulau yang merupakan bagian dari rangkaian Kepulauan Derawan. Kepulauan Derawan adalah gugusan pulau di Kalimantan Timur yang sekarang ini begitu terkena hingga mancanegara. Pulau Sangalaki lokasinya berada di bagian utara perairan Kabupaten Berau. Jadi lokasi Pulau ini secara administratif adalah termasuk kedalam area wilayah Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Pulau ini terkena sebagai rumah para penyu di Kepulauan Derawan. Bahkan ada beberapa penyu yang ada di dunia dan merupakan spesies yang terancam punah ada di Sangalaki. Beberapa diantaranya  termasuk beberapa spesies penyu sisik dan penyu hijau yang biasa hidup dan bertelur di Pulau ini. Baca juga tempat wisata di Kalimantan Pulau Kakaban.

Fasilitas Pulau

Di Pulau ini juga tersedia Resort Sangalaki Dive Lodge yang mempersiapkan sarana penginapan dan perlengkapan penyelaman. Pulau ini juga memiliki keindahan saat senja mulai tiba Anda dapat menikmati keindahan sunset di Sangalaki. Fasiitas yang disediakan adalah seperti kamar tidur, teras berjemur, ruang makan dan ruang makan yang nyaman. Terdapat juga dive station untuk yang ingin melakukan penyelaman.

Untuk penginapan turis, Sangalaki Dive Lodge telah membuat 10 pondok di pulau. Pondok ini disebut dengan chalets dengan beberapa pondok memiliki pemandangan yang langsung menghadap ke laut bebas. Dari sekitar 10 chalets yang ada, dibagi menjadi 2 tipe. Yaitu 4 bertipe Euro dan sementara 6 sisa lainnya bertipe Borneo. Setiap chalets mempunyai fasilitas beranda sendiri. Dengan dua kasur nyaman dan juga kamar mandi lengkap dengan air panas. Baca juga tempat wisata di Kalimantan Kepulauan Samber gelap.

Akses Menuju Pulau Sangalaki

Pulau Sangalaki adalah salah satu pulau yang menjadi andalan di Kepulawan Derawan. Untuk menuju pulau ini Anda bisa menggunakan pesawat terbang dengan tujuan Bandara Sepingan (BPN) di Balikpapan. Dari Sepingan Anda bisa menggunakan pesawat Deraya ke Ibukota Kabupaten Beray, Tanjung Redeb. Atau Anda bisa menumpang speed boat dari pulau lainnya yang ada di Kepulauan Derawan.

Bisa juga langsung berangkat dari pelabuhan tanjung Batu. Pelabuhan ini berada di Tanjung Redeb, Kabupaten Berau. Sementara speed boat yang ada di pelabuhan Tanjung Batu bisa disewa dengan biaya Rp.400.000 untuk menuju Pulau Sangalaki. Tidak seperti pulau Derawan yang setiap jum`at disinggahi oleh kapal cepat, Pulau Sangalaki tidak memiliki fasilitas tersebut. Jadi satu-satunya cara adalah dengan menggunakan speed boat sewaan. Baca juga tempat wisata di Kalimantan Pantai Melawai.